24 Maret 2015

DIMANA TEMPAT WISATA MURAH DI JAKARTA ?


Selamat malam wahai segenap kaum anak kos..  

Ga kerasa ni ye sekarang udeh ngelewatin tanggal 23 di bulan maret. Nyahh.. udeh tanggal tua lagi aja tong . Tanggal segini biasanye ye, ntu dompet pas lagi kering sekering-keringnye gurun sahara. Tipis setipis-tipisnye rambut dibelah tujuh. dan Miris semiris-mirisnye Nazar ditinggalin Musdalifah, Asli.

Tanggal segini, dengan keuangan yang semakin tipis, gue biasanya mulai bikin sejumlah manuver penyelamatan diri (baca : ngirit). Berbagai cara gue lakuin mulai dari nyetok indomie, datengin temen nyang kondangan, dan ngelisting event-event yang bakal ada makanan tester-nye. Mayan lah bisa ngurangin pengeluaran sekian puluh persen, walaupun ngenes tentunye.

Akan tetapi broh, yang namanya anak kosan itu pada kodratnya tetep aje manusia. Adakalanya ngerasa bete, pengen nikmatin serunya traveling kaya orang-orang. Apalagi kalo udah ngepoin Instagram temen-temen. Ada yang jalan ke yogya, puncak gunung, pinggir pantai.. njirrr  

Nah, kalo bete tanggal tua gimane dong? masa maksain traveling kek orang-orang?

Ngga mesti lah yah broh.. Ga perlu lah maksain jalan-jalan kaya foto foto instargram yang dipamerin orang. Apalagi sampe minjem-minjem duit ke orang. Sama aja lu berbahagia, tapi ngegadein kesenangan lu di masa depan. Ya ga?
Daripada maksain, mending kita nyari tempat wisata yang low budget aje. Toh, travelling itu ga mesti ngambur-ngamburin duit juga yekan. Ada banyak ko tempat wisata yang bisa lo datengin, dengan budget yang setipis-tipisnye, misalnya yang dibawah ini nih :

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)


Pengen nyobain sensasi keliling indonesia dari sabang sampai merauke? Taman mini nih jawabannya. Disini fasilitasnya lengkap banget dah. Mulai dari museum, kolam renang sampe bioskop semuanye lengkap deh broh! detailnya liat sini nih.  (jakarta.kompasiana.com)
Gue saranin lu naek busway aje dahh pagi-pagi, biar bisa ngerasain suasana pagi yang ceria dan
ga perlu lagi bayar-bayar parkir. Jalan kaki sehat brooh (ngirit juga).. hehe

Kalo tanggal tua, mending ngelingin museum sama taman aja deh, soalnya harganya terjangkau mulai dari Rp. 2.000,- sampe Rp. 10.000,-. Dan itu banyaakkk banget, ga bakal abis dah lo seharian ngider disitu. Kemaren aja gue maen di PP-IPTEK  (fajarwalker.blogspot.com) bisa sampe 2 jam lebih tuh.

Oya, jangan lupa juga nonton di theater IMAX ye broh. abis itu foto-foto.. aplot dah ke instagram

Taman Mangrove di Angke Kapuk


Hutan mangrove  (fajarwalker.blogspot.com) adalah salah satu harta karun tersembunyi di kota jakarta. Dimane lagi coba, bisa nikmatin pesisir pantai yang adem dan murah kalo ga disini. Untuk ngunjunginnya pun ga ribet broh, karena lokasinya ada di pluit, jakarta utara.

Biar ngirit, gue saranin kesana nye naek busway aja. Turun di halte monas, nanti tinggal nunggu aja mobil BKTB. Eh, pada tau ga BKTB kaya gimana? nih yang kaya gini nih.

Setu Babakan, Kampungnya Budaya Betawi

Anak kos jakarta, mesti tau juga dong adat dan budaya nye orang asli jakarta alias betawi. Setu Babakan yang berada di daerah Srengseng Sawah, kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan berfungsi sebagai pusat Perkampungan Budaya Betawi. Suatu area yang dijaga untuk menjaga warisan budaya Jakarta.
Setu Babakan adalah kawasan hunian nyang punya nuansa kuat dan murni dari sisi budaya nye, seni pertunjukan nye, jajanan nye, busana nye, rutinitas keagamaan nye, sampe bentuk rumah Betawi nye.
Jangan lupa broh yeh.. kalo maen kesana, pesen makanan ini nih :



Akses ke lokasi nya nah itu yang rada ribet. Tapi intinya sih, tinggal naek metro mini 616 aja jurusan Blok M—Pasar Minggu—Cimpedak. Ntar turunnya di pintu gerbang perkampungan setu babakan deh. Murah tapi happy dah broh, modal gocap bisa flashback budaya betawi 

Museum-Museum di Kota Tua, Fatahillah.

