KHAIRULLEON.COM

SENSASI MENIKMATI SUNRISE DI GUNUNG PRAU YANG MEMUKAU





Untuk kamu yang hobi naik gunung, pasti sudah tidak asing lagi dengan gunung Prau. Yap, gunung yang berada di tiga kabupaten (Kabupaten Batang, Kabupaten Kendal dan Kabupaten Wonosobo) Jawa tengah ini memiliki pemandang yang luar biasa indah. Sehingga tidak salah jika gunung Prau di kategorikan sebagai salah satu gunung dengan sunrise terbaik di Indonesia.

Sebetulnya gunung ini sudah saya kunjungi sejak tahun lalu, tapi entah kenapa tidak lengkap rasanya jika saya tidak menceritakan pengalaman pendakianku di halaman khusus di blog ini. Siapa tahu cerita ku ini dapat membantu kamu yang berencana untuk mendaki gunung Prau.

O iya, Pendakin kali ini sedikit berbeda dengan pendakian yang biasa  saya lakukan loh,  saya sama sekali tidak mendirikan tenda di puncak Gunung Prau tetapi bermalam di salah satu homestay yang ada di Dieng.

Saya sengaja menyewa Homestay karna sebelum melakukan pendakian  saya memutuskan untuk menjelajah Dieng terlebih dahulu. Sangat sayang rasanya jika kamu pergi jauh-jauh ke Dieng tetapi tidak mengunjungi beragam destinasi menarik yang ada disana. Tempat wisata di Dieng komplit banget guys !

BACA JUGA : SEHARIAN DI DIENG PLATEAU NGAPAIN AJA ?

Gunung Prau memiliki ketinggian 2565 MDPL, jadi tidak perlu waktu lama untuk mendakinya sampai ke puncak gunung. So, Sekitar jam 2 pagi saya dan ketiga teman saya langsung bergegas menuju basecamp gunung Prau. Pagi itu udara di Dieng benar-benar dingin, menusuk sampai ke tulang. brrr

Sesampainya di basecamp, kami melakukan registrasi terlebih dahulu dengan membayar uang masuk Rp.10.000 /Orang. Sebelum pendakian dimulai, kami berdoa sejenak meminta perlindungan kepada Yang Maha Kuasa agar diberi keselamatan dan kelancaran selama pendakian.

Untuk mencapai gunung Prau, para pendaki bisa melewati beberapa jalur Seperti jalur Dieng ataupun jalur Patak Banteng. Nah, saat itu kami memilih melewati jalur Dieng, Selain lokasinya yang berada tidak jauh dari homestay, Jalur Dieng juga dikenal lebih mudah untuk di daki.


Dari basecamp, Perjalanan menuju pos 1 tidak begitu melelahkan, treknya pun tidak terlalu sulit. Bahkan jika siang hari tempat ini akan terlihat sangat indah karna banyak perkebunan warga yang sangat menyegarkan.

Setelah sampai di Pos 1, saya beristirahat sejenak sambil menunggu kedua rekan saya yang belum sampai. Sesekali bertegur sapa dengan pendaki lainya. Saat itu banyak sekali wisatawan yang datang, baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Saking banyaknya pendaki yang membanjiri gunung Prau, saya sampai menemukan beberapa barang yang tergeletak begitu saja di beberapa trek yang saya dapat menemukan pemiliknya di puncak nanti.

Tapi kenyataanya, saya tidak menemukan pemilik barang-barang tersebut. Jadilah saya membawa banyak oleh-oleh dari gunung Prau seperti slier, Buff, Sarung tangan bahkan topi bule dengan merek yang terkenal.

Tidak ingin berlama-lama di Pos 1, kamipun melanjutkan perjalanan menuju pos berikutnya. Dengan harapan, kami dapat sampai ke puncak gunung Prau sebelum matahari terbit. Yap, salah satu tujuan para pendaki ke gunung Prau adalah untuk menyaksikan Golden Sunrise yang sangat melegenda itu. kamipuun tidak ingin ketinggalan menyaksikanya.

O iya, Sebenarnya selain gunung Prau kitapun dapat menikmati Golden Sunrise melalui Bukit Sikunir. Namun, sebagai pecinta ketinggian, tentu saja gunung Prau menjadi pilihan yang paling tepat.

