SEHARI WISATA KE NUSA PENIDA KEMANA AJA? (Explore Kelingking Beach, Angel Billabong & Broken beach)



Belakangan ini, Nusa Penida menjadi salah satu destinasi yang paling banyak digandrungi para traveler. Buka saja aplikasi instagram, pasti ada saja orang yang pamer foto di Nusa Penida, bikin iri aja.

Dari situlah akhirnya aku memutuskan untuk ke Nusa Penida. Ga lama sih explorenya cuma satu hari aja, tapi segitupun sudah sangat cukup untuk menjelajah berbagai destinasi kece di Nusa Penida yang sangat kuidam-idamkan itu.

Nah, bagi kamu yang ngiri juga ingin ke Nusa Penida, ada baiknya baca dulu cerita perjalananku kali ini, disimak baik-baik ampe bawah ya.

SEBELUM KE NUSA PENIDA SINGGAH DULU DI BALI


Perjalanan ke Nusa Penida terbilang mudah. Kamu tidak perlu menggunakan jasa travel agent pun pasti bisa nyampe dengan selamat sentosa. Tapi aku sarankan jalan bareng temen saja supaya bisa share cost sehingga pengeluaran jadi lebih murah. Kecuali kalau kamu anak konglomerat yang duitnya ga abis-abis tujuh turunan.

Untuk menuju ke Nusa Penida, tentu saja kamu harus ke Bali terlebih dahulu. Jaraknya tidak terlalu jauh kok sebab Nusa Penida masih satu kawasan dengan Bali, hanya saja harus menyebrang pulau menggunakan kapal ferry.

Tapi sebelum ke Nusa Penida, ga ada salahnya loh untuk mengunjungi beberapa spot menarik yang ada di Bali terlebih dahulu. Berikut beberapa destinasi rahasia di Bali yang aku rekomendasikan :
Balangan Beach
- Melasti Beach
- GreenBowl Beach
- Tanjung Boma Uluwatu
- Kuliner halal di Bali
- Banyumala Twin Watefalls (Link Nyusul)

BAGAIMANA CARA KE NUSA PENIDA ?

Pantai Sanur
Kalau sudah sampai di Bali, selanjutnya kamu menyewa alat transportasi seperti motor atau mobil untuk menuju ke pantai Sanur. Atau kalau mau lebih gampang order kendaraan online saja. Harga sewa motor paling murah dimulai dari 35Ribu/24Jam.

Kebetulan saat itu hotelku berada di daerah Seminyak, jadi hanya beberapa menit saja perjalanan ke Pantai Sanur menggunakan mini bus.

Ritual umat hindu di Pantai Sanur
Dari pantai Sanur kamu harus naik kapal ferry yang sering digunakan masyarakat setempat untuk menyebrang ke Nusa Penida. Kapalnya sendiri dikenai tarif Rp100.000, Tapi aku baca info di internet harganya 350.000. Aku sendiri tidak tahu tarif terbarunya berapa, Jadi kalau ada yang tahu harga terupdate bisa share di kolom komentar ya.

Jadwal Terbaru Kapal Ferry dari dan ke Nusa Penida

Sanur Penida
8.00 am 7.00 am
11.00 am 9.00 am
3.30 pm 2.30 pm
6.00 pm 5.00 pm

jadwal keberangkatan kapal Bali Nusa Penida
Loket tempat pembelian tiketnya berada tidak jauh dari bibir pantai sanur, cari saja yang ada bacaan 'tiket kapal' pasti langsung ketemu deh. Bentuk kapalnya tuh kaya gambar dibawah ini ya:

kapal Dwi Manunggal Bali ke Nusa Penida
Kapal ferry Bali Nusa Penida
TIket kapal dwi manunggal nusa penida
Bentuk tiketnya agak unik sih, mirip kaya IDcard panitia qurban. Jadi kamu bisa mengalungkanya di leher. Mungkin supaya ga cepet ilang kali ya.

Nanti saat diperjalanan tiket ini akan diambil kembali oleh petugas. Jadi ga bisa dibawa pulang ya bruh. So, kalau ada penumpang yang tidak membawa tiket siap-siap diceburin petugas ke tengah laut. Kidding :)

Kondisi dalam kapal Bali Nusa pendia
Tempat penyimpanan sepatu
Sebelum naik ke kapal, Penumpang harus mencopot alas kaki terlebih dahulu supaya ga kena cipratan air ombak laut. Jadi saat berada di dalam kapal semua penumpang harus nyeker, mungkin supaya kapalnya ga kotor juga kali ya.

