INFO LENGKAP WISATA SITU GUNUNG SUKABUMI DAN 5 DESTINASI MENARIK YANG ADA DI SEKITARNYA



Semenjak dibangun jembatan gantung terpanjang di Indonesia, kini kawasan wisata Situgunung jadi ramai diperbincangkan publik, terutama oleh para pengguna Instagram. Bagaimana tidak, jembatan ini menyajikan pemandangan landscape yang luar biasa. Tidak butuh waktu lama untuk menjadikanya sebagai salah satu daftar wisata populer yang ada di Sukabumi.

Namun, tahukah kamu ? Selain jembatan yang fenomenal ini ternyata masih ada lagi loh beberapa tempat menarik yang ada di sekitarnya. Jadi pastikan kalau kamu liburan ke Situgunung jangan hanya ke Jembatannya saja ya. 

Nah, berikut ini 5 destinasi menarik yang ada di Kawasan Wisata Situgunung Sukabumi yang wajib kamu kunjungi :

1. DANAU SITU GUNUNG

Panorama Danau Situ Gunung
Danau Situgunung merupakan daya tarik utama di Situ Gunung yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Untuk mencapai ke danau ini kamu harus berjalan sekitar 1KM atau 20 menit dari pintu masuk. Ikuti saja papan petunjuk yang ada atau kamu bisa bertanya kepada petugas letak danau ini berada. Pokoknya dari pintu masuk langsung belok ke arah kiri yes.

Perjalanan menuju danau akan terasa mudah karna jalurnya sudah diaspal. Walaupun begitu kamu tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan tetapi wajib berjalan kaki. Kendaraannya simpan di parkiran saja ya.

Sesampainya di Danau Situgunung kamu akan melihat luasnya danau di kelilingi pepohonan pinus yang berada di lereng gunung gede pangrango. Waktu yang paling tepat untuk ke danau ini adalah saat sunrise dan sunset, sebab cuacanya sangat bagus untuk mengambil foto.


APA YANG BISA DILAKUKAN DI DANAU SITU GUNUNG ?

1. PIKNIK
Rumput hijau untuk area piknik di tepi danau Situ Gunung
Danau Situgunung sangat cocok untuk tempat piknik bareng teman atau keluarga. Kamu bisa menyewa tikar untuk selonjoran atau membawanya sendiri dari rumah.

Walau sebenarnya duduk tanpa tikarpun tidak masalah karna di sekitar danau sudah ditumbuhi rumput  yang bersih. Namun, untuk mengantisipasi rumput yang basah karna terkena air embun atau hujan, kamu bisa menggunakan tikar.

2. NAIK GETEK ALIAS PERAHU RAKIT
Salah satu perahu rakit di Situ Gunung
Selain menikmati alam dari pinggir Danau kamu juga bisa menikmati danau menggunakan perahu getek/Rakit. Hanya dengan tarif Rp.Sekian (Nanti tanya ke Abang-abangnya aja ya, Paling cuma 10 rebuan wkwk). Yang penting kamu akan di ajak muter-muter keliling danau sampai puas.

3. MANCING
Mancing di tepi Danau Situ Gunung
Untuk kamu yang hobi mancing, danau ini wajib banget dimasukkan ke bucket list. Setiap harinya pasti selalu ramai orang mancing di tepi danau. Tangkapan mereka pun tidak tanggung-tanggung, ikanya besar!.

Biasanya mereka yang mancing seakan lupa waktu, baik pagi, siang, sore atau malam mereka ga pernah berhenti untuk mancing. Bingung gak tuh ? Tapi lumayan juga karna hasil tangkapanya bisa dipake buat barbequean saat piknik.


4. BELANJA
Selain bermain di tepi Danau Situgunung, kamu juga bisa jajan di warung-warung dekat danau. Disini banyak yang menjual berbagai macam makanan dan aksesoris seperti gelang, shall dll.


