10 'CARA CEPAT' DAPAT SILVER PLAY BUTTON DARI YOUTUBE BERDASARKAN PENGALAMAN PRIBADI


Minggu lalu aku diberi amanat untuk mengisi materi disalah satu grup whatsapp, yaitu grup ISB Blogger. Materi yang kusampaikan tentang kiat sukses main youtube. Walau pun grup ini lebih fokus ke dunia blogging tetapi banyak juga yang tertarik dengan dunia youtube. Sebab, saat ini seorang blogger  juga dituntut untuk bisa segala hal, dari mulai mengolah kata sampai mengolah multimedia.

Nah, dari pada materinya ngebangke di chat group mending aku share aja dimari siapa tahu bermanfaat.

Kebetulan bulan lalu aku baru dapet silver play button (cieee!) karna channel youtubeku sudah menyentuh 100 ribu subscribers. Jadi ketika ditawari untuk menyampaikan kiat-kiat ngeyoutube sampai dapat silver play button, aku langsung menyetujui tawaran tersebut. Segala ilmu yang aku sampaikan pasti akan kembali lagi ke diriku sendiri, dan aku akan dapat ilmu baru yang lebih banyak lagi.
Sharing is caring, right?
Nah berikut ini 10 poin penting yang perlu kita lakukan agar cepat dapet silver play button berdasarkan pengalamanku selama bergelut di dunia youtube.

1. MENENTUKAN TEMA / NICHE

Niche youtube channel kontent Traveling: Youtube.com/khairulleonmedia
Usahakan dalam satu channel, niche/tema videonya satu saja. Kalau kita membahas tentang kuliner, ya kuliner terus jangan digabung bahas otomotif. Kalau bulan ini bikin video gaming bulan besok jangan bikin video masak. Nanti audience kita bingung.

Aku juga dulu kayak gitu banyak video campur-campur, Tapi semakin ke sini semakin konsisten untuk upload tentang traveling aja. Kalau kamu sudah punya akun youtube dan sudah upload beberapa video, lihatlah video yang jumlah viewsnya paling banyak, kalau bisa lanjutkan bikin video dengan tema itu.

2. MEMBUAT KONTEN YANG KITA MINATI, SUKAI DAN KUASAI

Contoh konten video unboxing

Jangan sekali-kali bikin video yang tidak kita sukai, karna kedepannya kita bakal bingung akan membuat video apa lagi. Ujungnya-ujungnya bakal stuck bahkan bisa berhenti main yotube. Buatlah video dibidang yang kita kuasai.

Kalau kita jago masak, buatlah video masak. Kalau suka traveling, buatlah video jalan-jalan. Kalau suka makan silakan bikin video mukbang, food review, ASMR, banyak dah.

“Ngeyoutube itu perlu konsistensi dan keberlanjutan.”

3. MULAI DARI HAL YANG KECIL


Kamera mungil pertamaku

Untuk memulai ngeyoutube ga usah muluk-muluk pengen langsung wah. Jangan nunggu punya kamera mahal spek dewa. Kalau mau bikin video ‘travel vlog’ Ga perlu traveling yang jauh-jauh, pergi ke taman kota di Jakarta juga sudah termasuk traveling. Muter-muter komplek juga sudah termasuk traveling. Kalau kata Tokopedia mah ‘Mulai aja dulu’.

Banyak orang yang ga mau bikin video karna ga punya kamera bagus. Padahal merekam pakai kamera HP juga gak kalah keren. Kamera yang terbaik adalah kamera yang kita miliki dan kita kuasai.

Video di atas merupakan salah satu contoh kamera murah yang karnanya aku jadi bisa upgrade kamera yang lebih bagus lagi. Sebetulnya aku sisipkan video ini bukan karna kameranya sih tapi karna di video itu ada teman seperjuanganku 'Hilmanuddin' yang beberapa waktu lalu meninggal dunia. Video ini menjadi satu-satunya 'diary' kenangan bersama beliau. Huaaaa pengen nangis rasanya, bertahun-tahun tinggal sekamar kost kini beliau sudah pergi duluan huaaa :(

4. KONSISTEN ADALAH KOENTJI

Pekerjaan apapun itu kalau dilakukan secara konsisten pasti akan membuahkan hasil. Rutinlah upload video minimal seminggu sekali.

