BODY RAFTING SAMBIL UJI ADRENALIN DI CITUMANG GREEN VALLEY, PANGANDARAN | KHAIRULLEON.COM

BODY RAFTING SAMBIL UJI ADRENALIN DI CITUMANG GREEN VALLEY, PANGANDARAN


Ada dua objek wisata yang jadi primadona Pangandaran yaitu wisata pantai dan green canyon. Biasanya saat aku bertanya ke beberapa orang tentang wisata Pangandaran mereka pasti akan menjawab dua hal tersebut.

Tapi lain ceritanya kalau kamu sudah berkunjung ke HAU Citumang. Kamu akan sadar bahwa ternyata wisata pangandaran tidak melulu Pantai dan Green Canyon, masih banyak destinasi lainya yang ga kalah menarik salah satunya yaitu Body Rafting di Citumang Green Valley.

Sudah pernah mendengarnya ? Masih sangat asing bukan ? Nah, kalo gitu cocok banget nih kalo kamu ikutin perjalananku saat seru-seruan body rafting di Citumang Green valley, Pangandaran !

BODY RAFTING CITUMANG GREEN VALLEY

Jika kalian follow blogku pasti sudah tau dong kalau sebelumnya aku berbagi pengalaman menginap di dalam kontainer mewah HAU Eco lodge Citumang ?. Nah, saat itu aku tidak hanya menginap saja tapi juga melakukan aktifitas seru lainya yaitu Body Rafting !

Area body rafting ini tidak jauh dari lokasi penginapan, jadi selain menginap para pengunjung juga bisa sekalian Body Rafting. Kebetulan aku jalan-jalan bareng travel blogger jadi travelingnya semakin asyik !




Sebelum Body Rafting kami mengenakan pelampung terlebih dahulu supaya ga kelelep air sungai. Ingat ya gaes safety first.

Untuk menuju area Citumang Green Valley kami harus treking sekitar 20 menit menyusuri pemukiman warga. Perjalanan tidak terasa capek karna jaraknya sangat dekat dan banyak pepohonan hijau yang membuat suasana sekitar semakin asri.

Sebetulnya masih ada jalur lain untuk menuju Green Valley yaitu menelusuri hutan yang biasa disebut jalur Bule. Namun, masyarakat lokal lebih suka lewat pemukiman warga karna treknya lebih mudah dan cepat.





Masuk kedalam kawasan Citumang Green Valley mulai terdengar suara aliran air sungai. Tidak beberapa lama akupun melihat warna hijau sungai Citumang yang sangat membius, ingin rasanya nyebur.

“Jangan nyebur sekarang, nanti saja dari atas. Kita pasti lewatin spot ini ko!” Ujar kang Ajum selaku guide Body Rafting. Dengan penuh semangat aku ngrintilin kang Ajum dari belakang.



Tidak beberapa lama akhirnya kami sampai di area Citumang Green Valley. Disini sudah banyak banget wisatawan yang datang dari mulai emak-emak sampe bapak-bapak semua komplit. Alhasil kami harus mengantri dulu untuk menunggu giliran.

PENGALAMAN PERTAMA TERAPI IKAN, GELI-GELI ASIK !



Sambil menunggu giliran kami bisa bermain-main di sekitar area Green Valley. Disini terdapat taman yang luas dan kolam renang untuk anak-anak, namun spot yang menjadi favorite kami adalah terapi ikan.

Honestly, ini kali pertama aku merasakan terapi ikan. Biasanya aku hanya melihatnya di acara televisi saja. Ternyata yang aku tonton di TV sangat berbeda dengan yang aku alami.

Saat mencelupkan kaki kedalam kolam secara otomatis ikan-ikan kecil datang mengerubungi kakiku. Sepertinya naluri mereka memang seperti itu, diciptakan untuk peka terhadap kulit manusia.




Tidak beberapa lama ikan-ikan itu mulai menciumi kakiku, kalian tahu bagaimana sensasinya ? Geli !