5. TREKING KELILING DANAU
Peta rute wisata situgunung
Bagi kamu yang hobi hiking, kayaknya wajib banget buat menjelajah mengelilingi danau Situ Gunung. Disini memang ada area Loop Trail yang bisa kamu lalui untuk hiking sambil menikmati alam. Selama 1,9 KM atau 1.5 Jam perjalanan, Kamu akan menemui curug Cimanaracun sebagai bonusnya.

Sayangnya aku sendiri belum pernah treking mengelilingin danau Situ Gunung karna aku lebih tertarik treking ke Curug Sawer yang akan kujelaskan di point ke 3. Selain itu, kata orang-orang view Curug Sawer lebih bagus daripada Curug Cimanaracun. Namun, kalau ada kesempatan lagi aku pasti akan mencoba keliling Danau Situ Gunung.

2. BERKEMAH

Ingin berlama-lama di Situgunung ? Lebih baik kamu berkemah!. Kawasan situgunung memang lokasi yang cocok untuk berkemah, sebab kawasan ini masih satu bagian dari Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Jadi kamu akan merasakan sensasi dingin ala-ala gunung saat bermalam disini.

Bagi kamu yang ingin berkemah akan dikenakan tarif yang lebih besar. Namun, kamu akan mendapatkan fasilitas yang memadai seperti lahan untuk mendirikan tenda dan WC yang banyak dan bersih.


calliandra camping ground situgunung
Di Situ Gunung terdapat 6 buah camping ground untuk berkemah. Jika ingin dekat anau berkemahlah di Harendong, Tepus atau Arben Camping ground. Sedangkan jika ingin dekat dengan jembatan gantung atau curug sawer, kamu bisa berkemah di Bagedor, Bungbuay atau calliandra Camping Ground.

Selengkapnya bisa kamu tanyakan langsung ke petugasnya ya muehe.

3. JEMBATAN GANTUNG SITU GUNUNG

Jembatan gantung situ gunung
Nah ini dia primadona wisata Sukabumi yang sedang naik daun. Semenjak tulisan ini dibuat, jembatan Situgunung masih ditutup untuk umum, sebab masih banyak yang harus dibenahi. Walaupun sudah hampir jadi 90%, tetapi para pengunjung masih belum diizinkan untuk masuk jembatan.

Padahal sudah banyak loh wisatawan yang datang jauh-jauh ke Situgunung hanya ingin berfoto di jembatan ini. Sayangnya, mereka tetap tidak bisa masuk karna jembatan ini dihalangi oleh pagar penutup.


Jembatan gantungnya masih ditutup
Panjang jembatan ini mencapai 250m dengan ketinggian 150m dan lebar 2 m. Bagi yang takut ketinggian disarankan jangan mencoba karena saat melintas di atas jembatan gantung ini, kamu akan berasa bergoyang-goyang. Tapi buat kamu yang suka uji adrenalin kayaknya jembatan ini bakal seru abis.

Rencananya Jembatan ini akan dibuka pada bulan april yang akan datang. Pokoknya nanti kalau jembatan ini sudah diresmikan akan aku update lagi ya infonya. Makanya jangan lupa follow aku supaya ga ketinggalan info tempat main berikutnya :)

UNTUK APA JEMBATAN SITUGUNUNG DIBANGUN ?
Saat pertama kali melihat jembatan ini aku jadi bertanya-tanya, sebenarnya untuk apa jembatan ini dibangun ?

Aku fikir jembatan ini untuk mempermudah masyarakat setempat dalam menyebrang, tapi ternyata aku salah, jembatan ini memang sengaja dibuat untuk tujuan pariwisata. Jadi, saat kamu ingin ke Curug Sawer, kamu tidak perlu lagi berjalan memutar melewati area treking yang jaraknya lumayan jauh dan naik turun.