MAIN KE NUSA PENIDA NGAPAIN AJA ?

Yay! Sudah sampai di Nusa Penida
Sekitar 30 menit naik kapal ferry, kita langsung sampai di Dermaga Toyakapeh Nusa Penida. Tapi masih belum sampai di destinasi menarik yang sering kita lihat di Instagram itu. Jadi, kita harus lanjut naik kendaraan lagi yaitu dengan menyewa motor atau mobil. Untuk motor tarifnya dimulai dari Rp70.000 sedangkan mobil Rp600.000 per hari.

Saat itu aku menyewa mobil bareng kedua travelmateku yang ternyata sama-sama orang Bogor. Sewa mobil ini sudah termasuk dengan supir ya, jadi secara ga langsung si supir inilah yang akan menjadi guide untuk membawa kami ke lokasi-lokasi menawan di Nusa Penida.

Untungnya semua supir di Nusa Penida sangat humble, sepanjang perjalanan jadi ga membosankan karna si abang supir banyak bercerita tentang Bali dan budaya religiusnya. Seru!

KONDISI JALAN DI NUSA PENIDA ?

Chanang
Pulau Nusa Penida terbilang cukup bersih. Udaranya segar tanpa polusi dan polisi. Sepanjang perjalanan kita akan melewati banyak pepohonan dan rumah penduduk serta Pura-pura sakral yang digunakan untuk bersembahyang umat Hindu.

Sayangnya, kondisi jalanan di Nusa Penida tidak selalu mulus seperti pahaku. Banyak sekali jalanan yang rusak. Jadi untuk kamu yang menggunakan sepeda motor harus tetap berhati-hati ya. Semangat!

ANGEL BILLABONG


30 menit perjalanan akhirnya kami sampai di sebuah parkiran. Dari sini kita sudah bisa melihat laut biru yang membentang luas. Kata pak supir disinilah letak angel billabong dan broken beach berada.

Ga banyak cingcong aku langsung loncat dari mobil. Wagelaseh, viewnya bagus banget tapi cuacanya panas. Kamu wajib banget bawa sunblock seember, tapi aku lebih suka minta ke temen supaya ga cepet miskin.




Untuk menuju Angel Billabong, kita harus jalan menuruni anak tangga. Jaraknya tidak terlalu jauh tapi tetap bikin ngos-ngosan. Tapi kamu jangan khawatir karna disepanjang perjalanan kamu bisa berhenti sejenak untuk foto-foto, view disini kerenya 360 derajat.



Tak beberapa lama aku sampai disalah satu kerumunan bule-bule. Pas aku tengok kebawah ternyata itu adalah Angel Billabong. Wagelaseh rame banget, semua pengunjung tumpah ruah turun ke angel billabong. Akhirnya aku memilih untuk melihat-lihat saja dari atas.

Tips dariku, kalau mau ke Nusa Penida mending saat weekdays saja ya, siapa tahu bisa lebih sepi.

Angel Billabong
Landscape Angel Billabong
BROKEN BEACH YANG JAUH DARI KATA BROKEN


Puas melihat bule-bule terjun di kubangan Angel Billabong, aku langsung melanjutkan perjalanan menuju Broken Beach. Ternyata letaknya ga terlalu jauh cuy, cuma jalan beberapa menit saja aku langsung sampai di tebing batu yang tengah-tengahnya bolong. Yap, ternyata ini toh yang disebut broken beach, ternyata jauh banget dari kata broken.
Panorama Broken Beach
Sisi lain Berfoto dari atas lubang broken beach
Sebetulnya nama lain Broken Beach yaitu Pasih Uwug. Disini terdapat cerita rakyat yang menjelaskan tentang asal mula terbentuknya broken beach. Seperti cerita rakyat pada umumnya, memang terdengar tidak masuk akal, tapi ga ada salahnya untuk kita ketahui.

ASAL USUL PASIH UWUG / BROKEN BEACH
Konon,dulunya di daratan pasih uug ini dihuni banyak penduduk 



Awal kisah terjadinya pasih uwug bermula dari pak tani yg hendak menanam jagung. Menanam jagung di nusa penida menggunakan alat berupa kayu yg berujung lancip untuk membuat lubang kecil yg akn ditanami jagung.



Saat pk tani membuat alat tersbut (penyejugan) yg didapat dari hutan sputaran pasih uwug lalu dilancipkan dibawah pohon besar beralaskan akar pohon tersebut.



Namun hal aneh terjadi saat parang pak tani mengenai akar pohon tersebut, akar pohon itu mengeluarkan darah.



