15 September 2021

BARU BUKA! PENGALAMAN CAMPING DI PINEUS TILU PANGALENGAN BANDUNG, SEBELUM KE SINI BACA DULU INFONYA SUPAYA KAMU GA NYESEL!

Helo guys udah tahu belum kalau di Bandung ada wisata penginapan terbaru namanya Camping Ground Pineus Tilu?. Nah, kali ini aku bakal share pengalamanku selama menginap di Pineus Tilu nih.

Aku juga bakal kasih info lengkap dan terupdate seputar Camping Ground Pineus Tilu dari mulai harga menginap per malamnya, bagaimana cara reservasinya, perjalanan menuju ke sana, fasilitas apa saja yang kita dapetin, apa saja kekurangan dan kelebihannya serta tempat wisata apa saja yang ada disekitar Pineus Tilu yang ga boleh dilewatin.

Baca terus sampe bawah ya supaya kamu ga nyesel kalau mau ngecamp di Pineus Tilu!.

BAGAIMANA CARA KE PINEUS TILU

Camping Ground Pineus Tilu ini berada di daerah Pangalengan tepatnya di kawasan hutan pinus Rahong. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa ikutin arahan dari Google Maps pasti langsung nyampe, pokoknya anti nyasar-nyasar club guys!.

Pineus Tilu ini jaraknya cuma 2 jam aja dari kota Bandung. Di sepanjang perjalanan cukup lancar karena aspalnya bagus, tetapi beberapa saat sebelum sampai ke Pineus Tilu kita akan melewati jalanan yang agak rusak dan berdebu.

Tapi tenang saja, kamu ga akan bosan karena di samping kanan dan kiri jalan ada kawasan kebun teh yang super cantik!. Kamu bisa foto-foto sejenak di sini loh, mumpung gratis!.

Dari kawasan kebun teh kita akan masuk ke kawasan hutan pinus Rahong. Di sini kita sudah bisa melihat sedikit area Camping Pineus Tilu dari atas jalan.

Saat aku sampai di Kawasan Pineus Tilu, aku agak bingung di mana letak pintu masuknya, soalnya ga ada papan keterangan atau spanduk yang bertuliskan Pineus Tilu. Jadi aku harus tanya orang dulu di mana letak pintu masuknya.

Setelah bertanya ke orang sekitar aku langsung masuk menuju area parkiran untuk menyimpan motor. Keesokan harinya saat ingin pulang aku cukup kaget karena aku dimintain uang parkir yang cukup mahal yaitu 15.000 rupiah per motor. Menurutku harga parkirannya sangat tidak wajar. Menurut kalian gimana!

PERJALANAN KE CAMPING GROUND PINEUS TILU

Dari area parkir motor, aku masih harus berjalanan kaki sekitar 3-5 menit melalui hutan pinus.

Selama perjalanan kita akan ditemani oleh suara gemericik air sungai dan suara hutan yang cukup tenang. Tanpa sadar tiba-tiba aku langsung sampai saja di pintu masuk Pineus Tilu.

Pintu masuknya cukup unik karena terbuat dari pohon bambu. Di pintu masuk ini disediakan handsanitizer untuk membersihkan tangan.

O iya, waktu check in di Camping Ground Pineus Tilu yaitu mulai dari jam 2 siang dan check out pukul 12 siang keesokan harinya. Tapi aku melihat ada beberapa pengunjung yang sudah berdatangan sebelum jam 2 siang loh.

TIPS MEMILIH TENDA TERBAIK DI CAMPUNG GROUND PINEUS TILU, JANGAN SAMPAI SALAH!

Masuk ke dalam kawasan Pineus Tilu aku langsung dapat melihat tenda-tendanya yang viral itu. Tenda di sini disebutnya deck.

Kita akan ditanya oleh petugas di nomor berapa deck yang sudah kita booking, selanjutnya kita akan diberi tahu di mana letak decknya.

