5 Tips menciptakan ruang kerja yang nyaman di rumah saat pandemi covid-19


Tahun lalu aku memutuskan untuk resign dari kantor. Aku sudah tidak betah bekerja kantoran dari jam 8-5 sore. Aku merasa pekerjaan yang kulakukan seakan monoton disitu-situ saja. “Kalau begini terus aku gak akan bisa berkembang”, fikirku. Aku butuh sesuatu yang menantang untuk meningkatkan skill yang kumiliki.

Sebetulnya pimpinan perusahaan menahanku agar tidak resign, tetapi aku tetap bersikukuh pada pendirianku. Menurutku, resign adalah satu-satunya jalan agar aku bisa keluar dari zona nyaman sehingga aku dapat mengembangkan bakat yang mungkin selama ini masih terpendam.

Alhamdulillah, keputusanku untuk resign tidak sia-sia. Kini, aku jadi punya banyak waktu untuk melakukan berbagai hal yang kusukai seperti jalan-jalan, kumpul bareng keluarga, baca buku, belajar masak dan masih banyak lagi. 



Pekerjaanku sebagai freelancer juga cukup menyenangkan karna aku bisa melakukan pekerjaan di mana saja dan dan kapan saja. Yah, walau pun dari segi penghasilan tentu sangat berbeda dengan pekerja kantoran. Pendapatanku sangat tidak menentu karna aku tidak mendapat kucuran gaji rutin setiap bulan.

Apalagi saat ini sedang dilanda wabah virus covid-19, Pemasukanku pun jadi semakin seret haha. Tetapi aku patut bersyukur karna aku sudah terbiasa bekerja dari rumah. Nah, bagi teman-teman yang terpaksa dipekerjakan dirumah mungkin harus beradaptasi lagi nih untuk melakukan WFH (Work From Home). Sebab, bekerja dari rumah ternyata tidak seenak yang dibayangkan. Ada banyak sekali gangguan yang menyebabkan pekerjaan kita tidak selesai-selesai. Seperti koneksi internet yang kurang stabil, suara berisik dari lingkungan sekitar sampai tingkah anak yang membuat konsentrasi kita jadi buyar haha.
Sumber: Pexel.com
So, berikut ini ada beberapa tips nih untuk menciptakan ruangan kerja yang nyaman di rumah supaya pekerjaan kita dapat lebih produktif. Tips ini berdasarkan pengalaman pribadiku loh.

1. Miliki peralatan kerja yang mumpuni

Hal pertama yang perlu kita persiapkan adalah menyiapkan peralatan kerja seperti laptop untuk mengetik atau video call, buku catatan, alat tulis, sampai jaringan internet yang stabil. Jika biasanya kita menggunakan fasilitas kantor kini sudah saatnya kita menggunakan fasilitas milik pribadi. Jadi, harus dipastikan peralatan yang kita miliki mumpuni untuk menunjang segala jenis pekerjaan kita.

2. Ciptakan ruang kerja yang nyaman
Melakukan pekerjaan di rumah akan berbeda rasanya seperti bekerja di kantor. Namun, kita tetap bisa menciptakan tempat kerja dirumah seperti suasana kantor loh. Salah satunya yaitu dengan membuat ruang kerja pribadi di salah satu sudut ruangan rumah senyaman mungkin.


Aku sendiri sudah membuat ruangan kerja minimalis dengan menggunakan meja kecil, kursi dan beberapa aksesoris lainnya. Ruangan ini sangat efektif membuatku lebih produktif dalam bekerja.

Kita juga bisa membuka jendela lebar-lebar untuk membiarkan cahaya matahari masuk. Cahaya matahari yang menjadi penerangan alami tak hanya menghemat listrik, tapi juga terasa lebih nyaman di mata dengan tidak membuat lelah.

3. Membuat jadwal kerja dan to do list
Bekerja dari rumah bukan berarti kita bisa bekerja seenaknya. Aturlah jadwal dan buat to do list agar pekerjaan kita dapat selesai tepat waktu. Berikut ini contoh jadwal kerja versiku, kalian bisa membuat yang lebih rapih lagi ya hehe.


4. Bekerja diruangan yang minim gangguang
Membuat suasana yang nyaman saat bekerja di rumah tentu akan menjadi hal yang sedikit merepotkan. Bekerja dirumah lebih banyak godaan daripada bekerja di kantor yang membuat kita tidak jadi melakukannya seperti tugas rumahtangga dan bermain bersama anak.

Suara bising kendaraan yang berlalu lalang di depan rumah juga kadang membuat kita sulit berkonsentrasi. Jadi, aturlah ruangan kerja senyaman mungkin agar terhindar dari beberapa gangguan ini.

5. Menjaga komunikasi dengan rekan kerja
Meski bekerja dari rumah, jalin komunikasi dengan rekan-rekan di kantor sangatlah penting. Jangan sampai kita menghilang saat orang lain sedang membutuhkan kita. Aktifkan notifikasi email, aplikasi obrolan dan nada dering ponsel agar komunikasi dengan kantor berjalan lancar.

Berkomunikasi dengan rekan kerja juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan mood. Buatlah group obroloan santai untuk membicarakan hal-hal yang tidak terlalu serius. Apalagi disaat pandemi seperti ini, obrolan yang dapat menguatkan satu sama lain sangat dibutuhkan untuk kesehatan mental.


Nah teman-teman, itulah 5 tips untuk menciptakan ruangan kerja yang nyaman supaya kita bisa lebih produktif dalam bekerja dari rumah. O iya semua peralatan kantor di atas rata-rata aku beli secara online loh. Mulai dari laptop, kamera, meja kerja, kursi, wire grid sampai berbagai aksesoris lainnya.

Selain untuk mendukung pemerintah menanggulangi penyebaran virus covid-19, belanja online juga lebih mudah karna kita tidak perlu keluar rumah yang malah nantinya bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain.


Salah satu barang yang aku beli menggunakan ekspedisi JNE

Bisa dibilang belanja online sudah menjadi gaya hidupku sehari-hari, jadi aku paham betul bagaimana cara mencari barang yang berkualitas di marketplace. Aku juga selalu menggunakan jasa kurir yang terbaik agar barang bisa cepat sampai dengan selamat.

Biasanya sih aku pakai ekspedisi JNE karna layanannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Barang apapun pasti bisa di kirim lewat JNE dari mulai barang ukuran kecil yang rapuh sampai barang dalam ukuran besar seperti meja, kursi sampai motor.

Nah, untuk pengiriman barang dalam jumlah besar ini kita dapat menggunakan layanan JNE Trucking (JTR). Melalui layanan JTR ini, barang akan dikirim menggunakan armada truk baik melalui darat maupun laut. Beberapa waktu lalu istriku pernah pakai layanan JTR ini saat membeli meja mesin jahit yang sangat berat. Alhamdulillah barang sampai dengan aman.

Nah, sekarang sudah ga ada alasan lagi nih untuk dapat bekerja lebih produktif walau dari rumah. Selamat bekerja ya!.



Hasil bekerja dari rumah, dapet penghargaan silver play button hehe.

2 komentar:

  1. Wah enak banget kayaknya kerja di rumah dengan meja kerja di sudut ruangan yang dekat jendela. Enaknya sih cahaya matahari bisa langsung menyoroti saat pagi atau sore hari. Boleh dicoba nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku suka banget cahaya matahari bikin ruangan gak sumpek.
      Pokoknya nanti kalau punya rumah maunya yang banyaaaaak jendelanya :v

      Hapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search