BAGAIMANA CARA MENYEMBUHKAN SCABIES ?


Assalamualaikum agan dan sista, bagaimana kabar kalian di hari kemerdekaan ini ? Semoga sehat selalu. kalau sehat kan enak, bisa ikut berbagai macam perlomba’an tujuhbelasan dan bawa pulang sekarung hadiah wqwq.


Ngomongin tentang kesehatan nih gan, ane mau cerita pengalaman ane saat terserang penyakit kulit yang super duper ngebetein dan sangat mengganggu aktifitas ane gan, penyakit kulit ini biasa disebut dengan Skabies. Buat agan yang pernah ngalamin penyakit kulit ini pasti sudah tidak asing dengan istilah Skabies, tapi buat agan yang baru dengar Penyakit Skabies ini, tidak ada salahnya untuk membaca pengalamanku menghadapi penyakit skabies, pasti deh akan bermanfa’at banget untuk kedepanya. yuk gan disimak.


Beberapa tahun yang lalu ane pernah mengenyam pendidikan di sebuah pesantren di Bogor. Ane sengaja mengambil pendidikan pesantren selain untuk memperluas ilmu keagamaan ane, orang tua ane juga inginya ane masuk pesantren. katanya supaya ane ga tersesat kepergaulan yang semakin tidak jelas gan.


Sa’at itu ane ga sembarangan pilih pesantren gan, selain mencari sistem pembelajaranya yang bagus ane juga mencari pesantren dengan lingkungan yang bersih. Kalau lingkungan bersih kan enak bisa fokus belajar dan dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Tapi gan, kita sebagai manusia memang tidak tahu apa-apa, namanya penyakit kadang datang kapan saja tanpa kita duga-duga.



Seminggu setelah ane masuk pesantren ane ga ngalamin hal aneh yang terjadi pada tubuh ane gan. Tapi setelah masuk bulan ke lima, ane baru merasa ada sesuatu yang ga beres sama kulit ane. Sa’at itu ane merasa gatal-gatal di sekitar pergelangan tangan dan daerah ketiak. Ane pikir ini Cuma gatal biasa, jadi ane tidak terlalu ambil pusing. Tapi gan, makin lama sensasi gatalnya makin menjadi-jadi, bahkan daerah gatal dikulit ane warnanya berubah jadi agak merah kehitam-hitaman gitu gan. 

Keadaan kulit ane sa’at itu kira-kira seperti ini gan.


Penyakit Skabies merupakan penyakit kulit yang cepat sekali menyebar keseluruh tubuh, hal ini ane rasakan setelah beberapa minggu mengidap penyakit ini. awalnya seperti yang sudah ane ceritakan diatas, hanya pergelangan tangan dan daerah ketiak. Tapi makin lama makin menyebar ke maa-mana, dari mulai badan, pangkal paha, lutut, sampei ke telapak tangan dan telapak kaki ane gan. Sa’at itu ane merasa ga nyaman banget gan, mau ngapa-ngapain rasanya ga enak karna sekujur tubuh ane sering gatal. Apalagi pas malam tiba, seringkali ga bisa tidur karna merasakan gatal yang luar biasa. Anehnya lagi gan, semakin ane garuk rasa gatalnya akan semakin menjadi-jadi.


Ini adalah pertama kalinya ane ngalamin penyakit kulit kayak gini, otomatis ane panik gan. Ane takut kalau dibiarkan, penyakit kulit ini akan semakin parah. Makanya ane memutuskan untuk pergi ke puskesmas terdeka, ane juga pengen tahu sebenarnya jenis penyakit kulit apa yang ane dertita selama ini.



Namun sehari sebelum kepuskesman, tiba-tiba salah satu temen sekamar ane menanyakan perihal penyakit yang ane derita. Setelah ane ceritain semuanya kedia, ternyata dia juga mengidap penyakit yang sama gan. Dia sudah lama ketularan penyakit ini dari adiknya. Dia sudah berobat ke dokter kulit dan dokter bilang ini namanya penyakit kulit skabies. Sa’at itu ane baru tahu ternyata ada jenis penyakit kulit namanya skabies. Tanpa pikir panjang anepun langsung mencari tahu lewat internet perihal penyakit ini gan.

[LOMBA] PENGALAMAN TERSERANG PENYAKIT SKABIES DAN CARA PENYEMBUHANYA

Dari beberapa artikel yang ane baca dan mendengar langsung dari pengalaman temen ane, ternyata Skabies merupakan penyakit kulit yang mendominasi di daerah bogor. Hal ini dikarenakan daerah kabupaten Bogor memiliki begitu banyak pesantren dan asrama.
Pesantren atau asrama biasanya menjadi pusat penyebaran skabies paling mudah dan cepat gan, karna kehidupan dipesantren lebih sering melakukan kegiatan bersama-sama dalam satu tempat, seperti tidur, olahraga, makan, bahkan ane seringkali bertukaran handuk dan pakaian gan.

Penyakit menular skabies ini diakibatkan oleh infestasi kutu “Sarcoptes Scabei”. Kutu ini mudah sekali menular. Terutama kontak langsung kulit dengan kulit kemudian kontak antara kulit dan pakain yang sudah terkontaminasi kutu dan kontak antara kulit dan perabotan rumah tangga seperti kasur, karpet, kursi dan lain-lain.

Kutu “Sarcoptes Scabei” ini memiliki ukuran yang sangat kecil gan, hanya 0,3 sampai 0,45 mm aja. Makanya kutu ini jadi sangat mudah untuk masuk kedalam kulit untuk tumbuh dan berkembang biak. Jika hal ini dibiarkan, maka jumlah kutu di kulit kita akan semakin banyak dan tentunya akan semakin gatal gan.


