PENGALAMAN MENCARI PIN GOOGLE ADSENSE DI KANTOR POS

Beberapa bulan yang lalu aku sempat bergabung ke salah satu group facebook yang bernama Google Adsense Indonesia, kalo sekarang sudah berubah namanya jadi sekte karungan.
Selama bergabung, aku seringkali menemui status para member yang mengeluh tentang PIN Google Adsense yang tidak kunjung sampai ke alamat rumahnya.
PIN Google Adsense merupakan 6 digit kode yang dikirimkan Google Adsense lewat kantor pos ke alamat rumah para publisher. Biasanya surat dari pak pos ini disebut dengan 'surat cinta'. 
Nah, setelah surat cinta dari Google ini sampai di rumah kita, selanjutnya kita harus memasukan kode PIN yang terdapat dalam surat cinta tersebut ke akun Google Adsense untuk memverifikasi alamat rumah sebagai bukti bahwa alamat yang di cantumkan adalah benar.
Namun, permasalah yang kerap terjadi adalah surat cinta seringkali nyangkut di suatu tempat atau tidak sampai ke alamat rumah sesuai tujuan. sehingga hal ini sering membuat gondok para publisher, salah satu korbannya adalah aku sendiri.
Well, kali ini aku mau bercerita tentang perjuanganku mendapatkan PIN Google Adsense di kantor Pos Bogor. Silahkan di simak baik-baik ya :)
Sekitar 6 bulan yang lalu aku mendaftar Google Adsense, setelah berkali-kali ditolak akhirnya diterima juga. Dan 3 bulan setelahnya ternyata penghasilanku sudah mencapai 10$. Itu artinya sudah saatnya pihak Google Adsense mengirim surat cinta yang berisi 6 digit kode PIN untuk verifikasi alamat rumah.
Biasanya surat cinta ini akan sampai setelah 1-4 Minggu. Namun, kejadian yang aku alami surat cinta tidak kunjung sampai hingga lebih dari 2 bulan. BOOM!
Karna penasaran, akupun mengecek kembali pengaturan alamat di Google Adsense. Dan ternyata permasalahanya aku tidak lengkap dalam menulis alamat. Pantas saja surat cintaku tidak pernah sampai. huh!
Kalau dulu, Google selalu memberi pemberitahuan sebelum mengirim surat cinta. Tapi kalau sekarang sudah otomatis terkirim saat penghasilan kita sudah mencapai lebih dari 10$. 

Sehingga, saat aku belum sempat mengedit alamat rumah dengan benar, ternyata google Adsense sudah mengirim surat terlebih dahulu dengan alamatnya ayu ting-ting alias alamat palsu.
So, hal yang harus aku lakukan adalah memperbaiki alamat rumah dengan benar dan request PIN Google Andsense untuk kedua kalinya. Untung saja Google Adsense memberi 3 kesempatan request PIN bagi publisher yang surat cintanya tidak pernah sampai.
Namun, kalau sudah tiga kali request tapi suratnya belum sampai-sampai juga, kita masih tetap bisa memverifikasi alamat ko yaitu dengan menggunakan opsi terakhir menggunakan scan KTP.
Tapi karna aku sudah tidak sabaran ingin mendapat surat cinta, akhirnya aku mengatur ulang alamat di Adsense dengan sangat teliti lalu minta request PIN  lagi untuk yang ke dua.
Namun, tiba-tiba aku mengalami kendala yang sangat menjengkelkan, yaitu dasbor Google Adsense error sehingga aku tidak bisa masuk ke pengaturan alamat, dan halaman google Adsense selalu muncul tulisan seperti ini.
"We Apologize for the inconvenience, but we are unable to process your request at this time. Oue engineers have been notifed of this problem and will work to resolve it."
Aku kira halaman error' ini akan berlangsung sampai 1-2 hari saja, tapi ternyata sampai berminggu-minggu masih saja error. pengen nangis rasanya pemirsaaa.
Singkat cerita saat sedang gondok-gondoknya sama si google adsense, akupun menanyakan permasalahan ini ke group Google Adsense Indonesia alias sekte karungan eta, dan ternyata banyak dari mereka yang menyarankan untuk mencari langsung surat cinta ke Kantor Pos.
Btw, sebetulnya aku orang yang paling males datang ke tempat-tempat pelayanan masyarakat, termasuk ke Kantor Pos. Biasanya setelah datang dari tempat begituan aku selalu dibuat kecewa oleh pelayananya yang kurang memuaskan.
(Baca juga ceritaku saat membuat KTP setahun ga jadi-jadi dan permbuatanya pun berbayar plus dipersulit.)
Sungguh mati aku jadi penasaran (loh malah nyanyi), akupun nekat pergi ke Kantor Pos untuk mencari tahu dimana letak surat cintaku yang tidak kunjung sampai.
Seperti yang kita ketahui, google Adsense sama sekali tidak memberikan nomor resi dalam pengiriman surat, jadi kita tidak dapat melacak dimana keberadaan surat cinta tersebut.
Nah, akhirnya aku berinisiatif untuk membawa contoh bentuk fisik surat cinta khas google Adsense beserta alamat yang sudah aku print. Aku harap dengan cara ini pihak kantor pos dapat terbantu dalam mencari suratku yang sudah 2 bulan ga nyampe-nyampe.
Sesampainya di kantor pos aku langsung mengantri di kerumunan ibu-ibu komplek. Saat itu antrian sangat panjang dan ramai. Setelah beberapa menit barulah giliranku menuju ke abang-abang Pos.
Saat itu aku menceritakan perihal kejadian surat Google Adsense yang tidak sampai, lalu si Abang pos menyuruhku untuk menanyakan langsung hal ini ke bagian pelayanan. oke sip.
Setelah sampai dibagian pelayanan, aku dilayani oleh seorang Ibu-ibu penjaga . Lalu aku menceritakan semua keluh kesah tentang surat Google yang tidak kunjung sampai. Lalu si Ibu meminta no resi yang dikirimkan google.
Karna aku sama sekali tidak tahu nomor resinya, akupun menyerahkan alamat tujuan dan contoh surat cinta dari google yang sudah di print tadi. tapi si Ibu tetep kekeuh menanyakan no resi. kira-kira seperti ini lah percakapanya :
Me : "Maaf Bu, Google tidak mengirim no. resi"
Ibu : "Coba di cek lagi, atau tanyakan langsung ke Google nya ya dek"
Me : "Tidak bisa bu, ini semacam post card gitu jadi ga ada no. Resinya"
Ibu : "Ada ko de no resinya, dulu aja ada yang nanyain surat seperti itu ke ibu dan dia kasih no. Resinya"
Me : "Serius bu ? ibu ga bohong kan ?"
Ibu : "Ibu serius dek ! Yaudah sana kamu cari tahu saja dulu no resinya!"
Me: "Bener deh bu, Google ga kirim no resinya!"
Ibu : "Ngirim ko dia"
Me: "engga bu!"
Ibu : "ngirim !"
Me : "enggak ya buk!"
Ibu : "sudah ah Ibu capek mau kebelakang dulu"
Me: "tapi bu..."
Karna perempuan selalu benar, akhirnya aku mengalah dan pulang dengan tangan kosong. Ternyata eh ternyata dugaanku benar, aku pasti akan dibuat kecewa lagi oleh pelayanan yang tidak memuaskan.