Pineus Tilu memiliki 9 buah deck. Masing-masing deck ini memiliki kelebihan dan kekurangan guys.

Kalau di deck 1 dan 2 lokasinya ada dibagian paling ujung, tenda di deck ini cukup besar bisa menampung 4-6 orang. Hanya saja decknya ada di atas kolem gitu jadi ga mepet langsung ke sungai.

Sedangkan deck 3-7 berada tepat di pinggir sungai, jadi tiap kita keluar dari tenda kita langsung disambut oleh aliran air sungai, keren banget ga sih?! Sayangnya tipe tenda di deck ini tidak sebesar tenda yang ada di deck 1,2,8 dan 9. Jadi cuma cukup untuk 2-4 orang saja.

Sedangkan tenda yang aku booking sekarang yaitu ada di deck 8. Jadi deck ini ada di bagian atas gitu guys. Aku pilih deck ini karena ukuran tendanya gede banget, bisa muat 4-6 orang. Padahal aku datengnya cuma berdua saja sama satu manusia usia setahun.

Walau pun tendanya ga mepet langsung ke sungai tapi dari atas sini aku bisa melihat semua sudut Pineus Tilu dengan jelas, makannya banyak orang yang curi-curi kesempatan ke depan tenda aku buat foto-foto gitu, karena emang view dari depan tendaku keren bing bing!

Selain itu aku juga pilih deck 8 karena aku bawa bayi yang baru bisa jalan, jadi ngeri guys kalo pilih deck yang deket sungai nanti berabe kalau sikecil kecebur.

O iya disamping deck 8 ada deck 9 yang tendanya ga jauh beda seperti deck 8. Nah sekarang kalian sudah bisa menyimpulkan kan mau stay di deck yang mana?

APA SAJA FASILITAS YANG ADA DI PINEUS TILU

1. TENDA BESERTA PERLENGKAPANNYA

Fasilitas pertama yang disediakan adalah tenda beserta isinya yang cukup komplit. Di sini kita disediakan 4 buah matras busa untuk tidur komplit dengan 4 buah sleeping bag.

Pas pertama kali masuk ke dalam tenda aku cukup amaze karena tendanya rapiiiiih banget!. Awalnya aku was-was kalau tendanya tidak higienis atau sleeping bagnya tidak diganti. Tapi ternyata tendanya selalu dibersihkan ko, sleeping bag bekas pengunjung sebelumnya juga dicuci bersih.

Kemarin aku sempet lihat sendiri petugas yang sedang bersih-bersih.

2. COLOKAN LISTRIK DAN LAMPU

Di sini juga disediakan colokan listrik dan lampu estetik buat penerangan. Ditiap tenda juga ada lampu gantung gitu guys.

3. MEJA MAKAN / PRIVAT DINING TABLE

Di sini juga disediakan meja makan, kalo orang sini nyebutnya privat dining table. Meja makannya cukup bagus dan nyaman.

Kalau di deck 8 dan 9 meja makannya cukup tinggi jadi duduknya harus pake kursi sedangkan kalau di deck yang ada di pinggir sungai mejanya lesehan dan bangkunya pake bantalan busa ala-ala orang Jepang.

4. ALAT PANGGANG

Di sini disediakan alat panggang untuk bakar-bakar guys. Sayangnya kita harus bawa areng sendiri dari rumah. Tapi kalau kamu ga sempat bawa areng, kamu bisa beli langsung di Pineus Tilu, nanti tinggal bilang aja ya ke petugasnya.

Untuk aku sendiri kemarin tetep bisa manggang tanpa harus membawa atau membeli areng nih guys. Jadi aku memanfaatkan areng bekas pengunjung sebelumnya yang masih bisa dipake. Jadi lumayan menghemat kan wkwk. Jangan kasih tahu siapa-siapa ya ini rahasia kita aja.

O iya di sini ga disediakan kompor atau alat masak lainnya jadi buat temen-temen yang mau masak-masak bisa bawa alat sendiri ya.

