MENGAPA SOTO SOLO BERBEDA DENGAN SOTO LAINYA ? | KHAIRULLEON.COM

MENGAPA SOTO SOLO BERBEDA DENGAN SOTO LAINYA ?

Beberapa waktu lalu setelah ngebolang ke Gancik Hilltopgunung Merbabu dan Candi Prambanan aku menyempatkan diri untuk wisata kuliner di daerah Solo a.k.a Surakarta. Sebetulnya bukan wisata kuliner sih, memang perutku sudah laper jadi aku memutuskan untuk mencari tempat makan.
Masalah makanan aku orangnya tidak terlalu pilih-pilih, selama menunya halal, higienis dan bukan kambing pasti aku makan. So, akupun langsung menunjuk salah satu tempat makan yang ada di depan mata, yaitu warung soto Bu ..... (Btw, aku lupa nama warungnya jadi kalian pikir sendiri aja yah).
Tempat makan ini sangat sederhana, bahkan bisa dibilang tempat makan paling sederhana yang pernah aku kunjungi. Namun walaupun begitu, menu soto disini sangat maknyus dan harganya murah Cuma goceng alias Rp. 5000 (begitu sabda temanku). So, Tanpa banyak cingcong aku langsung cabut ke warung soto Bu anu.
Setelah masuk ke dalam warung makan aku dan ke tiga temanku langsung memesan menu utama disini yaitu soto ayam, tidak lupa aku juga memesan nasi supaya aku tetap bisa kenyang sampe minggu depan.
Tidak beberapa lama, akhirnya seorang ibu-ibu paruh baya datang membawakan beberapa mangkuk Soto ayam plus segelas es teh manis yang bisa kami seruput manja.
Pertama kali melihat wujud soto Solo aku langsung heboh dan panik.
“ini beneran Soto ? ko begini bentuknya dah ?!
Wujud Soto solo berbeda banget sama soto-soto lain yang pernahku temui. Biasanya soto itu ada warnanya, kalo gak kuning ya ijo. Tapi soto Solo mah transparan cuy, bersih bening seperti tanpa kaca.
Oleh sebab itu, makanan ini lebih dekenal dengan soto ayam bening khas Solo atau soto gading, atau ada juga yang menyebutnya soto kwali sebab makanan ini masih di buat secara tradisional menggunakan kwali.
Ah di kosanku kalo masak juga pake kwali, berarti aku tradisional dong ya ?
Awalnya aku ragu mau makan soto ini, aku sudah suudzon kalo soto ini pasti ga ada rasanya, alias hambar. Entah kenapa aku selalu berasumsi bahwa setiap makanan yang polos dan ga menarik pasti rasanya kurang greget.
Aku juga sempet kesel karna nasi yang aku pesen ga kunjung sampai. Rasanya pengen ngomel dan ngobrak abrik seisi warung. E Tapi setelah aku perhatiin soto ini dengan seksama ternyata komponen-komponen yang ada di dalem mangkuk itu sudah disediakan nasinya guys jadi bisa langsung ‘hap’. Oalah, aku pikir nasinya di jual terpisah to.
Pertama kali mencicipi satu sendok kuah soto yang hangat ini ternyata rasanya luar biasa guys. Olahan bumbu rahasia yang di godok si Ibu membuat soto ini terasa unik, gurih dan seger. Aku jadi semangat nih makanya.
Namun, seperti biasa sebelum menghabiskan makanan aku mengabadikan moment terlebih dahulu. Jadi pas temanku sudah hampir kelar makan aku masih aja foto-foto. Susah emang kalo temenan sama food blogger amatir.
Nah itulah wisata kuliner low budget yang bisa aku ceritakan. Untuk kamu masyarakat Solo maaf ya makananya aku review dengan sangat tidak jelas. Harap maklum aku masih katro.
Okedeh sekian jajan-jalan kali ini. kira-kira wisata kuliner kemana lagi nih yang asyique ?
BACA JUGA CUY : MIE AYAM HOTPLATE PEDESNYA AMPE KEUBUN-UBUN

53 comments

Solo memang terkenal dengan kulinernya yang 2M (Mantep dan Murah)!
Beberapa anak2 WWF kemarin sempat jalan kesana. Dan bener, makanannya murah2. Bhkan ada yg cuman 2500 sudah dapat sepiring, entah makanan apa saya lupa.

Ini soto cuman 5 ribu. Trus udah pake nasi. Enak bnget ya tinggal di Solo. Klo gw tinggal disana, gk cukup dua bulan, pulang2 gw langsung jadi gendut.