Heran deh sama kantor pos ko ga profesional amat.

Singkat cerita, keesokan harinya aku coba buka Google adsense dan ternyata halamanya sudah sembuh  tidak ada tulisan error lagi Alhamdulillah, bahkan aku bisa mengedit alamat tanpa adanya kendala. so, request PIN untuk kedua kalinya pun berhasil. ALLAHUAKBAR !
Setelah beberapa hari akhirnya surat cinta dateng, padahal belum lebih dari seminggu loh. Uniknya aku ga pakai alamat sesuai KTP tapi pakai alamat kantor. Aku fikir dengan menggunakan alamat kantor lebih cepat terdeteksi.

Akupun langsung memasukan 6 digit kode verifikasi, selanjutnya kalau duitku sudah nyampe 100 Dolar baru deh tinggal ferivikasi rekening. doakan ya semoga aku bisa cepet cair walaupun penghasilanku sehari paling 100 perak haha kalo gini kapan kayanya.

Tapi ga apa apa bersyukur saja, punya pengalaman kerja bareng Adsense juga sudah sangat menyenangkan :)
O iya, Sebetulnya tulisan ini sudah ngebangke di draft dari kapan tau, tapi aku malas ngepublishnya. tapi kalo di pikir-pikir kayaknya ga ada salahnya aku share, siapa tahu pengalamanku ini bisa diambil hikmahnya.
Nah, untuk kamu yang surat cintanya ga nyampe-nyampe, coba deh di perbaiki lagi alamat rumahnya sedetail mungkin. semoga berhasil yah. Kamu juga bisa langsung cek ke Kantor Pos terdekat, kalo kantor pos di daerahmu profesional pasti bakal ketemu deh :)

160 komentar:

  1. Wih pengalamannya bermanfaat banget... untuk request yang kedua kalinya berapa hari datangnya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga nyampe seminggu juga nyampe.
      lima hari apa ya ..

      Hapus
    2. Itu yg nyampe surat yg pertama mas. Soalnya surat baru dikirim 5 hari setelah kita request dan akan sampai di tujuan 1-4 minggu (normalnya)

      Hapus
    3. Iya surat PIN saat ini datangnya memang cepat.
      tidak seperti dulu bisa jadi harus nunggu sampai sebulan.

      Hapus
    4. seriuuus gan 5 hari, kalo ane di jakarta kira2 berapa hari ya????

      Hapus
    5. Jakarta mah malah bisa lebih cepet da ..

      Hapus
    6. Bro alamatnya harus sesuai KTP atau tempat tinggal sekarang juga boleh (gk sesuai KTP)

      Hapus
    7. Beda-beda alamat juga boleh gan, Tidak harus sesuai KTP.
      Saya aja pake alamat Kantor sam kosan :v.

      Tapi kalo agan tidak yakin Suratnya bakal nyampe ke tempat tinggal agan yang sekarang, lebih baik sesuai KTP saja supaya nanti kalo udah ga bisa request lagi agan bisa ferivikasi Scan pake KTP.

      Hapus
  2. Itu minimal PO benar $10 kang? Setahu saya $100 deh kalau gak salah...
    Pengalamannya lumayan juga bisa jadi pelajaran buat saya yang GA-nya baru di terima, mudah-mudahan bisa cepat PO. Mksh ya kang sudah berbagi pengalaman...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kang, kalo PO memang minimal $100.
      Tapi untuk Pengiriman PIN verif minimal $10.
      nah kitu

      Hapus
    2. Bang itu kalo surat udh sampe dari pos kita bayar ongkir nya aph kga bang. Mohon pemberitahuan nya bang

      Mklun saya msih pemula

      Hapus
    3. Tidak perlu ongkir gan.
      Langsung ambil saja, gratis :)

      Hapus
  3. 3 bula dapet $10 mas, aku baru seminggu nih, masih lama ya nunggu surat cinta dari embah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo pengunjung kang santo banyak seharipun bisa dapet $10 kang :)
      Tapi kenyataanya memang tak semudah itu kang, butuh perjaungan muehe

      Hapus
  4. btw....ngomongin google adsense. aku selalu aja gk keterima dan pada akhirnya aku menyerah. padahal tanggal lahirnya udh aku ganti....:v :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang daftar adsense susah-susah gampang tar.
      Permasalahanya ga cuma di umur, tapi juga punya banyak faktor.. muehe

      Hapus
    2. apa rahasianya kakak keterima di google adsense?....hehe

      Hapus
    3. Rahasianya pake template blog yang responsive :)

      Hapus
    4. kalau saya gabung via youtube. lumayan sebulanan dapat 125 usd nih. tinggal tunggu surat yg blum datang :'(

      Hapus
    5. wow 125 dolar besar sekali gan, bisa tiap bulan cairnya yaaa. aku jadi termotivasi banget gan !

