SENSASI MENGINAP DI DALAM KONTAINER, Mau coba ? yuk ke HAU Citumang Pangandaran | KHAIRULLEON.COM

SENSASI MENGINAP DI DALAM KONTAINER, Mau coba ? yuk ke HAU Citumang Pangandaran


Khairulleon.comJaman sekarang sangat banyak hal unik yang dapat kita temui mulai dari makanan, hiburan, sampai tempat penginapan. Mungkin kamu pernah melihat hotel berbentuk kapsul di Jepang atau hotel ala-ala film Hobit di New Zealand. Tapi pernahkah kamu melihat penginapan berbentuk kontainer ?
Nah, kali ini aku akan mengajak kalian merasakan sensasi menginap di dalam kontainer. Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri karna lokasinya ada di negeri kita tercinta tepatnya di Pangandaran, Jawa Barat.
--------------
Berawal dari event family gathering Travel Blogger, alhamdulillah aku memiliki kesempatan untuk have fun bareng di Pangandaran seperti bermain Body rafting, berendam di Curug Lampeng dan juga menginap di kamar kontaner Hau Eco Lodges Citumang.
Adapun di postingan kali ini aku hanya menceritakan pengalamanku saat menginap di HAU Citumang saja, sedangkan keseruan lainya akan ku sambung di postingan berikutnya. Jadi pastikan kamu follow aku supaya ga ketinggalan ceritaku berikutnya :)
SENSASI MENGINAP DI DALAM KONTAINER HAU ECOLODGES CITUMANG
Pangandaran merupakan tempat yang kaya akan wisata, seperti wisata pantai ataupun wisata green canyon yang sudah sangat melegenda. Namun, baru kali ini loh aku mendengar wisata HAU Citumang. kamu juga kah ?
Oleh karna itu saat dalam perjalanan di kereta menuju pangandaran, aku searching terlebih dahulu segala hal tentang HAU Citumang. Hingga tak terasa keretaku sudah sampai di stasiun Banjar yang merupakan meeting point bersama teman-teman blogger lainya.
Stasiun Banjar with Travel Blogger
Sampai di stasiun Banjar kami langsung berkenalan satu sama lain. Sebagian sudah kukenali saat mengikuti event Amazing Petung National Explore di Pekalongan sebulan lalu.

Wefie bareng emak-emak Blogger

Dari stasiun kami melanjutkan perjalanan menuju HAU Citumang menggunakan mobil elf. Adapun Jarak dari stasiun Banjar ke HAU Ctumang menempuh waktu sekitar 2 Jam.
Tidak banyak yang kami lakukan di mobil, kalau tidak wefie ya main smartphone. Aku sendiri lebih memilih tidur, hingga tak kerasa tau-tau sudah sampai di halaman depan HAU Citumang.

O iya kalo kamu datang tidak menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa menggunakan transportasi online yang belum lama ini beroperasi. Atau bisa juga menggunakan charter mobil dengan harga sekitar Rp. 500.000.
Travel Blogger di Halaman Depan HAU Eco Lodges Citumang
Masuk kedalam kawasan HAU Citumang aku langsung melihat bangunan-bangunan kotak berbentuk kontainer. Tidak hanya kamar-kamarnya saja, sarana lainya juga berbentuk kontainer loh. Lihat saja bangunan resepsionis berikut ini. Unik ya.

Ruang resepsionis
Saat itu kawasan HAU Citumang terlihat sepi bahkan tidak ada pengunjung lain selain kami. Sehingga kami tidak perlu khawatir kehabisan kamar.
HAU Citumang memang belum lama dibangun sehingga masih sedikit pengunjungnya. Namun, untuk kamu yang ingin menginap disini ada baiknya reservasi terlebih dahulu dari jauh-jauh hari, karna aku sangat yakin tidak akan lama lagi penginapan kontainer ini akan banyak peminatnya.
Jadi jangan sampai kamu sudah jauh-jauh ke HAU Citumang tetapi gagal menginap gara-gara kehabisan kamar :(
MAKAN DI RESTORAN PINGGIR SUNGAI

RiverSide Kitchen
Sebelum ke kamar, kami menikmati sajian makan terlebih dahulu di River Side Kitchen. Sesuai namanya, restoran ini berada tepat di samping Sungai Citumang. Untung saja sungainya jernih dan bersih jadi tidak akan merusak selera makan.

