CURUG LAMPENG, SURGA TERSEMBUNYI DI HAU CITUMANG PANGANDARAN


Khairulleon.com | Indonesia punya banyak banget curug alias air terjun. Saking banyaknya sampai ada saja curug yang belum terjamah manusia. Kalau tidak percaya lihat saja daerah Bogor, disana banyak sekali curug segar yang bertebaran dimana-mana. Bahkan aku sendiri yang asli Bogor belum bisa menjelajahi semua curug yang ada disini.

Mungkin suatu saat nanti aku akan membuat agenda tersendiri untuk menjelajah semua curug yang ada di Bogor. Tapi kali ini aku mau ajak kalian dulu nih main-main ke curug yang ada di Pangandaran, namanya Curug Lampeng.

Curug Lampeng masih satu lokasi dengan HAU Citumang dan Citumang Green Valley. Jadi jika kalian kesini, kalian akan dengan mudah menuju curug Lampeng. Namun sayangnya, Curug Lampeng ini masih belum familiar oleh wisatawan lokal. Mengapa bisa begitu ? baca terus sampe bawah.

JALUR BULE


Untuk menuju Curug Lampeng kita harus melewati jalur hutan terlebih dahulu. Jalur ini disebut juga dengan jalur bule, sebab yang senang jalan-jalan ke hutan biasanya hanya orang bule sedangkan wisatawan lokal lebih suka lewat alternatif lain yang lebih cepat dan mudah. Memang ya masyarakat kita kayak indomie, maunya yang instan-instan saja.

Selain menuju curug Lampeng, jalur bule ini juga bisa dipakai untuk menuju kawasan Citumang Green Valley. Jadi selain bisa bodyrafting kamu juga bisa mampir ke Curug Lampeng. Sayangnya saat body rafting aku tidak lewat jalur bule jadi mampir ke curugnya di hari yang terpisah deh.

Nah suatu saat nanti kalau kamu ingin Body Rafting di Citumang, mintalah ke pemandumu untuk melewati jalur bule supaya liburan kamu semakin afdhal. Oke !

SURGA TERSEMBUNYI DI TENGAH HUTAN

Awalnya aku tidak tahu jika didekat HAU Citumang terdapat Curug Lampeng. Namun, Kang Ajum selaku guide tour mengajak aku dan teman-teman travel blogger untuk menjelajah hutan.

Setelah 20 menit perjalanan tiba-tiba aku mendengar suara deras air terjun dari kejauhan. Tidak beberapa lama akhirnya aku dapat melihat Curug Lampeng dengan pesona airnya yang jernih banget. Curugnya juga masih asri seperti belum tersentuh oleh manusia.


Ah, rasanya ingin cepat-cepat nyemplung ke Curug Lampeng. Namun sayangnya aku tidak membawa baju ganti. Ah, andai saja mang Ajum cerita terlebih dahulu kalau di tengah hutan ini terdapat Curug Lampeng pastilah kusiapkan semua perlengkapan underwater.



Tidak beberapa lama tiba-tiba Kang Gery nyebur ke curug, lalu diikuti mas Nuz, kang Irham dan Mbak Rian. melihat mereka kegirangan aku jadi terbius ingin nyebur juga. Yasudah tanpa pikir panjang aku langsung terjun ke Curug tanpa mempedulikan pakaianku. Padahal itu satu-satunya pakaian bersih yang kupunya.



Alhasil, saat pulang dari Citumang aku mengenakan baju kotor yang masih setengah basah. Aku ga peduli apa kata orang, mau ada yang nyi-nyir atau menganggapku gembel juga bodo amat. Yang penting aku sudah tidak penasaran lagi dengan Curug Lampeng si surga tersembunyi di Pangandaran.

Btw, Curug Lampeng ini sudah kubuatkan videonya loh di youtube, jangan lupa di tonton ya :)




69 komentar:

  1. di awal cerita kirain penulis ga bakal nyebur..
    Rugi nih kalau ga nyebur.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus nyebur dong jangan sampe menyesal dikemudian hari haha

      Hapus
  2. rabb, selalu meyembunyikan tempat yang indah dari tangan tangan yang jahil ya mas.
    di sumatera juga masih banyak curug yang terjamaah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyeh moga ga ada tangan-tangan jail yang ngerusak maha karya Allah :)

      Hapus
  3. Sepertinya curug bojong ini masih belum banyak terjamah orang ya kang, terlihat dari lokasinya yang tampak masih asri dan bairnya terlihat bening banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya masih sedikit yang kesini , jadi harus dinikmati sebaik mungkin

      Hapus
  4. kalo blom banyak orang yang kesana bagus yak. asri bener

    BalasHapus
  5. Link videonya ga ada, kak? Btw, kang ajum sendiri juga bilang kalau nggak nyangka temen2 bakal mau nyebur lagi. Kirain cuma nengok curugnya aja. Jadi dia juga ga nyiapin baju ganti. XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya sudah aku taro videonya tuh ya soalny kemarina ga bisa buka youtube di kantor , kan di Blokir huhu ..
      Wah kang Ajum salah asumsi nih wk

      Hapus
  6. Indomie. Jadi ingat Indomie gue di rumah.
    Di pojokan lemari sendiri menunggu gue kelaperan ga ada lagi yang dimakan kecuali dia.