Setelah 3 jam berjuang melewati hutan, jalanan yang berakar, tangga dari bebatuan serta jurang ditengah kegelapan, akhirnya kami sampai di titik tertinggi Dieng. Horaaay !


Ketinggian yang mencapai 2565 MDPL ini membuat udara di gunung Prau terasa sangat dingin. Bahkan jaket saya terasa tidak sanggup menahan hawa dingin.

Saat itu suasana gunung Prau masih terlihat gelap, langitpun masih bersih dihiasi taburan bintang dan milky way. Dari ketinggian saya dapat melihat kerlap-kerlip lampu perumahan warga diiringi suara azan subuh yang sayup-sayup terdengar dari kejauhan.

Sayapun langsung menggelar sajadah, bersimpuh kepada Yang Maha Kuasa dan tak henti-hentinya mengucap syukur atas ciptaa-Nya yang luar biasa ini.


Tidak beberapa lama akhirnya moment yang ditunggupun datang. Semburat matahari perlahan muncul di atas gumpalan awan, warna kuning keemasan dengan baground biru langit menjadikan gunung Prau terlihat sangat indah.

Saat itu saya simpan semua kamera dan gadget yang saya miliki. Saya hanya ingin fokus menikmati detik-detik sunrise di gunung Prau. Melihat pemandangan sedahsyat ini, membuat perjuangan saya terasa impas terbayarkan.

Ternyata benar apa kata orang, pemandangan gunung Prau dapat menyihir siapapun yang melihatnya. benar-benar seperti lukisan.





Tidak berhenti sampai disitu, pemandangan gunung Sumbing, Sindoro, Merapi dan Merbabu dapat terlihat jelas dari puncak gunung Prau. Ditambah hamparan hijau bukit teletubies semakin mempercantik suasana.








Hamparan puncak gunung Prau yang sangat luas membuat saya penasaran untuk mengelilingi setiap sudutnya. sehingga saya mempersilahkan kepada kedua teman saya yang ingin turun gunung terlebih dulu. Tidak mengapa saya berkeliaran seorang diri di gunung Prau. Saya rasa, saya sudah mulai terbiasa dengan gunung seribu bukit ini.




Setelah puas menikmati pesona indah gunung Prau, sayapun memutuskan untuk turun gunung. Saat itu saya turun seorang diri. Namun, saya sama sekali tidak khawatir akan tersesat, karna trek gunung Prau tidak teralalu rumit seperti trek gunung-gunung yang pernah saya daki sebelumnya.

Saat perjalanan pulang, ternyata saya dapat melihat telaga warna, kawah sikidang dan candi Arjuna dari kejauhan. Saya juga melewati banyak pepohonan pinus dan kawasan pertanian milik warga, Amazing banget!.







Untuk kalian yang belum pernah melakukan pendakian dan ingin merasakan sensasi naik gunung, gunung Prau dapat dijadikan pilihan yang tepat. Karna gunung Prau sangat direkomendasikan untuk pendaki pemula. Adapun lama pendakian yang saya alami saat itu hanya memakan waktu sekitar 3 Jam. wow in oendakian tercepat yang pernah saya alami :)

Btw, Berikut ini video perjuangan saya saat berada di Gunung Prau. Jangan lupa di tonton yah. di Subscribe juga sekalian muehe


Selepas dari Gunung Prau, saya langsung berkemas untuk persiapan kembali ke Homestay dan pulang ke kampung halaman. Berat rasanya harus meninggalkan gunung Prau yang sangat memukau.

“Saya selalu menyarankan ini jika kalian masih muda, punya banyak waktu luang, tidak memiliki terlalu banyak keterbatasan, maka berkelilinglah melihat dunia. Bawa satu ransel di pundak, berpindah-pindah dari satu kota ke kota lain, dari satu desa ke desa lain, dari satu lembah ke lembah lain, pantai, gunung, hutan, padang rumput, dan sebagainya.
Menyatu dengan kebiasaan setempat, naik turun angkutan umum, menumpang menginap di rumah-rumah, selasar masjid, penginapan murah meriah, nongkrong di pasar, ngobrol dengan banyak orang, menikmati setiap detik proses tersebut.
 Maka, semoga, pemahaman yang lebih bernilai dibanding pendidikan formal akan datang. Dunia ini bukan sekadar duduk di depan laptop atau HP, lantas terkoneksi dengan jaringan sosial yang sebenarnya semu. Bertemu dengan banyak orang, kebiasaan, akan membuka simpul pengertian yang lebih besar." 