Nah, dengan adanya jembatan gantung ini, pengunjung akan dipermudah dalam perjalanan sekaligus menghemat waktu. Selain itu, kamu juga akan dimanjakan dengan view yang menakjubkan dari atas jembatan. Duh jadi ga sabar nih pengen cepet-cepet mondar-mandir di jembatan Gantung Situgunung.
A post shared by Khairulleon | Travel Blogger (@khairulleon) on


4. CURUG SAWER




Setelah melewati jembatan Situ Gunung, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Curug Sawer. Curug ini letaknya tidak jauh dari Jembatan Gantung Situgunung, hanya 10 menit saja kamu sudah sampai di Curug Sawer dan menikmati percikan air terjun yang menyegarkan.

Terakhir kali aku kesini, sedang ada pembangunan di sekitar Curug. Menurut salah satu pekerja yang aku tanya, bangunan ini nantinya akan di jadikan warung dan area selfie. Wah semoga saja infrastruktur ini tidak merusak keindahan Curug Sawer ya.


Sepertinya, untuk menarik wisatawan sebanyak-banyaknya, pengelola Wisata Situgunung tidak main-main terhadap proyek ini. Semoga segala pembangunan yang sedang berjalan bisa cepat selesai supaya kita bisa menikmati alam Situ Gunung dengan tenang.

5. CURUG CINUMPANG

Puas bermain di Curug Sawer kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Curug Kalinumpang. Sayangnya jaraknya cukup jauh yaitu sekitar 4KM atau setara dengan 40-60 menit berjalan kaki. Namun, jika kamu tidak kuat berjalan kaki atau ingin cepat sampai ke Curug Kalinumpang, kamu bisa naik ojek.

ADA APA DI WISATA CINUMPANG ?
Curug Cinumpang merupakan tempat wisata keluarga yang sangat cocok untuk  anak-anak. Disini ada taman bermain dan kolam renang yang luas. Tapi kolam renangnya untuk dewasa ya, dalamnya saja sekitar 2 meter.


Kolam renang di wisata kalinumpang
Sayangnya, saat aku kesini kolamnya tidak ada airnya. Bahkan di sekitar lantainya terlihat sudah kusam dan berkarat. Sepertinya sudah sangat lama tidak diisi air. Selain itu, Curug Kalinumpang hanya berupa sungai biasa saja, tidak seperti Curug Sawer yang ada pancuran air terjunya.

Awalnya sempat menyesal karna sudah jauh-jauh jalan ke Curug Kalinumpang tapi tidak mendapatkan apa-apa. Namun, aku patut bersyukur karna aku tidak perlu berbalik arah ke Situ Gunung untuk pulang. Sebab wisata Kalinumpang ini sudah terdapat pintu keluar. Jadi rute perjalananya seperti ini : masuknya lewat gerbang wisata Situ Gunung dan pulangnya lewat gerbang Wisata Kalinumpang.

So, bagi kamu yang naik kendaraan pribadi sepertinya kurang recomended jika harus ke Curug Cinumpang. Sebab kamu harus jalan balik lagi menuju parkiran Situ Gunung yang jaraknya sangaaaat jauh. Jadi kurasa main sampai Curug Sawer saja sudah cukup yes.

BAGAIMANA CARA KE SITUGUNUNG ?

Gerbang pintu masuk kawasan wisata situgunung
Rute menuju Situ Gunung sangat mudah, jika kamu menggunakan kendaraan pribadi kamu bisa menggunakan GPS dengan rute Jakarta – Bogor – Sukabumi atau dari Bandung – Cianjur – Sukabumi.

Ketika sampai di Sukabumi, langsung saja ke daerah Cisaat lalu dilanjutkan menuju Situ Gunung.



Sedangkan jika kamu menggunakan transportasi umum, kamu bisa menggunakan kereta api dari Stasiun Bogor Paledang dan turun di Stasiun Cisaat.

Tarifnya murah kok, yang ekonomi cuma Rp. 20.000 dan eksekutif Rp. 50.000. Jarak tempuhnya relatif cepat hanya 2 jam saja. Aku saranin beli tiketnya secara online seminggu sebelum keberangkatan supaya kamu gak keabisan tiket.

Setelah sampai di Stasiun CIsaat, kamu bisa naik angkot atau berjalan kaki sekitar 10 menit ke alun-alun Cisaat atau Polsek Cisaat.

