MAKAN SEHAT DI THE BALE RESTAURANT SAMBIL AGROWISATA DI MULBERRY HILL BANDUNG


Untuk memahami cerita kali ini, ada baiknya kamu membaca terlebih dahulu tulisanku sebelumnya saat muter-muter di Bandung demi mencari salah satu tempat wisata di Lembang, yaitu The Lodge Maribaya.

Sampai di The Lodge Maribaya aku langsung mendekat salah satu petugas untuk menanyakan acara grand opening 'The Bale Restaurant'. Kata si Akang acaranya ada di The Mulberry Hill. Wah tempat apa lagi itu ?. Aku pun meminta petunjuk untuk bisa kesana.

Si Akang dengan sabar menjelaskan rute perjalanan. Namun, sampe mulutnya berbusah aku tetep gak ngerti haha. Gak tau siapa yang salah, si Akangnya yang gak jelas atau aku yang kelewat blo'on wkwk.

Sampai akhirnya si Akang mengambil selembar kertas dan menggambar denah lokasi acara. And voilla, Baru deh aku paham. Ternyata jaraknya gak jauh dari The Lodge Maribaya.

Tidak beberapa lama tukang ojek disekitarku segera menyerbu dan menawarkan naik ojek sambil menakut-nakutiku kalau lokasi Mullbery hill sangat jauh. Namun, dengan tegas aku menolaknya. Bagi anak gunung sepertiku, jalan kaki sejauh apapun akan kulakukan! Hih Shombong beud.

Sampai di Mulberry Hill aku dipersilahkan satpam untuk menunggu mobil jemputan menuju ‘The Bale Restaurant’. Kata beliau letaknya ada di atas bukit, jadi lumayan jauh kalau berjalan kaki.

Padahal sebetulnya jaraknya pendek banget loh. Mungkin karna watak orang Indonesia ga suka jalan kaki. Jadi kemana-mana dibilang jauh. Mau ke warung depan rumah saja harus pakai kendaraan. Yassalaam!


Mobil the lodge maribaya
Pak Supir mobil the lodge maribaya
Tak beberapa lama mobil jemputanku datang. Bentuknya unik, seperti mobil oplet jaman dulu. Aku pun segera menaikinya.

Mobil jemputan ini disebut mobil the lodge. Namun, oleh warga sekitar di sebut mobil deloy. Sebab mereka tidak fasih berbahasa inggris, jadi kata the lodge dibaca deloy. Hah kocak!

Tanaman sayur sekitar mulberry hill
Selama perjalanan dengan mobil deloy, aku melewati tanjakan yang agak becek. Maklum, hari itu Bandung sedang diguyur hujan. Namun, momen ini justru membuat cuaca Bandung terasa semakin sejuk. Ditambah pemandangan alam sekitar yang ijo royo-royo membuat perjalanan jadi semakin asik.

THE BALE RESTAURANT’ TEMPAT MAKAN SEJUK DI ATAS BUKIT

Pintu masuk The Bale Restaurant
Sampai di pintu masuk The Bale Restaurant aku melihat banyak orang berlalu lalang. Sepertinya acara grand opening sudah selesai, Aku pun segera mencari teman-teman travel dan food blogger supaya aku ga dikira anak ilang.

Tidak beberapa lama tiba-tiba ada seseorang yang memanggil nama ku, ‘Leon!’. Setelah ku lihat sekilas ternyata itu Imawan, seorang blogger jakarta yang pernah kutemui saat Industry Tour Sakura Filter di Tangerang tahun lalu.

Ternyata Imawan tidak sendiri, didekatnya sudah ada beberapa blogger yang masih terlihat asing, sedangkan sebagiannya sudah ku kenal seperti Kang Aswi dan Teh Ncie. Dulu aku pernah ketemu mereka saat family gathering di HAU Citumang sambil main Body Rafting dan mandi manja di Curug Lampeng Pangandaran.
Travel & Food Blogger
Sesuai dugaanku, acara grand opening The Bale Restaurant memang sudah selesai. Tapi aku tidak menyesal karna aku masih bisa menikmati suasana restaurant dari atas bukit yang enjoyable banget.







Anak Ilang

Adapun menu spesial disini adalah Nasi Goreng Kecombrang dengan topping petai dan ikan teri. Sensasi rasa kecombrang sangat kentara di lidah saat kali pertama dikunyah. Sayangnya karna aku datang terlambat jadi tidak sempat memfoto dan mencicipi nasi kecombrang ini. Bahkan, aku ga ketemu guess star diva Titi DJ dan om Edi Brokoli. Sedih banget ya ? haha.



Konsep bangunan the bale restaurat berbentuk pendopo
Bangunan The Bale restaurant berkonsep pendopo. Material yang digunakan yaitu kayu cokelat yang membuatnya terkesan vintage. Disekitar restaurant terdapat pepohonan pinus yang rindang dan rerumputan hijau. Namun, yang paling berkesan adalah panorama alam Bandung yang dapat dilihat 360° dari sekitar Restaurant yang merupakan puncak tertinggi Cibodas. Asik banget kan ?