5. PERBANYAK KONTEN, KARNA KONTEN ADALAH INVESTASI

Konten video yang ada di channel Tutorial wow
Semakin sering bikin video semakin besar kemungkinan orang nonton video kita.

Kalian tahu Netflix?. Perusahaan itu terus berhutang demi bisa memproduksi banyak film. Sebab mereka tahu semakin banyak film yang mereka buat semakin banyak penghasilan yang akan mereka dapat dimasa depan. "Content is a king"

6. TINGKATKAN KUALITAS VIDEO

Kalau kita sudah rutin bikin video, dengan sendirinya skill editing kita akan semakin terasah. Nanti kita juga akan punya ciri khas dan gaya editan tersendiri. Ga ada salahnya mencari inspirasi dari video orang lain. Lakuakn ATM: Amati Tiru Modifikasi, Tapi jangan sampe copas nanti bisa tumbang kayak channel Calon Sarjana wkwk.

7. JANGAN TERPAKU DENGAN JUMLAH SUBSCRIBER


Banyaknya subscriber tidak menjamin video kita banyak yang penonton. Menurutku, hal ini disebabkan karna algoritma youtube yang selalu berubah-ubah. Sosial media apapun seperti FB, Twitter, dan Instagram juga selalu berubah-ubah. Jadi jangan pernah terpaku dengan jumlah subscriber, tetap utamakan konten.

Kalau kontenmu bagus orang juga gak akan segan-segan subscribe kok. Jangan takut tidak ada penonton, Video apapun pasti ada peminatnya.

8. PERCANTIK THUMBNAIL DAN DESIGN CHANNELMU!

Dekorasi di youtube channel Khairulleon
Gunakan thumbnail video yang menarik dan dekorasi channelmu sekeren mungkin . Orang bakal mau subscribe kalau channel kita bagus dan terlihat professional.

9. BAGIKAN VIDEOMU

Bagikan link video di berbagai media sosial tapi jangan spam. Kita bukan artis yang sekali bikin video langsung viral. Vlogwalking lah ke channel orang lain, saling berkomentar dll. Awalnya memang butuh perjuangan tapi lama-lama semua perjuangan ini akan terbayarkan.

10. JANGAN PERNAH MERASA PUAS DAN BERGEMBIRALAH

Jangan pernah merasa puas. Main youtube itu ga ada akhirnya. Akan selalu ada hal baru yang harus kita pelajari. bergembiralah walaupun youtube kita serasa tidak ada kemajuan. Segala sesuatu yang kita lakukan dengan riang gembira akan selalu membuahkan hasil.

CARA CEPAT DAPAT SILVER PLAY BUTTON 100K SUBSCRIBER

Bagi teman-teman yang sudah tidak sabar ingin memiliki silver play button, aku punya tips cepatnya nih. Kamu tidak perlu menunggu sampai punya 100.000 subscribers kok, tapi tetap bisa punya silver play button. Loh kok bisa?!

Caranya yaitu dengan beli online di marketplace wkwkw, tapi ini barangnya KW super ya wkwk. one bye!


7 komentar:

  1. Content is a king.

    Ini bener sih, kalau mau dapet sesuatu emang harus usaha dulu, karna ada banyak hal yang gak bisa didapatkan dengan mudah.

    Congrats buat Play Button-nya, Leon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. YAng membedakan ada yang usaha kecil tapi hasilnya besar.
      Ada juga yang usaha mati-matian tapi hasilnya tetep segitu-segitu aja.
      Nasib juga mempengaruhi haha

      Hapus
  2. Kirain beneran dapet silver play button dengan mudah, taunya beli di market place 😁

    BalasHapus
  3. keren rud, keep inspiring ya!
    kalo aku pengen sih rajin uplot youtube dapurngebut tapi belum ada waktu buat ngulik dan belajar lebih dalam :D
    aku juga udah follow lho y0utubemu

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search