      Hapus
    6. mas saya mau tanya
      request PIN pertama udah 1 bulan gx sampai2
      kemudian saya request PIN ke 2, udah 1 minggu, tiba2 Request PIN pertama saya sampai, apakah PIN pertama bisa dipakai mas

      Hapus
    7. Wah unik ya pengalamanya haha,
      Sebetulnya saya ga tau gimana jawabanya karna aku belum pernah mendapati hal seperti ini,.

      Tapi menurutku ga ada salahnya agan coba dulu pake PIN yang pertama. Nanti kalau kodenya ga sesuai tinggal pakai kode PIN yang kedua.

      Biasanya kan untuk memasukkan kode jangan sampai salah sampe lebih dari tiga kali.

      Hapus
  5. perjuangan mendapatkan duittttt...semangatttt,,,

    gue belum kepikiran daftar google ads sih, tp kalo dafdtar juga blog gue masih blm jadi apa apa :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba daftarkan saja dulu teh.
      masalah di tolak atau tidaknya itu urusan belakangan.. muehe

      Hapus
  6. Setiap saya buka adsense ada pemberitahuan "Pembayaran Anda saat ini ditangguhkan karena Anda belum memverifikasi alamat"
    Apa itu yang dimaksud harus verivikasi PIN?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya kalau suratnya gak nyampai rumah di cari di Kantor POS gitu kan.

      Hapus
    2. Nah iya betul sekali :)
      Tapi kalo nulis alamatnya bener pasti nyampe ko

      Hapus
    3. Kalo gitu benernya contoh nulis alamat harus gimana nih? udah dua kali nggak nyampai2 padahal udah bener alamatnya.

      Hapus
    4. Tulis alamat seperti biasanya teh ,, kalo aku gini.

      Nama: xxx
      Jl.xxx RT.xxx RW.xxx
      Ds.xxx Kec.xxx Kab.xxx kode Pos xxx

      Kalo ada nomor rumah cantumkan juga
      Pokoknya sampai benar-benar komplit teh :)

      Hapus
    5. kang kalau nulis alamatnya formatnya seperti ini gimana kang tolong di koreksi.
      Nama:*******
      Desa****RT***RW****
      Kecamatan******
      Kabupaten****
      Provinsi Jawa Tengah Kode Pos *****
      tolong di koreksi kang masalahnya saya sudah request kedua kalinya ini kang dan sudah saya kirim mulai tanggal 2 mei 2017 siang kang, kalau di hitung sudah 4 hari ini kang.
      mudah mudahan surat cintanya nyampai seperti suhu.

      Hapus
    6. Pake nomor rumahnya kang supaya konkret ,

      Atau kalau mau gampang pake alamat kantor saja dijamin sampe.

      aku aja pernah request dua surat cinta pake alamat kantor dan dua duanya sampe :)

      Hapus
    7. saya mau bertanya lgi mas
      temen saya mengirim alamat Request PIN adsense pertama dengan alamat temannya, tetapi PIN tidak sampai sudah 1 bulan lebih.
      apakah bisa mengganti alamat yg baru untuk request PIN ke 2.

      Hapus
    8. Bisa kang bisa diganti,
      Ada baiknya pakai alamat sendiri sesuai KTP atau alamat kantor agar mudah di lacak.

      Hapus
  7. baru 2 minggu yang lalu aku juga daftor..
    ehhh di tolak, rasanya mau nyoba lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perbaiki kualitas konten di blog.
      Terus daftar lagi sampe bosen , muehe

      Hapus
  8. aku bacanya sambil ngikik dan ngakak sendiri. Asyik eu bahasana :)
    Perempuan emang selalu benar yak? seuju!! hihihi
    Ya ampun aku belum pernah dapat surat cinta spesial kayak gitu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo diliat liat sih kayaknya teh Widya ga bakal lama lagi dapet surat cinta :)
      Teh Widya kan konsisten ngeblog :)

      Hapus
  9. Widih, udah ada penghasilan aja nih dari Google Adsense.

    Gue malah gak begitu ngerti sama Google Adsense, ntah karena make blog dari Wordpress ya makanya gak begitu mikirin Google Adsense. Mungkin bakalan daftar juga kalo ntar punya yutub channel sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake wordpress juga bisa di daftarin kang.
      Prosesnya sama aja ko :)

      tapi kalo mau daftar pake youtube itu malah lebih mudah :)

      Hapus
  10. Bertanyalah biar tidak tersesat, walau kadang bertanya jawabannya tidak mengenakan. Yang penting sudah bertanya. Punyaku b aru 8 dolar berarti sebentar lagi ada kiriman surat nih. Jadi tidak sabar juga nih aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wii selamat Mas Jangkar semoga makin cepet dapet surat cintanya.
      moga makin cepet bisa PO :)

      Hapus
  11. Gue punya akun gugel adsense kyaknya udh lama, dan ga nambah". Apa krena gue belum d setting gtu ya? Nnti d fb gue chat ya, klo boleh. Mau ngbrol yg tntng adsense ini. Klo bleh sih, heheh.
    Baca gnian jdi semangat lgi ngurus adsense.
    Tpi itu yg kata ibu penjaganya emg bener, gugel ngasih no resi gtu?
    Tpi akhirnya happy ending jg sih ya. Asik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap boleh tanya-tanya aja selama aku tau aku jawab pasti muehe

      iya tah google mah kaga ngasih resi da si Ibu mah jahat ke aku :(

      Hapus
  12. Akhirnya bg Leon merasakan sulitnya nyari surat cinta. Hahahaha.. Aku juga gitu dulu, bg. Bingung banget harus ngambil ke mana. Syukurnya Kantor Pos itu udah biasa ngasi PIN itu. Jadi, mereka search namanya aja dan alamatnya. Ketemu, deh...

    Cuman, akunku satu lagi baru mau $10 bg. Jadinya bentar lagi bakalan galau lagi nyari surat cintanya...

    Makasih sharingnya bg, pasti bermanfaat bgt buat yg blm pernah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaa kayaknya permasalahan tiap publisher ga beda jauh ya pange.

