WISATA GRATIS 'GARDENS BY THE BAY', TAMAN BUATAN DI SINGAPURA YANG GAK BOLEH KAMU LEWATKAN



Selain ke Merlion Park, satu destinasi yang ga boleh dilewatkan saat ke Singapura yaitu Gardens by the bay.


Wisata alam buatan ini pertama dibuka pada tahun 2012, masih baru banget ya!. Gardens by the Bay adalah sebuah taman yang memiliki luas area sekitar 101 hektar.


MASUK GARDEN BY THE BAY GRATIS KOK! TAPI ...


Untuk masuk ke dalam Gardens by the bay kita tidak dikenakan biaya tiket masuk. ‘Keajaiban’ pertma yang akan kita lihat di sini adalah
Supertree Grove merupakan salah satu ikon landmark Gardens by the Bay.

Struktur bangunannya mirip pohon yang menjulang tinggi sekitar 25 hingga 50 meter. Dengan dihiasi lampu warna warni serta alunan musik rhapsody di malam hari. Kita dapat datang ke sini secara gratis dari jam 8am – 2am.

Tetapi di sini juga ada beberapa wahana berbayar loh, diantaranya yaitu:


FLOWER DOME, KOLEKSI BUNGA DARI SELURUH MANCANEGARA



Aku tidak sempat masuk ke dalam Flower Dome karena malas ngantri dan ga mau ngeluarin duit haha. Luckily aku masih bisa melihat keadaan dalam Flower Dome dari luar soalnya wahana ini hanya ditutupi kaca. Walaupun aku ga bisa melihat seluruh isi Flower Dome tapi seenggaknya aku tahu di dalamnya ada apa.



Flower Dome merupakan rumah kaca tanpa kolom terbesar di dunia. flower Dome dibangun dengan 3.332 panel kaca dengan 42 variasi bentuk dan ukuran, sehingga tampak seperti puzzle raksasa.

Bagian dalam rumah kaca ini dibagi menjadi 9 bagian: Australian Garden, South African Garden, South American Garden, Flower Field, Mediterranean Garden, Californian Garden, Olive Grove, Succulent Garden, dan The Baobabs. Flower Dome juga adalah area di Gardens by the Bay yang sering digunakan sebagai tempat event-event melihat bunga.


CLOUD FORREST, HUTAN BUATAN YANG CANTIK



Berbeda dengan Flower Dome, di Di Cloud forrest terasa lebih liar karena di sini konsepnya seperti hutan yang basah. Bahkan kita dapat melihat air terjun buatan setinggi 35m.

Aku jadi bersyukur banget tinggal di Indonesia karena ada banyak air terjun alami tanpa dibuat-buat. Apalagi aku tinggal di Bogor, kalau mau ke air terjun tinggal salto aja nyampe haha.


SENSASI BERJALAN DI ATAS OCBC SKYWAY



Selain melihat-lihat Supertree Grove dari bawah kita juga bisa melihatnay dari atas yaitu melalui OCBC Skyway. Ini adalah wahan jembatan sepanjang 128 meter yang menghubungkan satu Supertree dengan Supertree yang lain.

OCBC Skyway ini berada di ketinggian 22 meter di atas permukaan tanah, sehingga cocok untuk melihat-lihat pemandangan sekitar. 



O iya aku juga dapat melihat kincir raksasa alias Singapore flyer dari kejauhan dan dapat berfoto di depan hotel marina by sands yang sangat dekat. Katanya ini jadi salah satu hotel termewah yang ada di Singapore. Harga menginap di sini paling murah 4 jutaan permalamnya. Murah apaan mahal inimah :(.




Sebetulnya di sini masih banyak spot yang belum aku kunjungi karena Gardens by the bay bener-bener luas.

Namun aku sudah cukup puas dapat berjalan-jalan mengitari Gardens by the bay walau pun tanpa masuk ke dalam wahan berbayar aku sudah sangat senang kok. Yang penting aku punya banyak stok foto di Gardens by the bay denga baground yang bagus-bagus wkwk.






Tips dariku kalau mau berlibur ke Gardens by the bay yaitu Kamu hanya perlu menyiapkan tenaga yang banyak karena jalan-jalan di sekitar Garden by the bays cukup melelahkan.

Oneday kalau punya banyak budget dan kesempatan stay di Singapura lebih lama, mungkin aku akan cobain beberapa wahana berbayar yang kusebutkan di atas. Kalau sekarang yang gratis-gratis saja dulu hihi.



Cara Menuju Gardens by the Bay menggunakan kendaraan umum, 

Ada beberapa pilihan untuk mencapai Gardens by the Bay menggunakan kendaraan umum:

  1. Naik MRT jalur Circle Line atau Downtown Line, turun di stasiun Bayfront (CE1/DT16). Ambil Exit B, ikuti underground link way. Keluar dan sebrangi Dragonfly Bridge / Meadow Bridge untuk masuk ke Gardens by the Bay.
  2. Naik MRT jalur East-West Line dan turun di stasiun Tanjong Pagar (EW15). Ambil exit C dan jalan menuju halte bis 03223 di International Plaza, Anson Road. Naik bis no 400, turun di bus stop 03371 yang ada di Marina Gardens Drive.
  3. Kalau sudah ada di sekitar Marina Bay, jalan kaki melalui Helix Bridge ke arah ArtScience Museum. Ikuti jalur jalan kaki yang ada di sepanjang waterfront hingga akhirnya masuk ke Gardens by the Bay.
  4. Dari Marina Bay Sands, jalan menyebrangi Lions Bridge di lantai 6 (buka jam 08.00-23.00) yang langsung nyambung ke Dragonfly Bridge dan masuk ke Gardens by the Bay.


Posting Komentar

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search