MENGAPA SOTO SOLO BERBEDA DENGAN SOTO LAINYA ?

Beberapa waktu lalu setelah ngebolang ke Gancik Hilltopgunung Merbabu dan Candi Prambanan aku menyempatkan diri untuk wisata kuliner di daerah Solo a.k.a Surakarta. Sebetulnya bukan wisata kuliner sih, memang perutku sudah laper jadi aku memutuskan untuk mencari tempat makan.
Masalah makanan aku orangnya tidak terlalu pilih-pilih, selama menunya halal, higienis dan bukan kambing pasti aku makan. So, akupun langsung menunjuk salah satu tempat makan yang ada di depan mata, yaitu warung soto Bu ..... (Btw, aku lupa nama warungnya jadi kalian pikir sendiri aja yah).
Tempat makan ini sangat sederhana, bahkan bisa dibilang tempat makan paling sederhana yang pernah aku kunjungi. Namun walaupun begitu, menu soto disini sangat maknyus dan harganya murah Cuma goceng alias Rp. 5000 (begitu sabda temanku). So, Tanpa banyak cingcong aku langsung cabut ke warung soto Bu anu.
Setelah masuk ke dalam warung makan aku dan ke tiga temanku langsung memesan menu utama disini yaitu soto ayam, tidak lupa aku juga memesan nasi supaya aku tetap bisa kenyang sampe minggu depan.
Tidak beberapa lama, akhirnya seorang ibu-ibu paruh baya datang membawakan beberapa mangkuk Soto ayam plus segelas es teh manis yang bisa kami seruput manja.
Pertama kali melihat wujud soto Solo aku langsung heboh dan panik.
“ini beneran Soto ? ko begini bentuknya dah ?!
Wujud Soto solo berbeda banget sama soto-soto lain yang pernahku temui. Biasanya soto itu ada warnanya, kalo gak kuning ya ijo. Tapi soto Solo mah transparan cuy, bersih bening seperti tanpa kaca.
Oleh sebab itu, makanan ini lebih dekenal dengan soto ayam bening khas Solo atau soto gading, atau ada juga yang menyebutnya soto kwali sebab makanan ini masih di buat secara tradisional menggunakan kwali.
Ah di kosanku kalo masak juga pake kwali, berarti aku tradisional dong ya ?
Awalnya aku ragu mau makan soto ini, aku sudah suudzon kalo soto ini pasti ga ada rasanya, alias hambar. Entah kenapa aku selalu berasumsi bahwa setiap makanan yang polos dan ga menarik pasti rasanya kurang greget.
Aku juga sempet kesel karna nasi yang aku pesen ga kunjung sampai. Rasanya pengen ngomel dan ngobrak abrik seisi warung. E Tapi setelah aku perhatiin soto ini dengan seksama ternyata komponen-komponen yang ada di dalem mangkuk itu sudah disediakan nasinya guys jadi bisa langsung ‘hap’. Oalah, aku pikir nasinya di jual terpisah to.
Pertama kali mencicipi satu sendok kuah soto yang hangat ini ternyata rasanya luar biasa guys. Olahan bumbu rahasia yang di godok si Ibu membuat soto ini terasa unik, gurih dan seger. Aku jadi semangat nih makanya.
Namun, seperti biasa sebelum menghabiskan makanan aku mengabadikan moment terlebih dahulu. Jadi pas temanku sudah hampir kelar makan aku masih aja foto-foto. Susah emang kalo temenan sama food blogger amatir.
Nah itulah wisata kuliner low budget yang bisa aku ceritakan. Untuk kamu masyarakat Solo maaf ya makananya aku review dengan sangat tidak jelas. Harap maklum aku masih katro.
Okedeh sekian jajan-jalan kali ini. kira-kira wisata kuliner kemana lagi nih yang asyique ?
BACA JUGA CUY : MIE AYAM HOTPLATE PEDESNYA AMPE KEUBUN-UBUN