Belum sempat aku tertawa kegelian tiba-tiba teman-teman yang lain sudah heboh duluan. Bahkan ada yang sampai menyerah karna saking gelinya. Jadilah aku ketawa bukan karna kegelian tapi karna melihat ulah temen-temen yang bikin ngakak.

Tapi lama-kelamaan ga akan terasa geli lagi ko. Benar apa kata pepatah “bisa karna terbiasa”.

GOA KALINUMPANG DAN LONCATAN 7M

Setelah ngerusuh di area terapi ikan tak terasa pengunjung lain sudah mulai sepi, itu artinya giliran kami yang akan melakukan Body Rafting.

Sebelum nyebur kami berdoa dan di beri pengarahan terlebih dahulu oleh kang Ajum.




Titik awal body rafting dimulai dari Goa Kalinumpang. Disini kami dapat menyusuri goa stalaktit yang semakin dalam terlihat semakin gelap. Sehingga kami tidak diizinkan sampai kedalam goa hanya berenang di bibirnya saja.

Di pinggir goa terdapat area lompatan setinggi 7 meter, jika ingin  melompat pengunjung harus naik keatas tebing menggunakan akar pepohonan.

Sempet kaget sih, belum apa-apa udah langsung disuruh lompat aja. Bah! Pemanasan macam apa ini ?!.


Orang pertama yang melakukan lompatan adalah kang Ajum. Dia memberi contoh kepada kami cara melompat yang benar. Setelah kang Ajum landing ke air dilanjutkan oleh Mas Nuz, tapi setelah menunggu sekian lama Mas Nuz belum juga melompat ke bawah, “Saya Ngeri!” Begitu katanya.

Karna penasaran, akupun ingin ikut lompat juga. Ternyata jalan merambat menggunakan akar lumayan sulit dan licin, jadi harus ekstra hati-hati.

Sampai diatas, aku langsung semangatin Mas Nuz untuk cepet-cepet turun. Namun Mas Nuz malah mempersilahkanku untuk lompat duluan *lah.

Tapi aku tidak heran kalau Mas Nuz ragu-ragu melompat, karna aku sendiripun SHOCK!

Bayangkan saja, ketiggian 7 meter jika dilihat dari bawah terlihat pendek tapi kalau sampai atas ko jadi tinggi banget. Rasanya pengen give up karna sudah ga ada harapan hidup.

Bahkan sebelum melompat aku harus zikiran terlebih dahulu, malah kalo sempet shalat istikharah.

Biasanya kalau deg-degan seperti ini, aku langsung inget moto hidup yang ada di banner youtubeku : “Dont think, Just Go! You only life once

Seketika keberniankupun bangkit. Teman-teman blogger juga menyemangatiku dari bawah. Jadilah setelah hitungan ketiga aku ga mikir apa-apa lagi dan langsung lompat !

BYURRRR !

YA RABB ! Lompat 7 meter rasanya kaya sakaratul maut. Durasi terjun 3 detik tapi rasanya kaya 3 abad. Selama terjun aku ga bisa napas seakan jantungku copot tertinggal di akar-akar. Tapi Alhamdulillah masih hidup!

Sukses melompat yang lain bersorak-sorak gembira. Terus ya udah gitu aja ga ada lagi yang mau lompat selain aku. Bahkan Mas Nuz memutuskan untuk turun kembali lewat akar *lah piye.

LOMPAT ALA TARZAN


Dari goa Kalinumpang kami digiring ke air terjun dengan ketinggian sekitar 2-3 meter. Disini semuanya harus lompat! Hukumnya wajib. Jadi kalo lompatan 7 meter tadi hukumnya sunnah gitu ya ? okesip.

Setelah semuanya melompat, kami langsung naik ke batuan yang ada di pinggir air terjun. Disitu ada tali tambang yang bisa kami pakai untuk main tarzan-tarzanan. auoo

MAIN KERETA-KERETAAN


Setelah main tarzan-tarzanan selanjutnya main kereta-keretaan. Untuk membuat formasi kereta, kami cukup menyambungkan badan satu sama lain supaya mirip kereta.

Lalu kang ajum menarik kami dari depan menelusuri lintasan sungai yang sangat jernih. Saat melintasi sungai kami cukup sering melewati banyak air terjun salah satunya seperti Curug Dori.