Kapan lagi bisa makan sehat sambil melihat pemandangan sejuk dari atas bukit ?, Kuy ah makan dimari.


MULBERRY HILL RESORT



The bale restaurant berada di area Mulberry Hill By The Lodge yang merupakan area resort atau tempat penginapan. Di sini ada beragam vila yang bisa kamu pakai. Jadi, selain menginap kamu juga bisa menyantap menu hidangan sehat yang disajikan The Bale Restaurant.

Selengkapnya tentang Mulberry Hill ini dapat kamu cek disini ya.








AGROWISATA DI MULBERRY HILL

Puas makan dan menikmati pemandangan disekitar The Bale restaurant, aku dan kawan-kawan blogger diajak untuk wisata edukasi yang berada tidak jauh dari restaurant. Berhubung jalanannya becek, kami harus menggenakan sepatu boot dan mobil AVP agar kaki kami tidak kotor.



MAIN BARENG KELINCI DI AREA ANIMAL FEEDING


Spot pertama yang kami kunjungi adalah Animal Feeding. Disini terdapat banyak kelinci imut dari berbagai ukuran. Selain bermain bersama kelinci kami juga bisa berfoto dan memberi makan kelinci dengan sayuran yang telah disediakan oleh petugas.





Selain rupanya yang lucu, kelinci disini juga dimanfaatkan untuk membuat pupuk dan pestisida hayati. Air kencing kelinci merupakan cairan yang mampu memberikan suplai nitrogen yang cukup tinggi bagi tanaman, hal ini disebabkan oleh tingginya kadar nitrogen yang terdapat didalamnya.

Wah aku baru tahu loh ternyata kotoran kelinci bisa jadi pupuk. Alhamdulillah dapet ilmu baru.

BELAJAR MENANAM SAYURAN SEHAT DI ORGANIC FARM


Puas bermain bareng kelinci, kami digiring menuju are Organic Farm. Disini terdapat beragam sayuran organik yang segar-segar. Ada sawi, kembang kol, cabai dan masih banyak lagi.

Petugas mengatakan  bahwa sayuran ini digunakan sebagai bahan pembuatan makanan di The Bale Restaurant. Jadi, semua menu yang disajikan terjamin kesehatanya. Oalah, pantas saja makanan di sini segar-segar ternyata dipetik langsung dari organic farm.
 






Ayam kampung organik
Tak hanya sayuran, disini juga terdapat ayam kampung yang dikelola secara organik. Pokoknya semua serba organik.

TAMAN SERIBU BUNGA


Setelah menggali ilmu tentang sayuran organik, kami pergi ke taman bunga untuk berfoto-foto. Sayangnya banyak bunga yang layu karna tertimpa air hujan. Namun, pemandangan di sekitar taman bunga juga tidak kalah cantik. Latar belakang pegunungan terlihat menawan. Sangat bagus untuk baground foto.




MAIN PANAHAN

Tak hanya agrowisata, pengunjung juga bisa unjuk kebolehan bermain panah di spot archery. Panahan merupakan salah satu permainan favoriteku, jadi sayang banget kalo aku menyia-nyiakan kesempatan ini.



BELANJA SAYURAN ORGANIK



Puas main panah, kami langsung menuju ke tempat penjualan sayur organik. Disini terdapat banyak sekali sayuran segar dengan harga yang murah meriah. Namun, aku sama sekali tidak membeli sayur karna Ibu Heni Smith selaku pemilik Mulberry Hill by The Lodge sudah memberikanku goddie bag berisi sayur organik secara gratis. Makasih bu, muehe.


KELEBIHAN SAYURAN ORGANIK :
- Sayur organik bisanya lebih segar dan tahan lama
- Sayur organik memiliki kandungan gizi yang tinggi
- Sayur organik memiliki rasa yang lebih enak dan renyah
- Sayur organik bisa sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas
- Sayur organik meningkatkan sistem imun tubuh
- Sayur organik membuat lingkungan menjadi lebih sehat
*(Point di atas aku copas dari blognya Imawan tanpa izin terlebih dahulu, haha)

TIDUR DI GLAMPING RUMAH BAWANG

Tak terasa hari sudah mulai gelap, itu artinya kami harus segera ke The Lodge Maribaya untuk menginap ala Glamping (Glamour Camping). Malamnya, kami tutup dengan makan enak di dapur hawu sambil barbequan dan membakar api unggun di sekitar camp.



Nantikan ceritaku berikutnya pas camping di rumah bawang ini ya. Pastikan kamu follow Blog dan Instagramku (@Khairulleon) supaya ga ketinggalan info terbaru di blog ku. See you :3


VIDEO TRAVEL VLOG BANDUNG DAY 01


Tertarik ingin makan enak di The Bale Restaurant sambil bermalam di Mulberry Hill ?. Datang saja ke alamat ini: jalan Maribaya Timur, RT.01/RW.10, No. 1, Cibodas, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.