LIBURAN LEBARAN DAN TAHUN BARU BERSAMA ANAK-ANAK YATIM PIATU

Tak terasa bulan Ramadhan tinggal menghitung hari. Itu artinya kita pun akan segera berjumpa dengan hari kemenangan yaitu hari raya idul fitri.
Sebetulnya di penghujung bulan ramadhan merupakan moment yang sangat menyedihkan karna kita akan berpisah dengan bulan yang penuh rahmat dan keberkahan. Namun walaupun begitu merayakan hari raya adalah sebuah kewajiban. Sehingga sangat lumrah terjadi jika lebaran tiba setiap muslim akan bersuka cita menyambut hari raya dengan penuh kemeriahan.
Bagi sebagian orang hari raya idul fitri merupakan hari yang sangat di tunggu-tunggu. Banyak hal yang menyenangkan yang dapat dilakukan seperti bersilaturahmi ke sanak saudara, saling bermaaf-maafan, menikmati makanan khas lebaran, pergi ke berbagai tempat wisata dan masih banyak lagi momen-momen berharga yang sangat sayang jika dilewatkan.
Oleh karna itu, sudah menjadi tradisi jika hari raya tiba sebagian masyarakat Indonesia akan memanfaatkanya untuk pulang kampung (mudik) agar bisa merayakan hari kemenangan bersama keluarga tercinta.
Jadi bersyukurlah untuk kamu yang bisa mudik dan merayakan lebaran bersama keluarga. Sebab, ada juga orang yang tidak bisa menikmati momen tersebut, salah satunya yaitu seperti anak-anak yatim-piatu yang tinggal di panti asuhan. Nah, atas dasar inilah akhirnya aku memutuskan untuk selalu menghabiskan waktu lebaranku di panti asuhan.

Berkunjung ke panti asuhan merupakan hal yang sangat sering aku lakukan. Biasanya aku datang setiap beberapa bulan sekali, dan puncaknya yaitu ketika libur lebaran dan liburan akhir tahun / tahun baru.
Hampir setiap tahun aku selalu merayakan lebaran di panti asuhan. Disamping tidak memiliki kampung halaman untuk mudik,  menghabiskan waktu lebaran bersama anak-anak yatim piatu juga memiliki kebahagiaan tersendiri. 

Berikuti ini salah satu video yang aku rekam 2 hari sebelum lebaran di panti asuhan. Bisanya sebelum lebaran aku sudah menginap di panti asuhan terlebih dahulu supaya aku tidak ketinggalan merayakan kemenangan bersama mereka.


Sebetulnya ada alasan mengapa aku memilih panti asuhan sebagai tempat yang cocok untuk merayakan kemenangan, salah satunya yaitu karna aku pernah merasakan tinggal di panti asuhan.
Sedikit cerita, dulu saat aku duduk di kelas 6 SD, aku sempat berteman dengan beberapa anak panti asuhan yang berada tidak jauh dari rumahku. Hampir setiap pulang sekolah aku selalu mampir ke panti asuhan untuk bermain bersama mereka. Uniknya, setiap kali aku bermain ke panti, mereka selalu membujukku untuk tinggal bersama mereka, mengingat aku juga adalah seorang anak yatim.
Sehingga pada suatu hari ada salah satu anak panti yang memberitahukan kepada pengurus yayasan bahwa aku adalah anak yatim, lalu ketua yayasan yang biasa aku panggil Abi menawarkanku untuk tinggal di panti asuhan.
Awalnya aku bingung harus menerima tawaran tersebut atau tidak, sebab aku tidak ingin meninggalkan ibuku yang sudah menjadi single parent sejak aku kecil. Namun, setelah aku menceritakan semuanya kepada ibuku, beliau memberi kebebasan kepadaku untuk memilih. Ibuku memang selalu mendukung apapun yang aku lakukan. Singkat cerita akhirnya aku memilih tinggal di panti asuhan.