Setelah itu kamu tinggal naik angkot ke kawasan wisata Situ Gunung. Hanya dengan tarif Rp. 4000 kamu akan di antar langsung sampai pintu gerbang Kawasan Wisata Situ Gunung. Pokoknya Transportasi menuju Situgunung mah udah mudah. Disini juga sudah tersedia ojek online (Gojek).

BERAPA HARGA TIKET MASUK KE WISATA SITUGUNUNG ?

Tiket masuk kawasan wisata situgunung harga weekdays

Berikut ini rincian biaya masuk Kawasan Wisata Situgunung dengan tarif yang berbeda-beda. Jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar ya guys. See you :)


Info harga tiket masuk Situgunung terbaru
TONTON JUGA VIDEO VLOG WISATA SITUGUNUNG SUKABUMI BERIKUT INI, JANGAN LUPA LIKE DAN SUBSCRIBE YA :)


68 komentar:

  1. Oo, deket tanakita juga ya. Tadi klik di mapsnya ternyata ada tanakita camping ground juga. Dulu temen ada yang sering camping di sana. Jadi penasaran gimana rasanya kemah di gunung sunda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanakita kayak pernah pernah denger.
      Kayaknya aku sering lewatin camping ground itu deh m tapi ga tau deh dimana :p

      Hapus
  2. Situ gunung? Saya manusia.
    Ini tempatnya beneran kayak dikelilingi gunung gitu ya. Enak buat ena-ena. Ena-ena makan bareng keluarga, berenang bisa gak sih? haha.

    Terus itu perbedaan harga antara wisatawan lokal sama asing kok jauh banget. Heran dah... emangnya bule yang datang orang kaya semua. Gue yakin nih kalo Orang terkaya indonesia datang kesitu bayarnya juga Rp16.000 hahah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wqwq
      Iya jadi tuh kayak lagi jalan jalan di lembah gunungnya gitu ,,

      Harga untuk asing emang mahal banget :(
      Sama kalo kita ke luar negeri mungkin bakal dimahalin juga :(
      bales dendam

      Hapus
  3. Ealah, situ gunung ding. Bukan gunung sunda. Mataku siwer pas baca. Haha. Maaf ya kaa. :D

    BalasHapus
  4. Gils... itu Jembatannya emang instagrammable banget.

    Haduh, tiap ke blog ini selalu nambah list buat lanjalan, tempatnya keren-keren semua apalagi berada di alam. Tempat tinggalku sekarang kebanyakan cuma mall dan tempat bermain modern :((

    Oh iya, itu harga perahu getek/Rakitnya berapa ya? Di situ hanya tertulis dengan tarif Rp. soalnya. Gak ada angkanya ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga kalo lama-lama di alam kadang kangen kok main di Mall, butuh nonton XXI akutu :(

      Harga perahunya sudah aku reviai ya kak, silakan dibaca lagi.
      makasih loh koreksianya :)

      Hapus
  5. Indaaahhh

    Banyak banget spot bagus buat foto yaaa
    Instagrammable semuaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul!
      Situgunung emang cocok buat orang yang suka foto-foto OOTD, kaya kamu gitu ul :v

      Hapus
  6. Jembatan gantung terpanjang se-Indonesia? Wah, ini gue baru tau bro. Tempatnya komplit ya. Bisa camping, terus ke jembatang gantung, ada danau, ada curug pula. Nanti kalo udah dibuka, pengen cobain camping di situ ah.

    Btw lu ke curug kok pake baju lengkap lengan panjang kayak gitu, wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kok bisa-bisanya baru tahu,
      Padahal di Instagram udah pada ngehits loh wqwq

      dulu tuh aku ga tau kalo disini ada curugnya, cuma mau ke jembatanya aja, ga tau nya malah banyak banget destinasinya. Ga bisa mandi manja dah wqwq

      Hapus
  7. Saya tahu jembatan situ gunung itu ditelevisi, saat aa gim kasih ceramah. Ternyata pemandagannya ok punya.
    Photo-photonya sungguh luar biasa, pencahayaannya sempurna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oalah jadi Aagym pernah kesini toh,
      Kalo bang jangkar kapan atuh ?