Thank you somuch for stopping by, keep in touch mith me :
Instagram : @Khairulleon
Youtube : Khairul Leon

18 comments:

  1. moblnya klasik dan tmpatnya juga asik. itu bangunan rumahnya perawatannya juga kayaknya diperhatiin banget de.

    ReplyDelete
  2. Ih, udah master dong main panahannya. Kan udah biasa latihan. Nembus di warna apa? :D

    Btw, kebun sayurnya bikin pengin punya sendiri. Betah banget pasti main di the lodge. Udaranya adem pula. :3 itu yg ada foto teh nchie tanaman apa kak? Tomat ya? Kok bisa tinggi2 gitu ya.

    ReplyDelete
  3. Kalau ke sini enak yaa, gak hanya makan-amakan, tapi bisa sambil wisata di agronya, hehehe.

    ReplyDelete
  4. Paling suka piknik ke tempat yang kayak gini. Lengkap! Kalo ngajak bocah dijamin betah niiih..

    ReplyDelete
  5. Wii. Bagus sekali pemandangannya. Bisa jadi referensi nanti kapan-kapan kalau bertandang ke sana. Hehe

    ReplyDelete
  6. Suka banget sama angle dan tone foto-fotonya. Pake Vsco ya yg C? btw vlognya udah jadi belum nih, kepo pengen lihat :)

    ReplyDelete
  7. Bener2 tempat yang sangat nyaman banget ya dengan segala aktivitasnya, terutama berkebun sama aktivitas memanah sih keceee

    ReplyDelete
  8. Ya walaupun dateng telat dan nggak sempet ketemu sama guest star, mbak Titi Dj dan om Edy Brokoli, setidaknya masih bisa diajak keliling restoran dan dapet sayuran organik gratis. Mayan kan? Hehe

    ReplyDelete
  9. Asikk.. bisa belanja sayur organik juga ya! Anyway tone foto yang ini pas banget, suka deh :D

    ReplyDelete
  10. Kok gue banget ya, belakang ini lagi males jalan kaki. wkwkw... watak indonesia bnegt.

    Suka dengan blog ini karena lengkap, terutama fotonya sih. Cakep! Btw, tempatnya nyaman banget kayaknya ya. :)

    ReplyDelete
  11. Gua orang Bandung, tapi gua belum pernah denger atau pergi ke tempat ini. Di Bandung sekarang terlalu banyak sih restoran-restoran dan kafe-kafe bagus yang kekinian.

    ReplyDelete
  12. Ikut seneng lihat banyak resto digarap dengan fasilitas liburan kayak gini.
    Selain bisa buat refreshing juga nambah wawasan.

    ReplyDelete
  13. Fotonya bagus-bagus, tajam. Palai kamera digital atau DSLR? Aku gak punya. Cuma ponsel Andromax Prime. Jadi ngiri pada kualitas fotonya dan pencahayaan yang baik. Mungkin karena mataharinya tak silau?
    Kayaknya untuk bisa ke sana cuma yang the have. Makanya jadi ngiri lagi pada blogger yang beroleh undangan gratis?
    Oke, teruskan kisahmu yang bisa bikin aku iri abis tapi tak akan mennjurus sirik jahat, hehe. Ini beneran mupeng. Pengen berkunjung ke perkebunan organik untuk belajar caranya.
    Huhu, Bandung yang 2 jam lebih perjalanannya terasa sangat jauh nian dariku yang mukim di lembah gunung kabupaten Garut.

    ReplyDelete
  14. Namanya doang inih restaurant. Tapi aslinya lengkap bangeet. Selain tempat makan ada kebun, panahan,pasar, ada tenda kyk kecubung pulak wkwk. Keren2. Sayang gak ada foto selfie, mayan kan kalo ada cewe yg tertarik sama orgnya haha


    Btw aku laki, jangan mikir macem2

    ReplyDelete
  15. bandung selalu punya cerita euy. Asik bener ya, makan di tempat dengan udara kanan kiri depan belakang sesejuk udara bandung atas. Btw fotografinya makin apik konsistensi warnanya.

    ReplyDelete
  16. Ih, tempatnya seru sekali yaaa. Jadi ingin ke sana, tapi bandung jauh dari Malang ih huhu.
    Tempatnya juga lengkap ya abis kenyang makan bisa jalan-jalan, main sama kelinci, nanem, aaah seruu sekali huhuu

    ReplyDelete
  17. Mas khaerul kocak nih. Wkwkwk fotonya sambil ketutupan sama payung atau apa itu. Banyak sekali fasilitas disana. Tertarik masuk ke animal feeding rasanya kaya study tour hehe

    ReplyDelete
  18. ya ampuuuun lengkaaap bangeeet dan bagus banget
    ada panahan juga
    tapi aku suka acara nanem-nanemnya
    seger banget

    ReplyDelete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search