Dengan adanya darah yg keluar dari akar pohon tersebut pk tani jadi penasarn. Saking penasaran pk tani langsung memberi tahu tetangga dan teman2nya.



Datanglah rame2 semua warga yg ada sputaran pasih uwug ke akar pohon tersbut, tanpa berpikir panjang dipotong2 dan dibagikan pada semua warga pasih uwug untuk dimasak dan makan,dan juga dibagikan akar pohon tersebut ke tetangga desa mereka,selanjutnya adalah.



Dikisahkan pada malam harinya semua warga berkumpul bercengkrama dan mengatakan bahwa daging akar pohon tersebut sangat enak.



Tak lama kemudian datang seorang pria tua renta yang tidak dikenal pakaian kumal ke Banjar.



Pk tua renta itu lantas berkata seprti tahu apa yang sudah terjadi yg dilakuan para warga banjar pada siang harinya.yaitu memotong akar pohon tersbut, yang tak lain adalh ular yg menyerupai akar pohon tersebut.



Lalu pk tua memberikan nasehat kepada wrga banjar yg hadir, supaya tidak sembarangn membunuh ular pleliharaan orang yg bukan miliknya



Mendapat nasehat tersbut, bukanya menerima malah membentak pk tua dan tidak menerima tuduhan pk tua ini.



Selanjutnya, untuk membuktikan siapa yg salah dan yg benar.



Pk tua ini pun mengeluarkan sbatang lidi dari daun kelapa lalu lidi itu di tancapkan di tanah.



Trus pak tua berkata pada warga,



Siapa saja yg mampu mencabut lidiku ini, maka ia mengakui bahwa mereka telah bersikap jujur kepadanya.



Selasai berkata begitu, wargapun mencoba mncabuti lidi tersebut, namun tak satupun warga bisa mencabut lidi tersebut,yg ditancapkan ditanah.



Akhirnya pk tua kemudian berkata, karena kalian semua tidak berkata jujur bahwa kalian yg membunuh ular peliharaan saya siang tadi.



Sekarang kalian rasakan akibatnya dari ketidak jujuran kalian mengakui.



Selanjunya, pk tua pun mencabut lidi yg ditancapkn ditanah.



DiSaat kemudian setelah dicabut lidi itu yg di tancapkan ditanah, menyemburlah air yg keluar dengan sangat cepat.



Air laut pun bergejolak dan menghancurkn daratan hingga amblas di telan bumi beserta rumah2 mereka.



Pak Tua pun menghilang Tanpa bekas Orang-orang diseputaran pasih uug pun juga ikut hilang diterjang ombak air laut.



Tak satu pun warga yg selamt saat itu, kecuali warga banjar yg sedang pergi keluar dari wilayah tersbut. begitulah cerita singkat terjadinya lubang besar sperti sekarang ini yaitu pasih uwug(Broken beach).



Semua cerita ini hanya sebuah cerita singkat dan sebagai penyambung lidah tetua kami dari mulut ke mulut. Jadi cerita ini bisa saja benar bisa saja salah.

Sumber : goholidaynusapenida.com

Tangga untuk mengambil foto
*Tips berfoto di broken beach
Untuk mendapatkan hasil foto yang maksimal, kamu harus naik ke tangga ini, gratis kok haha.



MANCING DARI KETINGGIAN 25 METER

Puas berfoto-foto, aku balik lagi ke parkiran mobil. Ditengah perjalanan aku melihat beberapa warga setempat yang sedang mancing. Karna penasaran aku pun mendekati mereka dan langsung tercengang karna mereka mancing dari atas tebing ketinggian 25 meter, buset dah. Aku sempat bertanya jenis ikan apa yang dipancing, tapi aku sudah lupa nama ikannya haha.



Mancing mania mantap

AMAZING KELINGKING SECRET POINT BEACH


Lokasi berikutnya aku ke Kelingking Beach. Pantai ini menjadi salah satu destinasi paling neghits di Nusa Penida. Lokasinya tidak terlalu jauh karna masih satu kawasan di sebelah Barat Nusa Penida.

Sampai di Kelingking Beach aku langsung berdecak kagum. MasyaAllah keren banget gila Panorama Kelingking Beach melebihi ekspektasiku. Antara keindahan dan kengerian bercampur jadi satu. Bentuk pantainya unik banget, mirip luma-lumba. Tapi kebanyakan orang menyebutnya mirip t-rex. Menurutmu mirip apa nih ? Jangan bilang mirip jari kelingking.