[LOMBA] PENGALAMAN TERSERANG PENYAKIT SKABIES DAN CARA PENYEMBUHANYA



Skabies memang bukan penyakit yang terlalu serius, namun jika dibiarkan penyakit bisa menjadi sangat parah. Berikut beberapa fase penyakit skabies dari mulai gejala yang paling ringan sampai gejala yang paling parah.

[LOMBA] PENGALAMAN TERSERANG PENYAKIT SKABIES DAN CARA PENYEMBUHANYA


Nah, Jika agan merasakan salah satu fase diatas ada baiknya agan langsung berobat ke dokter kulit gan. Karna jika tidak segera diobati maka akan semakin banyak orang yang tertular dan membuat pengobatan menjadi semakin sulit gan.

Untuk pengalaman ane sendiri, waktu itu ane ga jadi ke puskesmas gan, ane di rekomendasikan oleh teman ane yang pernah terserang skabies untuk menggunakan salep gan. Salep yang ane gunakan sa’at itu adalah salep Scabicid. Salep ini ane beli di apotek deket pesantren ane. Harganya juga relatif murah gan. 

Sekedar info, saat ini salep Scabicid sudah jarang yang jual. Aku sudah ngecek di berbagai apotek dan toko online tetapi tidak ada yang jual. nah Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan salep Scabimite. Salep ini ampuh juga ko untuk membunuh scabies. Nah kira-kira seperti ini wujud Salep Scabimitenya.



Salep ini dimaksudkan untuk memutus rantai penularan dengan membunuh kutu skabies yang ada pada kulit kita gan. Sehingga kutu itu tidak akan bisa menyebar dan berkembang biak lagi. Salep ini biasa ane sebut salep ‘anti kutu’ gan muehe.

[LOMBA] PENGALAMAN TERSERANG PENYAKIT SKABIES DAN CARA PENYEMBUHANYA

[LOMBA] PENGALAMAN TERSERANG PENYAKIT SKABIES DAN CARA PENYEMBUHANYA

Segala jenis penyakit tentu ada obatnya gan, hanya saja kita tidak langsung sembuh tapi harus melalui proses yang terkadang berjalan cukup lama. Untuk penyakit skabies yang ane alami ini, ane hanya mengabiskan kurang lebih dua salep ‘scabicid’ gan. Cara menggunakanya juga cukup mudah gan, kita cukup mengoleskan salep kebagian kulit yang gatal. Dalam sehari dianjurkan untuk mengoleskan salep ini sebanyak dua kali. untuk ane sendiri biasanya mengoleskan salep ini setiap pagi hari setelah mandi dan malam hari sebelum tidur.

[LOMBA] PENGALAMAN TERSERANG PENYAKIT SKABIES DAN CARA PENYEMBUHANYA

Rutinitas ini ane lakukan sampe kulit ane benar-benar tidak terasa gatal gan, dan alhamdulillah hanya beberapa minggu kulit ane sudah kembali normal. Selanjutnya ane tinggal membersihkan segala barang-barang yang ane miliki terutama kasur, handuk dan pakaian. Hal ini dilakukan supaya tidak ada lagi kutu-kutu skabies yang masih menempel di sekitar kita.

[LOMBA] PENGALAMAN TERSERANG PENYAKIT SKABIES DAN CARA PENYEMBUHANYA

Nah kira-kira seperti itulah pengalaman ane saat mengidap penyakit skabies dan cara menyembuhkanya. Semoga pengalaman ini dapat bermanfa’at buat agan dan sista sekalian yah.

Salam sehat.

*Tulisan ini pernah dimenangkan dalam ajang lomba menulis Thread di Kaskus

173 komentar:

  1. forgive and thanks.. Marhaban yaa Ramadhan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okesip, sama-sama ya :)
      Marhaban yaa ramadhan .. im cant wait for ramadhan :V

      Hapus
  2. Buat anak usia 4 tahun boleh ga om?cara makainya sama ga?tks ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh gan , Boleh banget ..
      Anak kecil emang paling rentan kena Scabies .. dan yang paling banyak kena scabies emang anak kecil sih, soalnya sensifitas kulit mereka masih sangat rentan ,,

      iya pemakaianya sama kayak gitu, Pake scabicid dijamin manjur ..

      Hapus
  3. Uda ane pake tadi malam gan
    .ko masih gatel aja pagi ni ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ada prosesnya teh , ga bisa sekali pake ..
      bahkan ane pake satu salep sampe abis.. kalo istiqomah pasti sembuh ko :)
      Ane ingetin lagi nih, "kalo gatel jangan di garuk"

      Hapus
    2. Harga salepnya bo
      leh brpa min??

      Hapus
    3. 20 rebu sih murah ..
      tapi aku pernah beli di Apotek besar harganya 3 kali lipat lebih mahal.
      mending beli di apotek yang biasa-biasa aja ya ..

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Gan lebih bagus mna saleb nya , scabicid apa scabimite ? Thks

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk.
      ga tau juga bagusan yang mana ..
      saya cuma pake satu salep scabicid aja.
      dan itu ampuh luar biasa, cuma harus sabar ya :)

      Hapus
  7. Ente ga ke dokter???
    Ane kena dari peliharaan nih kayaknya. Soalnya gatel2 dan kebetulan peliharaan kena scabies jd ya pasti ketular :( manjur ya pake salep itu???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane ga kedokter sama sekali ..
      ane kalo sakit pasti tanya-tanya google dulu apa obatnya ..
      and you know what ? Scabicid manjur luar biasa .. jangan takut ..