Makan sambil menikmati gemericik air sungai di bawahnya
Restoran HAU Citumang memang sederhana, tetapi tempatnya higienis dan instagramable. Namun yang terpenting adalah menu makananya enak-enak. Kamu harus coba makan disini ya guys.
Salah satu menu favorite di HAU Eco Lodges Citumang
Setelah kenyang aku segera menuju kamar untuk beristirahat. Namun sebelum itu aku menyempatkan diri untuk keliling terlebih dahulu di area HAU Citumang.

Rasanya tidak bisa tidur kalau belum menuntaskan rasa penasaran terhadap HAU Citumang. Melihat gambar-gambar di internet saja tidak cukup. Aku harus melihatnya langsung secara live.
APA SIH MAKNA HAU CITUMANG ITU ?

Sebelum kita mereview lebih jauh, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu makna HAU Citumang  itu sendiri.

HAU merupakan singkatan dari 'How Are You'. Yang merupakan sapaan hangat yang sering kita dengar tiap hari. Namun, menurut Pak Hendra selaku owner HAU Citumang, HAU juga memiliki beberapa filosofi diantaranya yaitu:
1. Dalam suku sunda ‘Hawu’ berarti tungku yang berfungsi sebagai alat memasak sekaligus memberi kehangatan. HAU Citumang diharapkan dapat memberi kehangatan bagi siapapun yang berkunjung.

2. Hao dalam bahasa mandarin () berarti ‘baik’. Seperti menanyakan kabar :

‘Ni hao ma’ (你好吗 ?) hai bagaimana kabarmu ?
‘wo hen hao xie xie’ (我很好谢谢) Aku sangat baik, terimakasih.
Nah, dengan hadirnya HAU Citumang ini diharapkan mampu memberi kebaikan bagi setiap insan.

*Akhirnya kepake juga ilmuku setelah 2 taun belajar bahasa Mandarin ahahay.

Sedangkan penambahan kata ‘Eco Lodges’ menandakan bahwa penginapan ini berkonsep glamping atau penginapan alam. Terlihat kamar-kamar kontainer ini didirikan di area hutan, jadi sangat terasa sekali suasana alamnya.
MENGAPA HARUS BERBENTUK KONTAINER ?

Kamar unik berbentuk kontainer
Inspirasi bisa datang dari mana saja, salah satunya dari mobil kontainer.
Pak Hendra melihat bahwa kontaiener merupakan mobil yang fleksibel, disatu sisi dipakai untuk kerja proyek dan di sisi lain bisa digunakan sebagai tempat tinggal. Dari sinilah akhirnya Pak Hendra berinisiatif membangun penginapan unik berbentuk kontainer seperti yang kita lihat saat ini.
Awalnya aku sempat bingung, bagaimana caranya memasukkan peti kontainer itu kedalam hutan ? apakah tidak merusak lingkungan sekitar ?
Ternyata eh ternyata kontainer ini awalnya hanya berupa potongan-potongan saja, setelah itu baru disusun menjadi bentuk kontainer. Seperti menyusul lego gitu.
Namun, penyusunannya tidak boleh sembarangan, dibutuhkan tenaga khusus yang menanganinya. Sehingga tidak salah, melauli tangan-tangan para ahli lempengan ini dapat disulap menjadi kamar kontainer yang kokoh dan artistik.