Setiap kali melewati air terjun setiap itu pula kami melompat lalu dilanjut lagi main kereta-keretaan. Begitu terus sampai kami melewati area Kedung Kecapi dengan kedalaman air sekitar 10 meter.

Disini juga terdapat loncatan setinggi 12 meter, tapi siapa juga yang mau lompat setinggi itu ?

RELAX AREA


Setelah melewati Kedung Kecapi, akhirnya kami sampai di bendungan HAU Citumang. Disini kami dapat melakukan relaxaxing sambil membuat formasi lingkaran atau bintang.

Bendungan Citumang merupakan peninggalan Belanda yang sudah dibangun sekitar 20 tahun yang lalu. Siapa sangka bendungan yang digunakan untuk irigasi ini masih berfungsi dengan baik. Bahkan bendungan ini bisa menjadi spot yang asik untuk berenang.



Dari area bendungan masih ada satu area terakhir yang harus kami lewati yaitu kali kecil yang airnnya sangat jernih. Seperti biasa untuk menyusuri kali ini kami membuat kereta-keretaan sambil teriak-teriak kegirangan.

“Oke kita sudah sampai di wahana terakhir, silahkan naik dan simpan pelampung di tempat semula” ujar Kang Ajum.

Wah ga terasa kegiatan Body Rafting sudah selesai. Emang ya kalo melakukan hal yang senang-senang suka lupa waktu.

MAU BODY RAFTING JUGA ? BEGINI CARANYA.


Body Rafting Citumang Green Vallley memang belum familiar, lokasinya juga tidak strategis. Namun bukan berarti kamu tidak bisa kesini loh. Lagipula sekarang sudah ada GPS yang bisa mempermudah menemukan alamat, jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak kesini.

Nah berikut ini alamat lengkapnya : Sukamanah RT 1/Rw 6, Bojong, Parigi, Pangandaran, Jawa Barat 46393

Untuk harganya sendiri kamu cukup merogoh kocek Rp. 85.000. Kalau mau lebih asik lagi kamu juga bisa sekalian menginap di HAU Ecolodges Citumang dan merasakan sensasi bermalam di dalam kontainer yang apik !.

Selengkapnya tentang penginapan bentuk kontainer ini bisa kamu baca DISINI ya.

Oke deh sekian dulu cerita kali ini. Jangan lupa untuk tonton Video Body Raftingnya supaya kalian bisa merasakan langsung gimana serunya menelusuri sungai Citumang.



Pastikan kalian like dan subscribe ya! J

JANGAN LUPA DISEBARKAN, SHARING IS CARING :)

54 comments

Wahaha. Aku masih kebayang ngerinya main air di sana. XD. Ga lagi-lagi deh. Haha

Reply

wohooo tempat mainnya sik betul. tapi buat yang ga bisa berenang aman kan ya. suka takut main air karena ga bisa berenang

Reply

Murmer ya body rafting disana, btw emang bagus banget sih tempatnya kelihatan dari foto, adem dan asri gitu, apalagi kesana ditemani pujaan hati wkwkw bisa makin asik.

Reply

Wow, membaca postingan ini gue rasanya gak sabar deh mau coba jalan-jalan gitu. Btw, saran gue sih kalo bisa bukan cuma kasih harga tempat wisatanya, bro, tapi kasih juga harga transportasinya atau gimana caranya kesana dengan transportasi umum. Supaya backpacker-backpacker tau. :)

Reply

Weh, loncat dari ketinggian 7 meter?
Nyerah lah, nggak bisa berenang juga. Takut kelelep, meskipun pakai pelampung.

Reply

Wah keren banget wisatanya, airnya asik banget buat renang :D

Reply

kukira pangandaran cuma pantai
ternyata ada ginian yang baguuus
ah mauu
aku pingin maen ular2an itu

Reply

Duuhh engkang..mgabibita wae ih, saya jadi pengen ikut maen tarzan-tarzanan hahaha...