      Hapus
  8. ah keren keren keren
    berasa lihat lukisan litografi pas jaman2 belanda
    ah sayang itu tapi kolam renangnya udah lumutan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kolem renangnya kayak udah lama banget ga di pake,
      Padahal kalo ada airnya pasti aku rutin main kesini deh :)

      Hapus
  9. Pingin nyobain kemping di camping groundnya belum kesampean.....nanti aja saat jembatan udah dibuka sekalian. Salam kenal Om......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, tunggu nanti aja kalo pembangunannya udah kelar biar afdhal

      Hapus
  10. FIX. gue jadi tau jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Thanks bang. :D

    Btw, gue pengen kesana. Semoga aja atau tempat-tempat indah lainnya. #LamaGakLiburan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lah kirain udah tahu,
      Soalnya ini udah ngehits banget loh :v
      Moga nanti bisa kesini ya Qi !

      Hapus
  11. Ah,,, jadi tertarik untuk mengunjunginya.. Suasanaya adem bngat itu mah

    BalasHapus
  12. Banyak ya tempat-tempat foto kece di Sukabumi. Dan yang paling menarik hati saya, jembatannya itu. Spektakuler untuk foto-foto narsis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti kalau udah di buka langsung main ke sini ya teh Evi :)

      Hapus
  13. Berkali2 lihat foto jembatan ini di medsos tp belum pengen kesana akibat terkesan terlalu mainstream. Gara2 baca postingan ini jadi tahu kenapa orang2 pergi ke Situ Gunung & ternyata nggak cuma jembatannya aja yg cantik & photogenic. Eh apa karena yg motret ciamik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini jembatanya beneran bagus kok, Tapi kalo di liat dari deket kayak engga panjang-panjang-panjang amat haha.
      But so far, jembatan ini recomended lah buat foto2.
      mau dari manapun angel yang diambil hasilnya pasti memuaskan :)

      Hapus
  14. Keren" banget tempat wisatanya dan jembatan gantungnya itu hits banget dan instagram able banget..

    BalasHapus
  15. Mas.., kalau mau ke Situ Gunung, nginepnya dimanakah yang paling mudah? Apakah penginapan terdekat di kota Sukabumi?
    Btw, itu foto yang camping keren kayak berasa dimana gitu..juga danaunya..bagusnyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. O iya, disini banyak vila kok.
      Sepanjang jalan menuju Situ Gunung ada berbagai vila yang bisa di pake.
      even di Situ gunungnya juga ada vilanya loh, ada area outbondnya juga.
      Tapi aku ga tau tarifnya berapa permalam.

      Hapus
  16. Banyak banget variasi pilihan wisata di situ sukabumi. Yg pasti menarik semua tuh buat dikunjungi.
    Gw blm pernah wisata ke sana. Next time kali ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus direncanain kesini ya kak, Emang seru banget kok !

      Hapus
  17. Demi dapetin bonus ke Curug Cimanaracun, aku rela deh ikutan trekking keliling danau, dibandingkan belanja aksesories hahahaa... atau berkemah juga belum pernah siiih.. siapa tau jadi awal traveling yang jadi candu �� Asik nih kalo aku ajak anak2 dan papanya. Pagi2 menghirup udara segar kaann... mudah2an kesampaian deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. SItugunung emang cocok jadi tempat rekreasi keluarga.
      Hayu atuh ajak si kecil sama si ayang kesini haha

      Hapus
  18. Aku nonton video-nya sampe ter wow wow lho. Duuuhhh menggoda iman buat aku yang udah lama banget nggak traveling ini sih. Kabita pisan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk teh liburan lagi.
      Kita rehat sejenak :)

      Hapus
  19. Kalo ini sudah masuk list liburan saya. Tp saya baru tau kalo ini masuk kawasan TNGGP.
    Thx infonya mas..

