06 November 2021

REKOMENDASI 15 TEMPAT WISATA DEKAT KAMPUNG INGGRIS PARE KEDIRI YANG WAJIB DIKUNJUNGI



Selama tinggal di Kampung Inggris Pare Kediri, aku ga cuma belajar bahasa inggris saja tapi juga rutin jalan-jalan tiap akhir pekan.

 

Menurutku bakal sayang banget kalau ke Pare cuma buat belajar doang tapi gak diimbangi dengan jalan-jalan (kecuali kalau kamu anaknya emang mageran atau sedang menghemat atau tidak suka dunia luar)

 

Yaudin ga usah banyak basa basi, berikut ini aku kasih rekomendasi 10 tempat wisata di Pare yang wajib banget untuk dikunjungi:



1. KAMPUNG INGGRIS PARE


Tempat wisata pertama yang aku rekomendasikan yaitu Kampung Inggris Pare itu sendiri. Di sini kita bisa sewa sepeda dan keliling ke sekitar Kampung inggris.

 

Seru banget sepedahan di sini karna ada banyak orang juga yang main sepeda, rata-rata sih yang naek sepeda para siswa Pare yang sedang kursus.

 

Di sini juga ada banyak warung berjejer di sepanjang jalan. Kita bisa wisata kuliner dan jajan-jajanan murah meriah gila. Café-café di sini juga cozy banget asik buat hangout sehabis penat belajar Bahasa Inggris fullday dari senin-jum’at.


2. MONUMEN SIMPANG LIMA GUMUL




Simpang Lima Gumul yang disebut-sebut sebagai kemabarannya Arc de Triomphe yang berada di Paris Perancis ini sudah menjadi tempat wisata favorite anak-anak pare. 8 daRI 10 siswa Pare pasti pernah ke sini.

Dalam perjalanan menuju Kampung Inggris juga kita pasti akan melewati SImpang Lima Gumul, jadi ga adal salahnya mampir sejenak untuk foto-foto. Asal hati-hati aja karna bangunan ini ada di tengah-tengah jalan raya, tetap aturi protocol keselamatan berkendara ya manteman.


3. TAMAN BUNGA MATAHARI




Taman Bunga Matahari masih ada di satu kawasan dengan Kampung Inggris. Lokasinya bisa kamu search aja di maps ntar juga ketemu . Aku sendiri ga sengaja nemu Taman Bunga Matahari ini pas lagi sepedahan di Pare.

 

Untuk masuk ke kawasan ini kita akan dikenakan tarif Rp. 2000. Murah banget gak sih. Di sini kita bisa foto-foto di tengah bunga matahari dan ngadem di gazebo.

 

Namun, beberapa bulan sekali bunga matahari ini di panen, jadi kamu jangan kaget kalau ke sini tiba-tiba bunga mataharinya ilang. Silakan berkunjung dilain waktu.



4. PARE SURGA KOLAM RENANG




Kolam renang di Pare ada banyak banget, tapi yang aku rekomendasikan ada 3, yaitu1:

Kolam Renang Alfil

Kolam renang alfil berada ditengah-tengah Kampung Inggris Pare, aku paling sering berenang di sini karna kolam ini yang lokasinya paling dekat dari kostan.

Selain kolam renang di sini juga ada homestaynya juga. Jadi cocok banget untuk kamu yang mau ke Pare tapi cuma satay bentaran doang, nginep di sini aja soalnya hotel-hotel di Pare jumlahnya cuma sedikit dan kurang recommended alia jelek-jelek banget asli masih bangusan kamarku di kontrakan.

 

Untuk renang di sini kita cukup bayar Rp.6rb aja. Air di kolam renang Alfil cukup bersih karna berasal dari alam sehingga ga bikin pedih di mata karna kebanyakan kaporit.

 

Kolam Renang Insta Cafe

Kolam renang Insta Cafe ada di dekat Kampung Inggris Pare juga. Tapi lokasinya sedikit lebih jauh jadi harus naik sepeda sekitar 15 menitan. Yang seru dari kolam renang ini yaitu kedalaman kolamnya yang cukup dalam, seru banget buat nyelem pakai fins.

 

Di sini ada cafenya juga loh guys, enak banget untuk istirahat sejenak setelah capek berenang. Tapi lidahku kurang cocok dengan menu makanan di sini jadi aku biasa bawa snak sendiri.

 

Untuk bisa renang di sini kita cukuo membayar Rp.8rb aja. Harga segini cukup worth it karna tempatnya yang dikelola dengan baik dan ada banyak kamar mandinya. Pokoknya cukup nyaman.

 

Kolam Renang Surowono

Kolam renang Surowono berjarak sekitar 20 menit dari Kampung Inggris. Kolam renang ini sangat luas tetapi menurutku kolamnya tidak terlalu dikelola dengan baik.

 

Ada beberapa sudut yang menurutku perlu direnovasi seperti kamar mandi dan dan lantai kolam yang sudah mengelupas. Kalau sekarang ga tau deh gimana keadannya.

 

But so far kolam di sini recommended banget karna kolamnya luas, jernih dan airnya nyegerin sumpah!



5. GOA SUROWONO




Ga jauh dari Kampung Inggris Pare terdapat Goa Surowono yang bersejarah banget. Jadi tuh goa ini udah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Lorong di Goa ini panjang banget dan pengunjung bisa masuk lorong ini tapi Cuma di lorong tertentu aja.

 

Kata bapak penjaga yang ada di sini, dulunya goa ini tertutup pohon. Tetapi secara tidak sengaja pohon ini ditebang dan cling ketemulah Goa Surowono.

