18 Maret 2020

7 KEGIATAN MENARIK SAAT BERWISATA ALAM KE TAMAN NEGERI KENABOI, MALAYSIA

TAMAN NEGERI KENABOI, SATU DESTINASI DENGAN BANYAK TEMPAT MENARIK.

Apakah kamu sudah jenuh dengan pekerjaan sehari-hari yang seakan tak ada habisnya-habisnya?. Jika iya, sepertinya kamu butuh rehat sejenak deh, tubuh dan fikiran juga perlu di charge supaya kedepannya bisa lebih produktif lagi.

Kalau aku pribadi, salah satu trik ampuh untuk mengembalikan pikirin agar kembali fresh yaitu dengan berlibur ke tempat yang segar-segar, seperti berwisata alam ke hutan, melihat air yang jernih atau datang ke daerah yang udaranya sejuk. Nah, semua itu dapat aku temui di Taman Negeri Kenaboi, Malaysia.

Tempat wisata di Negeri Sembilan Malaysia, ada banyak banget kan?!
Taman Negeri Kenaboi adalah destinasi wisata alam yang menyajikan berbagai spot menarik dan komplit. Tempat wisata ini berada di daerah Jelebu Negeri Sembilan Malaysia. Negeri Sembilan memang terkenal dengan pesona wisata alamnya yang beragam, dan Taman Negeri Kenaboi hanya salah satu dari tempat wisata menarik yang ada di Negeri Sembilan.

Hanya 2 jam saja dari Jantung Kota Kuala Lumpur kita sudah dapat menghirup udara segar nan sejuk di Taman Negeri kenaboi. Selama perjalanan kita akan disuguhi pemandangan pegunungan dan pepohonan yang hijau.

Nah, jika sudah sampai di Taman Negeri kenaboi, kita dapat melakukan berbagai aktifitas menarik, diantaranya yaitu:

1. BERKEMAH DI TENGAH HUTAN TAMAN NEGERI KENABOI

Tapak perkemahan di Taman Negeri Kenaboi
Saat berkunjung ke Taman Negeri Kenaboi, aku berkesempatan untuk mencoba berkemah (glamping) selama 2 malam. Sebagai pencinta alam, kegiatan ini sangat menyenangkan karna aku bisa tidur di bawah sinar rembulan sambil diiringi suara air sungai dan hewan-hewan hutan.

Api unggun dan perkemahan di Taman Negeri Kenaboi
Tenda di Taman Negeri Kenaboi
Fasilitas di Taman Negeri Kenaboi pun cukup lengkap, mulai dari surau, kantin, kamar mandi, Kantor administrasi, hostel, open hall, jembatan gantung, vila, sampai ruang meeting semua tersedia. Jadi sangat cocok untuk kamu yang ingin jalan-jalan bareng keluarga atau pun kolega.

Ruang meeting di Taman Negeri Kenaboi
Fasilitas Kamar mandi di Taman Negeri Kenaboi
Jembatan gantung di Taman Negeri Kenaboi
Menu makanan yang beragam di Taman Negeri Kenaboi
Menu sarapan pagi di Taman Negeri Kenaboi
Pagi hari di Taman Negeri Kenaboi
Satu hal yang paling aku suka saat berkemah di Taman Negeri Kenaboi adalah suasananya yang tidak terlalu ramai, aku jadi berasa seperti pengunjung VVIP. O iya, Untuk dapat glamping di Taman Negeri Kenaboi ini, kamu harus reservasi terlebih dahulu ya. Kontaknya sudah aku tulis di bagian bawah postingan ini.

2. BODY RAFTING DI JERAM BERUNGUT

Jeram Beruhngut
20 menit berjalan kaki dari camping ground Taman Negeri Kenaboi, kita dapat melakukan aktifitas body rafting di Jeram Berungut. Sebelum berangkat aku dan rekan-rekan dibekali briefing terlebih dahulu demi keamanan dan kelancaran selama kegiatan. Kami juga diwajibkan mengenakan pelampung dan helm.