      Iya pange moga tulisanya bisa bermanfaat buat seluruh umat sedunia :)

      Hapus
  13. Wah enaknya, udah dapet hasil dari google adsense. Gue aja yang udah dari jaman awkarin masih jadi anak smp yang unyu-unyu gak pernah dapet hasil dari google adsense padahal udah ngarep banget. Anyway gimana sih cara kerjanya adsense tuh? apa kudu pake domain .com dulu ya iklan-iklannya bakal mau sama blog kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha geu juga udah main dari jaman Awkarin ..

      Daftar adsenese ga harus domain .com dulu ko.
      blogspot juga bisa.
      tapi ya gitu, blog kita bakal di seleksi dulu sama google.
      dan kemungkinan di approvenya sangat-sangat kecil :(

      Tapi dicoba aja dulu teh :)

      Hapus
  14. Waahhh emang wanita selalu bener kak yaaaaa... ckckckckckckc

    BalasHapus
  15. wah udah dapet surat cinta dari mbah Google aja nih mas hehe, aku masih nunggu lama lagi ya baru dikit soalnya earningku, bisa jadi pengalaman nih ntar kalau di kantor pos pas nanyain surat cinta dari embah juga, hehehe

    ntar kalau pas nanya ke petugas kan bisa sama kayak pertanyaanmu mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebisa mungkini sih jangan sampe ke kantor pos mas.
      semoga selamat ampe rumah yep :)

      Hapus
  16. enak juga yah yang udah di approve sama google adsense.. gue dari kemaren ga di approve :(

    buah kesabaran emang manis rul, kalo udah rezeki lo mah kagak kemana dah. bagiin juga dong pengalamn diterima google adsense

    BalasHapus
    Balasan
    1. DUlu aku udah pernah ceritain pengalaman pas di approve adsense.
      coba di scrool lagi deh postingan akunya :)

      Hapus
  17. Bermanfaat nih sharingnya. Dulu udh lmayan dapetnya, eh kena banned, tapi ya blm rezeki, harus berjuang lagi. Semoga aku segera dapet surat cinta itu.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah seriusan kena banned ?
      salah satu akun ku malah kena suspnd..
      jadi harus mulai dari awal lagi hehe

      Hapus
  18. akun GA punya gue belum sampe 10$ sih, baru mendekati, pas maen kesini dan khairul buat artikel dengan tema pin google adsense, kayaknya gue harus cek alamat lengkap rumah gue yang ada di akun google adsense gue deh. Thanks rul buat pengalamannya ya, it is very useful. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ayo harus di cek.
      Sesuaikan alamat sampe bener-bener akurat ya
      Jangan sampe surat cintanya nyangsrang di kantor pos :)

      Hapus
  19. Aku ga ngerti sama google adsense, tapi rata-rata kalau mau daftar butuh perjuangan kan? Ternyata perjuangannya ga sampe daftar aja ya? Tapi untung dipercobaan ke-2 langsung bisa. Jadi ga kudu ketemu ibu-ibu di kantor pos, ngeselin anjir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul perjuanganya itu bertahap.
      Udah gitu kita harus siaap menerima beberapa penolakan dari adsense :(
      Stay Setrong aja akumah

      Hapus
  20. Kalo mau minta PIN sama Corner Collection tuh...
    Abang kan modelnya CC... jgan ke gogole... ya ngak sampe lah

    BalasHapus
    Balasan
    1. yakali gue modelnya corner collection wq ..

      Hapus
  21. Gw berkali2 mau pasang adsense ngak kejadian mulu, kata temen gw konten gw terlalu dewasa jadi pasti di banned ihik ihik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasang aja dulu kang ,,
      di terima atau di tolak urusan belakang wqwq

      Hapus
  22. Mas, saya sudah verif menggunakan kartu mahasiswa saya tapi mengapa masih ada notif dari google pembayaran ditangguhkan dan suruh verif alamat ? mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahuku verifikasi dilakukan maksimal sebanyak 3 kali.
      nah kalo surat belum sampe-sampe juga baru deh mngggunakan kartu identitas.
      itupun yang saya tahu menggunakan KTP bukaan kartu mahasiswa.

      Hapus
  23. maaf bang saya mau tanya, kita kan kasusnya sama nih, cuma bedanya alamat saya sudah benar tapi kok tidak sampai2 ya?? kira2 apa yang harus saya lakukan. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo request PIN pertama ga nyampe lanjut request kedua.
      kalo yang ke dua juga ga nyampe request lagi yang ke tiga.
      kalo yang ketiga juga ga nyampe, nah disini kang Desta baru deh bisa verifikasi pake KTP dijamin langsung di Approve.

      Tapi kalo aku boleh saran lebih baik sabar gan, dan alamatnya di perjelas lagi. kalo bisa pake alamat kantor tempat kerja agan juga boleh supaya gampang nyampenya. Ini menurut pendapat aku aja loh ya

      Hapus
  24. surat cintaku juga nyangkut,,, ini yang ke dua mudah mudahan cepet beres sayang bener uda 30$ / bulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dulu saldoku udah 300$ . jadi super frustasi pas PIN ga sampe huuuu :(

      Hapus
  25. halo kak Khairul Leon, aku mau tanya nih :) untuk surat adsense itu sekarang di kirim dari US ato Jakarta ?
    soalnya udah dari akhir bulan April Kemarin aku minta pin gak sampe" :(
    Thanks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari Jakarta ka.
      Makanya surat Adsense sekarang jadi cepat sampai.
      Kalau ga sampai-sampai berarti sedang ada masalah pengiriman.

      Hapus
  26. surat adsense aku belum nyampe yaa padahal udah di kirim tanggal 18 april tapi sampe sekarang belum nyampe juga. mohon pencerahan nya donk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah itu udah kelewat lama gan,
      Kalau menurutku pasti ga akan nyampe lagi.
      agan request surat berikutnya aja gan.

