KUNJUNGAN KE PABRIK ‘SUSU BUBUK’ DANONE SN INDONESIA DI SENTUL, BOGOR. TERNYATA SEPERTI INI PROSES PEMBUATANNYA


Pada hari rabu tanggal 12 Februari 2020 kemarin aku melakukan kunjungan ke salah satu pabrik di Sentul, yaitu pabrik Danone Specialized Nutrition Indonesia. Seperti biasa, Kali ini aku berangkat bersama temen-temen Blogger.

Perjalanan dimulai dari Jakarta menggunakan mobil HiAce. Walaupun aku orang Bogor, tetapi aku sedikit kesulitan menuju Sentul karna akses transportasi umum yang masih minim, jadi aku memilih untuk 'nebeng' menggunakan mobil yang sudah difasilitasi oleh Danone.



Perjalanan dari Jakarta menuju Sentul cukup lancar, sampai akhirnya kami sampai disalah satu lembaga pendidikan yang merupakan binaan Danone, yaitu PAUD Cerdas. Saat tiba di lokasi, kami langsung disambut meriah oleh tarian dari adik-adik PAUD Cerdas.




Adik-adik ini juga menampilkan senam 'Isi piringku' dengan lirik pengiring lagu yang edukatif banget. Lagu ini sejalan dengan komitmen Danone untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya gizi terutama untuk 3000 hari pertama kehidupan. Kalau kamu ingin tahu seperti apa lirik lagu isi piringku bisa tonton videonya di bagian bawah postingan ini ya :).

APASIH ISI PIRINGKU ITU?


Bagi teman-teman yang belum tahu, Isi piringku adalah slogan pengganti 4 sehat 5 sempurna yang selama ini kita kenal. Seiring perkembangan zaman pedoman '4 sehat 5 sempurna' mulai dianggap tak lagi sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi gizi. Yang akhirnya, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengkampanyekan jargon pemenuhan gizi seimbang dengan "Isi Piringku" di tahun 2017.


Berbeda dengan '4 Sehat 5 Sempurna', 'Isi Piringku' menggambarkan porsi makan dalam satu piring yang terdiri dari 50 persen buah dan sayur. Dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein.


Kalau isi 4 sehat 5 sempurna hanya menekankan pada jenis karbohidrat, lauk pauk, sayuran, buah dan susu. Isi piringku tidak hanya menekankan pada jenis makanannya saja tetapi juga membatasi gula, garam dan lemak dalam konsumsi sehari-hari. Isi Piringku menjadi jawaban bagi masyarakat, untuk mengetahui porsi makan yang tepat dalam memenuhi kebutuhan gizi. Penerapan isi piringku juga dapat mencegah stunting yang banyak dialami oleh anak-anak di Indonesia.

“Cegah stunting itu penting”

Tonton juga video di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang Isi piringku. Ini adalah vlog aku saat mengikuti salah satu program Danone dalam memberikan penyuluhan tentang Isi Piringku bagi guru-guru PAUD yang ada di Jakarta Utara.




KUNJUNGAN KE PABRIK DANONE SPECIALIZED NUTRITION INDONESIA


Tak jauh dari PAUD Cerdas terdapat pabrik Danone yang sudah tak sabar ingin aku kunjungi. Sebetulnya ini bukan pertama kalinya aku berkunjung ke pabrik Danone, sebelumnya aku juga pernah berkunjung ke pabrik Danone Aqua di Bali dan Klaten. Yang membedakan adalah pabrik ini memproduksi susu bubuk.



Sebelum masuk ke dalam pabrik, para pengunjung wajib mendaftarkan diri terlebih dahulu menggunakan kartu identitas yang sah. Jadi kalau kamu berencana datang ke sini jangan lupa bawa KTP atau SIM ya. Nanti, wajah kita juga akan di foto lewat mesin registrasi.




Selain itu, pengunjung diwajibkan menggunakan sepatu tertutup demi keamanan. kita juga bisa meminjam sepatu dari pabrik jika tidak membawa sepatu sendiri. Kira-kira seperti inilah bentuk sepatunya, keren juga ya :).


BAGAIMANA PROSES PEMBUATAN SUSU BUBUK?


Masuk ke dalam pabrik kami langsung dipandu oleh dua orang guide yang akan menjelaskan segala hal tentang pabrik ini. Dari mulai sejarah, seluk beluk bangunan pabrik sampai proses produksi susu bubuk.

Selama plan trip kami tidak diizinkan mengambil gambar, jadi aku tidak punya stok foto deh. Selain itu ada juga beberapa peraturan DO’s & DON’T’s yang wajib dipatuhi. Diantaranya yaitu:

Dok: Ani Berta
Peraturannya cukup ketat ya, tetapi karna hal inilah pabrik Danone SN Indonesia di Sentul menjadi salah satu pabrik yang memiliki tingkat kecelakaan terendah dibanding pabrik-pabrik Danone lainya diseluruh dunia.