Reply

Waduh Body Rafting, aku Rafting aja belum pernah apalagi body rafting. Tapi sumpah aku, walaupun tidak bisa berenang, pengen banget ikut rafting. Penasaran sumpah sama sensasinya. Walaupun gak bisa berenang tapi kan pakai pelampung, amanlah pasti. Aku aja pernah snorkeling walaupun gak bisa berenang xD

Reply

Once again, I have to say this word for your journey: Awesome! :)

Betah banget tiap baca sama nonton video nge-tripnya khairul. Seru banget ya punya hobi jalan-jalan gitu. Lah hobi gue mah jalan-jalannya ke tempat yang ada wahana taman bermain ala ala theme park gitu. Ahaha >_<

Sukses selalu ya khairul. Cie pageview blognya udah mau 500k. XD

Reply

Asyikkk banget terlihatnya itu, barisan para badan [?] melewati sungai kecil meliuk2. Saya mah baru nyoba river tubing aja udah kesenangan banget xD

Ga pernah bisa tahan sama terapi ikan gitu ._. geli tapi nagih.

Tapi yang jelas, destinasi ini masuk wishlist deh! Terlanjur ngiler gara2 baca di sini >.<

Reply

apalagi aku haha

Reply

Saya suka yang lompat ala tarzan sajalah. Jadi mengingatkan saya sewaktu kecil mandi disungai. Tiket masuknya tergolong murah ya, kapan bisa kesana. Tapi sebenarnya ada rasa takut seh.

Reply

Seru banget yang main kreta-kretaan hahaha.. udah kaya rantai.
Btw, aku pernah nyobain rafting pakai perahu. Trus lompat tebing gitu jebur ke sungainya. Seruuu...! Dan aku jadi pengen itu deh, yang di celah tebing kereta-keretaan.

Reply

Yakin kapok, leon? :))

Reply

lompatan dari setinggi 7 meter? greget abis!

airnya jernih banget. seru. tapi sayang gue enggak bisa berenang.
terapi ikan. emang geli sih kaki di makanin sama ikan. tapi itu seru juga. sel kulit mati pada hilang.
well, tempat wisata yang sangat berkesan!

Reply

tapi kalo di ajak gratis lagi aku ga akan kapok sampai kapanpun haha

Reply

Aman ka kan ada pelampung :)
Temanku juga banyak yang ga bisa berenang ko .

Reply

iya ini murmer banget.
Cocok bawa pujaan hati tapi jangan sampe bikin para jomblo ngiri yaa huhu

Reply

masukanya bagus banget dah ini.
Kedepanya bakal aku tulis lengkap deh sama transportasinya jjuga :)

Reply

Engga akan kelelep ko, paling timbul tenggelam gitu haha :v
kamu harus cobain sih lompat dari sini :)

Reply

ayo kang coba sendiri kesini :)

Reply

Abis main ular-ularang langsung loncat dari atas 7 meter ya kang pasti seru dah

Reply

haha tarzan-tarzanan eta seru pisan mang kudu di coba lah ..

Reply

sensasi snorkeling sama rafting beda kang.
yang ini lebih ekstrim jadi wajib banget di cobain ya haha

Reply

ternyata nyari oage views eta susah juga ya bang,
aku kepengen cepet-cepet 1 jeti views daaah

Reply

Apaan barisan para badan haha,
Tuh kan bener banyak yang ga tahan sama terapi ikan hu

Reply

Awalnya takut tapi kalo udha terbiasa bakal asik ini mah coba deh

Reply

Celah tebing kereta-keretaan juga seru kamu harus coba teh Vindiii

Reply

eh tapi kalo dipikir-pikir aku ga tau loh fungsi terapi ikan buat apa.
oh dia bisa ngangkat sel kulit mati ya aku baru tahu :)

Reply

Body rafting ini lebih kayak berenang yah dibanding arung jeram gitu. Tapi seru juga tuh, pas kaki di renda. Bareng ikan.

Setiap postinganmu memang selalu ada video yah, Rul~

Reply

Woow keren cuy viewnya. Banyak juga ternyata yang bisa dilakuin. Ini nih yang namanya menikmati liburan. Tapi ngeri juga kalo lompat dari ketinggian 7 meter. Kalo aku si mending enggak, cukup nyemplung aja di kolam.