    Ayo tanding banyak mana sama di Malang.
    Eh tapi ga Malang ga punya curug, punyanya cuban/coban xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. wohooo pecinta Indomie datang !
      Di Malang bagus bagus tau tempat mainya, walaupun ga ada curug tapi masih banyak destinasi kece lainya ,, culik aku ke Malang dong :)

      Hapus
  7. Bisa juga ya nemu curug tersembunyi kayak gini..
    Masih asri juga sepertinya.. Semoga keasriannya tetap terjaga walau kelak makin terkenal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini semua berkat Kang Ajum orang asli sana yang ngasih tau :)

      Hapus
  8. Kalau aku berada di situ, pasti pengen segera nyemplung juga. :D Seger banget! Pemandangannya juga bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dijamin deh Semua orang pasti ingin nyemplung kesini, asal bawa baju ganti ya haha

      Hapus
  9. wah airnya bening banget. pasti dingin dan seger mandi di situ. wajra sih ya hutannya masih asri gitu.

    soalnya masyarakat kita udah biasa banget sama yang namanya hutan. jadi mikirnya pasti ketimbang ribet lewat hutan mending lewat jalur alternatif yang lebih deket.

    kalo bule, yah namanya juga bule. mereka lihat pohon pisang aja takjub bener -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dingin dan seger jadi satu menciptakan sensasi yang tak terlupakan asoy dah

      Hapus
  10. airnyaaa
    pingin gulung2 di situ mpe puasss

    BalasHapus
  11. yoi, Indonesia punya terlalu banyak curug, apalagi di Jawa ya. Air curugnya kalau masih bersih oke banget, dulu gue pernah nyebur di salah satu curug di jabar tapi sayangnya airnya udah kusam. Kalau curug bajing ini kayaknya apik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ini curug Bojong sedangkan curug Bajing adanya di petungkriyono Pekalongan, ribet banget ya namanya haha

      Hapus
  12. Tapi kelihatannya masuk kategori curug yang gak terlalu tingi. Aliran airnya gak terlalu deras ya. Bisa dibilang aman lah ya kalau buat basah-basahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih ini dalem banget loh airnya,
      aku aja ga pernah bisa nyentuh dasar curugnya muehe

      Hapus
  13. Air nya segar bnagt dah kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang beneran seger ini bukan kayaknya lagi :)

      Hapus
  14. seru banget di tengah hutan gtu. masih alami. airnya bening. ini enggak jauh beda sama curug di daerah gue, Kuningan Jawa Barat. kita juga mesti menelusuri hutan untuk sampai ke curug. dan lelah yang ditempuh terbayar dengan curug yang kece beut. hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rata-rata kalo curug emang harus menelusuri hutan dulu ya kang :)

      Hapus
  15. Bolak balik ke pangandaran belum pernah tahu deh curug bojong...
    Boleh lah ini jadi referensi kalo balik lagi pangandaran...

    Mudah2an masih asri dan gak banyak orang2nya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus di segerakan dhi sebelum keduluan anak anak alay :)

      Hapus
  16. udah lama euy gak jalan2, terakhir ke curug pas tahun 2016 kalo gak salah, ke curug Cipamingkis.

    kalo curug bojong ini emang masih jarang pengunjungnya yah..

    BalasHapus
  17. jalur bule, ahahaha
    banyak tempat destinasi yang bagus tapi belum terekspose
    seger kayaknya nyemplung kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya curug ini baru terekspos oleh para bule saja haha

      Hapus
  18. Orang bule ternyata lebih hebat yah, buktinya dia punya jalur tersendiri. Jalur Bule, hehehe

    BalasHapus
  19. Airnya jernih bangeeet..
    Eh kayaknya bakal seru tuh kalo kamu bikin ekspedisi curug Indonesia. Kayaknya selama ini belum ada kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku buka opentrip jelajah Curug gitu yaa ?
      pasti bakal laku keras iki haha

      Hapus
  20. jalannya masih kecil ke arah sana ya, sarana dan prasarananya juga belum banya kelihtanannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. jalananya lebar ko iki, kaya jalanan di hutan pada umumnya ka :)
      Hanya saja kita mengikuti jalur yang sudah tersedia melalu jalan setapak

      Hapus
  21. Kalo udah sampe curugnya, wajib nyemplung buat ngadem melepas lelah.

    BalasHapus
  22. Hai salam kenal. Kamu orang bogor jugak? Sama dong. Bogor dimananya? Hehe

    Wah kerennnn, curug emang luar biasa deh. Aku kalo udah nyebur di air apa lg curug pasti lupa waktu. Dinginnya air kayak melepas bebas di pundak bangeeeetttt. Btw, kamu edit videonya pake app apa? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku Bogornya Ciapus,.
      tau kan ciapus yang dibawah kaki gunung salak.
      ayo dong kita main bareng,
      nanti aku yang main kamu yang bayar haha ..