5. TOILET PLUS AIR PANAS

Di sini ada 4 buah toilet yang cukup bersih. Ada bak mandi untuk menampung air dan WC jongkok. Kata pihak Pineus Tilu sengaja pakai WC jongkok supaya lebih higienis.

Di sini juga disediakan water heater, sayangnya air panas di sini kadang keluar kadang engga. Jadi mungkin petugas di sini harus terus ngecek supaya water heaternya selalu berfungsi dengan baik.

6. TEMPAT CUCI PIRING

Pineus Tilu punya sink buat cuci tangan atau cuci piring. Ini berguna banget sih dari pada mencuci di sungai bisa mencemari lingkungan lebih baik mencuci di sini saja deh.

Sayangnya sabun cuci piringnya sering banget habis sampai tetes terakhir. Mungkin pihak Pineus Tilu harus sering-sering nih refill sabunnya atau sebagai antisipasi kita bawa sendiri saja sabun cuci piring dari rumah.

7. AIR GALON

Tepat di samping kamar mandi ada galon plus dispenser. Jadi kita bisa minum gratis di sini atau sekadar mengambil air panas buat bikin pop mie.

Sayangnya air galon ini cepet banget habisnya karena yang minum juga banyak. Makannya untuk temen-temen yang mau ke sini ambil air sewajarnya aja ya jangan satu botol gede di isi semua. Kesian pengunjung lainnya kalau ga kebagian air nanti bisa mati kehausan.

8. HAMMOCK

Di sini ada 8 buah hammock yang diikat bersusun di antara pepohonan. Untuk teman-teman yang suka santai atau sekedar bergelayutan di hammock bisa cobain wahana ini.

9.SMOKING AREA

Di sini ada smoking area tapi kebanyakan pengunjung tidak patuh, kalau merokok ya merokok saja di mana pun. Mungkin mikirnya karena ini alam terbuka jadi mau merokok di mana pun ya sama aja.

10. API UNGGUN

Tiap malem pihak Pineus Tilu akan menyalakan api unggun yang berguna banget buat menghangatkan tubuh. Soalnya semakin malam suhu di sini semakin dingin!.

Aku saja tidur di tenda sampai pakai selimut berlapis-lapis. Bahkan keempat buah sleeping bag yang disediakan Pineus Tilu aku pakai semuanya wkwk.

Dan keesokan harinya sekitar jam 5-7 pagi kita akan melihat fenomena air sungai yang mengeluarkan asap karena saking dinginnya guys!. Ga kebayang kalau nyebur ke sungai dipagi hari pasti badan langsung beku.

Jadi buat temen-temen yang mau bobo di sini jangan lupa bawa pakaian hangat ya!

11. FREE BREAKFAST

Di sini juga disediakan breakfast atau sarapan pagi menunya yaitu nasi goreng, telur ceplok, timun, tomat, kerupuk dan sambal.

Sedangkan minumnya ada teh hangat dan jus mangga. Ini jusnya enak banget guys pake buah asli!

Jadi nanti kalau sudah waktunya breakfast, petugas akan dateng ke setiap tenda untuk memberi tahu kalau sarapan sudah siap.

Biasanya makanan breakfast ini disediakan di meja besar dekat api unggun. Jadi konsepnya tuh kaya prasmanan gitu, kita ambil sendiri makanannya.

TEMPAT WISATA DEKAT PINEUS TILU YANG GA BOLEH DILEWATKAN

Kalau kamu masih punya banyak waktu di Pineus Tilu, ga ada salahnya loh mampir sebentar kebeberapa tempat wisata terdekat yang cukup menarik.

ARUNG JERAM

Pertama ada arung jeram. Jadi selama aku di Pineus Tilu aku sering banget melihat ada orang naik arung jeram melewati sungai yang ada di depan camp.

