BEGINI RASANYA DAPAT SILVER PLAY BUTTON DARI YOUTUBE



Bulan lalu aku dapat kirimin plakat Silver Play Button dari youtube. Rasanya seneng banget karna setelah bertahun-tahun main youtube akhirnya dapat juga penghargaan ini.

Aku sudah bikin akun youtube sejak tahun 2010, tapi baru benar-benar aktif main youtube tahun 2016. Awalnya aku cuma iseng-iseng aja belajar ngedit video. Aku mulai dari belajar ngedit tulisan-tulisan puisi diiringi backsound lagu gitu. O iya aku dulu ngeditnya pakai movie maker 🎥

Setelah mengerti bagaimana cara memasukkan teks dan audio menjadi sebuah video, selanjutnya aku download beberapa video orang lain dan aku edit videonya. Aku coba gabungkan video-video tersebut lalu aku beri teks dan kukasih backsoundnya juga, sampai akhirnya jadilah sebuah video yang utuh. Walaupun hasil videonya jelek banget naudzubillah tapi aku seneng karna sudah bisa memasukkan semua komponen video; teks, suara, dan video.

Lama-lama aku bosan dan merasa tidak puas membuat video pakai konten milik orang lain. Akhirnya aku belajar merekam video sendiri memggunakan kamera digital pertamaku yang kubeli di olx seharga Rp 200rb. Aku ingin semua konten videoku original. Aku ga mau kaya Calon Sarjana / Youtube Crash yang videonya nyomot dari konten orang lain hihihi.



Semenjak punya kamera mungil itu aku jadi rajin rekam-rekam video. Segalanya aku rekam. Tapi hal yang paling aku suka yaitu saat merekam video perjalanan naik gunung atau ke curug-curug bareng temen-temen kuliah. Aku selalu senang saat menonton ulang video-video perjalananku yang dulu-dulu. Mulai saat itu aku menjadikan video perjalanan sebagai sebuah catatan perjalanan (diary) . Gara-gara hal ini juga aku jadi seneng traveling deh 😁

Pernah suatu ketika aku bikin video pendakian di Gunung Gede Pangrango, seminggu kemudian tiba-tiba ada sayembara lomba video naik gunung, yaudah aku ikutan dan kirim saja video itu. Eh menang dong juara 2 dapet duit 4jt. Padahal videonya gak bagus-bagus amat 😁. Uang hasil lomba aku belikan kamera baru. Dari situ aku jadi makin rajiiiin bikin video.

Nah ini nih video pendakian yang aku lombakan.



Dulu aku ga ngerti sama Adsense begituan, jadi satu hal yang membuatku semangat bikin video yaitu *'karna aku suka'* . Emang susah kalau sudah suka, segalanya pasti dilakukan, ga dibayar juga gpp😁.

Semua video-video yang sudah kubuat selalu ku upload di youtube. Soalnya kalau disimpen di laptop/hardisk suka kehapus kena virus. Eh ga taunya videoku banyak yang nonton. Aku gak tahu bagaimana orang lain bisa menemukan videoku. Tapi akumah ga mau ambil pusing, ada yang nonton alhamdulillah ga ada yang nonton juga gak apa-apa 👌

Namun, aku selalu berusaha untuk memperbaiki kualitas videoku supaya para subscribersku betah nontonnya, apalagi setelah youtubeku bisa di monetize, aku jadi makin semangat untuk mengupgrade kualitas videoku dari mulai memberi efek-efek, filter, transisi sampai belajar ngomong di depan kamera.

VIDEO PERTAMA BELAJAR NGOMONG DEPAN KAMERA



 Pertama kali belajar ngomong di depan kamera, harap maklum

Awalnya aku ga PD untuk berbicara di depan kamera, malu aja gitu, apalagi aku anaknya agak pendiam atau mungkin introvert, jadi takut kalau ada orang yang tidak suka bahkan sampai ngebully gitu. E ternyata beneran kejadian dong, akan selalu ada orang-orang yang tidak suka dengan video kita. Tapi aku teringat satu hal "Sebagus-bagusnya suatu karya pasti ada yang tidak suka, dan sejelek-jeleknya karya pasti ada yang suka".




Bulan kemarin aku baru aja dapet silver play button. Ini adalah penghargaan untuk channelku yang sudah tembus 100K subs. Btw, sekarang aku punya 2 channel yang aktif yaitu Channel traveling dan Channel tutorial . Aku juga punya channel kucing nih: Nobita Cute Cat

Channel yang mendapatkan silver play button adalah channelku yang kedua, kontennya berisi video tutorial. Padahal, video-video di channel ini tidak diedit serumit dan sedemikian rupa seperti aku mengedit video di channel traveling. Bahkan umur channelnya masih tergolong baru, tapi subsnya sudah melonjak dengan cepat. Mengapa bisa begitu?

Ruang kerjaku yang sederhana
Kuncinya sukses ngeyoutube yaitu yaitu kita harus suka pekerjaan kita dari mulai sooting, editing sampai posting, sering-sering upload video, konsisten dan jujur. Audiense lebih suka video yang biasa-biasa saja tapi informasinya tersampaikan. Kita tidak pernah tahu video mana yang akan viral, bisa jadi video ngasal yang kita buat malah menarik banyak penonton. Jadi ya rutin-rutinlah uploud video baru setiap harinya :).

UNBOXING SILVER PLAY BUTTON




2 komentar:

  1. Wah disaat gue entah kemana, kawan ini terus ber progres. Dan Progres emng gak akan membohongi hasil -_-

    Doakan kawanmu semangt lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun Faqih kemana aja baru nongol dah wkwk

      Hapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search