      Hapus
  8. Histapan Bagusnya diminum brp kali sehari ya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya kurang tahu juga kang.
      saya ga pake itu.
      lagian saya ga suka minum obat-obatan kimia.
      kalo dikasih obat dari dokter aku pasti ga pernah mimnum wkwk

      Hapus
    2. Kok sama sih minπŸ˜‚ aku kalo ada apa apa langsung browsing, gasuka minum obat jugaa.. Tak umpetin malah hahaha

      Hapus
    3. kita berdokter sama Google aja deh ya :)

      Hapus
  9. ini yang saya cari gan...dulu pernah ke dokter kulit mahal abis 500rb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan ke Apotek aja murah meriah muehe

      Hapus
  10. Dokter kita sama gan. Kebetulan saya juga tertular penyakit ini gara gara adek pulang dari pesantren. Dicoba dulu gan. Thx infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat mencoba gan.
      semoga berhasil dan pasti berhasil :)

      Hapus
  11. dimna bs belix gan, dbalikpapan aq gan, udh dcari tp smua kosong,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di cek di Bukalapak or apa gitu,
      Sepertinya tersedia teh.

      Hapus
  12. dimna bs belix gan, dbalikpapan aq gan, udh dcari tp smua kosong,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. gan pake salep nya tiap hari apa gimana, soalnya anjuran dokter 1 mnggu 1x aja aturan pakai salep nya, tlg dbls gan

      Hapus
    2. gan pake salep nya tiap hari apa gimana, soalnya anjuran dokter 1 mnggu 1x aja aturan pakai salep nya, tlg dbls gan

      Hapus
    3. Setiap hari dua kali gan.
      salep dari dokter itu namanya salep apa gan ?

      Hapus
  13. gara gara pesantren adiku menularkan kami sekeluarga gan,, udah kemana mana berobat blm kunjung sembuh gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikuti cara saya diatas.
      InsyaALlah smbuh

      Hapus
    2. gan untuk anak2 bleh gak

      Hapus
  14. berarti 2x sehari ya
    sy berselang 2hr 1x oles gan, tp sluruh kulit badan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga seperti itu tapi sembuhnya akan semakin lama teh.
      Saya menganjurkan sehari 2 kali teh :)

      Hapus
  15. di oles di permukaan yg gatal aja atau seluruh tubuh gan, thnks sblmx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dioles ke tempat yang gatal saja teh ..

      Hapus
  16. di oles di permukaan yg gatal aja atau seluruh tubuh gan, thnks sblmx

    BalasHapus
  17. Afwan, ente sembuh total? Ninggalin bekas nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sembuh total teh.
      sampe sekarang ga pernah kena lagi.

      Bekas ada tapi tidak begitu ketara,
      Bahkan bekas daerah scabies yang tidak terlalu banyak sama sekali ga ada bekasnya.

      Hapus
  18. ada info beli scabicid sekarang dimana ya,, rata rata apotik sudah tidak jual

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul gan, scabicid sekarang jadi jarang.
      tapi kalau scabimite di Bukalapak banyak gan, coba di cek :)

      Hapus
    2. Klo scabimite ampun sya ga sanggup, renyem.. Brusan nyari scabicid d apotik ngga ada hiks

      Hapus
    3. Klo scabimite ampun sya ga sanggup, renyem.. Brusan nyari scabicid d apotik ngga ada hiks

      Hapus
    4. Aih dulu aku cari sabicid di apotek manapun pasti ketemu.. kalo sekarag ko jarang yaah :(
      padahal scabicid sangat ampuh dan cepat ..

      Hapus
  19. baru ketularan sama adek yg kmrn liburan dari pesantren :( kemarin ke dokter dikasih resep scabicid, nyari di 6 apotek deket rumah kosong semua, terus tadi disaranin ganti scabimite sama salah 1 apotek. disaranin sih make keseluruh badan, eh baca review ini insya allah sembuh kalo diolesin yg gatal aja. mau nanya, kalo yg bekasnya gitu diolesin juga apa engga ya?apa cuman yg gatal aja? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup yang gatalnya saja teh.
      tapi kalo yang bekasnya belum yakin sembuh, masih boleh ko di olesi.
      tapi yang diutamakan yang terasa gatalnya saja ..

      DOkter memang nyuruh sampai keseluruh badan supaya kutu scabiesnya ga menyebar kemana-mana.

      Hapus
  20. Saya juga tertular sekeluarga nih gara2 keponakan saya.. namun rada susah penanganannya klo serumah kena. Krn ortu sy enggan pakai salep 😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Scabies emang paling mudah menular.
      satu kena yang lainya juga kena,

      wah, emangnya kenapa ibunya ga mau pakai salep ?

      Hapus
  21. Saya juga tertular sekeluarga nih gara2 keponakan saya.. namun rada susah penanganannya klo serumah kena. Krn ortu sy enggan pakai salep 😭😭

    BalasHapus
  22. Mau nanya nih ciri2 Scabbies . awalnya terasa kayak ditusuk jarum, terus terasa gatal, terus muncul bentol bentol membentuk garis, sekitar 5 menit hilang lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah Scabies ga kayak gitu teh.
      Scabies memang ada yang sampe membentuk garis, tapi tidak langsung hilang.
      kalo di obati baru hilang.

      Hapus
  23. Balasan
    1. Terimakasih kang Edi semoga bermanfaat ya kang :)

      Hapus
  24. Yes.
    Gue juga pernah ngalamin ini, 2-3 bulan abis masuk asrama. Awalnya parno banget, masa iya gue jorok? Penyakit kulit kan tanda jarang bersihin diri. Padahal gue mandi sehari 5 kali (dan Malang kan airnya dingin, sampe gue bela-belain).

