10 TEMPAT INI MENJADI ALASAN MENGAPA KAMU HARUS KE GUNUNG BROMO SETIDAKNYA SEKALI SEUMUR HIDUP


Dipostingan sebelumnya aku sudah mengulas beberapa tempat wisata menarik di Gunung Bromo, mulai dari tempat terbaik untuk berburu sunrise, lalu tempat terbaik untuk mengambil foto sampai musim terbaik untuk ke Gunung Bromo.

 

Nah sekarang aku mau merangkum itu semua menjadi 10 tempat menarik yang ada di Gunung Bromo yang wajib dikunjungi. Jadi pastikan kalau kalian ke Gunung Bromo jangan sampai melewatkan tempat-tempat ini ya! :


1. BUKIT KINGKONG


Bukit Kingkong jadi tempat paling favorite untuk melihat sunrise ( matahari terbit).

 

Saat matahari mulai menampakkan sinarnya, gunung Bromo akan terlihat semakin jelas. Landscapenya benar-benar menakjubkan seperti lukisan. Penampakan Gunung Bromo dan gunung-gunung yang ada didekatnya terlihat sangat besar, seakan berada tepat di depan mata kita.


Namun, untuk bisa menyaksikan keindahan sunrise kita harus rela berdesakan dengan wisatawan lain yang sama-sama ingin menyaksikan keindahan sunrise dari bukit ini. Jadi, pastikan kamu datang lebih dulu supaya dapat tempat yang nyaman ya.

 

Dari Bukit Kingkong ini, kita juga dapat melihat desa Tumpang dengan sangat jelas. Desa ini seakan berada diatas awan. Aku tidak tau lagi bagaimana caranya menggambarkan keindahan pemandangan dari sini karna keren parah sampe pengen meninggal!.


2. BUKIT CINTA


Lokasi kedua yang banyak dikunjungi orang untuk melihat sunrise yaitu Bukit Cinta (Love Hills). Aku pernah ke sini bareng temen-temen dari Kampung Inggris Pare.

 

Untuk dapat melihat matahari terbit kita harus menaiki beberapa anak tangga. Viewnya memang tidak sebagus jika dilihat dari Bukit Kingkong. Tetapi lokasi Bukit Cinta lebih dekat dari penanjakan jadi sangat cocok dikunjungi jika kita sudah ga sabar untuk keluar dari mobil wkwk.


3. PENANJAKAN BROMO


Saat berada di penanjakan tidak ada salahnya kita mampir sejenak untuk berfoto. Tapi jangan sampai berhenti di pinggir jalan ketika kendaraan dibelakang kita sedang ramai-ramainya ya! Bahaya kalau macet bisa nyusahin orang lain.

Penanjakan di Bromo ada dua yaitu penanjakan 1 dan penanjakan 2. Keduanya sama-sama menyuguhkan pemandangan alam yang menawan yang membedakan hanya jaraknya saja. Penanjakan 2 lebih tinggdi dari pada penanjakan 1.


4. SENSASI MENUNGGANGI KUDA DI BROMO

Naik kuda di Gunung Bromo juga jadi salah satu pengalaman yang tak terlupakan. Kuda ini dapat kita tunggangi ketika kita hendak mendaki gunung Bromo untuk melihat volcano.


Sekali naik kuda tarifnya 50rb saja. Harga mungkin dapat berubah tergantung pandai-pandainya kita menawar harga hihi. Jika kita merasa malas untuk berjalan dan menaiki anak tangga, kita bisa memilih dengan menunggangi kuda sambil menikmati keindahan yang ada di sekelilingnya.


5. KAWAH VOLCANO


Kawah di Gunung Bromo selalu menjadi destinasi yang dinanatikan para wisatwan. Untuk bisa melihatnya dengan jarak yang lebih dekat, pengunjung harus rela berjalan kaki sekitar 2 km dari area parkir. Belum lagi, masih ada ratusan anak tangga yang harus kita lewati.


Jika sudah sampai di puncak Gunung Bromo kita dapat mendengar gemuruh suara volcano. Suaranya dahsyat banget, ngeri-ngeri sedap! Kalau ke sini harap berhati-hati ya karna ada banyak pengunjung, pokoknya jangan sampai ngegelindng ke bawah kawah huhu.



6. PASIR BERBISIK


Pasir berbisik juga termasuk spot paling favorite di Gunung Bromo. Di sini kita dapat turun sejenak atau lebih seringnya bakal diturunin sama pak supir jeep untuk foto-foto.

 

View di Pasir Berbisik emang keren banget sih. Kita bisa foto-foto di atas mobil jeep dengan baground dinding gunung yang keren. Pasir hitam yang membentang  semakin memperbagus hasil foto kita.

Kawasan ini disebut Pasir Berbisik karna saat pasir tertiup angin akan terdengar seperti bisikan-bisikan. Tapi selama aku berada di sini aku sama sekali ga mendengar bisikan apa pun haha. But i really enjoy the view, that was so gorgeus.


7. BUKIT TELETUBIES


Ga jauh dari Pasir Berbisik ada Bukit Teletubies yang gak kalah keren. Pemandangan hamparan bukit berwarna hijau seakan seperti suasana di film Teletubies.

 

Namun, pemandangan di sini jauh lebih bagus dibanding suasana tempat tinggal Teletubies yang kita lihat di tv-tv, rumputnya aja buatan haha.

 

Kalau mau berfoto di sini gak cukup sebentar karna kawasan bukitnya luas banget, aku saja tidak dapat menemukan ujung bukit padahal sudah jalan sampe ke atas-atas haha!



8. PURA LUHUR POTEN


Pura luhur Poten ini ada di dekat gunung Bromo, jadi sudah pasti akan kita lewati Saat mendaki gunung Bromo. Pura ini tidak bisa dimasuki sembarang orang, pintu masuknya tertutup rapat kecuali kalau sedang ada upacara adat.


Pura ini tempat ibadah warga sekitar yang memeluk agama Hindu. Tidak heran saat perayaan Nyepi tiba, kawasan ini selalu diramaikan dengan warga lokal yang ingin melakukan ibadah di sana.


10. DESA NGEDAS DAN DESA NGADISARI

Tak hanya menikmati panorama alam Bromo yang menakjubkan, kita juga bisa mampir ke pemukiman Suku Tengger di Desa Ngedas dan Desa Nhgadisari. Kedau desa ini memehang teguh adat istiadat khas Tengger, hingga kini masih terpelihara dengan sangat baik.




Saat berada di desa ini kita dapat menikmati alam berupa perkebunan dan bukit-bukit di kejauhan. Fasilitas berupa tempat menginap dan warung makan juga banyak dan relative murah.


 

Nah itu dia 10 tempat menarik di Gunung Bromo yang jangan sampau kamu lewatkan ya! Duh jadi kangen ke Bromo lagi deh :v

1 komentar:

  1. Tempatnya keren-keren ya itu. Penasran sama yang kawah volcano. Di fotonya ada yang duduk deket jurang gitu, enggak ada pengawasnya ya atau ada batas berdiri gitu?

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search