Pokoknya kalau aku lagi di dalem tenda terus mendengar ada suara orang ngejerit-jerit itu artinya sedang ada orang yang main arung jeram.

Titik star Arung Jeram ini lokasinya ga jauh dari Pineus Tilu, jadi kalau temen-temen ada yang mau nyoba bisa banget loh.

SITU CILEUNCA

20 menit dari lokasi camp ada Situ Cileunca yang cukup bagus untuk foto-foto. Di sini ada jembatan memanjang yang unik namanya jembatan cinta.

Aku ga tau ya sekarang tuh tempat wisata apa-apa dinamain cinta. Jembatan cinta, taman cinta, tanjakan cinta, bukit cinta, dkl. Jadi kayak apa banget dah.

TAMAN LANGIT

Setengah jam dari Pineus Tilu ada wisata taman langit. Tempat wisata ini menyajikan panorama kebun teh yang cakep banget! Katanya sih sun rise di sini paling juara.

RIUNG GUNUNG

Ga jauh juga dari Pineus Tilu ada wisata alam Riung Gunung. Di sini kita bisa melihat kebun teh sambil melewati jembatan yang estetik banget!

Yang membedakan dengan wisata kebun teh lainnya yaitu kebun teh di sini luas banget! Sejauh mata memandang yang kita lihat cuma kebun teh!. Cakep banget deh, pokoknya kamu wajib kesini!

BAGAIMANA CARA RESERVASI PENGINAPAN DI PINEUS TILU?

Untuk dapat menginap di Riverside Pineus Tilu Camping Ground kita harus melakukan reservasi terlebih dahulu.

Caranya yaitu dengan menghubungi adminnya lewat whtsapp. Ini NOnya ya:  . Nanti kamu akan dikasih formulir untuk di isi.  Formulir ini berisi data diri, no deck yang mau dipilih dan tanggal chek in dan check out.

Kamu juga harus bayar bookingan saat itu juga dan harus mengirimkan bukti transfer.

Aku saranin buat booking secepatnya karena ini cepet banget souldoutnya. Aku saja harus nunggu sebulan untuk bisa staycation di sini.

Belum lagi pas kemarin viral Pineus Tilu sempet tutup karena katanya melanggar PPKM. Jadi yaudah aku harus reschedul dan nunggu sebulan lagi untuk bisa ke sini.

BERAPA HARGA MENGINAP DI PINEUS TILU?

Biaya menginap di Pineus Tilu yaitu dimulai dari 600rb untuk weekdays sedangkan 800rb saat weekend. Kemarin aku dapet harga promo jadi cuma bayar 500rb aja.

NGECAMP DI PINEUS TILU WORTH IT GAK SIH?

Ada yang bilang kalau ngecamp di Pineus Tilu terbilang mahal. Masa mau tidur dipinggir kali aja sampe bayar segala sih?!.

Kalau menurutku sih worth it worth it aja sih. Bayangin aja kita bayar 500rb itu buat bayar sewa Tenda, Matras, sleeping bag, Lampu, Bayar Listrik, Tiker, meja makan, alat panggang, makan pagi, bayar wc, air galon, sisanya untuk bayar view dan gaji karyawan. Worth it kan??!

Salah satu kelebihan Pineus Tilu yang aku suka yaitu disini ga ngebolehin pengunjung lain masuk kecuali para tamu yang sudah booking saja. Regulasinya cukup bagus dan tegas.

Hanya saja aku sempet kebingungan menemukan petigas di sini karena petugasnya ga pake baju khusus jadi sulit membedakan mana petugas mana tamu pengunjung.

Mungkin pihak Pineus Tilu bisa nih kasih baju formal kepetugasnya yang sedang bekerja.

Nah guys mungkin ini aja kali ya Info terlengkap tentang Camping Ground Pineus Tilu yang bisa aku kasih tahu. Kalau kamu punya info tambahan boleh loh share di kolom komentar, aku tunggu yaaa :)