    Sampe mikir.....apa sampai akhir hayat gue bakal gatelan terus ya? Kulit tangan jadi ancur. Pake manset sampe ujung jari.

    Alhamdulillah dapet pencerahan ke klinik. Iya bener skabies. Alhamdulillah lagi, bisa sembuh setelah dikasih salep apa gitu wkwkw.

    Lah jadi curhat, maapin bang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk, kutu scabies mau di mandiin berapa kali juga ga bakal mati wk.
      Tapi aku juga dulu kayak teh zahra loh tiba-tiba jadi sering mandi dan jaga kebersihan gitu.
      ternyata penyakit skabies ada hikmahnya juga yah, aku tiba-tiba jadi anak rajin :)

      Hapus
  25. Bang gua udh 3bln nin kena scabies gk hilang2 padahal juga udah pake scabimite juga.. yg ampuh gmna yaa.. soalnya smpe kepala smpai kaki bang

    BalasHapus
  26. tolong bles bangg. Udh lama gk tdur nyenyak nih

    BalasHapus
  27. Saya lg kena nih skrg, udah 2 minggu terakhir ini. Pas malam2 gini nih, wuihhhhhh. Gatel nya luar biasa.

    Inipun ngetik komentar sambil garuk tipis2. Tp skrg saya lg jalan resep dr dokter. Ada 1 obat oles + 2 obat telan yg d resepkan sama dokter. Sudah saya terapkan rutin selama 3 hari, tp belum ada perubahan. Nanti coba saya cari dah Scabicid nya.

    Btw mau tanya bos, kalo Scabicid nya dioleskan pd daerah kelamin, apa tdk berbahaya? Takutnya daerah sana kulitnya lebih sensitif. Tolong info ya bos? Gracias.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak berbahaya bos.
      Aku juga ada sediktit terkena di daerah kemaluan.
      Dan alhamdulilah sembuh.
      Scabicid sangat ampuh tapi jarang ada yang jual sekarang mah.
      nanti kalau sudah dapat kabarkan lagi ya gan, soalnya banyak orang-orang yang cari obat itu sampai sekarang belum nemu.

      Hapus
    2. Btw blog ini udh berusia 2 tahunan. Dr sejak pertama kali ente posting sampe skrg, tuh penyakit pernah kambuh lg apa enggak bos? Maaf ya tanya2 melulu, hehehe..

      Hapus
    3. ALhamdulillah ga pernah kambuh lagi.
      Aku sembuh total :)
      Walaupun masih ada bekasnya di kulit lengan tapi ga terlalu ketara :)
      Scabicid membantu aku banget :)

      Hapus
  28. Kalau direndem sama air hanget rasanyaa ihhh enaknya 😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Palling enak kalo digaruuk bang,
      bukmaaaat banget rasanya.
      eh tau tau besoknya jadi tambah melebar gatelnya huhuuu

      Hapus
  29. Kalau direndem sama air hanget rasanyaa ihhh enaknya 😊😊

    BalasHapus
  30. permisi gan, aku mau nanya nih, salepnya kan di olesin 2x sehari...itu harus dihabisin yaa 1 salepnya ??? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak harus dihabiskan.
      Kalau emang bisa sembuh lebih cepat kamu ga perlu pake salep lagi.
      tapi berdasarkan studi kasus dilapangan justru satu salep ga akan cukup.
      aku aja pakenya dua salpe baru sembuh total :)

      Hapus
  31. Ini pengalaman yang dialami baby sy gan..awalnya spt ruam dikaki, udh dikasi salep kulit biasa, ko melebar bnyak. Dlm 3hr itu ruam smpe ke seluruh badan. Ngeliatnya agak merinding. 2x berobat gk sembuh, ktanya ruam biasa, cm dkasi bedak anget doank.. Penasaran sy berobat lagi, ktanya kena virus scabies. Trus dkasi salep scabimite. Dipakenya mlm aja seluruh badan. Sma mandi pke air PK. Eh iya dlm 2hr berangsur ilang.. Alhmdulillah... Smpe skrng agk parno kalo dkasi ruam, lgsng ta olesin salep itu..ahhahaa .. Pelajaran berharga, harus ttp menjaga kebersihan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waiya teh scabies emang ga bisa sembuh pake salep biasa.
      Apaalagi anak kecil yang kulitnya sensitif pasti cepet banget menyebarnya.

      Tuh manteman ada testimoni pengguna scabimite nih,
      Alhamdulillah sembuh moga ga terjangkit scabies lagi yatej :)

      Hapus
    2. beneran teh? aku lg kena ini tp belum kucoba.. udh 1 mingguan ini kalo gak salah.. cara pemakainannya gmna,? trus minum obat apa? trus makanan apa aja yg gk boleh di makan? makasih

      Hapus
  32. Scabicid kayaknya udah gak dijual dipasaran deh.. Adanya scabimite, ini kan ketularan kucing aku kena scabies gan..kalau buat kucing bs juga gak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan sepertinya udah ga ada di pasaran karna udah jarang banget.
      Kalo salep dikasih ke kucing aku kurang tau dah, belum pernah nyoba soalnya wkwk.
      Mungkin agan bisa bereksperimen terlebih dahulu O.o