Reply

Harga 2M itu memang diburu banyak mahasiswa, pernah makan soto di Solo juga murah. Yah, jadi teringat pengen soto nih, mana udah malam. Kan, gak mungkin cari soto jam segini..

Mas Khairul, boleh ya, aku ambil sotonya satu di blog ini ^_^

Tapi ini aku baru lihat soto yang begigian, mana itu cabenya merah banget, aku sendiri kalau puedes gitu suka drop itu perut..

Oh ya, Mas. Post juga beberapa kuliner di Bogor dong, kira-kira yang rekomen gitu buat para pengunjung yang mau berlibur di Bogor :)

Reply

Iya bang makanan di Solo murah-murah.
Coba pindah aja bang ke solo supaya makmur :)

Reply

Penampakannya memang datar2 ajah, tapi rasana lumayan kok :)

Reply

Aku pernah ko sekali kalinya kuliner di bogor.
coba cari aja deh ulasanya sudah aku posting di blog :)

Reply

iya teh rasanya unik aku sampe ga bisa ngejelasinya :)

Reply

Wah ajib yaaa udah murah maknyous lagi

Reply

kamu haru coba kesini yaa jangan ampe nyesel

Reply

wah, kita nge-bolang lagi kuy ke mie ayam hotplate

Reply

goceng udah dapet makan soto maknyus, bisa bikin kenyang sampai minggu depan lagi hehehe.

Sebenernya aku juga pengen nyobain ngerepiew makanan mas, tapi masih butuh mental yang lebih, buat ngefotoin makanan saat dilihat banyak orang.

Suatu saat pasti akan aku lakukan biar bisa jadi food blogger amatiran, eh pro maksudnya,

Reply

Gue kalo disini makan soto semurah itu tiap hari bisa tajir dah sangking murce-nya hahaha. Tapi mau sotonya warna apapun kalo laper ya lanjut aja :D

Reply

pindah ke solo aja dah bang leon, murah-murah kan harga kuliner nya hehe

iya, kalau di daerah jawa tengah rata-rata warna soto nya bening seperti itu. ada namanya nasi kare. semacam soto tapi warna kuahnya kuning dan agak kental. perlu nyoba deh kalau main-main ke solo lagi :)

Reply

Ah ga ah kapoq :)

Reply

Haha emang itu cobaan food blogger harus nahan malu di liat orang.
kadang ada aja orang yang mikir kita makhluk alay :)
tapi ya sudah lah

Reply

Anjay tajir !

Reply

Pengen sih ngerasain tinggal di lungkungan baru :) kaya Solo misalnya
tapi aku takut kebingungan di sana ga ada kerjaan.
Apa aku jualan soto aja kali ya ?

Reply

aku belum pernaah cobaain soto gading. tp keliatannyaa enaak banget gtu. apalagi disantap saat masih hangat. hehhee kalau di daerahku juga sotonya bening mas, heheh dan aku lebih seneng yg bening" juga :D

Reply

aih ternyata banyak ya yang sotonya bening ,,
Sip berarti aku katro :(

Reply

Bentuk luarnya agak mirip mirip soto Padang sihh
Tapi agak beda hehe

Rasanya ya yang pasti beda banget

Duh jadi ngilerr

Reply

eh ternyata padang punya soto juga ya ?
jangan jangan tiap daerah punya soto O.o

Reply

Jatohnya lebih mirip kayak sop ya itu? Muehehehe. \:p/

Reply
This comment has been removed by a blog administrator.

Wahhh... jd kangen ama soto rempah di pekanbaru. Tampilannya agak mirip gitu sih..

Emang gitu ya klo makan soto yg kuahnya bening. Suka mikir pasti hambar nih. Eh ternyata malah enak banget..
5rb udh pake nasi murah bingiiiiit..
dipekanbaru soto ny doang 8k. Tambah naai jadi 12k

Reply

Nah iya sop bening :p

Reply

kalo aku di bogor sotonya rata rata 8000an juga nasi mah 3.000 ..
g abeda jauh kita ya

Reply

Ini soto lebih murah dari soto dekat kampus aku yg udh terbilang murah. Cuma beda seribu sih, tapi tetap aja lebih murah.