Reply

Wisata alam..
Bisa menyusuri beningnya air sungai menggunakan rompi pelampung. Dilihat dari keindahan alamnya pohon-pohon yang besar dan rindang Citumang merupakan tempat yang cocok untuk hunting photo.

Reply

Kalo dipoikir-pikir ada benernrnya juga,
hampir semua postinganku ada videonya haha maaf yaa :(

Reply

wah kamu harus coba lompat ka supaya jantungan sepertiku :)

Reply

Betul kang memang cocok untuk hunting foto.
terbukti kalu kang haris serach pake hashtag citumang di intagram pasti banyak foto foto model seksih ..

Reply

Wah, seru banget tuh pastinya :D

Reply

Nah emang, pengen banget nyobain rafting

Reply

kek pernah liat ini, di yutub hahah, mantap bang

Reply

Eh kalau aku jadi yang disuruh loncat 7m
Kayaknya aku juga bakal ciut nyali.
Meskipun ada motto just do it (Lah malah nike) wkwk

Murah juga sih 85 ribu.
Tapi harus rame rame ya.. kalau cuma bertiga atau ber empat gitu ga kebayang krik kriknya kayak apa

Reply

wiiiiih, ini liat foto''nya aja jadi kepengen ngerasain. bakalan seru banget tuh kalo dilakuin bareng'' sama temen'' yg lain ya. tapi itu, kedalaman airnya ga dalem'' banget atau emang dalem ya? sampe pake pelampung gitu. kirain mah diawal'' ngirainnya yang naik perahu gitu. arum jeram. tapi ternyata malah seasyik ini yak. jadi pengen ngerasain loncat dari ketinggian 12 meter, kayaknya bakalan asik sih itu.

gue masih penasaran, rasanya dicium'' sama ikan di telapak kaki. ketawa'' sendiri pasti tuh.

Reply

Sumpah bang, ini tempat oke banget. jadi pengen kesini BODY RAFTING CITUMANG GREEN VALLEY

Reply

HUWAAAAAHHH

engen banget bisa kesaa :'(

Seger banget dan seru banget sepertinya

Aku lagi mabok tesisssssss
Butuh banget nih vacation semacam ini huhu

Reply

Iya betul aku emang uplod di youtube duluan baru deh ke Blog haha

Reply

ga harus rame-rame ko ka,
kata kang Ajum walaupun body raftingnya cuma 1 orang tetep dilayani ko.
tapi ya gitu pasti bakal hambar haha

Reply

wah ini airnya dalem banget bang asli deh haha,
ayuk bang cobain terapi ikan rasanya geligeli tapi bikin ketagihan wk :v

Reply

ayuk di realisasikan keinginnanya :)

Reply

DUh cepet amat ul udah tesis aja haha,
Jadi engen lanjut S2 aku haha

Reply

cobain ke Curugnya juga ya,
SElengkapnya ada di artikel setelah ini :)

Reply

Serunya... dulu pas aku kesana sepertinya kalinya gak sehijau ini deh!... Lebih butek lagi ahahha... enaknya kalau kesana pas musim kemarau jadi airnya warna biru banget!...

Reply

ini mah ga butek airnya,
ijo beneran,
Kayaknya nte harus kesini lagi deh di :)

Reply

Tipe perjalanan yang aku suka : main air! haaa, luar biasa indah tempatnya. Kalau fish spanya aku jadi inget taman purbakala di Lampung. Pinginlah gelantungan di sana trus loncat ke air *semoga gak putus itu talinya hahaha

omnduut.com

Reply

Namanya modern banget Fish Spa haha.
Itu talinya kokoh ko, walaupun putus juga ga maslah sih kan jatuhnya ke aer2 juga haha

Reply

Post a Comment

Khairulleon, Travel blogger dari Bogor
Jangan lupa berkomentar.
Blogger yang bijak selalu meninggalkan jejak :)

Kepoin sosmedku ▶ @khairulleon

NEW VLOG ! AYO DI TONTON !