Bertahun-tahun tinggal di panti asuhan membuatku sadar betapa berbedanya kehidupan anak yatim piatu dengan anak yang tinggal dengan orangtua yang masih utuh.
Perbedaan ini akan sangat terasa ketika hari raya tiba, yaitu saat mereka tidak bisa merayakan lebaran bersama kedua orangtua seperti yang dilakukan anak-anak lain pada umumnya. Ada juga anak panti asuhan yang memiliki keluarga tetapi berada di luar pulau, sehingga mereka tidak bisa mudik disebabkan ongkos yang tidak mencukupi.
Jadi setelah aku tidak lagi tinggal di panti asuhan aku selalu merayakan liburan lebaran bersama anak-anak yatim piatu. Bagiku mereka sudah seperti keluargaku sendiri dan aku selalu berharap semoga aku bisa menjadi sosok pengganti ayah atau ibu bagi mereka.



Biasanya ketika merayakan lebaran, aku dan anak-anak panti asuhan dapat melakukan banyak hal seperti bermain, bercanda, bertukar pikiran atau bahkan menonton televisi. 

Yap! Menonton televisi merupakan kegiatan yang sangat menggembirakan karna mereka dapat menonton acara-acara spesial hari raya salah satunya yaitu acara tentang pariwisata.
Bayangkan saja, hanya dengan menonton acara wisata di televisi mereka sudah senang. Apalagi benar-benar diajak berwisata, mereka pasti akan tambah senang.
Aku masih teringat, dulu saat tinggal di panti asuhan pernah diajak berlibur oleh donatur ke tempat pariwisata. Saat itu aku dan teman-teman panti merasa sangat senang sebab kegiatan berlibur merupakan hal yang sangat jarang terjadi.
Nah, dari pengalaman itulah akhirnya aku punya sebuah impian untuk mengajak anak-anak panti asuhan pergi berlibur seperti yang dulu dilakukan donatur kepadaku, aku harap impianku ini dapat terwujud.

Saat ini aku sudah merencanakan waktu liburan impianku bersama anak yatim piatu di panti asuhan, yaitu ketika liburan lebaran dan liburan akhir tahun / tahun baru. Menurutku kedua momen itu sangat cocok untuk berlibur karna jangka liburanya lumayan panjang.
Adapun tujuan wisata yang ingin aku kunjungi yaitu ke negeri tirai bambu di China. Mungkin, liburan impianku ini terdengar sedikit berlebihan dan seakan-akan tidak mungkin. Namun, aku ingin sekali memberikan sesuatu yang spesial untuk anak panti. Dan aku selalu yakin bahwa tidak ada impian yang terlalu tinggi, selama kita besungguh-sungguh ingin mewujudkanya, Allah pasti akan membuka jalan.



Biasanya saat moment lebaran semua tempat wisata di Indonesia akan sesak oleh pengunjung, oleh karna itu aku memilih berwisata ke luar negeri saja hehe. Tidak hanya itu, sebenarnya China merupakan salah satu negara yang sangat aku impi-impikan.
Sejak dulu aku selalu jatuh cinta dengan segala hal tentang China, dari mulai budaya, bahasa, tradisi sampai film-film china semuanya aku lahap. Bahkan setiap kali aku ke panti asuhan aku selalu menceritakan tentang kebudayaan China dan mengajarkan sedikit bahasa mandarin kepada anak-anak panti asuhan.
Ternyata berbekal belajar bahasa Mandarin selama dua tahun di SMK membuatku bisa membaca, berbicara dan menulis hanzi Mandarin. Walaupun tidak terlalu mahir tetapi anak-anak panti asuhan sangat senang menyimaknya. Oleh sebab itulah akhirnya aku semakin mantap ingin mengajak mereka berlibur ke China.
Setelah menetapkan tujuan wisata, langkah selanjutnya yaitu mencari biro travel yang akan membantuku mewujudkan liburan impian. Adapun biro travel yang aku butuhkan yaitu yang mengusung konsep wisata halal sebab panti asuhan yang akan aku ajak merupakan panti asuhan berbasis pesantren, jadi tidak boleh sembarangan memilih biro travel, semuanya harus sesuai dengan landasan keislaman.
Dengan menggunakan jasa wisata halal aku tidak perlu khawatir saat melakukan perjalanan ke berbagai tempat termasuk ke daerah minoritas muslim sekalipun seperti China, sebab semuanya dijamin aman dan nyaman mulai dari kemudahan mencari tempat ibadah sampai penyajian menu makanan yang halal. Itulah pentingnya pemilihan travel yang mensupport wisata halal.
Bahkan, kini Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mendukung destinasi wisata halal dengan menetapkan fatwa tentang pedoman penyelenggaraan pariwisata berdasarkan prinsip syariah. Fatwa MUI ini telah di tetapkan sejak tanggal 01 oktober 2016 lalu.

