CARA AGAR ANAK TIDAK BOSAN MAKAN MAKANAN SEHAT BERGIZI SEIMBANG SETIAP HARI



Pernah gak sih kamu merasa khawatir dengan makanan yang kamu konsumsi setiap hari? Kalau aku sih sering banget!. Apa lagi saat pandemi covid-19 seperti ini,  aku jadi semakin waspada dalam memilih makanan.


Selama pandemi ini aku sudah jarang banget beli makanan di luar, kini aku lebih sering masak sendiri dirumah. Ternyata masak sendiri itu gampang banget dan lebih hemat, dan yang gak kalah penting makanan yang kita masak terjamin kebersihan dan keamanannya.

Namun, mengkonsumsi makanan yang bersih dan higienis saja tidak cukup, hendaknya kita menyantap makanan sesuai dengan takaran gizi seimbang. Apalagi sekarang aku sudah punya anak nih, jadi aku gak boleh 'semau-maunya' bikin makanan.


Untungnya kemarin aku ikut kelas virtual bicara nutrisi bareng Nutrisi Bangsa. Tema pembahasannya relate banget sama kehidupanku saat ini, yaitu: 'Menerapkan Gizi Seimbang Pada Anak Selama di Rumah Aja".



DAMPAK PANDEMI BERKEPANJANGAN TERHADAPA NAFSU MAKAN ANAK

Masa pandemi ini membuat banyak orang merasa setress berkepanjangan. Rasa stress ini dapat berakibat pada kesehatan mental yang berdampak pula pada penurunannya pola makan. Hal ini tak hanya terjadi pada orang dewasa saja tapi juga pada anak-anak lho.

Stres yang tidak dikelola dengan baik berpotensi menurunkan nafsu makan anak yang dapat memengaruhi asupan nutrisi yang dikonsumsi anak. Padahal, untuk memastikan tumbuh kembangnya tetap terjaga, anak memerlukan asupan nutrisi bergizi seimbang dan kondisi psikis yang baik.

Nah guys! Selama WFH ini kita jadi punya banyak waktu nih bareng sikecil. Hal ini jadi moment yang tepat untuk mengedukasi anak-anak kita agar dapat mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.


Tapi namanya juga anak-anak, mereka gak peduli makanan sehat dan bergizi itu seperti apa, selama makanannya enak mereka pasti akan makan. Tapi saat diberi makanan sehat seperti sayur, mereka sering menolak. Hal ini dapat disebabkan karna anak merasa jenuh dan bosan dengan menu makanan rumahan yang itu-itu saja. Jujur, waktu kecil pun aku seperti ini hehe.

Menurut Putu Andani, M.Psi, Psikolog Anak. Salah satu cara mengatasi rasa bosan anak adalah dengan mencoba keterampilan atau pengalaman baru yaitu dengan interaksi bersama anggota keluarga. Seperti melibatkan anak dalam menyiapkan menu makanan, jadi anak ga cuma makan saja tapi juga ikut membantu membuat makanan bareng bunda dan ayah. Hal ini pasti akan jadi kegiatan yang menyenangkan. Si anak pun akan menghargai hasil makanan yang telah dia buat.

 

Pola hidup yang sehat dapat dimulai dengan pemahaman ibu dalam menjaga kesehatan keluarga


MAKAN JANGAN CUMA ENAK, TAPI JUGA SEHAT!

Terkadang kita sering bingung untuk menentukan menu makanan apa yang akan kita masak setiap harinya. Tetapi kalau kita mengacu pada tabel Isi Piringku di bawah ini, seharusnya kita tidak perlu pusing lagi karna yang terpenting dalam satu porsi makanan mengandung 4 unsur penting yaitu: karbohidrat, protein, sayur dan buah.


Untuk mendukung pertumbuhan anak yang optimal, pastikan sebanyak 12 hingga 15 persen dari porsi makanan hariannya merupakan sumber protein . Protein berguna untuk membantu pertumbuhan, pemeliharaan dan perbaikan tubuh anak.


dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinis, menjelaskan bahwa gizi seimbang dapat dicapai apabila makanan yang dikonsumsi dalam jumlah cukup, berkualitas baik, dan beragam jenisnya untuk memenuhi berbagai nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. “Agar anak mendapatkan gizi seimbang, kebutuhan akan nutrisi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan mikro (vitamin dan mineral) harus dipenuhi. Namun, membuat anak mau mengonsumsi makanan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisinya juga bukan perkara mudah. Saat di rumah saja, anak cenderung cepat bosan dan memilih makanan yang mereka sukai saja. Hal ini bisa berdampak pada kurangnya asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang optimal.”


Nah supaya anak mau makan makanan yang sehat sebaiknya kita tidak memaksanya, tetapi lakukan dengan cara yang pelan-pelan seperti menyimpan makanan sehat di atas meja. Nanti lambat laun si anak dengan sendirinya akan mengambil makanan sehat tersebut karna mengikuti .


Mba Soraya Larasati juga memberi masukan untuk membuat variasi makanan yang berbeda-beda agar anak tidak bosan.



Nah guys itu dia penggalan materi Bicara Gizi yang dapat aku kasih tahu, semoga  postingan ini bisa mengedukasi para orang tua tentang pemenuhan gizi seimbang pada anak dengan mengatur pola makan, pemberian nutrisi yang cukup, dan olahraga yang rutin.


Sebagai penutup kamu boleh banget nonton vlog aku pas ikut event isi piringku di Jakarta bareng ibu-ibu Paud. Seru banget!.


1 komentar:

  1. Bener banget emang, gara-gara pandemi efeknya jadi ke mana-mana.

    Kalau soal makanan, memang lebih hemat kalo masak sendiri; hemat, higenis dan bisa disesuaikan dengan selera.

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search