SERING GONTA GANTI PEKERJAAN? COBAIN DEH KERJA DI SEKTOR GREEN JOBS, PELUANG SUKSESNYA BESAR BANGET


APA SIH GREEN JOBS ITU?

Ada yang pernah mendengar tentang Green Jobs? Kalau aku sendiri baru tahu istilah ini saat mengikuti webinar bersama komunitas ISB dan Koaksi minggu lalu bareng rekan-rekan blogger.

 

Dari webinar itu akhirnya aku mengerti kalau Green Jobs adalah berbagai jenis pekerjaan yang mendukung pelestarian lingkungan.

 

Kita semua sudah tahu lah ya kalau dalam satu dekade terakhir ini bumi sedang tidak baik-baik saja bahkan semakin memburuk.

 

Hal ini disebabkan karena adanya Climate change, global warming dan berbagai isu lingkungan lainnya yang menjadi masalah utama rusaknya lingkungan.

 

Dari latar belakang masalah inilah akhirnya muncul orang-orang dari berbagai pihak yang mulai peduli lingkungan dengan mengkampanyekan gerakan hijau atau yang lebih dikenal dengan Go Green.


Go green ini ada banyak sekali bentuknya seperti green supply chain, green plastic bag, green audit, green city, green development, dan berbagai "green" lainnya. Tren "green" ini pula yang akhirnya melahirkan istilah Green Jobs.


Organisasi Buruh Internasional (ILO) menyebutkan, Green Jobs akan mendorong efisiensi bahan baku, energi terbarukan, pembatasan emisi gas rumah kaca, peminimalan sampah dan polusi, pelestarian ekosistem serta mendukung proses adaptasi terhadap perubahan iklim. (Wikipedia)

 

Green Jobs juga dilatarbelakangi oleh kualitas lingkungan yang semakin menurun, termasuk berkurangnya sumber daya alam dan tentunya ini menjadi permasalahan serius bagi perekonomian di masa mendatang.

APA SAJA SIH CONTOH PEKERJAAN GREEN JOBS ITU?



Greenjobs ini bermacam-macam bentuknya seperti pekerjaan reboisasi, pengolahan limbah, daur ulang sampah, pertanian organik, penanam bakau, dan berbagai pekerjaan yang berorientasi lingkungan lainnya.

 

Labeling ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, bahwa ada berbagai lapangan usaha yang secara bisnis menguntungkan dan secara lingkungan melestarikan. (Kompasiana)



Dikutip dari situs Coaction Indonesia bidang-bidang pekerjaan yang berpotensi menjawab masalah perubahan iklim dan lingkungan adalah pemulihan stok dan konstruksi hijau, pengolahan limbah dan daur ulang, transportasi umum, pemulihan konstruksi hijau, pertanian dan produksi pangan yang berkelanjutan, kehutanan yang berkelanjutan (bersertifikasi) meserta ncegah deforestasi, pengelolaan manufaktur dan rantai pasokan, suplai dan efisiensi energi serta pelestarian biodiversitas dan ekosistem. Untuk para milenial yang tinggal; di perkotaan namun ingin turut melestarikan lingkungan juga dapat menjajal urban farming sebagai langkah awal memulai green jobs.

APAKAH BEKERJA DISEKTOR GREEN JOBS MENJANJIKAN?



Belakangan ini kita sering banget kan melihat
  pemerintah, sektor swasta maupun masyarakat sipil mendukung gerakan hijau?. Hal ini terjadi karena sudah banyak orang yang sadar kalau peluang bekerja di Green Jobs itu sangat menjanjikan. Tak hanya membuat karir kita bagus tapi juga membuat lingkungan semakin terjaga.

 

Apalagi diera pandemi seperti saat ini, menurut informasindari situs Coaction Indonesia, Pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir hingga saat ini, telah berdampak serius pada sektor industri. Semakin melemahnya ekonomi juga berakibat pada banyaknya orang harus rela kehilangan pekerjaan dan dipaksa bertahan di tengah situasi yang tak pasti. Selain itu, situasi pandemi ini akhirnya membuat banyak orang mulai sadar akan pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan dan alam agar dampak-dampak kerusakan alam atau ketidakseimbangan ekosistem, seperti halnya pandemi yang sedang berlangsung saat ini dapat kita hindari.

 

Dalam situasi seperti ini, opsi pekerjaan-pekerjaan yang ramah lingkungan menjadi salah satu solusi yang menjanjikan. Apalagi Indonesia memiliki hampir semua potensi untuk mengembangan seluruh pekerjaan berbasis greenjob. Dengan berbagai potensi tersebut, Green Jobs dapat tumbuh subur di Indonesia.


Nah jadi gimana sudah siap bekerja disektor GreenJob?


2 komentar:

  1. pekerjaan ini sepertinya cocok ya untuk mereka yang concern juga di lingkungan ..bagaimana agar keberlansungan hidup alam bisa tetap terjaga dan ga sembarangan dirusak oleh tangan tangan yang tak bertanggung jawab..

    selain itu lumayan juga bisa menyerap sebagian tenaga kerja produktif yang sedang dirumahkan...yang oenting program programnya dijalankan secara matang sehingga bisa terelaisasi dengan efektif dan efisien 😃

    BalasHapus
  2. terima kasih kk untuk informasi di artikel ini.

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search