    BalasHapus
  20. jadi pengin ke sonoooooo ,,, hhuuuaaa mas khairullllll :(

    hehe aku lebih seneng pas diceritakan lewat video, hemm apa aku harus ngevlog juga yak, hihihihi....

    btw terimakasih mas, mas se sangat mengispirasiii :)
    kecup basah :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyak mas, aku pun lebih suka nge vlog.
      Kalo ngeblog mah bikin puyeng pala pangeran.

      Hapus
  21. wah bagus-bagus tempatnya, sayangnya aku lebih ke city traveller. agak kurang begitu suka sama alam liar hehe. pribadi sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku juga suka city travel tapi ga mau lama-lama soanya bikin puyeng.
      kalo dialam aku merasa tenang :)

      Hapus
  22. wih fotonya keren, saua suka yang panorama danau situ gunung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua orang pun suka dengan panrama Situ Gunung :)

      Hapus
  23. Jadi kangen Situ Gunung. Udah rencana banget sih ma suami dan anak-anak mau ke sana lagi. Setelah anak saya selesai UN, mau menginap di Tanakita beberapa hari. Mudah-mudahan jembatannya juga udah jadi pas kami ke sana. Gak pengen menikmati jembatan saat weekend karena pasti ramai banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul ka, kesininya nanti aja kalo jembatan udah di buka total.
      Jangankan weekend, pas weekdays aja ramenya ampun ampunan

      Hapus
  24. Komplit ya wisata di Sukabumi. Jadi, kepengin ngerasain sensasi naik jembatan gantung. Kalo, sensasi di"gantung" mah udah keseringan.

    BalasHapus
  25. Jadi pengen nyebur dan mandi akutuuuu

    BalasHapus
  26. wah harus di bookmark nih seru" tempatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga begitu mas.. kok kayaknya seru dan perlu dicoba hehe

      Hapus
    2. Ya! Kalian berdua harus kesini ya haha

      Hapus
  27. Ah viewnya cakep banget!
    Buat pengguna instagram pasti bakal bilang kalo tempatnya instagramable ��
    Mudah2an bisa kesana juga. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak instagram memanh sudah banyak yang foto foto disini :)

      Hapus
  28. Yang sering kudengar itu Situ Gintung hehe.. karena dulu sering disiarin kan pas bencana.
    Ternyata ada yang namanya Situ Gunung. Bagus yaaa panoramanya. Seru banget kamu bisa ke sana sini dan dapat jepretan yang keren-keren. Aku suka deh lihatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas awal-awal Aku juga agak asing denger nama situ gunung.
      Tapi lambat laun akan terbiasa muehe

      Hapus
  29. Kayanya harus nginep ya di sana, gak bisa PP, pingin berbau alam lagi, sukabumi gak tahan macetnya, kudu naik kereta, pemandangannya bagus pula kan kalau naik kereta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga harus nginep teh, kalo dari Bogor mah sehari juga cukup kok.
      Naik kereta pagi dari bogor pagi nyampe jem 9. Explore situgunung sampe sore juga kelar, terus langsung pulang naik kereta lagi. nyampe Bogor maghrib. Kelar deh

      Hapus
  30. Menarik banget tempatnya, kayaknya asik ya kalo nge camp di sana? By the way, gimana mau renang kalo kolam renangnya ga ada airnya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata kolemnya cuma buka pas weekend, kalo pas weekdays aernya dikosongin wkwk

      Hapus
  31. makasih buat postingannya, ini keren..jadi pingin tau disana ada tempat penyewaan tenda dll nya ga?dan ada kah no yg bisa dihubungi? thank u

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya kurang tau juga ya tentang tempat penyewaan tenda :(

      Hapus
  32. untuk camping apakah mobil bisa masuk ke area camping ?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mobil masih bisa masuk kak,
      Namun Setahu saya hanya sampai parkiran saja,

      Hapus
  33. dari area parkir ke area camping kira kira berapa meter?

    BalasHapus
  34. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search