      Hapus
  33. Kalo saya gatel y pas telapak tangan sama telapak kaki tpi nih bntuk y bkan begitu . Melenting trus klo di tusuk ma jarum keluar air. Bntuk y kecil2 gatel nya naidzubillah. Apa kah sama scabies..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ka, bisa jadi itu scabies,
      Scabies emang banyak bermunculan di telapak tangan dan telapak kaki.
      Aku juga heran padahal kulit telapak tangan/kaki itu tebel tapi scabies justru bisa bersarang disitu :(

      Hapus
  34. Scabicid sekarang dah ga keluar kak kata apoteker pas kemarin aku nyari di apotek.
    Trs ibuku nyuruh beli bedak kuda terbang, banyak di toko2 muraaaah bgt cuma 2rebuan. Daaaan scabiesku sekarang alhamdulillah sembuh. Gada salahnya yg masih blm sembuh bisa nyoba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. WIIIH, Makasih banget nih Infonya.
      Pasti bermanfaat banget buat teman-teman yang lainya :)
      Btw, aku baru denger merek bedak kuda terbang wkwk

      Hapus
  35. Assalamualaikum...hiiihiii
    Aq udah 1 bulan kena scabies..udah k dokter d kasih krim2 gt..
    Kmren pas abis nyoba sehari gk make lgsg gatel panas gt kak..
    Aq jadi galau.. udah k dokter jg blm sembuh... huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga dulu hampir sebulan ga sembuh sembuh ..
      Terus rutin pakai obatnya ya dan jangan digaruk.
      InsyaAllah Pasti sembuh :)
      Doaku menyertaimu

      Hapus
  36. Aku udahh 2 bulan kena penyakit ini bahkan sampai kelamin, kalau boleh tau kesehariannya harus gmna ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. KEseharianya harus jaga kebersihan ya ka,
      Sebisa mungkin jangan bersentuhan langsung dengan orang lain karna penularanya sangat cepat.
      Satu lagi jangan lupa oleskan salep scabies secara rutin.

      Hapus
    2. Sya adanya scabimte gan itu pkenya kpan aja ada ketrangan sekali pke

      Hapus
    3. Kalau saya belum pernah pakai scabimite. Saya dulu pakainya scabicide.

      Saya pakainya pagi setelah mandi dan malam sebelum tidur.

      Hapus
  37. Gan saya juga kena scabies ni sudah hampir lebih Dr 2bulan gatelnya naujubilah tapi si klo pake salep bayi mendingan tapi bersifat sementaranah, Dr yg ane liat di postingan ente ni yang recomended paten yg mana yak scabimite apa scabicide.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku reckomendasiin pakai scabicide, sayanganya sekarang sudah jarang di jual di Pasaran jadi agan bakal sulit banget nemunya.
      Tapi agan bisa beli scabimite saja, manfaatnya sama ko bisa menghilangkan scabies. sedangkan salep lainya kurang recomended karna tidak akan menyembuhkan scabies :)

      Selamat mencoba semoga lekas sembuh, karna ku tau gatel itu ga enak banget huhu

      Hapus
  38. Scabicide atau scabimite aman buat bayi gk gan....?
    Kasian anak saya tiap malem kebangun mungkin karna panas sama gatel banget..
    Trus scabeis itu bentolan nya yang ada kayak air di dalem bentolnya itu bukan..?
    Mohon pencerahannya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Scabimite aman di pakai untuk Bayi berumur diatas 2 bulan.
      Jenis scabies memang ada yang kering bahkan ada juga yang basah.
      Namun, akan lebih baik kalau mas Arjuna konsultasi ke dokter ya, mengingat kulit bayi eta sangat rentang terkena penyakit kulit :)

      Hapus
    2. Iya om kasian penuh dari kaki tangan sampe muka, udah 2 minggu dan udah 2x ke dokter tapi belum sembuh juga..
      Nyari scabicide ke apotek gk ada cuman ada scabimite, mudah mudahan cepet sembuh kasian kayaknya gatel banget

      Hapus
    3. Asli itu gatel banget, kasihan bayinya :(
      Tapi diusahakan jangan sampai di garuk ya supaya ga nyebar kemana-mana.
      Rutin pakai obatnya ya kang, memang agak lama tapi pasti sembuh kok :)

      Hapus
  39. Itu saya pakai salep yg ada kandungan betamethasone..kira² ampuh gk ya
    .
    .
    .
    Trus mau nanya..hubungan vitamin c sama penyakit scabies apa ya..kok tadi saya dapet vitamin c dari dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahuku sampai saat ini baru ada 2 salep scabies yang ampuh, scabicid dan scabimate, selain dari salep itu sepertinya tidak ampuh.
      Sebetulnya ga ada hubunganya sama vitamin c,
      Mungkin jenis penyakit kulit yang mba alami bukan scabies, jadi butuh vitamin c O.o

      Hapus
  40. coba siapa yg didaerah masing masing masih jual salep scabicid , kalo ada titip donk, saya kena scabies nih ,,,,? please

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke nanti aku coba tanya ke Apotek tempatku beli Scabicid ya,
      Tapi kalo ga ada jangan nyesal ya hee

      Hapus
  41. hubunngi anee gan, kalo didaerah kamu ada yg jual salep scabicid , aku minta titip beliin dan dipaketin, please,,,bang khoirsul leon...? 085747374417 WA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap!
      Nanti aku tanyain dulu ke apoteknya yaa :)

      Hapus
  42. hubunngi anee gan, kalo didaerah kamu ada yg jual salep scabicid , aku minta titip beliin dan dipaketin, please,,,bang khoirsul leon...? 085747374417 WA

    BalasHapus
  43. Saya sekeluarga jg kena. Mhn gan info nya kl msh da si salep scabicid nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atuh sekeluarga banyak amat :(