      Hapus
  27. Bang pengen nanya nih , aku udah request pin selama 3x tp pin ny blm dtg" jg dan ada niatan mau cek ke kantor pos , cuman wkt ke kantor pos kira" nanya nya gmna ya ? Mohon pencerahan nya bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu kalo ke kantro pos jangan kayak aku nanyanya ke bagian pelayanan,
      pasti ga bakal ada (kecuali ada orang dalem)
      Menurut cerita sebagian orang, kamu sebaianya mencari di bagian abang-abang nganterin barang gitu.
      Biasanya ada di belakang kantor pos.

      Tpai kalo emang ga nemu juga kamu bisa langsung feriv pake KTP, soalnya 3 kali request itu udah matas maksimal :)
      DIjamin kalo reqeust pake KTP pasti langsung di Approve.
      selamat mencoba

      Hapus
  28. kang tanya dong, kalo
    safe: "You can request a new PIN on or after 8/2/17." berarti kira2 itu waktu dikirim pertama kali nya tanggal berapa ya? soalnya saya gak cek cek adsense -,-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya surat itu udah dikirim sebulan sebelumnya gan :)

      Hapus
  29. TADI GUE KE KANTOR POS BANG,, TAPI PEJAGA POSNYA,, MINTA NMOR RESI,, GMANA BANG AGAR GUE DAPAT NOMOR RESINYA... SOALNYA PIN GOOGL;E ADSENSE YANG DKIRIM UDAH 1 BULAN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sama aku juga ditanyain kayak gitu.
      lah wong Google mah kag apake No Resi wkwk.

      Kalo Kantor POS nya paham pasti mereka bakal ngerti.
      tapi nyatanya kebanyakan kantor pos ga tau, bahkan ga mau tahu.
      Aku harus kerja di kantor pos aja apa ya ?

      Hapus
  30. mas misalnya kita nemu abg pos yang nganterin barang di kantor pos ,,, kita bilangnya gimna bang ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanya aja dulu si abangnya ngerti surat PIN Googel adsense atau tidak.
      Kalau tidak ngerti kamu kasih contoh printan contoh surat dari google Adssens.
      tapi kalau udah ngerti kamu tinggal minta bantuanya supaya suratnya di pegang si abang dulu.
      nah Supaya kamu ga bolak balik ke kantor pos kamu juga bisa minta kontak si abang-abangnya.

      Hapus
    2. maksudnya bang gini ,, misalkan kalaupun kita udah tunjukin contoh surat adsansenya ke abangnya ,,, gimana cara dia untuk mengecek keberadaan surat kita,, soalnya abngnya juga cuma kurir kan dan di tambah tidak ada no resinya

      Hapus
    3. Sebetulnya di halaman sampul depan surat cinta sudah tercantum nama dan alamat lengkap rumah kita.
      Jadi sudah Seharusnya surat itu sampai ke rumah kita.
      Tapi kenyataan di lapangan justru sebaliknya. aku juga bingung

      Hapus
  31. ...cerita donk ...kang ..tentang pengalaman pertamam mendapat bayaran dari google adsene

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwk, aku pikir ga bakal ada yang tertarik.
      Okedeh next Postingan aku bakal ceritain. staytun ya gan :)

      Hapus
  32. gw 5 tahun baru dapet 160 ribu :v njirrr
    dan sekarang bingun ferifikasi nya :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Main Blog emang lama teh berduitnya,
      apalagi Blog Indonesia wkwk.
      Niatkan untuk berkarya aja deh :v

      Hapus
  33. Gan, saya sudah 2 minggu pin dari google belum nyampe juga, padahal lokasi saya di jakarta pusat, solusinya dong gan, alamatnya perasaan udah bener, jln, RT, RW, No rumah dan kode pos udah lengkap, gimana ya gan apa saya harus ke kantor pos untuk menanyakan pin verifikasi alamat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu aja gan sampe akhir bulan.
      kalo belum nyampe juga bisa cek di Kantor Pos, tapi kemungkina berhasilnya kecil. tapi ga ada salahnya di Coba.

      Nanti kalo ga ketemu bisa request lagi yang kedua :)
      dan semoga berhasil yaa

      Hapus
    2. Iya bener saya baru datengin kantor pos, pelayannya minta no resi, katanya kalau gak ada no resi gak bisa dilacak, padahal saya bawa print google, tetap hasilnya nihil, ya udah saya nunggu saja dengan sabar hehehe

      Hapus
    3. Tuhkan betul kebanyakan kantor pos kayak gitu ..
      Semoga banyak Kantor POS yang paham masalah beginian ya gaan :)

      Hapus
  34. mohon pencerahan kang leon. padahal google adsense ku saldonya 5.967 itu udah bisa di ambil blm pin na

    BalasHapus
  35. Hallo gan, salam kenal. Bantuin saya yang sedang galau dunk. Saya sedang menunggu surat cinta Google Adsense nih. Di dasbord sudah ada pemberitahuan katanya pin sudah dikirim tanggal 8 Agustus. Ini sudah tanggal 8 September kok surat cintaku belum juga datang ya gan? Dari beberapa sumber yang saya baca, katanya kalau pin pertama tidak datang, kita bisa request pin kedua dan nunggunya juga 1 bulan. Kalau pin yang kedua juga tidak datang bisa request lagi pin ketiga dan ini pun harus nunggu 1 bulan. Kalau pin yang ketiga juga tidak datang hanya ada satu cara yaitu scan KTP. Jadi kalau dihitung-hitung proses verifikasi pin itu 3 bulan. Dari komen-komen yang saya baca, mereka rata-rata mengalami kegundahan karena pin nya yang tak kunjung datang dan harus request pin. Apa memang ini kebijakan Google ya gan? sengaja dibuat seperti itu. Jadi untuk publisher adsense baru memang harus menunggu 3 bulan agar bisa gajian setelah full approved.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul teh batas verifikasi cuma sampai 3 kali, dalam rentang waktu pengiriman minimal 1 bulan.

      nah untuk kasus teh Karina bisa request PIN lagi untuk yang kedua.
      nanti kalau ga nampe juga bisa requset lagi smae ketiga kalinya, nah Lebih dari itu bisa pakai cara terakhir yaitu verifikaasi menggunakan scan KTP. nah cara terakhir ini dijamin ampuh dan pasti langsung di Approve.