Berdasarkan Fatwa MUI nomor 108/DSN-MUI tentang pariwisata syariah, telah diputuskan bahwa pariwisata halal harus memenuhi ketentuan-ketentuan sebagai berikut :
  • Destinasi wisata wajib terhindar dari: kemusyrikan, khurafat, maksiat, zina, pornografi, pornoaksi, minuman keras, narkoba dan judi, serta pertunjukan seni dan budaya yang tidak bertentangan prinsip syariah.
  • Destinasi wisata wajib memiliki fasilitas ibadah, makanan dan minuman bersertifikat halal MUI
  • Spa, sauna dan massage wajib menggunakan bahan halal bersertifikat halal MUI, tidak najis, serta terhindar dari pornoaksi dan pornografi
  • Terapis spa, sauna dan massage, harus sesama jenis (pria/wanita) dengan wisatawan
  • Biro Perjalanan Wisata Syariah wajib menggunakan Lembaga Keuangan Syariah, baik bank, asuransi, lembaga pembiayaan, lembaga penjaminan, maupun dana pensiun.
  • Setiap prosses akad harus sesuai syariah baik dari Pihak-pihak yang Berakad maupun Akad antar Pihak. Jadi setiap proses transaksi baik dari pihak wisatawan, biro perjalanan, hotel, terapis dan lain-lainya harus sesuai ketentuan syariah.
Ulasan lebih lanjut seputar fatwa wisata halal dapat kamu baca DISINI.

Setelah melihat banyaknya ketentuan MUI terkait pariwisata Halal ini, aku jadi pesimis dan tidak yakin dapat menemukan biro travel berprinsip syariah seperti itu.

Namun, setelah melakukan beberapa pencarian di internet ternyata aku dapat dengan mudah menemukan biro wisata halal. Salah satunya yaitu Cheria Halal Wisata.

Cheria Halal Wisata merupakan biro travel yang menyediakan Tour Travel Halal Terlengkap di Indonesia dengan tujuan perjalanan domestik maupun mancanegara. Sebetulnya aku sudah mengetahui Cheria Halal Wisata sejak lama, bahkan aku juga pernah merasakan perjalanan bersama Cheria yaitu ketika pergi berlibur ke pulau Derawan.
Jadi, saat mengetahui Cheria Halal Wisata juga menyediakan paket liburan ke China, aku tidak perlu berpikir dua kali untuk memilih Cheria sebab aku sudah merasakan sendiri pelayanan yang di berikan Ceria Halal Wisata. 

Berikut ini salah satu video dokumentasi perjalananku bersama Cheria Halal Holiday saat ke pulau Derawan bulan lalu.






Cheria Halal Wisata juga sangat mendukung fatwa MUI 108/DSN-MUI tentang pariwisata syariah, bentuk dukungan yang diberikan yaitu dengan terus melakukan sosialisasi kepada umat Islam akan pentingnya wisata halal dalam pembentukan karakter keluarga muslim.
Bahkan beberapa waktu lalu tokoh-tokoh ulama seperti Aa Gym dan Bachtiar Nasir melakukan studi wisata halal ke Beijing dan Shanghai bersama Cheria Halal Wisata. Mereka melihat langsung perkembangan Islam dan pelaksanaan wisata halal di luar negeri yang akan dijadikan patokan kemajuan wisata halal di Indonesia.