Plan tour dimulai dari lantai paling atas. Di lantai ini tersimpan bersak-sak susu bubuk yang masih terpisah dengan kandungan lainnya seperti perisa, mineral, probiotik dll. Lalu semua bahan ini dicampur menjadi satu.

Tak sembarang orang bisa masuk ke dalam ruangan ini. Setiap proses pengerjaannya harus teliti dan bersih. Sehingga produk susu tetap steril.

Dari lantai atas lalu susu bubuk di alirkan ke lantai yang ada di bawahnya, di setiap lantai memiliki mesin olah yang berbeda-beda. Setiap proses pengerjaannya sangat mengesankan sampai membuatku terkagum-kagum.

Lantai demi lantai sudah kami lalui hingga akhirnya sampailah kami di bagian pengemasan produk susu ke dalam kardus. Ini adalah bagian terakhir dari proses produksi susu bubuk. Itu artinya kegiatan plant tour sudah selesai. Nah kira-kira seperti inilah hasil produk susunya, ada SGM, Nutricia HI-Q1, dan nutrilon royal.



DANONE SPECIALIZED NUTRITION INDONESIA LUNCURKAN LAPORAN KEBERLANJUTAN


Selain ‘plant tour', aku juga mengikuti peluncuran buku Laporan Keberlanjutan Danone Specialized nutrition Indonesia yang diselenggerakan tiap 2 tahun sekali. Laporan Keberlanjutan ini menunjukkan bagaimana Danone SN Indonesia menjaga keberlangsungan berbagai aspek keberlanjutan di setiap proses bisnis hingga berbagai inisiatif sosial ekonomi dan pemberdayaan masyarakat.

Dengan Laporan Keberlanjutan, perusahaan dapat menyuarakan kontribusi langsung maupun tidak langsung dari inovasi produk, proses bisnis, hingga program edukasi terhadap masyarakat di sekitar lokasi operasi perusahaan. Laporan ini menunjukkan komitmen Danone SN dalam memberikan kesehatan melalui produk nutrisi ke sebanyak orang dan berkontribusi positif pada terciptanya generasi Indonesia di masa depan yang lebih sehat.



Connie Ang, Presiden Direktur Danone Specialized Nutrition Indonesia menyatakan, “Kami berkomitmen untuk menjalankan aktivitas perusahaan dengan menerapkan berbagai aspek berkelanjutan serta menjalankan bisnis yang sejalan dengan perkembangan sosial, ekonomi dan lingkungan. Sebagai perusahaan yang berfokus untuk mengembangkan produk nutrisi berdasarkan riset dan ilmu pengetahuan dan berkontribusi pada kesehatan secara jangka panjang, kami percaya bahwa makanan yang sehat akan tumbuh dari bumi yang sehat pula. Hal ini merupakan refleksi dari misi Danone ‘One Planet One Health’.”

Karyanto Wibowo, Sustainability Director Danone Indonesia mengatakan, “Laporan Keberlanjutan kami ini mencakup 6 pilar utama yang terdiri dari berbagai komitmen dan tanggung jawab kami dalam hal Riset dan Inovasi, Rantai Nilai Nutrisi, Lingkungan, Pemberdayaan Masyarakat, Kepatuhan Bisnis, hingga Pengembangan Karyawan.

Wah keren ya komitmen Danone SN Indonesia meliputi berbagai aspek. Jadi gak heran kalau Produk-produk Danone selalu dipercayai oleh masyarakat Indonesia.


Sebagai penutup, Ibu Connie Ang melakukan peresmian peluncuran buku ‘laporan keberlanjutan Danone Specialized Nutrition Indonesia’ periode 2017-2018. Klik Di Sini untuk mengunduh Laporan Berkelanjutan periode 2017-2018. Semoga kedepannya program Danone semakin baik lagi.



‘Tidak boleh ada anak-anak yang tertinggal di Indonesia’

2 komentar:

  1. leoooonnn!!! lama gak bersua!

    asik ya tour danone kali ini, ada banyak dedek dedek gemes juga hehehehe (teteup mak emak salah fokus)
    disini pabriknya lebih ketat ya, ada pendaftaran pengunjung juga, emang kalo soal security commitment danone ini gak kaleng kaleng

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAlo teh Agiii, Gila udah hampir setahuuun wkwk

      Ya ampun masih peka sama degem degem ternyaat haha.

      Ayo Teh Agi ke sini main main :)

      Hapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search