      Namun akan lebih baik kalau surat cintanya sudah sampai tanpa harus verifikasi pakai scan KTP :)

      Hapus
  36. punyaku kode pin datang tapo pas saya masukan kok wrong ya.. gak bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. log out lalu login lagi ke adsensenya.
      lalu masukkan kodenya.
      Pastikan jangan sampai salah melebihi 3 kali ya gan

      Hapus
  37. Gan, saya mau tanya lagi, bisa gak merubah nama dan alamat supaya sama persis dengan yg ada di ktp, soalnya saya mau pake ktp teman, ktp saya hilang gan, mau bikin ktp yg baru kata orang2 lama jadi, tau sendiri kan bikin ktp jaman sekarang susah banget, intinya riques pin yg ke 3 ini rencana mau saya edit nama dan alamat biar pas dengan yg ada di ktp, sebenarnya takut juga sih takut kenapa2 nantinya, mohon solusinya gan terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan,
      aku saja pernah daftar adsense pakai nama samaran ko.
      lalu rekeningnya pakai punya temanku :)

      Hapus
  38. mas ganteng, aku baru saja dapet pemberitahuan dari google adsense katanya sudah di kirim 13september kemeren dan nyampe nya 1 - 4 minggu.
    nah,, pas aku lihat dengan teliti ternyata eh ternyata alamat rumah nya gk lengkap gk ada nomer gk ada kecamatan...
    pertnyaan nya: apakah saya harus menunggu sampai ada pemberitahunan dari pihak google untuk mengkomfirmasi pengiriman kedua atau saya gimana. hatur nuhun mas khairul yang ganteng se google maya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ganti dulu alamatnya sampe lengkap.
      Lalu nanti kalau sudah 4 minggu lansung request lagi gan :)
      Sabar ya gaan wk

      Hapus
  39. Hal ini sedang saya nikmati bro rasanya gw pngen move on dari adsense

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belakangan ini aku sering banget denger orang pengen move on dari adsense. Kalo aku sendiri sih ngedukung gan karna cari receh di internet ga cuma dari adsense. Banyak ko pintu-pintu lainya. Tapi ya gitu aku belum tahu dimana pintu-pintu itu wakakak :)

      Hapus
  40. dan kejdian sama denganku bang, surat cinta dari google gak nyampe2 ke rumah
    tambah tambah aku kuliah di luar kota T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamu pakai alamat yang di luarkota saja.
      aku aja pakai alamat kosan nyampe ko muehe :)

      Hapus
  41. saya udah 2 minggu blum dateng juga, padahal alamat saya jelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak ko gan yang ngalamin kaya gini,
      Padahal alamatnya sudah sangat jelas,
      Mungkin agan bisa pakai alamat kantor

      Hapus
  42. Saya rasa alamat saya sudah benar,,saya sudah 2x mengajukan permintaan pin tp gk kunjung datang,saya org jateng tp kerja di jkt tp ktp jateng apa bisa alamat saya ganti dg alamat pabrik tmpat saya bekerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pak,
      Saya rasa kalau pakai alamat pabrik yang di Jakarta akan mudah terdeteksi dan cepat sampai ..

      Hapus
    2. Untuk kolom pertama diisi apa dan kolom kdua diisi apa

      Hapus
  43. Ya'elah, ni pengalaman sama dah kaya gue, ini hari tepat jam set 4 gw pulang dari kantor pos, gw Beneran GEDEK dah selalu aja di tanyain no resi, udah di jelasin berkali kali mbah google gk ngasih no resi, eh tukan posnya ngotot, katanya pasti ada no resinya. Ya AMPUN Kecewa bener gw ( YA'ELAH KOK MALAH CURHAT SIH :) ). Tapi Makasih ya bang infonya bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha kayaknya kejadian tiap orang hampir sama deh kaya kita haha,
      tapi sekarang udah nyampe belum PIN nya ?
      Moga berhasil ya dpaetin surat cintanya ,

      Hapus
  44. Gan nnyain kekantor posny harus kekantor pos pusat apa gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga harus ke Pusat gan.
      Tanyakan saja ke kantor pos terdekat :)

      Hapus
  45. Nyimak aje gan, penglaman PIN baru dan sedang teralami sm gw sendiri 1 bln yg lalu, selidik demi selidik, berdasr dr berbagai sumber nyata ataupun online untuk menangani surat cinta... lebih baik dengan alamat yg bonafit mislkan alamt kantor yg memiliki chanel banyak orang di dlam ny sehingga pak pos segan utk mengantarnya, alamat rumah ber nomor rumah. Jika PIN tidak sampai jg,,msh menurut berbagai sumber bkn karena dr pihak google tp justru dr pihak di lapangan kantor pos ny yg sedikit perlu diluruskan... soalnya mereka juga manusia ada yg amanah ada juga yg tidak amanah untuk tugs yang di tangung jawabkannya,, khusunya bagian pa pos pengirimannya / penyortiran pengiriman pa posnya yg perlu di luruskan. Jd maksudnya ada kemungkinan dr kantor pos kita yang mungkin bisa di bilang nakal atau apalah yg jelas gw jg ga ingin di katakan su'udzon kpd mereka. Jika memang itu yg terjadi PIN tidak sampai minta lah ke Pa Pos ny,, mintalh dg cara baik-baik , kemudian jika itu tidak digubris minta lg yg kedua kali nya dengan sedikit dipentingkan jika itu jg tidak mempan mungkin perlu yg ketiga kalinya bagaimanapun cara nya yg jelas itu PIN sebetulnya ada di Kantor Pos tersebut...sedikitnya kurang lebihnya kemungkinan besarnya seperti itu semoga dpt disimak dg baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul gan saya juga setuju.
      Google ga mungkin main curang, yang jadi masalah sebetulnya di kantor posnya.
      Bukanya suudzon ya tapi abang-abang Pos banyak juga yang ga amanah.
      Giliran ku pakai alamat kantor baru deh di kirim :)