Jajaran kamar kontainer yang penuh warna
Saat ini kamar kontainer di HAU Citumang berjumlah 10 buah, rencana kedepanya akan ditambah lagi sampai lahan yang kosong terisi penuh namun tanpa harus merusak alam.
Terlihat jarak di antara satu kamar dengan kamar lainya berjauh-jauhan, hal ini dilakukan untuk menyesuaikan kamar dengan pertumbuhan Pohon, jangan sampai ada satupun pohon yang ditebang.
BEGINI KEADAAN DALAM KAMAR KONTAINER HAU CITUMANG

Posisi wuenak
Masuk kedalam kamar terdapat satu kasur besar untuk dua orang dan satu kasur kecil untuk satu orang. Jadi dalam satu kontainer dapat diisi oleh tiga orang.
Ukuran kamarnya tidak terlalu besar tapi juga tidak terlalu kecil yaitu sekitar 4x6m. Walaupun begitu fasilitas yang ditawarkan tidak kalah dengan hotel berbintang, seperti AC yang semriwing, televisi saluran internasional dan kamar mandi yang mewah.
Bener deh aku ga bohong, kamar mandi di sini mewah banget, kucuran showernya sesuai indikator. aku saja betah berlama-lama di sini haha.


Kamar mandinya juara
Oh iya, pembuangan limbah di HAU Citumang di olah terlebih dahulu menggunakan teknologi BIO. Sehingga air limbah yang tadinya kotor dapat berubah menjadi air bersih yang aman untuk ekosistem lingkungan.


Dekorasi quote seperti feed instagramku
Di pojok sudut kamar terdapat dekorasi berupa lukisan. Sebetulnya lukisan tiap kamar berbeda-beda, ada juga lukisan typography berupa quote. Sedangkan disamping kamar terdapat jendela lebar yang berfungsi untuk melihat pemandangan di luar.
Jika memesan kamar dekat sungai kamu akan melihat pemandangan sungai Citumang yang jernih. Dan saat tidur kamu akan mendengar gemericik suara air yang menenangkan.
SPOT SANTAI

My favorite place
Ada satu spot favorite yang sering ku pakai untuk santai-santai yaitu di bagian tengah HAU Citumang. Disini ada beberapa bean bag yang nyaman banget untuk di tidurin. Biasanya spot ini sering kami pakai untuk kumpul-kumpul.



BeanBag nya ingin ku bawa pulang ya Allah
Saat siang hari tempat ini masih tetap nyaman karna banyak pepohonan sehingga tetap terasa adem. Namun pada malam hari kurang asik karna banyak nyamuk haha. Wajar lah namanya juga di alam.
SPOT SELFIE



Masuk lebih dalam kebelakang terdapat spot selfie dalam berbagai macam bentuk. Spot selfie ini instagramable banget karna bagroundnya langsung menjurus ke sungai Citumang dan bendungan air.
Sungai disini airnya jernih jadi tetap aman dipakai berenang. Kamu juga bisa menggunakan bebek-bebekan untuk main-main di atas bendungan air yang bertingkat-tingkat.








HOW TO GET THERE ?
Ada yang tertarik menginap di HAU Eco Lodge Citumang ? langsung saja datang ke: Sukamanah RT 1/Rw 6, Bojong, Parigi, Pangandaran, Jawa Barat 46393.

Adapun biaya penginapannya yaitu Rp.750.000 saat weekdays dan Rp.1.000.000 saat weekend. 

Menurutku harga yang ditawarkan sangat sepadan dengan layanan yang di berikan. Namun, masih ada beberapa fasilitas yang harus dibenahi seperti jaringan internet yang minim dan wifi yang kebetulan masih dalam tahap pemasangan.

Tapi sejauh ini, HAO Ecolodges Citumang sangat recommendek kok untuk disinggahi.

So, jika ingin menginap sebaiknya reservasi terlebih dahulu untuk mengantisipasi supaya kamu ga kehabisan kamar. Pemesanan bisa melalui kontak Pak Erry (0813-2012-0999) atau lewat Traveloka.com

Jangan lupa juga follow semua sosmed HAU Citumang untuk mengetahui segala informasi terupdate. Facebook | Instagram | Twitter
POSTINGAN KALI INI SUDAH AKU RANGKUM DALAM VLOG BERIKUT, YUK DI TONTON !


Gimana, tertarik ingin merasakan sensasi tidur di kontainer ? yuk kita ke HAU Citumang !
.