      Memangnya kenapa, hasil videoku jelek ya ? maaf :(

      Hapus
  23. Curug atau ari terjun adalah destnasi yang dari dulu pingin banget gue knjungi tapi belum ada waktu untuk menjamahnya. Dan ini masih di pangandaran ya, padahal tempat tinggal gue juga di Jakarta ke sana dikit udah Bogor tapi belum pernah juga menjelajahi curug di Bogor, baru katam Kebun Raya Bogor doang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha aku juga sudah hatam kalo kebun raya Bogor tehe mey.
      emang kalo ke Curug itu nyari alamatnya agak sulit :(

      Hapus
  24. yaaah syg bgt gk mandi2 nih hehe..
    di Sumbar jg banyak bgt lho air terjun yg belum terjamah.. cuma aksesnya memang susah..

    Salam kenal
    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau agan baca dikit lagi sampe bawah nanti bakal tau kalo akhirnya aku memutuskan untuk nyebur ko :)

      Hapus
    2. ahahaha.. #tepokjidat..

      Salam
      -Traveler Paruh Waktu

      Hapus
    3. oke traveler paruh waktu,
      btw kenapa ga traveler fulltime aja kan seru kerjanya jalan jalan terus (:)

      Hapus
    4. itu dia,, karena gak bisa jalan2 terus.. karena hanya bisa traveling di sela2 kesibukan kantor huhu...

      Hapus
  25. Di Indonesia emg bnyak curug yahh.. Baik itu curug yg namanya udh ngetop, ataupun curug2 trsembunyi yg blm trjamah mnusia. Di dket rmh gue pun ada curug. Iya, nama jlnnya doang sih yg disebut curug, tp curugnya kaga ada. Mgkin dlunya bnyak curug d skitar situ. Hahaha.

    Msh dket nih ya sktaran bogor. Bogor jg bnyak curug sih yaa. Tp satupun blm prnah gue knjungin. Blm prnh sm skli ke curug sih:') hiks. Cm nntn d tv sm liat blog bgini doangg..

    Vlognya kereenn euyy.. Editannya, trs Ditmbah viewnya jg keren abizzz. Eh itu bule jg ganteng dah, tp ga ngrti gue dia ngmbg pAan. Kekny bkn bhs ing ya? Wkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga dulu tinggal di daerah Curug-Sawangan Depok, tapi ga pernah tuh aku liat ada curugnya haha.
      Sama kaya pondok cabe yang ga ada Cabenya tapi kalo cabe-cabean banyak hhh :)

      Hapus
  26. Aku sukaaaa banget wisata curug. Alasan utama krn biasanya air terjun itu letaknya di daerah tinggi, yg mana seringnya sejuk. Soalnya aku ga kuat panas :p

    So far ya, air terjun yg susah bgt medannya, 3 jam jalan kaki, sempet hrs pegangan pake tali segala, itu air terjun dua warna di sibolangit. Tp pas sampe, keindahannya udh cukup ngobatin capek mas. Walopun pas naik lg k atas kayak mau nangis bombay wkwkwkwkw...

    Trs air terjun curug malela di bandung. Itu jg berat dan capek. 2 jam an lah.. Tp kebayar banget pas liat bntuknya yg kayak niagara mini :)

    Kapan2 aku jg udh ada niat mau eksplore lg air terjun di kota2 indonesia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wii teh Funny anaknya curug hunter juga ya,
      ajak ajak dong kalo mau ngebolang curug di Indonesia.

      Hapus
  27. Masih bening banget ya
    Seger banget kalo main air di curig bojong

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu harus cobain main kesini teh sithi.
      lebih seger dari fotonya loh iki

      Hapus
  28. Terlihat bersih, asri dan alamii :D
    seger banget kayak'e nyebur disitu pas siang bolong...
    berapa meter tuh mas curug'e kayak'e nggak tinggi-tinggi amata yaah ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggi banget itu kang,
      pokoknya aku nyelem aja ga bisa nyentuh dasar nyaa

      Hapus
  29. Wwiihhhh.... airnya jernih banget. GAk kebayang deh kalau saya bisa nyebur-nyebur disitu.

    BalasHapus
  30. Bener itu, Kang, surga yang tersembunyi, seger dan indah gitu :)

    BalasHapus
  31. Tempat ini memang belum banyak yang tahu, aku nunggu mudik dlu, nanti biar bisa kesini :)

    BalasHapus
  32. walau ditengah hutan, teteap aja indah dengan segala keunikannya.
    walau akses mungkin susah tapi bisa jadi sensasi petualangan yang mengasikkan juga ya mas. makasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sekarang mungkin aksesnya sudah mudah kang coba deh di cek kesana haha

      Hapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search