Wujud kelingking beach mirip apa nih ?
Foto dari atas tebing ngeri-ngeri sedap
Dari atas sini aku bisa mendengar  deburan ombak yang seakan memanggilku untuk mandi tampan di bibir pantainya. Namun sayang, jarak pantainya jauh banget. Jadi kalau ingin bermain ombak atau menginjakkan kaki di pasir pantainya kamu harus turun melewati jalanan setapak yang sangat terjal.

Gara-gara hal ini banyak temanku yang berpikir beribu-ribu kali untuk turun ke kelingking beach, ada yang sudah turun tapi baru setengah jalan langsung naik lagi karna tidak kuat. Ada juga yang belum mencoba turun sudah nyerah duluan haha. Sedangkan aku tetap kekeuh untuk turun, karna akan sayang banget sudah jauh-jauh ke Kelingking beach tapi ga ngerasain sensasi naik turun di tebingnya yang curam.


Keliatan gak Jalur treking kecil yang berkelak kelok itu ?
Perjalanan masih panjang
Not many people actually made it down to the beach itself, probably because you can already see how dangerous the path gets.
Treking di kelingking beach ga mudah, sudut kemiringannya bisa nyampe vertikal 90 Derajat, literally bener-bener vertikal. Pegangan pelindung dipinggirnya pun hanya terbuat dari kayu seadanya. Jadi harus ekstra hati-hati. Apalagi semakin ke bawah treknya semakin susah. 

Sesuatu yang indah-indah perlu perjuangan yang luar biasa.

Setengah jam treking akhirnya sampai juga di bibir pantai Kelingking, wah gila ombaknya gede banget. Aku sampe ga berani mandi disini. Jadi cukup main pasir aja.

Main ombak di Kelingking beach
Ombaknya gede banget Ya Rabb
"Rul ayok kesini ombaknya seger banget" Ajak vincent si atlet taekwondo.
"Ga ah takut mati keseret ombak, Lo aja!" Ujarku.

Ga lama bermain di kelingking beach akhirnya kami kembali lagi naik ke atas tebing, kami ga punya banyak waktu karna takut  ketinggalan kapal ferry. Untungnya, naik tebing lebih mudah dari turunya loh, waktu treking jadi lebih cepat.

TIDAK CUKUP MENJELAJAH NUSA PENIDA DALAM SATU HARI


Sebetulnya tujuanku ke Nusa Penida hanya ingin ke Kelingking Beach saja. tapi siapa sangka ternyata disini masih banyak lagi destinasi menarik lainya seperti :
:
Sebelah Barat Pulau Nusa Penida
  • Broken Beach 
  • Angel Billabong 
  • Love Tree
  • Klingking Beach 
  • Palungan Cliff
  • Chrystal Bay 
Sebelah Timur Pulau Nusa Penida
  • Atuh Beach 
  • Suwehan beach 
  • Bukit teletubbies nusa penida
  • Goa Giri Putri  
Sebelah Selatan Pulau Nusa Penida
  • Banah Cliffs 
  • Temeling Natural Pool 
  • Segaring Waterfall 
  • Dan masih banyak lagi.

Setelah melihat daftar diatas aku jadi sadar ternyata waktu sehari tidak akan cukup untuk menjelajah Nusa Penida. Maybe next time kalo ada kesempatan lagi aku bakal balik lagi ke Nusa Penida, ada yang mau ikut ?

VLOG NUSA PENIDA





29 komentar:

  1. Wow banyak bet destinasi sekitar situ ya. Totalnya brp hari klo mau muter2 semuanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minimal 3 hari, kalo mau puas Sebulan aja dah

      Hapus
    2. Nusa Peninda. indah banget. indonesia memang juara dstinasi pariwisata. keren juga tiketnya dikalungin gitu. tapi sayang g bisa dibawa pulnag. g bisa jadi kenang kenangan. tapi bisa lah diupload dulu di instagram. mahal juga yah kapal veri 100 rb. tapi yah terbayar lah dengan kebahagiaannya di sana.hihi

      Hapus
  2. ((IDcard panitia qurban))
    belum apa-apa udah ngakak duluan, hahaha!

    Btw antara turun sama nanjak, aku lebih ngeri turun lho. Kalau nanjak malah biasa, kecuali perlu kekuatan napas, hahaha! Thanks itinerary-nya, next time ke Nusa Penida harus nginep nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget kang, kalo turunan ngerinya ampun ampunan wkwk .
      Eh pas naek mah gampang amat ya

      Hapus
  3. pantes saja banyak digandrungi lha airnya bersih kebiruan kayak gitu mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bersih banget asli deh, bikin mata seger

      Hapus
  4. Siapa sih yang namain pantai Kelingking? Itu kan mirip banget sama kepala T-Rex. Pantai Dinosaurus aja wes wkwkwkw.

