17 Juli 2019

CARA LIBURAN GRATIS KE LABUAN BAJO VERSI KHAIRULLEON

Beberapa waktu lalu secara ga sengaja aku ikutan lomba nulis yang diselenggarakan Insto. Hadiahnya ga tanggung-tanggung bruh, liburan ke Labuan Bajo!.

Karna aku jarang menang lomba jadi aku ga terlalu berharap untuk menang.  Tapi keinginanku untuk bisa ke Labuan Bajo masih tetap menggebu-gebu. Sepertinya gara-gara sifat pesimis inilah yang membuatku ga pernah optimal kalau bikin konten wkwk.

Bayangkan aku cuma nulis 3 paragraf aja, itupun hasil copas dari salah satu postingan lawasku di blog ini. Bukanya males nulis tulisan terbaru tapi karna lombanya sudah mepet di detik-detik penutupan jadi aku kirimkan saja tulisan yang sudah ada, buat apa repot-repot.

Well, Ternyata tulisan di Blog itu bisa jadi investasi.

Selang beberapa hari, seorang teman memberitahuku kalau aku menjadi salah satu pemenang liburan ke Labuan Bajo. Aku sempat bungung karna perasaan ga pernah ikutan lomba sama sekali. Tapi setelah aku cek email ternyata benar, aku menang lomba Insto dengan hadiah ke Labuan Bajo. Oalah padahal aku udah pasrah dan melupakan lomba ini ga taunya malah menang.

"Saat kita benar-benar menginginkan sesuatu, semesta pasti akan membuka jalan dari cara yang tak disangka-sangka"

PERJALANAN PENUH DRAMA KE LABUAN BAJO

Pagi hari sekitar pukul 6.30 aku sudah bergegas menuju tempat pemberhentian bus bandara Damri di Botani square Bogor. Ini pertama kalinya aku ke bandara pagi hari. Biasanya berangkat sebelum subuh untuk menghindari kemacetan.

Sekitar jam 8.00 barulah bus berangkat menuju Bandara soetta. Namun, saat sampai di Jakarta kemacetan mulai terjadi. Sudah lebih dari 2 jam busku stuck disalah satu lampu merah di Jakarta. Berkali-kali ku lihat jam di layar hp, Ini kapan woi nyampenya.

Saat itu aku deg-degan sekali karna takut banget ketinggalan pesawat. Tapi alhamdulillah akhirnya sampai juga di bandara walaupun durasi perjalanan busnya tidak secepat biasanya. BIasanya dari Bogor-Soetta cuma 2 jam aja, ini malah sampai 5 jam huhu. Ga lagi-lagi deh berangkat ke bandara di jam-jam sibuk. Lebih baik datang kepagian dari pada ketinggalan pesawat.

Sampai di bandara soetta aku segera melipir ke rombongan yang akan ke Labuan Bajo. Pesertanya cukup banyak ada 20 orang. Setelah itu kami mendengarkan sedikit briefing dan dibekali bingkisan goodie bag dari Insto.

TERBANG KE LABUAN BAJO MENGGUNAKAN MASKAPAI GARUDA INDONESIA

Saatnya boarding time, aku pun segera masuk ke dalam kabin pesawat. Kali ini aku terbang bersama garuda, sebab hanya ini satu-satunya maskapai yang melayani rute jakarta-labuan bajo. Kalau dulu biasanya harus transit dulu di Denpasar Bali.

Selama penerbangan aku mendapatkan pelayanan yang sangat memuaskan. Garuda emang ga pernah bikin kecewa, jamuan makanannya juga enak-enak. Servicenya emang worth it banget, sesuailah dengan harganya yang mahal. Untuk pulang pergi Jakarta-Labuan Bajo saja bisa nyampe 4-8 juta loh. Inilah yang menyebabkan aku selalu menunda-nunda liburan ke Labuan Bajo karna harganya gila-gilaan expensive.

BANDAR UDARA KOMODO

2 Jam 15 menit mengudara akhirnya kami sampai di Bandar Udara Komodo. Atmosfir Indonesia bagian timur langsung terasa, panas dan gersang. Para petugas di bandara juga kebanyakan orang-orang flores, untungnya mereka baik-baik dan murah senyum.

Keluar dari pintu bandara kami langsung disambut oleh beberapa orang pria dengan logat ketimuran yang khas namun tetap ramah. Ternyata mereka yang akan jadi guide tour kami selama di Labuan Bajo. Tak hanya berjabat tangan mereka juga memberikan sebuah tenun syal khas Manggarai untuk semua peserta trip. Terimakasih :).

PERJALANAN DARI BANDARA KOMODO MENUJU PELABUHAN

Untuk menuju pelabuhan Labuhan Bajo kami harus menggunakan kendaraan darat. Saat itu kami  dijemput oleh sebuah bus yang sudah menunggu di lobi bandara. Lama perjalanan dari bandara sampai pelabuhan hanya 15 menit saja.

Di tengah perjalanan kami juga sempat turun dari bus untuk melihat pemandangan kota Labuan Bajo dari ketinggian dan mampir ke supermarket untuk membeli makanan ringan untuk live on board dikapal pinisi nanti.

MENUJU KAPAL PINISI DI PELABUHAN LABUHAN BAJO

Sampai di pelabuhan labuhan Bajo aku sudah bisa melihat kumpulan kapal pinisi di sepanjang pantai. Di sini juga banyak warga lokal yang menjual kain tenun. Bagi kamu yang menginginkan harga murah tapi tak terlalu mementingkan kualitas bahan kain aku sarankan beli disini saja.

Harga tenun di sini sekitar 100rb dan masih bisa ditawar. Sedangkan kalau kamu lebih mengutamakan kualitas kain akan lebih baik memebelinya di toko oleh-oleh. Walaupun harga yang ditawarkan relatif mahal.

Tapi jaman sekarang sepertinya orang-orang lebih mencari kuantitas daripada kualitas barang. Sebab semakin banyak model baju yang kita kenakakan semakin beragam pula foto-foto outfit yang bisa kita pamerin di Instagram haha.

Oke guys aku rasa postingan ini sudah terlalu panjang. Kalau begitu cerita trip Labuan Bajo kali ini akan ku sambung di postingan berikutnya. Sebagai Bocorannya kamu bisa menonton vlogku pas ke Labuan Bajo. Jangan lupa di subscribe ya :)

O ya jadi kesimpulan tulisan ini yang berkaitan dengan 'Cara liburan gratis ke Labuan Bajo versi Khairulleon' adalah dengan mengikuti lomba wkwk.