45 comments

wah ya bakal betah
ada bebek2an juga aku suka banget bebek2an
tapi harganya lumayan juga ya

Reply

Waaa iya aku juga paling demen renang sama bebek bebekan :)

Reply

keren... gitu panas gak mas? Biasanya kalau di kontainerkan panas

Reply

DIbaca lagi ya kang kan sudah ku jelaskan di dalamnya pakai AC jadi adem,
lagi pula kontainernya berada di alam jadi ga teralu panas :)

Reply

Awalnya aku juga ngira kontainernya bakal panas, ternyata nggak. Malah kamarnya bikin betah. Sampai malem masih tetep asyik ngobrol sama mb dian. :D yang bikin kangen suasananya ya. Adem dan jauh dari kota.

Reply

Kalo aku sampe malem ga ngobrol tapi nonton tivi.
soalnya di kosanku ga punya tivi :)

Reply

Asik banget tempatnya buat santai sama temen2, kalau kata anak sekarang sih tempatnya enjoyable for chilling, wutt apaagi itu kontaiiner bisa di buat kamar yang nyaman, ga kalah nyaman sama kamar pada umumnya

Reply

Wah manteb nih tempatnya... Tempat rekomendasi saat nginep yang enjoyable...

Reply

Waaaah. Kereeen abis tempatnya. Suka spotnya. Syantiiikk syantiikk. Jadi pengen bulan madu sama suami ke sana *eh Lumayan bisa dapatkan sensasi tidur di kontainer...mhuahaha

Eh itu beneran kontainer yang dijadikan penginapan. Kreatif banget ownernya bisa sulap kontainer jadi tempat penginapan yang kokoh dan artistik banget.

Reply

wkkka aku ngobrol sama Ila sambil nonton tv. Di rumah ada tv tapi nyaris ga pernah nonton. begitu di HAU Citumang kan hp offline, dan channelnya juga internasional bo, jadilah bagus2 banget acara tvnya. beda sama acara tv nasional#ehcurcol. anyway itu bahasa mandarin pantesan kok ngerti banget, ternyata memang ahli to

Reply

*Asli ini super nyaman banget sih aku aja ampe ga mau pulang loh haha :)*

Reply

kalo mau ngineop kesana bilang-bilang ya
nanti barengan haha :)

Reply

haha harusnya nanti pihak HAU Citumang buat paket menginap khusus Hone oon gitu ya pasti bakal banyak banget peminatnya gitu

Reply

keren nih tempatnya :D

Reply

Asyiiik banget jadi kangen kesana.Eh ada yg jago Mandarin juga nih,keren2 dah😎

Reply

Aku ga jago mandarin cuma buat begayaan saja :)

Reply

Rp 750 ribu bisa bertiga tanpa extra bed rasanya nggak mahal juga ya, apalagi dapat 'hutannya' sekalian. Asyik sekali metode 'container-lego'-nya :)

Reply

iya betul,
bayarnya bisa patungan bertiga :)

Reply

Waaaaaaaaaahhh
Keren banget

Asiknya bisa nginep di kontainer yang akan tetapi kayak hotel bintang 4 yaaa

Peengen ke situ ih
Benerr banyak spot yg instagrammable

Reply

Tempat in emang Cocok banget ul untuk kamu.
Bisa buat OOTD :v

Reply

Kalo mau coba tidur dikontainer jadi ingat film Blood Father. Eh, itu dalemannya bagus juga. Mind blowing~

Reply

Jadi tahu detailnya nih, waktu itu ke Pnd cuma ke pantai, itu aja anteri kelaurga yang pengen ke pantai, jadi seharian di pantai aja, lain kali bisa kesini nih :)

Kantin seperti itu memang asik, terlebih pemandangannya yang keren, jauh dari polusi..

Reply

spot santai dan spot selfie nya bikin betah. HAU Citumang lagi nghitz, jadi super penasaran pengen nyobain nginep disana.

Reply

Kreatif penginapan dalam bentuk kontainer, unik apalagi di alam, ngeliat kalian bersenang-senang di sana bikin mupeng

Reply

Tempatnya unik nih, desain kamarnya menggunakan kontainer, keren lah.
Pengen nyobain nginap, tapi ntarlah ngumpulin duit dulu, hehe

Reply

Haha ia boleh juga tuh paket khusus buat pasangan yg mw hone oon😂

Reply

Kamarnya bagus banget!! Kecil-kecil tapi nyaman. Tempat tidurnya tampak mengundang yah... jadi pengen lempar badan 😄 Seru banget jalan-jalannya. Tempatnya unik.