Waktu ke solo, belum sempat makan soto gading. Cuma kesampean makan serabi notosuman doang :D

Reply

Jadi ngiler liatnya. Kayaknya prinsip kita sama deh kalau kulineran, murah, mantep. Walaupun murah, tapi enak. Kalau saya sih dulu waktu masih kuliah di Pekanbaru emang suka beli soto, tapi lamongan. beda yaaa? hhmm jadi pengen coba soto solo. Kalau bisa follback blog saya yaaa hehe

Reply
This comment has been removed by a blog administrator.

ah justru aku yang belum kesampean makan serabi Solo :)

Reply

Ayo teh di coba,
silahkan ke SOlo dulu ya atau buat sendiri aja.
Resepnya ada tuh di googles :)
Okeyh teh nanti aku follbeck yep

Reply

jadi penasaran, soalnya soto Jakarta rasanya selalu sama kurang lebih sih. Kalau soto yang terkenal paling lamongan, kalau Solo belum pernah nyoba tapi pingin nyoba. Penasaran sama 'bumbu rahasia' nya :)

Reply

Sumpah itu soto cuma 5000? Gils disini mah yang paling murah 8000, rata-rata 10000 - 20000 malahan. Itu bisa dapat 5000? Kapan-kapan mesti wisata kuliner ke solo dah kayaknya. Pengen ngerasain soto solonya.

Oh iya, nanti kalau ke Kalimantan jangan lupa beli soto banjar, rasakan sensasinya :P

Reply

Bah, masak makan soto semangkok kenyangnya bisa seminggu? Itu tandon air ya perutnya? :p

Kalau persotoan aku g paham amat sih, cuman dari yang kamu jelasin, emang iya ya, kuah sotonya bening. Tapi aku yakin, rasanya pasti kayak soto, bener kan?

Pas di Solo, cobain nasi liwetnya Rul, enak banget..!!
Kalau kuliner lain, aku g berani saranin, soalnya kuliner Solo ciri khas rasanya ini, NO PEDAS dan cenderung ke manis (aku pecinta pedas dan rasa gurih). Eh tapi kalau kamu suka ciri khas masakan manis, mungkin bisa nyobain selat solo.

Reply

Solo emang makanannya murah-murah ya.. Walopun bening sotonya sama kayak di Bandung, tapi di Bandung harganya hampir 20rb :D

Reply

Maem soto memang terkenal ga terlalu menguras kantong sih. Cuma aku baru eungeuh aja kalo kuah si soto solo beneran ga kuning kayak soto pada umumnya. Unik nih. Sayang banget kamu lupa nama tempatnya.

Reply

buru buru deh ke Solo jev.
HIlangkan rasa penasaranmu itu :)

Reply

Ahh di Indonesia banyak banget jenis sotonya yah,,
aku harus cicipin semua daerah nih kayaknya termasuk soto banjar .

Reply

Loh aku pikir nasi liwet cuma ada di daerah sunda aja.
Soalnya temen-temnku yang orang sudan sering banget bikin nasi liwet terus di makan rame-rame gitu.
Kalo di solo paling aku pernahnya cobain nasi gudeg.
Dan ya gudeg juga manis.
semua makanan solo manis, spertiku :)

Reply

Wuih Bandung juga bening toh..
di Bandung mah emang banyak yang bening-bening *eh

Reply

Ga masalah aku lupoa nama tempatnya.
kamu masih bisa makan soto si berbagai warung makan di Solo.
Aku jamin semuanya pasti bening bening muehe

Reply

Ngomong-ngomong soto, entar mampir ke warungku mas :) Nikmati soto kudus buatan suamiku :) Kecapnya asli dari kudus...gak bikin hitam dan menghilangkan rasa,,, :)

Reply

MInta alamatnya
minta alamatnya warungmu
Sekarang jugaaaa ! :)

Reply
This comment has been removed by a blog administrator.

Ya Allah soto Solo adalah makanan favoritku, aku suka bangeeet. Di sini susah banget cari soto solo, adanya lamongan, surabaya, dan jakarta huaaaa
emang gitu sih Khairul sotonya bening, bukan kental, pokoknya enak deh aku suka banget hahaa

Reply

sudah lama gak makan soto solo..
ampe lupa rasanya..
wkwkwwk..

Reply

Wah ada penggermar soto solo nih ..
Iya kayaknya aku juga mulai doyan mSoto solo nih,
tapi di tempatku ga ada yang jual wk

Reply

Rasanya eman susah di bayanngin ya teh :)

Reply
This comment has been removed by a blog administrator.
This comment has been removed by a blog administrator.

Puasa2 gini liat foto makanan jadi pengen nih. Haha

Btw, solo emang terkenal sama makanan yg super duper murah plus uenakkkk. Hehe

Reply

Batal aja nyol batal !
Tips sesat

Reply
This comment has been removed by a blog administrator.
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment

Selamat datang di Khairulleon Blog.
Sering-sering mampir dan berkomentar yah.
Karna komentar kalian menjadi energi untukku terus ngeblog.
Tenang, aku pasti mampir balik ko.

Follow juga Instagram, twitter and ask.fm @khairulleon

TONTON VIDEO TERBARUKU :)