Body rafting jeram berungut
Perlengkapan keamanan sebelu ke Jeram Berungut
Perjalanan ke Jeram Berungut ditempuh melewati hutan, jadi pastikan kita menggunakan alas kaki yang nyaman untuk trekking dan untuk berjalan di aliran sungai. Jika tidak membawa sepatu sendiri kita juga dapat meminjam sepatu karet yang sudah difasilitasi oleh Taman Negeri Kenaboi. Tapi lebih baik membawa alas sendiri supaya nanti ga perlu repot-repot mencari ukuran sepatu yang cocok dengan kaki kita saat meminjam di sini.

Perjalanan melewati hutan ke Jeram Berungut
Sesampainya di Jeram Berungut, kami langsung turun menelusuri sungai ke arah yang berlawanan. Perjalanan cukup mudah karna air sungai tidak terlalu deras dan dalam. Namun, harus tetap berhati-hati karma ada bebatuan yang licin, terkadang ada juga pasir yang masuk kesepatu jadi aku harus berhenti berkali-kali untuk mengeluarkan pasir itu.

Karung plastik berisi anak ikan
Melepas ikan ke Sungai
Foto-bersama usai melepas ikan ke sungai
Ditengah perjalanan kami berhenti sejenak untuk melepaskan ribuan bibit ikan ke sungai. Pengelola bilang, ikan-ikan ini akan memberikan banyak manfaat di masa depan. Mungkin sekarang ukuran ikannya masih kecil-kecil tapi beberapa tahun yang akan datang ikan-ikan ini akan menjadi besar dan beranak pinak sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat setempat. Ekosistem sungai pun menjadi semakin baik.

Usai melepas bibit ikan kami melanjutkan kembali perjalanan menelusuri sungai. Setelah kurang lebih satu jam melewati arus sungai aku langsung disambut dengan pemandangan tebing tinggi bak green canyon di sisi kanan dan kiri sungai. mengagumkan banget, pantas saja Jeram Berungut ini disebut juga sebagai Malaysia's Lord of The Ring.

Tebing batu di Jeram Berungut

Semakin lama kedalam airnya semakin meninggi. Aku sudah tidak dapat lagi menapakkan kakiku ke dasar sungai, badanku mengambang bersama pelampung. Berbekal tali dan bantuan dari pemandu akhirnya aku sampai di bagian paling ujung Jeram Berungut. Di sini ada sebuah kolam besar dengan air terjun yang cukup deras. Cukup menyeramkan tapi juga ada rasa lega karna  sudah berhasil melalui Jeram Berungut yang sangat menguji nyali. Berani mencobanya?

3. BELAJAR BERTAHAN HIDUP DI SURVIVAL CAMP

Menyalakan api dengan serabut pohon
Usai menguji adrenalin di Jeram Berungut kami istirahat sejanak di area Survival Camp. Di sini kami dapat belajar bertahan hidup seperti orang-orang yang tersesat dihutan. Ada banyak ilmu baru yang kudapat di sini. Dari mulai belajar menyalakan api tanpa korek, mencari makanan yang aman di hutan, cara membuat anyaman dari daun sampai memasak makanan menggunakan bambu.

Ternyata makanan yang dimasak menggunakan bambu rasanya cukup enak. Tak hanya itu, bambu juga dapat disulap menjadi berbagai perabotan seperti gelas, sendok, piring dan lain-lain.

Makan menggunakan mangkuk dan sumpit bambu
4. RIVER TUBING DI SUNGAI KENABOI

Rivr tubing di sungai Kenaboi
Tepat di depan perkemahan ada Sungai Kenaboi yang dapat kita gunakan untuk melakukan aktifitas river tubing. River tubing yaitu meluncur bebas di sungai menggunakan ban bagian dalam kendaraan. Tiap orang menaiki bannya masing-masing.

Yang menarik dari river tubing adalah semakin deras aliran sungainya maka permainan ini akan semakin seru. Sayangnya aku hanya sebentar saja bermain river tubing di sini jadi kurang puas deh.

5. AIR TERJUN LATA KIJANG

Lata kijang waterfall
Destinasi berikutnya aku berkunjung Air ke Air Terjun Lata Kijang. Lokasinya cukup dekat dari Taman Negeri kenaboi, hanya 20 menit perjalanan aku sudah sampai di pintu masuk air terjun. Di sini aku dapat melihat Gunung Besar Hantu yang biasa digunakan para pendaki untuk melakukan pendakian. Jadi penasaran deh ingin mendaki gunung ini.