Reply

errr keren banget tempatnya, warna-warni instagramable banget. apalagi tempatnya banyak pepohonan rindang gitu yah. awas leon ada ular masuk kamar hehe.

tapi hotel gituan gak cocok di tengah kota, soalnya panas besinya nanti memuai hehehe

bisa jadi refrensi liburan antimainstream tuh.

Reply

Film apaan tuh baru tau i

Reply

Pangandaran emang terkenal banget sama pantainya,
padahal mah masih banyak tempat tempat kren lainya yah kaya citumang ini :)

Reply

Nah itu dia dua spot yang paling kusuka :)

Reply

Aku juga suka mupeng kalo liat teh Ev main main di dunia luar haa

Reply

Ayo ka ngumpulin duit.
kalo udah terkumpul bilang2 aku ya, aku mau ikut haaaa

Reply

Ayu ka cobaiiin nginep disini.
Liat dari gambar aja ga cukup ka :)

Reply

ika kal ditengah kot apasti bakla jadi panas.
untunya ini di tengah hutan :)

Reply

Wah makin keren aja Khairul sebagai travel blogger yaaa...jalan jalan gratis dan menulis ulasan..mana bisa berkenalan dan pastinya makin membentangkan koneksi ke sesama travel blogger lainnya. Ini jelas ciamiiikk!!!

walau pun mahal juga biaya penginapannya tapi memang sepadan dengan sensasi tidur di kontainer macam itu dan menikmati suasana hutan yang masih asri ya..tinggal WIFi lancar, sudah lah bisa banget piknik di situ :D

Reply

Kalo diliat bikin pengen males-malesan disitu. Tenang banget pasti suasananya. Liat air jadi pengen renang :( Ya ampun masih jum'at.

Reply

Waaah seru yaaa. Banyak spot foto terbaik di HAU CITUMANG.

Reply

Supa dupa cute!!!!
Ada-ada aja inovasi sekarang, kontainer bisa jadi hotel, tapi emang bener Rul, unik abis nih konsep, beda!
jadi pingin kesana nih, cuman kudu nabung dulu, apalagi nginepnya per malam harga segitu. cuman sepadan juga sama fasilitas yang kita dapetin.

Reply

Baca judulnya sepintas langsung mikir, "apa nggak panas kalau siang-siang tidur di hotel ini?"

Oh ternyata ada fasilitas AC di dalemnya. ^^
Mana dalemnya juga rapi gitu, bakal betah lama-lama di dalem kamar.

Reply

Unik ya, apalagi ada sungai jernihnya. Aku suka banget ngeliat sungai yg masih jernih, surga dunia banget!

Reply

Haai Leoon..
Duh kata Mama kalo mau bobo jangan pake sepatu donk ahh, nanti spreinya kotor,Nak!

Ahh, pokoke sensasi menginap di HAU Citumang niy ngangenin, terutama pas bangun subuh, huhuu udara seger, gemericik air, suara binatang dan wangi dedaunan.

Jadi pengen balik lagi

Reply

ampun dah, keren banget....

itu kamarnya asli bagus banget. harganya memang sesuai dengan kekeceaannya.

porsi makan li dikit amat. ahaha.

bener-bener sintagramable banget. viewnya asik. bener-bener travel blogger acaranya seru abis.

Reply

Perlu dicoba ini untuk menginap yang tidak mainstream. Kalo ngeliat fasilitasnya sih, harga yang dipatok cukup bersahabat, terlebih lagi di alam. Banyak yang ditawarkan ketimbang menginap di hotel perkotaan.

Honeymoon ke sini kayanya mantep. :D

Reply

Post a Comment

Khairulleon, Travel blogger dari Bogor
Jangan lupa berkomentar.
Blogger yang bijak selalu meninggalkan jejak :)

Kepoin sosmedku ▶ @khairulleon

MY NEW VLOG