      Hapus
  46. Gan ak kan lg di luar kota, kalo pin dikirim ke rumah sesuai ktp di rumah ga ada siapa2, apa bisa sebelum pin dikirim saya langsung minta pake scan KTP aj ke google buat verifikasi, ga usah dikirim pin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bisa gan, PIN tetap dikirim sesuai alamat yang agan tuju.
      Kalo mau request pake Scan KTP itu khusus yang PINnya ga nyampe2 sampai 3 kali :)

      Hapus
  47. klo KTP kita udah expired (habis masa berlakunya) itu masih valid kgk gan bwt verifikasi pin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya masih berlaku gan.
      Yang penting data nomor KTP, nama dan alamatnya sesuai dengan data yang agan isi ,, kitu

      Hapus
  48. maaf bang mau tanya, hehehe
    sebelumnya cerita dikit ya bang hehehe
    saya kan TKI di Arab Saudi, saya coba coba daftar google adsense, dan lulus seleksi,
    hari ini /tgl 13 nov 2017 saya dapet email dari si mbah, katanya


    "Pembayaran Anda saat ini ditangguhkan karena Anda belum memverifikasi alamat

    Selamat! Penghasilan Anda telah mencapai ambang verifikasi, sehingga kami telah memulai proses memverifikasi akun Anda. Dengan ini Anda akan siap menerima pembayaran pertama setelah ambang pembayaran tercapai.

    Untuk memverifikasi akun, kami membuat dan mengirim surat Nomor Pengenal Pribadi (PIN) secara otomatis ke alamat pembayaran yang tercantum di akun Anda. Setelah menerima PIN, Anda perlu memasukkannya di bagian bawah halaman ini. Sementara itu, akun Anda akan tetap aktif dan Anda dapat terus menayangkan iklan dan memperoleh penghasilan.
    Masukkan PIN
    PIN terkini dibuat
    13 Nov 2017
    PIN dikirim ke
    andy sador
    andy sador
    riyadh
    SAUDI ARABIA


    PIN Anda akan dikirim melalui pos 3-5 hari setelah tanggal yang tercantum di atas dan bergantung pada layanan pos, mungkin baru sampai dalam waktu 2-4 minggu.


    Untuk memverifikasi alamat, masukkan PIN seperti yang tersedia dalam kartu yang Google kirimkan.

    Perlu diketahui bahwa jika Anda salah memasukkan PIN sampai tiga kali, penayangan iklan akan ditangguhkan.
    Masukkan PIN




    Kirim PIN

    Batal"

    seperti itu pesan dari Adsense
    waktu itu saya daftar hanya asal asalan, tanpa mencantumkan alamat,
    yg jadi pertanyaan saya,
    apakah bisa saya merubah alamat ke alamat asli saya di Indonesia?
    agar bisa mendapakan surat cinta dari si embah,
    sebelumnya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga awalnya pakai alamat asal-asalan ko,
      sampe akhirnya aku harus ganti lagi alamatnya sesuai KTP.
      Tapi penggantian ini cuma bisa dilakukan pas request PIN ke dua yah.

      Jadi jawabanya adalah BISA pakai alamat di Indonesia !

      Hapus
  49. saya udah permintaan ke 3 kalinya nih, tapi belum sampe juga. padahal alamatnya bener dan gampang diakses. huft

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo yg ketiga ga nyampe juga langsung verifikasi pakai scan KTP ya gan. langsung ke Approve pasti deh muehe

      Hapus
  50. Seru kalau baca cerita kaya gini, bisa jadi pembelajaran untuk kita semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk aku juga seneng bacanya,
      jadi ga cuma aku yang merasa sengsara.
      Asik deh jadi sama-sama belajar

      Hapus
  51. tanya min..
    cara request kedua kalinya gimana???

    "PIN terkini dibuat

    13 Nov 2017"

    pin pertama di kirim tgl itu ini sudah hmpir 3 minggu apakah nunggu smpai 1 bulan. kalau 1 bulan belum sampai caranya gimana..??

    mohon arahakannya .. mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu ampe sebulan aja ya,
      nanti otomatis bakal ada menu buat request PIN ke 2.
      Good Luck :)

      Hapus
  52. gan ini mau tanya oin saya kok gan kunjung datang ya sudah satu bulan, alamat yang saya gunakan sama dengan alamat pembelian barang, biasanya saya gunakan alamat itu brangnya bisa nyampai kok, mohon batuan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Request aja lagi ya gan.
      Nanti kalo ga sampe pakai alamat KTP aja ya mengantisipasi kalo ga dateng-dateng jadi bisa feriv pakai scan KTP :)

      Hapus
  53. Saya Uda 1 Bulan Ini Om Dan Surat Adsense Pertama Nya Kok Belum Sampai Juga Ya Dirumah? Apa Harus Saya Cek Om Ke Kantor Pos

    Mohon DiJawab Om :)
    #Pemula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan silahkan di cek ke Kantor pos.
      Tapi peluang berhasilnya sepertinya kecil gan mengingat sudah 1 bulan wkwk.
      Kalau mau request aja lagi yang ke dua, terus bilang ke abang-abang pos yang sering dateng ke rumahmu buat anterin PIN nya. Pepet terus jangan kasih kendor :v

      Hapus
  54. Saya Uda 1 Bulan Ini Om Dan Surat Adsense Pertama Nya Kok Belum Sampai Juga Ya Dirumah? Apa Harus Saya Cek Om Ke Kantor Pos

    Mohon DiJawab Om :)
    #Pemula

    BalasHapus
  55. pas baca, pas lagi nunggu pin nyampe. kayaknya mau ikutan ubah alamat ke alamat kantor aja kalo sebulan belum nyampe. FYI, prosedurnya kantor pos nanya resi udah bener kok karena kan surat yang numpuk di sana banyak, baangi aja kayak nyari jarum di tumpukan jerami kan. jadi sabar ya mamase..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul kalo surat biasa ditanyakan surat resi.
      Tapi ini surat google yang tidak ada resinya petugas tetep kekeuh minta ke google nomor resinya. Kemarin pas di kantor pos sempet naik darah sampe pengen ngebakar kantornya wkwk

      Hapus
  56. mau nanya gan,,,1 bln yg lalu, sy d suruh untuk menunggu pin adsense,,,pdhl waktu tnggu maksml 3/4 minggu,,,stlh 1 bulan lebih dikit,,,tak kunjung datang,,maka memutuskan untuk meminta pin baru,,stlh mnta pin baru,,,pin yg pertma datang,,,yg sy tnyakan,,,yg harus d mskkn pin nya yg prtma/hrs mnnggu pin yg k 2???