Budget semakin tipis? Ga masalah broh kalo lu tinggal di jakarta.
Nih ada solusi simpel buat hepi : wisata keliling museum di kota tua. Yang penting dan utama, lu jangan lupa bawa bekel sama aer yee.. jajanan sono mahal-mahal. Toh dari segi aksesnya gampang kok, tinggal naek aje busway jurusan Blok M - Kota lu udah nyampe.
Ada empat musem yang bisa lu eksplore disini. Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Mandiri, Museum Bank Indonesia dan Museum Wayang Indonesia. Harga nya pun bervariasi dari dua rebu sampe sepuluh rebu. Tips gue : Jangan lupa bawa kartu mahasiswa atau pelajar ye broh, soalnya bakal dapet potongan khusus 

Pantai Impian Jaya Ancol
Ancol udah ga salah lagi gan bisa buat tempat nongkrong menikmati teduh suasana pantai yang nenangin jiwa gan 
Yang perlu di note, kesini mending bawa motor sendiri yaa.. Soalnya bakal gempor kalo agan jalan kaki. Toh, di dalemnya juga free park dan free toilet #MestiPekaNih 


Kesini enaknya sore sore gan.. supaya bisa nikmatin sunset yang kereen abiss. Asli, ni wajib banget dicoba dah gan yee

Kebun Binatang Ragunan


Yang paling terakhiirr.. ni dia nih kebun binatang ragunan. Kenapa dia posisi satu?
Karena lu harus tau, kalo kebun binatang di daerah deket cilandak ini ternyata menyandang gelar kebun binatang paling murah di asia  (megapolitan.kompas.com). Gile.. Coba aja lu bandingin. Ketika kebun binatang laen tiket masuknya udah sampe dua puluh rebu lebih, ragunan masih berkutik di angka empat rebu lima ratus perak, Wow..
Dan harga tiket masuk yang murah ini ga mempengaruhi fasilitas dan kualitas pelayanan di ragunan itu sendiri. Karena konon, tiap tahunnya ni kebun binatang udah disubsidi sekitar 70 Milliar dari pemerintah. Kesimpulannya.. sebenernya itu pemerintah kasian ama kaum anak kost yang kere di tanggal tua segini broh. mangkenye, lu harus peka.. hahaha

Apalagi kalau dibandingkan dengan fasilitasnya, jauh banget. Dari ukurannya luasnya aja sekitar 140 hektar, dengan 270 spesis hewan dan 171 spesis tumbuhan juga 50 spesis kang dagang. Yang pasti, wisata kesini bisa nambah wawasan dan kepedulian lu dengan berbagai fauna yang udah langka. Ditambah lagi.. lo bisa berfoto ria seakan akan lo lagi di hutan rimba di kalimantan selatan atau dimanee gitu. #BoongBangetDah

tulisan ini repost dari blognya tetangga yang baru aja ane temuin,, di mari 

13 komentar:

  1. tanah kelahiran gue emang yahut semua ..

    BalasHapus
  2. ini dia yang gue cari !!!

    BalasHapus
  3. Nice info jangan lupa kunjungihttp://contohbimbinganskripsi.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ,,
      Jago banget nyekripsi ni kakyaknya.
      bisa kali bikinin skripsi ane satu ..

      Hapus
  4. Balasan
    1. iya gan gue emang keren banget ..
      *lah bangga

      Hapus
  5. Indonesia itu bagus-bagus ya, tidak heran jika banyak sekali web-web tentang wisata di indonesia, semoga dengan adanya seperti ini kita dapat membantu perwisataan indonesia semakin dikenal oleh berbagai mancanegara.

    BalasHapus
  6. info wisatanya kereennnn!!!!! cocok banget nih buat referensi jalan-jalan ^_^ sharing info juga nih, baca yuk 10 kuliner keju di Jakarta http://makan-enak.net/2016/10/14/kuliner-keju-di-jakarta-yang-harus-kamu-coba :)

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Sering ke Ragunan ,
    Alhamdulillah lum sekali aja kunjungi hehe sodara ke Bon bin

    BalasHapus
  9. mantapss.. destinasi wisata nya paling oke murah meriah. 1 lagi tuh masukin kalijodo sekarang mayan jadi tempat photo2

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search