    Kalau baca-baca juga dari beberapa blog, idealnya 3 hari lah keliling di Nusa Penida ini. Kalau cuma sehari gitu, wah hebat sangat. Apalah yang udah kebayang-bayang sok mau bercakap-cakap puas dengan pantai ini xD pasti abis waktu banyak.

    Koemntar untuk foto dan keindahan alam, sudah bakal ga jauh-jauh dari 'indah'. Indonesia punya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keindahan indonesia emang tak akan terganti huhu,
      Pengen banget menjelajalh sampe pelosok indonesia deh ,,

      Hapus
  5. Aernya sangat menggoda itu duh wkwk

    BalasHapus
  6. Di Google Image, gambar Nusa Penida itu penuh rumput dan hijau disekitaran tebing, apakah hanya perasaaku saja at memang efek grading?

    Di Bali, cuma tau Lot dan Bule. Beruntung main kesini. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini juga hijau kok, tapi agak kecoklatan.
      Mungkin tergantung musim juga gan, bisa juga karna editing color grading dll.
      Intinya mah mau di edit kaya gimana juga Nusda Penida tetep Cakeup

      Hapus
  7. Asik euy, aku pengen nyobain naik kapal..he

    Pasti seru banget, kang itu chanang teh apa sih? Kok kayak makanan..haha
    Sekilas malah bacanya jenang 😅

    Meskipun turun tetep ngos2an ya, dan baliknya lebih ngos2an lg naek tangga..haha

    Nah ini nih, ini nih..
    Gara2 kang Leon aku jadi keulang2 ngomong wahgelaseh..

    Njir, ah ngedelin sih. Semenjak baca captionnya di instagram. Awalnya gak ngeh. Apa sih wahgelasih ini..
    Malahn makin kesini banyak yg ngomong gtu 😵

    Dan di situ bisa mancing juga? Asik banget sih, jadi pengen mancing deh 😅

    Awas kebawa ombak, Kang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Chanang itu buat sesajen umat hindu.
      kalo ke Bali pasti bakal sering banget nemu Chanang yang di taro di depan rumah dan jalan-jalan.

      Justru balik dari kelingking beach engga ngos ngosan ndy, cuma oas turunya aja ngos ngosan haha

      Hapus
  8. Ya allah aku belom pernah ke sini...aku menyedihkan 😭
    bagus banget demi apapun ya Allaaaaah. Musti nyebrang pulau yaaa...

    * ya ealaaah masa mo ngesot...

    takut dimakan ombak ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ommbak ga bakal makan manusia kok haha ..
      Sok ah berangkat

      Hapus
  9. "travelmate yang ternyata dari bogor semua", emang gimana ceritanya sampe ga tau? niatnya solo travelling trus ga sengaja ketemu orang di sana apa gimana?
    Ini bagus bangeeeeet cuma buat sampe ke bali aja butuh perjuangan juga karena jauh huhuhu. Biasanya kalo abis baca ginian langsung cari tempat yang mirip-mirip gitu tapi yang lebih deket dari rumah hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku sendiri dari Bogor, ternyata ketemunya orang bogor juga wkwk .

      Hapus
  10. Setiap postingan di Instagram tentang fhoto nusa penida selalu tertarik kesana, pas baca ulasannya semakin pengen bangat kesana. Tambah travelmate setiap kali jalan itu memang bonus bangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Impiin aja dulu gan, ga lama kemudian pasti kecapai ko,
      AKu juga gitu dulu haha

      Hapus
  11. Trek yang berada di pantai kelingking ini rasanya seperti turun dari gunung bisa dibilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin lebih extrem dari gunung kang haha

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  13. Bro, itu editting fotonya pake aplikasi apa? keren pisan euy....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake adobbe lightroom kang, silahkan dicoba kuy

      Hapus
    2. iya e bagus banget, jadi seirama semua gitu... sukak banget...

      Hapus
  14. Kalo gue jadi elu, gue akan mencukupkan diri dengan menikmati Kelingking Beach dari atas. Anaknya takut ketinggian dan takut licin, main-main airnya di pantai lain aja xD
    Sama, menurut gue bentuk Kelingking Beach itu juga mirip lumba-lumba atau paus.

    Yang bagian dongeng Broken Beach itu lu copas gitu aja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan orang emang sukanya liat dari atas aja.
      Dan bagian dongen Broken Beach itu gue langsung copas, diedit dikit banget soalnya lagi males haha.

      Hapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search