 

Adapun beberapa paket liburan ke China yang ditawarkan Cheria halal wisata yaitu Paket Tour Wisata Halal Beijing dan PaketTour Wisata Halal Shanghai. Kedua paket tersebut sama-sama menarik, destinasi yang dikunjungi juga beragam. Beberapa destinasi tersebut diantaranya :




Beijing merupakan Ibu kota Republik Rakyat Tiongkok. Jika dulu kita lebih terbiasa dengan sebutan Republik Rakyat China maka kini istilah China telah diubah menjadi Tiongkok oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono sejak tahun 2014 silam.
Sebagai ibukota negara, Beijing merupakan salah satu kota terpadat di dunia. Beijing yang merupakan kota terbesar kedua setelah Shanghai ini memiliki bangunan-bangunan kuno bersejarah yang berusia lebih dari 3000 tahun. Kini, bangunan bersejarah tersebut telah menjadi ikon kota Beijing yang sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.
Kota Beijing yang berada di dataran rendah Chaoyang ini dikelilingi oleh pegunungan Yen San. Di pegunungan ini terdapat bangunan bersejarah yang wajib di kunjungi yaitu tembok besar China atau the great wall.



Tembok Besar China merupakan daya tarik utama bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke China. Bangunan yang masuk dalam tujuh keajaiban dunia ini merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia, yaitu mencapai 21 km.
Tembok Besar Cina telah dibangun sejak abad ke 7 SM pada masa Dinasti Zhoi. Dulunya bangunan ini dibuat sebagai benteng pertahanan dari serangan musuh Suku Xiongnu di utara. Awalnya tembok ini dibangun secara terpisah-pisah, barulah pada 221 SM saat Negara Qin menyatukan Cina, tembok besar pun disatukan.
Saat berkunjung ke Tembok besar China, kita dapat menikmati pemandangan alam dari atas benteng yang menakjubkan salah satunya yaitu pemandangan laut pada salah satu ujung dari tembok China. Kawasan Tembok China yang menyimpan sejarah ini juga memiliki lingkungan yang bersih dan terawat sehingga dapat membuat liburan menjadi semakin berkesan.





Destinasi selanjutnya yang ingin aku kunjungi yaitu kota terlarang atau the forbidden city yang berada di kota Beijing. Disini terdapat museum istana kuno yang merupakan istana peninggalan dinasti-dinasti Ming dan Qing.
Istana terlarang ini memiliki luas sekitar 720.000 meter persegi dan didalamnya terdapat 800 bangunan serta 8000 ruang kamar. Sehingga tidak salah jika bangunan yang megah ini telah terdaftar sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1987.
Selain menikmati arsitektur istana kuno, wisatawan juga dapat melakukan aktivitas lain yang tidak kalah menarik seperti bersepeda di sekitar halaman Kota Terlarang, Menjelajahi kuil–kuil cantik,   Berjalan–jalan santai atau mengabadikan moment dengan latar belakang arsitektur China kuno yang khas.
Shanghai adalah kota paling besar di China. Kota Metropolitan yang memadukan antara budaya Internasional dan China ini telah menjadi pusat ekonomi, perdagangan, finansial dan komunikasi terpenting di Cina. 

Saat di Shanghai wisatawan dapat mengunjungi berbagai tempat menarik seperti Shanghai Old Town (Chenghuangmiao), berbelanja di silk store, berfoto di Iriental pearl TV Tower yang merupakan tower tertinggi ke 3 di dunia, melihat pemandangan kota shanghai dari ketinggian lantai 94 di Shanghai world Financial Tower dan masih banyak lagi. Intinya setiap sudut kota shanghai sangat memikat hati.

Selain berwisata sejarah atau budaya, China juga memiliki wisata yang tidak kalah menarik yaitu wisata religi untuk muslim. Walaupun China merupakan negara komunis tetapi jangan salah, disana juga terdapat banyak kaum musliminya.
Agama Islam sendiri telah masuk ke China sejak 1.400 tahun yang lalu. Sehingga tidak heran jika di China terdapat banyak bangunan masjid yang sangat bersejarah.
China merupakan Negara pertama yang mengalami pertumbuhan penduduk Muslim terpesat dibanding negara yang lain. Hingga kini populasi umat muslim di China telah menembus hingga 50 juta jiwa yang tersebar di berbagai etnis seperti Hui, Uygur, Kazakhs, Sala dan lainnya sebagainya.
Adapun bangunan masjid yang pertama kali dibangun yaitu pada masa dinasti Tang (618-907) ketika Islam pertama kali dibawa masuk ke China oleh para pedagang Arab.
Awalnya arsitektur masjid di China masih mirip seperti masjid di timur tengah pada umumnya. Namun, tidak beberapa lama akhirnya bangunan masjid mulai mendapat pengaruh oleh seni arsitektur lokal. Sehingga perpaduan kedua arsitektur arab dan China menjadikan bangunan masjid di China terlihat sangat unik dan khas.
Adapun beberapa masjid yang masih berdiri kokoh hingga saat ini yaitu masjid Xiaotaoyuan yang merupakan masjid paling besar di Shanghai, masjid Najiahu di Yongning County provinsi Ningxia, masjid Songjiang di Shanghai, masjid Xi'an dan masih banyak lagi.



