5 MANFAAT YANG AKAN KITA DAPATKAN JIKA SUKA BERBAGI DENGAN SESAMA


"Semakin banyak engkau memberi, semakin banyak engkau menerima". Itu adalah salah satu motto hidup yang akan selalu kuingat, tepatnya saat aku bertemu dengan seorang kakek penjual es serut di bawah pohon rambutan.

Dulu saat aku masih duduk di bangku sekolah Kejuruan aku pernah mengalami kejadian yang sangat memorable.

Saat itu, seperti biasa aku pulang sekolah menggunakan sepeda ontel. Ditengah perjalanan aku melihat seorang kakek tua renta yang sedang beristirahat di bawah pohon rambutan. Kakek itu duduk bersandar di gerobak es serut dagangannya dengan raut wajah yang tampak sedih dan kelelahan.

Entah apa yang menggerakkan hatiku tiba-tiba saja kakiku spontan berjalan ke warung makan terdekat untuk membeli sebungkus nasi dan sebotol air minum.

Setelah itu aku datangi lagi si kakek dan kuberikan nasi bungkus tersebut kepada beliau.

"Permisi pak, bapak sudah makan siang atau belum? Ini saya ada sedikit makanan untuk bapak" kataku sambil tersenyum lebar. "Wah ini beneran buat saya? Alhamdulillah!" Dengan mata yang berbinar si bapak mengambil makanan dari tanganku dan tidak henti-hentinya mengucap syukur dan berterimakasih.

Sebelum berpamitan, beliau bercerita kalau dagangannya memang sedang sepi pembeli. Sehingga beliau tidak mempunyai simpanan uang sama sekali, bahkan perutnya masih belum terisi sejak pagi hari.

Mendengar hal itu hatiku jadi terenyuh, tapi disisi lain aku juga jadi merasa 'plong' karna sudah membantu si Kakek, seperti ada rasa bahagia yang sulit digambarkan.

'Orang yang paling baik diantara kamu adalah orang yang paling bermanfaat untuk orang lain.

Dari kejadian di atas hatiku jadi terbuka untuk senantiasa melakukan kebaikan untuk orang lain. Aku jadi aktif mengikuti berbagai kegiatan bakti sosial ke panti asuhan dan sering juga membagikan makanan ke jalan-jalan.

Berbagi makanan ke salah satu Panti Asuhan di Depok

Anak-anak Panti Asuhan menikamti nasi kotak

Selama melakukan kegiatan 'berbagi' ini ada banyak sekali manfaat yang aku rasakan. Diantaranya yaitu:

1. Meningkatkan rasa syukur
Hanya dengan menyisihkan sebagian kecil dari yang kita miliki, kita akan menjadi tahu kalau di luar sana masih ada banyak orang yang kurang beruntung. Dengan begitu kita akan bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki saat ini.

2. Membuat hidup lebih bahagia
Saat berbagi, otak akan memproduksi hormon dopamine yang menghasilkan perasaan bahagia dan hormon oxytocin yang mengurangi stres. Lihat saja orang-orang yang bersedekah tidak ada tuh yang sambil cemberut, pasti tersenyum dengan wajah bahagia. Jadi berbagilah meski pun sedikit dan rasakan manfaatnya.

3. Menularkan kebaikan
Saat kita melakukan kebaikan untuk orang lain, kebaikan tersebut akan selalu teringat dipikiran mereka. Tidak menuntut kemungkinan orang yang kita bantu akan melakukan hal yang sama ke orang lain. Ini yang dimaksud dengan kebaikan yang menular.

4. Berbagi Memperpanjang Umur
Berbagi dapat meningkatkan kebahagiaan diri dan kepuasan hidup. Orang-orang yang memiliki tingkat kebahagiaan yang baik akan memiliki kesehatan jantung yang terjaga serta memiliki Tekanan Darah yang stabil sehingga kita akan terhindar dari berbagai penyakit

5. Meningkatkan Rasa Peduli
Sebagai makhluk sosial tentu kita perlu menjaga hubungan baik dengan sesama. Salah satunya yaitu dengan berbagi.
Jika ada yang sedang membutuhkan, alangkah baiknya kita membantu mereka. Karena berbagi itu tidak hanya bermanfaat bagi orang lain, tetapi untuk diri sendiri juga.

Membeli makanan untuk diberikan kepada supir angkot

Disaat pandemi covid-19 seperti ini kegiatan membantu terhadap sesama sangatlah diperlukan. Mengingat ada banyak sekali orang-orang terdampak yang kehilangan pekerjaannya sehingga tidak mendapatkan penghasilan.

Kegiatan berbagi ini tidak perlu yang terlalu mewah, cukup yang sederhana saja tapi manfaafnya dapat dirasakan oleh banyak orang. Contohnya seperti program makan gratis dari Wahyoo.

Jujur, aku baru tahu loh ada starup bernama Wahyoo. Jadi ini tuh platform untuk membantu para pengusaha warung makan untuk menjual makanan mereka.

Nah kini Wahyoo bekerjasama dengan JNE melakukan kegiatan 'Rantang Hati JNE' untuk memberikan makan gratis bagi orang-orang yang terkena dampak covid-19.


Sumpah deh aku pengen banget ikutan bagi-bagi makanan gratis bareng Wahyoo dan JNE. Tetapi disituasi seperti saat ini ga banyak yang bisa aku lakukan, aku cuma bisa cerita lewat tulisan ini kalau orang baik itu masih ada.


Berdasarkan info ter-update yang aku tahu, Kini sudah ada lebih dari 24.500 warga di Jakarta yang sudah merasakan program makan gratis ini, wow ada banyak banget kan?! Berkat program ini juga para pengusaha warung makan jadi tetap bisa melanjutkan penjualan mereka.


Jadi, program #RantangHatiJNE ini bukan cuma membantu masyarakat yang membutuhkan, tapi juga terus mendorong ekonomi dengan membuat penjualan warung-warung makan naik lagi setelah sebelumnya menurun karena pandemic covid-19.


Semoga kegiatan 'Rantang hati JNE' ini akan terus berlanjut dan penyebarannya semakin diperluas lagi. Seneng akutuh melihat ada orang-orang yang masih peduli terhadap sesama. Salut!

4 komentar:

  1. Puji Tuhan yaa masih banyak orang baik di sekitar kita. Semoga keinginan untuk berbagi ini menular ke sesama supaya lebih banyak orang bisa emrasa terbantu. Thanks for sharing, Kak. :)

    BalasHapus
  2. MaasyaaAllaah betapa mulia hatimu mas. Dan memang sudah teruji, aku merasakannya sendiri. Terimakasih telah berbagi, dalam bentuk apapun--kepada siapa pun, selama ini. Aku belajar banyak.

    Apalagi ayam teriyakinya. Ayo kita buka warung nasi.

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah, di saat situasi seperti ini masih ada orang yang peduli dengan sesama. Semoga semuanya dibalas dengan balasan yang lebih. Aamiin..

    BalasHapus
  4. nomor 2 itu yg pasti kurasakan bila bisa berbagi kepada sesama

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search