PENGALAMAN NAIK KERETA API DITENGAH PANDEMI, AMAN GAK SIH?



Dimasa pandemi seperti saat ini kita dipaksa untuk berdiam dirumah sesering mungkin. Tapi terkadang ada saat-saat di mana kita harus keluar rumah untuk menyambung hidup.

 

Di akhir tahun 2020 kemarin aku mendapat tawaran untuk explore pariwisata di Tulungagung. Tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini akhirnya aku menyetujui tawaran tersebut.


Awalnya aku maju mundur ingin menerima tawaran ini sebab Tulungagung bukanlah tempat yang dekat. Aku harus menempuh 13 jam perjalanan menggunakan kereta api.


Itu artinya aku akan berpapasan dengan banyak orang yang tidak kuketahui kondisi kesehatannya. Kalau ada penderita Covid gejala OTG (Orang Tanpa Gejala) bagaimana?.


Untung saja PT. KAI mewajibkan rapid test bagi semua penumpangnya yang akan bepergian naik kereta, jadi hal ini dapat membuatku sedikit lega, walau pun rapid test tidak menjamin seseorang terkena covid atau ridak karena tidak terlalu akurat.


RAPID TEST SEBELUM JALAN-JALAN NAIK KERETA API




Ketika kita hendak keluar kota, kita diwajibkan melakukan rapid test terlebih dahulu. Tanpa dokumen rapid test kita tidak akan diizinkan naik kereta atau pesawat atau moda transportasi lainnya.


Kita dapat melakukan rapid test di mana saja baik di Puskesmas, Apotek, Rumah Sakit atau di Stasiun kereta api langsung. Sayangnya jika kita rapid test di Stasiun, antrian sangat panjang, jadi kita harus melakukan rapid test minimal sehari sebelum keberangkatan supaya gak kehabisan kuota.

 

Karena stasiun yang menyedian layanan rapid test cukup jauh dari rumahku, jadi aku memutuskan melakukan rapid test yang dekat-dekat saja yaitu di  Bidan tempat anakku imunisasi. Gak nyangka ternyata di sini bisa ngerapid juga.


PROSES MELAKUKAN RAPID TEST UNTUK PERTAMA KALINYA.


Ini adalah pengalaman pertama kalinya aku melakukan ritual rapid test. Ternyata prosesnya cukup cepat, gak nyampe 20 menit.

 

Pertama-tama salah satu jari kita akan di tusuk pakai jarum kecil untuk dikeluarkan darahnya. Rasanya gak sakit guys pokoknya aman. Sample darah yang diambil juga cuma setetes kok jadi gak bakalan pusing.

 

Darah yang diambil ini akan ditetesin kealat rapid test gitu, nanti kalau keluar tanda garis satu artinya kita nonreaktif covid, tapi kalau keluar tanda dua garis itu artinya kita reaktiv covid 19.


Alhamdulillah hasilku nonreaktif, jadi aku bisa naik kereta deh. Kalau teman-teman hasilnya reaktif kamu ga  bisa melanjutkan perjalanan naik kereta ya, untungnya uang tiket kita akan dikembalikan 100% oleh KAI.

TERNYATA BANYAK PENUMPANG KAI YANG TIDAK MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN




Saat masuk ke dalam kereta, penumpang akan diberikan fasilitas face shield secara gratis. Sayangnya face shield ini malah dijadikan sebagai oleh-oleh, bukannya dipakai malah dibawa pulang.

 

Video tutorial cara menggunakan faceshield yang baik dan benar.



Disebagian kereta memang ada petugas yang tegas mengingatkan penumpang untuk memakai masker yang benar dan menggunakan faceshield. Tapi ada banyak juga kereta api yang tidak tegas.

 

Kemarin saja aku cukup terkejut karena banyak penumpang yang mencopot masker dan tidak menggunakan face shield. Sumpah sepanjang jalan aku merasa was-was.

BERAPA LAMA DOKUMEN RAPID TEST BERLAKU



Dokumen rapid test berlaku sampai 14 hari alias 2 minggu. Jadi kalau sudah melewati batas hari tersebut, dokumen sudah tidak berlaku dan kita harus melakukan rapid test lagi.

 

Oleh karena itu saat melakukan perjalanan ke Tulungagung kemarin aku hanya stay sampai seminggu saja. Itu pun sudah cukup menyenangkan. Nanti deh aku ceritain gimana serunya explore Tulungagung bareng temen-temen Travel Blogger dan Vlogger.

 

Cuplikan videonya dapat kamu tonton dulu di sini ya!


1 komentar:

  1. Agak ngeri juga ya, karena masih ada yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan. Bukan hanya membahayakan diri sendiri tapi juga orang lain. Harusnya kemanapun pergi di saat situasi seperti ini, tetep patuhi peraturan yang berlaku.

    Otw nonton vlognya

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search