      Siap kakak :)

      Hapus
  44. Berbagi info aja sih.. dulu saya juga pernah terkena scabies. Kebetulan saya pernah tinggal diasrama satu tahun. Awal-awal kena scabies aku kira kutu air karena dia berbentuk bulat kecil dan sedikit ada air, nah si scabies ini tersebar mulai dari sela jari tangan, kaki, badan sekitar ketiak sikut dan lutut... kalau malam gatalnya bukan main. Sering ngga bisa tidur bahkan kadang2 risih dan ngga nyaman sendiri. Pernah pakai salep anti jamur, salep penyakit kulit, bahkan mandi dengan serbuk yg mengandung sulfur yg bau-nya bukan main, tapi hasilnya nihil. Awalnya dikasih tau teman kalau penyakit ini namanya scabies.. dan waktu itu direkomendasiin beli salep di apotik. Waktu di apotik dikasih krim scabimite. Kemasaannya warna merah, dan waktu seblum tidur dioles ke bagian yg gatal, jujur sih pertama kali dipakai kerasa tambah gatal dan panas, sampai2 susah tidur, tapi ada yg bilang memang begitu reaksinya. Tapi alhamdulilah, cuma pakai satu tube scabimite, scabies sya sembuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. BEtul banget gan, selain scabicid bisa juga pakai Scabimite,
      Mengingat sekarang jarang banget yang jual scabicid. Tapi melihat progreess dari Mimin Anonymous sepertinya scabimite juga terbukti ampuh.

      Hapus
    2. Bang itu pake scabimite berapa kali sehari? Terus yg di oles hanya d bagian yg gatal saja kah?

      Hapus
  45. om rk naros nya, pmi eta mser scabicide/scasbmite di apotek sbrha kira2? srg nu sbrha gram? nyungken info na nya kang, iye tos 2bln panyakit aduh, tos di bw k belerang malah kambuh deui. nhun kang saacan na :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harganyamah murah kang, cuman 20 rebuan. Itu untuk salep ukuran kecil.
      kalo mau beli yang besar juga boleh kang jadi nanti ga usah beli beli lagi sampai scabiesnya bener-bener sembuh.
      Harga bisa jadi lebih murah atau tambah mahal ya kang tergantung daerah masing-masing ya.
      Btw, kalo di daerah akang ga ada yg jual scabimite coba beli Online ya, di Bukalapak banyak banget yg jual loh :)
      o iya, kalo sembuhin gatel di belerang kayaknya ga akan sembuh gan haha

      Hapus
    2. akang itu pas msih pemakaian salep nya bli yg kecil ato besar? trus kepake brpa kali?

      Hapus
    3. oh nya belerang asli kangmmatak sembuh, asalkn rutin sminggu 2x, soalna itu mh ci panas asli gunung kan

      Hapus
    4. Aku beli 2 salep yang ukuran kecil gan,, dan langsung sembuh.
      DI beberapa kejadian orang yang kevbeleran kebanyakan ga sembuh-sembuh gan. tetp be gatel, karna emang jenis penyakit kulitnya beda he

      Hapus
  46. sip gan, kmrin saya nyobain beli yg 20gr 49rban, dan lumayan udh agak hilang dkit, cuma keburu habis tuh salep jdi msh gatel dkit lah. nah yg jdi msalah nih gan, saya kan gatel ada di tangan, sering di garuk2, nah itu bekas nya jadi jelas gitu gan, kira2 cara ngilanginya gmna ya.. boleh minta no whatsapp nya gan, biar gampil kontek. hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. KAlo bekasnya bakal lama banget ialngnya gan, ampe bertahun tahun keknya.
      Tapi udah sembuh dari gatel aja udah bersyukur banget gan :)
      Intinyamah jangan di garukin ya gan, emang ga nahan si tapi plis diusahakan ya haha

      Hapus
  47. scabies nyiksa banget gatelnya :'(

    BalasHapus
  48. Anak saya umur 11 bulan juga kena scabies mungkin dapat dr tempat penitipan. Sedih banget apalagi pas ngeliat dia ngegaruk bentol yg berisi cairan sampai pecah. Udh d bawa k puskesmas, spesialis anak, sampai akhirnya minggu lalu saya bawa k dokter kulit. Terus dikasih salah medscab permethrin 5%. Alhamdulillah udh sangat banyak perubahan. Malam ini saya olesin lagi salapnya utk pemakaian yg ke 2x. Semoga anak saya sembuh total.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah kasian sekali kalau anak-anak yang kena scabies :(
      Rutin pakai obatnya ya,, pasti sembuh ko :)
      btw aku baru denger nama merk obatnya tapi sepertinya itu juga manjur :)

      Hapus
  49. Mau tanya ka, kalo kaka berapa minggu ya sembuhnya setelah pake salep itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ga salah 1-2 bulan ka.
      Agak lama memang tapi abis itu ga pernah kena lagi :)

      Hapus
  50. Kak di anjurkan minum griseufulfin trus hilang lama kelamaan muncul lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. AKu dari awal ga pernah minum obat.
      MEnurutku yang namanya penyakit kulit berarti penyakit luar
      Jadi ya cukup di olesin salep aja.
      Emang ada sih yang harus minum obat tapi kalo bisa cukup pake salep kenapa engga :v

      Hapus
  51. Stiap hari tersiksa terus kak

    BalasHapus
  52. Balasan
    1. SUdah dibalas itu ya wkwk.
      Pake salepnya yang rutin ya kak ntar juag sembuh aku berani jamin :)