    BalasHapus
  57. blog ini aktif banget, gue musti nanya ini. jadi gini gan.

    Ane 2014 buat chanel YT dan ane abaikan, kemarin iseng buka eh bisa dan ada $75 nah ane lupa tuh akun adsen yang mana yang ane kaitkan. Sekarang ane mau buat akun adsense baru, kemudian ane bingung masalah PIN nya ini, karena ane sekarang tinggal di Depok dan alamat KTP ane Ambon. Kalo ane isi alamat depok sini kira2 sampai gak ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampe gan InsyaAllah.
      Ane aja pake alamat yang berbeda ko.
      Ga sesuai KTP juga bisa :v

      Hapus
  58. gan saya mau nanya
    Gini.saya request tgl 13 des 2017 .Dan sampai saat ini belum sampai2 ,padahal no hp sudah saya kasih,dan alamatnya sudah lengkap,Apakah saya harus req ke 2? ,dan Apakah pin pertama sama pin kedua isi PIN nya sama? Karna saya juga tanya2 ke Group Katanya sama isi pinke1 dan pinke2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik jangan terburu-buru gan, Tunggu sampe sebulan setengah atau dua bulanan dah. kalo PIN ga nyampe2 juga baru deh request lagi. Karna banyak kejadian pas request PIN ke dua eh PIN yang pertama tiba-tiba dateng wkwk.

      Btw, ane kurang tau gan PIN 1 dan PIN 2 kodenya sama atau tidak. Tapi diatas ane ada tuh yang PINnya nyampe dua kali, coba ditanyakan siapa tau dapet pencerahan wkwk.

      Hapus
  59. membaca dari awal duhhh...sungguh perjuangann ituu suratt...hhehe
    memang menjadikan surat sakti yang bisa memberikan perubahan yang baik..hhhe
    ceritanya sungguh dugser mass..pokoknya perjuangan yang sangat menegangkann..hhehe
    PIN punyaa saya belumm nyampe2....duhhhhh..nyasar kemanaaa yahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat menikmaati masa-masa dug serr juga ya mas haha.
      Pokoknyamah aku doain moga surat cintanya cepet nyampe.
      Abis itu masih terus berjuang lagi nyari receh yang ga tau kapan banyaknya sampe sekarang blog ini belum PO wkwk.

      Hapus
  60. Kantor pos terbuka bukan saja bagi org dewasa kan ya om? Soalnya saya masih 16th

    BalasHapus
  61. agan orang bogor? bogor sebelah manannya gan? saya juga orang bogor, boleh la kita ketemu buat sharing sharing ,, saya baru 1 minggu verif pin blm sampe hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan saya orang Bogor.
      Tapi sekarang udah pindah ke Sukabumi.
      Duh kangen Bogor euy Sukabumi ga enak haha.

      Hapus
  62. Kang Makasih cerintanya 🙇
    Saya Juga Sekarang lagi nungguin balasan surat cinta dari google doain saya ya kang semoga nyampe tujuan amin.. 🙇

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin gan moga cepet nyampe yak supaya ga uring-uringan :3

      Hapus
  63. Alhamdulillah Mas. Kemaren saya juga baru dapet PIN Adsense, lebih Alhamdulillah lagi gak perlu repot-repot ke kantor POS. Tiba2 pulang ada surat cinta dari google. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga Semua kurir di Indonesia kaya ente ya gan, Ga bikin repot haha.
      Btw, congrats ! Moga semakin banyak pundi pundi receh dari adsenese yak !

      Hapus
  64. hehe kok nyalahin kantor pos, sudah betul itu ibu pos nya..yang ngeyel justru kamu:)
    BTW posting artikelnya ok banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mungkin saya juga yang salah.
      Tapi kantor pos di dekat rumah teman saya sudah paham tentang surat PIN dari ggoogle ini. Jadi walaupun ga ada no resi, suratnya bakal tetep di jaga baik-baik.

      Hapus
  65. Bisa bantu info gan, saya sdah 1 bulan lebih ni belum tiba2 suratnya, saya samperin ke Kantor Pos, Pak Pos bilang belum ada tu surat An. NAMA DAN alamat saya. Ini kenapa ya kira2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu aja gan apmep 2 bulan .
      Kalo ga dateng juga langsung request PIN ke 2.
      moga berhasil

      Hapus
  66. Gan pada saat daftar kok Kode pos saya tidak dikenal,kenapa yah???
    Padahal saya sudah mengisinya dengan benar

    BalasHapus
  67. Mas,,saya mau nanya, saya sudah request pin hampir dua bulan mas,tapi ga nyampe2..hik..saya juga sudah bolak balik kantor pos yg kode posnya saya pakai untuk request pin,tapi blm juga datang, lalu saya request pin kedua dengan alamat kantor pos, kalau ga dtang juga, apa yg ketiga harus disesuaikan dengan ktp mas? Takutnya ttep ga dtang,,dan harus verifikasi dengan scan ktp..makasi mas buat infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah pernah pakai alamat kantor kerja belom ? Normalnya Pin sebulan sudah sampai loh..

      Hapus
  68. Mas,,saya mau nanya, saya sudah request pin hampir dua bulan mas,tapi ga nyampe2..hik..saya juga sudah bolak balik kantor pos yg kode posnya saya pakai untuk request pin,tapi blm juga datang, lalu saya request pin kedua dengan alamat kantor pos, kalau ga dtang juga, apa yg ketiga harus disesuaikan dengan ktp mas? Takutnya ttep ga dtang,,dan harus verifikasi dengan scan ktp..makasi mas buat infonya :)

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search