Peninggalan sejarah Islam di China menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan muslim. Sehingga, hal ini membuat pemerintah China mulai berbenah untuk menerapkan pariwisata halal guna mempermudah menarik wisatawan muslim dari seluruh dunia.

Adapun beberapa fasilitas yang mulai di perhatikan yaitu seperti menyajikan menu makanan halal, menyediakan tempat beribadah serta fasilitas muslim friendly lainya yang dibutuhkan wisatawan muslim.


Itulah beberapa destinasi wisata di China yang sangat ingin aku kunjungi. Nah, Sekarang giliran kamu yang merencanakan liburan impian saat lebaran dan tahun baru.

O iya,  sebelum merencanakan liburan ada baiknya kamu membaca tips-tips liburan aman dan nyaman berikut ini, mengingat persiapan yang matang dalam merencanakan liburan merupakan hal yang sangat penting.

TIPS LIBURAN AMAN DAN NYAMAN

1. Carilah waktu liburan yang tepat.
2. Tentukan tujuan wisata yang ingin kamu kunjungi.
3. Persiapkan budget yang cukup dan itinerary perjalanan yang matang.
4. Jika liburan menggunakan jasa Travel lihat terlebih dahulu sudah berapa banyak trip yang dilaksanakan, jika sudah banyak kemungkinan besar penyelenggara tersebut bisa dipercaya.
5. Lihat juga testimoni orang-orang yang pernah berlibur bersama penyelenggara itu.
6. Saat memilih biro travel, pastikan kamu sudah melakukan research terlebih dahulu. Cari perbandingan harga dan fasilitas apa saja yang didapatkan.


-------------------------------------
Nah, Jika kalian sudah memenuhi keenam tips diatas InsyaAllah liburan kalian akan semakin aman dan nyaman. Adapun untuk pemilihan jasa travel, aku sangat merekomendasikan menggunakan Cheria Halal Wisata.
Cheria Halal Wisata selain memiliki reputasi yang bagus, ia juga memiliki banyak keunggulan dibanding biro Travel lainya. Namun yang terpenting adalah setiap layanan yang di berikan Cheria Halal Wisata berlandaskan nilai-nilai keislaman.
jika kamu ingin mengetahui keunggulan apa saja yang terdapat di Cheria Halal wisata, kamu dapat mengunjungi halaman ini sebab sebelumnya aku pernah mengulas juga tentang Cheria Halal WisataAdapun alamat dan kontak Cheria adalah sebagai berikut :
Alamat Kantor : Gedung Twink Lt. 3,Jl. Kapten P. Tendean No. 82 Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12790.

Telepon : 021-7900201 / 021-700216 (Hunting)
Fax : 021-79182408
Email : info@cheria-travel.com

Web: www.cheria-travel.com

Nah, itulah pengalaman liburan lebaran dan akhir tahun bersama keluarga baruku di panti asuhan. Semoga di hari lebaran dan akhir tahun berikutnya aku bisa merealisasikan mimpiku mengajak anak-anak panti asuhan berwisata halal sambil mengenal budaya daerah dengan suguhan pemandangan yang khas di negeri China, tentunya dengan menggunakan jasa travel dari Cheria Halal Wisata.

TRAVELING BARENG CHERIA HALAL WISATA.
LIBURAN TERUS, IBADAH TERUS










Perjalanan membuat kita menyadari bahwa Tuhan menciptakan begitu banyak budaya dan suku bangsa agar manusia bisa saling mengenal.

Lomba Menulis Artikel Cheria Wisata