 

Untuk masuk ke dalam goa ini kita wajib pakai guide oleh penduduk sekitar, tetapi karna waktu itu aku ga tau menahu jadi aku langsung masuk aja sama temen-temen. Pas keluar goa langsung ditegur sama orang sana kenapa kok ga pake guide? Lah mana saya tahu emang ga ada yang nawarin! Wkwkwk

 

Untuk masuk ke sini kalau ga salah bayarnya cuma goceng deh.



6. CANDI SUROWONO




Masih di Surowono, di sini juga ada Candi Surowono yang historik banget. Letaknya ada dipinggir jalan jadi gampang ditemuin.

 

Pas aku masuk ke sini cuma disuruh isi data diri dan bayar uang masuk seikhlasnya. Yaudah aku kasih aja goceng.

 

Berdasarkan info yang aku baca di mading pintu masuk, Candi ini berdiri pada masa kerajaan Majapahit tahun 1400 Masehi, jadi Usianya sudah sekitar 617 tahun dan sampai saat ini masih berdiri kokoh.



7. CAR FREE DAY DI STADION CANDA BHIRAWA




Tiap minggu pagi di Pare terdapat car free day yang rame banget. Area CFD ini ada di sekitaran stadion. Aku suka banget maen di stadion karna bisa jogging keliling lapangan. Kalau udah puas lari-lari tinggal jalan santai di area CFD buat buat olahraga tapi buat nyari jajanan hehe.

 

Tiap sore abis penat belajar Bahasa Inggri saku juga rutin ke stadion Chanda Birawa untuk olahraga dan jalan-jalan sore, kadang juga sekalian cuci mata.



8. MASJID AGUNG PARE DAN TAMAN MAKAM PAHLAWAN




Dekat dari stadion ada masjid Agung Pare yang megah banget. Bangunannya pasti kelihatan dari pinggir jalan karna kubahnya menjulang tinggi. Biasanya aku ke sini untuk shalat jum'at saja tetapi kalau lagi gabut aku juga sering maen ke sini untuk beli jajanan atau ngadem di taman masjid dan melihat Taman Makam Pahlawan Chanda Birawa untuk mengingat kematian.



9. GUNUNG KELUD




Gunung Kelud masih satu kawasan di daerah Kediri. Tetapi jaraknya cukup jauh dari Kampung Inggris. Untuk menuju ke Gunung Kelud aku saranin untuk sewa motor di Kampung Inggris. Harga sewa ga nyampe 100rb guys perhari.

 

Perjalanan dari Pare sekitar 1 jam. Aku saranin berangkat abis subuh supaya jalanan gak terlalu ramai. Dulu aku berangkat abis subuh, sampai di Kelud masih pagi buta bahkan loket pintu masuknya juga belum ada penjaganya, jadi aku ‘nyelonong’ aja. Luamyan bisa masuk gratis wkwk.



10. PANTAI KEDUNG TUMPANG




Pantai Kedung Tumpang jadi salah satu pantai terfavoriteku. Jaraknya emang cukup jauh dari Pare tetapi hanya menyisihkan waktu satu hari saja kita sudah bisa berpuas-puas main di Pantai Kedung Tumpang.

 

Aku saranin untuk sewa motor dari Kampung Inggris Pare supaya perjalanan lebih mudah dan murah. Tapi tetap berhati-hati ya karna medannya cukup berliku dan menanjak.



11. MAKAM BUNG KARNO




Pulang dari Kedung Tumpang kita bisa sekalian mampir ke Makam Bung Karno di Blitar. Makam ini selalu ramai oleh para peziarah. Selain meliaht makam Bung Karno kita juga bisa berkunjung ke Museum dan jajal beragam souvenir yang murah-mura.

Harga tiket masuk ke sini cuma Rp.3rb aja guys!


12. MALANG




Malang ini jadi salah satu tempat favorite untuk libubrannya anak-anak Pare. Aku dan temen-temen di kelas pernah sewa mobil 2 hari untuk jalan-jalan ke Malang.

 

Udah ga perlu dipertanyakan lagi tempat wisata di Malang kaya apa karna ada banyak banget dan seru-seru.

 

Selama 2 hari di Malang aku sudah bisa main ke Coban Rondo, Mandi air panas, keliling museum angkut, jajan di alun-alun batu dan lain-lain.



13.GUNUNG BROMO TENGGER SEMERU




Selama di Pare jangan lupa cari info open trip untuk berburu tempat wisata murah meriah. Salah satunya yaitu gunung Bromo.

 

Hanya dengan merogoh kocek Rp. 150rb kita sudah bisa jalan-jalan seru ke Bromo. Tapi ya emang harus sabar karna di dalam mobil Jeep bakal duduk bejubel sama temen-temen lainnya haha.



14. KAWAH IJEN




Sama kayak ke Bromo, harga jalan-jalan ke Ijen dari Kampung Inggris juga cukup murah meriah loh! Cuma 150rb aja. Buruan deh cari Opentrip ke Ijen!



15. PULAU BALI




Opentrip Ke Bali dari kampung Inggris Pare cuma 450rb doang? Yap! Itulah harga termurah yang pernah aku lihat di salah satu agent travel di Pare. Aku ga pernah ke Bali dari Kampung Inggris karna belum minat.

Kalau kalian di Pare dan mau ke Bali bisa kalian coba ya guys!.

 

Nah guys, jadi itulah 15 tempat wisata deket Kampung Inggris Pare yang wajib dikunjungi. Kalian punya rekomendasikannya lainnya gak? Yuk share di kolom komentar






1 komentar:

  1. Wih beragam tempat wisatanya apalagi bagus dan pas buat refreshing, jadi ingin ke kampung Inggris Pare.

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search