      Hapus
  53. mau tanya gan , sebenernya ini saya kena scabies baru 2 minggu tanpa perawatan abis itu mulai make scabimite , mandi make sabun sulfur sama make air yang dikasi bubuk pk hasilnya uda lumayan dalam seminggu , tapi ada yang di kemaluan juga gan , gatelnya sih uda enggak tapi masi ada bekas-bekasnya dan masi ada yang bentol dan kadang keluar cairannya juga kira-kira kenapa ya gan ?
    sama mau nanya itu waktu perawatan, handuk , sprei dll uda pada diganti dulu ?
    maaf ya gan tanya banyak banget wkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Scabiesnya bekum bener-bener sembuh itu gan.
      Kalo udah sembuh total ga bakal kerasa gatel-gatel lagi, tapi kalau bekasnya pasti ada. Warna kulit jadi agak kehitam-hitaman. terus di olesi ya scabimitenya sampe sembuh total.

      Pas perawatan handuk, seperei dll ga perlu diganti, yang penting di cuci bersih aja gan, kalau bisa sekalian di rendam pakai air panas :)

      Hapus
  54. Mau tanya gan,adik sy kena penyakit scabies selain pake salep scabimite bolh ga kl mandi pake dettol atau asepso..?kira2 bgs mana gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake sabun jf sulfur aja gan
      Sama pake scabimitnya 8-12 jam jgn sampe kena akir diulang lagi seminggu gan

      Hapus
    2. Sabun merek apapun tidak akan berdampak sama scabies karna ga bakal membunuh kutu scabiesnya. Namun, akan lebih baik kalau pakai sabun secukupnya saja agar kulit tidak iritasi.

      Hapus
  55. Maaf gn nanya lgi mksudnya diulang seminggu itu pakenya 1 minggu sekali .?klo yg udah keluar nanah bagusnya berapa hri sekali?yg di olesin yg lukanya aja atau seluruh badan ?soalnya sy denger seluruh badan.jd yg bener yg mana ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya mandi dengan sabun apapun tidak masalah.
      Yang penting setelah mandi kulit harus di lap sampai kering ya,
      Setelah itu diolesi salep cukup dibagian yang gatalnya saja, biarkan sampai kering.

      Kalau menurut saya, salep tidak perlu dipakai keseluruh badan karna pemborosan.
      Namun, jika dirasa ada salah satu bagian kulit yang mulai gatal tapi bintik scabiesnya belum kelihatan lebih baik langsung di olesi salep, mengantisipasi agar gatalnya tidak menyebar kemana-mana.

      Hapus
  56. Terimakasih gan infonya....

    BalasHapus
  57. aku tau penyakit ini karena kucingku kena scabies dan itu sangat berbahaya karena bisa mematikan. Makanya ngeri juga yah kalau scabies kena manusia juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Scabies dari kucing juga bisa menluar ke manusia,
      Penyakit ini emang ngeri banget, bikin jengkel :(

      Hapus
  58. postingan agan nih paling muasin.. Dr kmaren ngubek google itu2 lagi..kbnyakan pada copas... Bayi saya yg setaun juga ank saya 6thkena juga nih gan.. Ktularan adek saya pas libur kuliahkerumah,,selama kuliah dy kan ngekost.. Mo nanya gan? Itu agan beneran pake obatnya tiap hari,tiap abis mandi? Bnyk info brosing2 dan dokter juga nyaranin sehari pake,trus di jeda seminggu kmudian pakelagi,? Gmn tuh gan.. Mohon pencerahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh aku rutin tiap hari. Sesuai dengan apa yang aku ceritain diatas.
      Kalo makenya seminggu sekali nanti scabiesnya malah tambah banyak dong :(

      Hapus
  59. Gan saya scabiesnya sampai seluruh badan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang bekas scabiesnya masih nggak?

      Hapus
    2. Udah ilang kok gan tenang saja :)
      E tapi ada deng dikit, samar samar.

      Hapus
  60. beli obatnya dimana ya agan

    BalasHapus
    Balasan
    1. DI apotek terdekat gan, banyak yang jual.
      Tapi kalo males keluar bisa beli online kok ...

      Hapus
  61. Anak ku dari pesantren kena nih oom, kmren aku jemput pulang, r3ncana mo berobat ke dokter kulit, baca postingan oom ini kayaknya mo coba pake scabicide atau scabimite ajah, Insha Allah sembuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa iya di coba aja dulu,
      nanti kalo ga sembuh baru deh ke Dokter. Aku yakin si sembuh, INsyaAllah :3

      Hapus
  62. Pakai scabicore permethrin 30gr juga bisa itu resep dari dokter umum. Krn q pakai scabimite makin nyebar ampe paha. Pemakaian 2hari sekali secara berulang sampai salep habis, dioles di bagian yg gatal. Diamkan setidaknya 12jam. Kalo gk nahan gatalnya bisa minum obat bufacaryl 3x1, dan antibiotiknya Topcillin 3x1. Obat minumnya tuk dewasa sj, anak2 cukup salep sj. Moga bermanfaat yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sharingnya kak.
      Pasti bermanfaat banget buat yang lain.

      btw Aku baru denger ada obat Scabicore permethrin :)

      Hapus
  63. Saya terkena scabies sejak bulan November 2017 hingga kini belum sembuh juga tapi dulu seluruh badan yang kena kemudian saya berobat ke dokter umum diberi salep racikan dan obat tidur agar tidak gatal, perlahan scabies ditubuh saya sudah sangat berkurang sekarang yang masih ada hanya di daerah vital saya dan nggak tau kenapa belum sembuh juga padahal sudah pakai scabimite sampai" saya kasih salep 88 pun juga belum sembuh padahal tinggal di daerah vital saya saja tapi kok sulit sekali ya sembuhnya
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oalah bisa gitu ya,
      Kalo aku dulu ga terlalu banyak di daerah vital,
      Sembuhnya juga relative cepat.
      Kasus tiap orang emang beda-beda kang, terus di obati saja ya.
      Dan jangan di garuk.

      Hapus
  64. saya juga bingung nihh selama 2 minggu lebih gatal2 di daerah selangkangan dan kemaluan,,, bingung harus bagaimana....
    lalu ketemu teman saya yang katanya sama seperti saya.. dia sudah konsultasi ke dokter dan katanya dia terkena skabies,, jadi saya ikutin deh kata dia, pergi ke apotik dan minta obat skabies,,diberi salep scabimite sama obat pereda gatal..
    semoga benar dan sembuh... aamiin..
    terima kasih gan.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, moga lekas sembuh ya gan.
      Nanti progressnya kabarin lagi ya :)

      Hapus
  65. Wahh saya juga kena nih, senin kemarin baru berobat ke puskesmas saya dikasih salep scabimitenya dan saya pake dari bagian dada sampe dengkul, saya pake ini sehari 2x. Terus saya perhatiin kok bentolannya malah makin merah ya, setelah baca beberapa komen diatas kayanya saya make salepnya berlebihan deh πŸ˜‚ ada saran mungkin gan? Saya juga dari 1 hari yg lalu sudah mulai mandi pakai dettol cair dan sabun asepso

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya gan saya dapet obat minum juga 2biji yg satu amoxylin(setau saya ini antibiotik) dan ada yg satu lagi, saya pake salepnya setiap hari dalam 3 hari ini apakah mungkin ini terlalu over? Kira" saran agan berapa lama selang waktunya kalo saya pake salep?
      Saya sempet was was juga agak stress karna baru pertama kali juga. Cuma abis baca beberapa komen disini agak berkurang lah was wasnya hahaha tolong direspon ya gan

      Hapus
    2. Pakai salep 2 kali sehari wajar kok gan,.
      ane juga pakenya segitu, dibiarkan sampe kering.

      Scabies emang cepet banget nyebarnya jadi ga heran kalo merahnya terus bertambah, Pengalaman kebanyakan orang kalo rutin pake salep paling sembuh sekitar 1-2 bulan gan. ada juga yg sampe bertahun-tahun, tapi kasus tiap org berbeda2 si gan.

      yg penting istiqomah berobat ya :)

      Hapus
    3. O iya, ane Pake salepnya malem sebelum tidur dan pagi setelah mandi.

      Hapus
    4. Alhamdulillah ane sudah mendingan gan. Pakai scabmite,sabun asepso dan dettol cair antiseptik, mandi dan sebelum nyuci baju dibilas pakai air hangat. Sprei juga abe mulai ganti pake sarung biar ga balik lagi tuh ahahah. Doakan secepatnya bisa sembuh (^-^)/

      Hapus
    5. Awwwk jadi seneng dengernya,
      Pasti langsung lega banget ya gan hahaa

      Hapus
  66. Kalo bekasnya biar cpt ilang pake salep apa ya sya udh pake nisagon,bio oil tapi ttp blm hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya agak sulit kak.
      harus nunggu bertahun-tahun sampe bekas lukanya hilang sendiri huhu :(
      Tapi kalo bakas lukanya cuma bintik-bintik doang mah sebulan duabulan juga bakal ilang kok :)

      Hapus
    2. Kalo segede bentol bissa lah bulet gt lama yaa haduh cewe mah jd ga pd ya aplg ini d kaki huhuhu mana lg stres banget ga ilang2 ni kutunya gigit mulu

      Hapus
    3. jangankan cewe, aku yang cowo aja uring uringan wkwk. Tapi sekarang udah ga berbekas kok :)

      Hapus
  67. Gan skabies ane udah ampe kelamin ane trus seluruh tubuh ane gatal nauzubillah boleh pakai nya ke kelamin gan? Trus waktu berobat ke dokter, dokternya kasih acidum salicylicum sulfur praecipitatum katanya oles pada bagian yg gatal tapi boleh gak kasih ke kelamin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dioles ke kelamin kok gan, InsyaAllah aman :)
      Yg terpenting jangan di garuk yes

      Hapus
  68. Sedih banget ni kutu.. Rasanya kok ga ilang2.. Padhl 2bln ini udh ngerasa lebh baik,ank2 udh ga mlenting2,cuna emnag si kaka masih suka liat dy garuk2 kemaluanya sih..apa karena masih ada x ya dsitu.. Duh bingung banget dah ah.. Ni mo berjuang lagi, terus salepin lagi jgb sampe bolong2 lagi,, biar sembuh total.. Semangat ya ..buat semua pejuang scabies..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya 2 bulan masih belum cukup untuk mematikan scabiesnya kak.
      Masih harus berjuang lagi supaya bener-bener sembuh total.
      Ayo semangat semuanya :)

      Hapus
  69. Gan scabies kamu bentuk nya gimana klo q kok bentuk nya kaya bentol bentol nanah gitu ya apa obat nya tetep sama gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan tetep sama. ciri kulit Scabies emang gitu agak basah kalau sudah lumayan parah.
      Gunanya pake salep supaya kering.

      Hapus
  70. Thank infonya gan tak coba besok

    BalasHapus
  71. Gan saya udh pake salep, terus bekas bentolnya kering2 gitu,apa itu sudah sembuh? Tapi ga gatal gan.

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search