O iya, info selengkapnya tentang Air Terjun Lata Kijang sudah pernah aku ulas  di postingan sebelumnya. Klik DI SINI ya!

6. BELAJAR MENGAMBIL BIBIT DARI ATAS POHON

Di Taman Negeri Kenaboi aku dapat menyaksikan demonstrasi pengambilan bibit dari atas pohon. Ternyata bibit yang berada di atas pohon lebih bagus dari pada yang sudah jatuh ke tanah hal ini disebabkan karna bibit di atas pohon lebih fresh sedangkan yang berada di bawah tanah sudah tercampur dengan benda-benda asing lainnya.

Demonstrasi pengambilan bibit benih dari atas pohon
Peserta yang hadir juga dapat ikut mengambil benih di atas pohon dengan memanjat tali yang diikatkan ke badan. Ternyata proses pengambilan bibit ini susah juga ya, tapi hasilnya memang sangat berkualitas. Wah jadi dapet ilmu baru nih.

7. BERKUNJUNG KE SUKU 'ORANG ASLI' MALAYSIA

Suku orang asli village
Tak hanya wisata alam, di Taman Negeri Kenaboi juga ada wisata budaya yang tidak boleh dilewatkan. Jika di Indonesia kita mengenal suku Baduy maka di Malaysia ada suku Orang Asli yang hidup berdampingan dengan alam. Orang Asli ini ada dua macam, Orang Asli yang hidup dihutan dan Orang Asli yang hidup di Luar luar hutan. Orang Asli yang berada di luar hutan lebih terbuka dan sudah mengikuti perubahan zaman.

Lokasi yang kami kunjungi yaitu desa Tohor, ini adalah kampung tempat tinggal suku Orang Asli. Sesampainya di sini kami langsung dipakaikan mahkota dan selempang dari daun kelapa,  kami juga disambut dengan tarian selamat datang dari suku Orang asli. Tarian ini hanya menggunakan instrumen musik dari bambu, gerakan tariannya cukup sederhana sehingga kami tidak menolak saat ditawari menari bersama.

Di Kampung Tohor ini, kami juga diajarkan bagaimana warga Orang Asli melangsungkan upacara pernikahan, berburu di hutan menggunakan senjata tiup yang berbisa dan mencicipi ramuan obat herbal racikan suku Orang Asli. Menyenangkan banget dapat berkunjung ke kampung Tohor dan berjumpa dengan suku Orang Asli ramah dan murah senyum.

Aku tak pernah menyangka ternyata di Malaysia masih ada penduduk 'Orang Asli' yang masih memegang teguh adat istiadat leluhur.

Pernikahan ala orang asli
Mahar pernikahan suku Orang Asli yang murah meriah
Proses pernikahan suku Orang Asli
Balai raya Kampung Tohor
Kerajinan tangan Orang Asli
Dok Foto: Qisstiera.com
Senjata berbisa untuk berburu di hutan
Anjing lucu :)
Doyz berfoto bersama suku Orang Asli
Nah, itulah beberapa aktifitas #Back2Nature yang dapat kita lakukan saat berwisata alam ke Taman Negeri Kenaboi. Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke sini atau ada sesuatu yang ingin ditanyakan dapat menghubungi kontak berikut ini:

Nina 013 346 7967 (Pen. Pengarah Taman Negeri)
Tom013 614 8044

Alamat:
Taman Negeri Kenaboi,  71600, Kuala Klawang, Jelebu, Negeri Sembilan, Malaysia
Dibuka setiap hari termasuk hari cuti dari Jam 8 pagi – 5 petang.

PRICE LIST.
Tiket masuk 5 Ringgit.
Tapak Kemah 5 Ringgit.
Untuk Dorm harga 15 Ringgit/Orang.

TRAVEL VLOG

Vlog saat aku berada di Taman Negeri Kenaboi.

32 komentar:

1. Seriusan ini menarik banget, amazed banget ternyata di Malaysia ada juga orang “Suku Asli” yang masih memegang teguh adat istiadat. Semoga next time bisa kesana hehe, thankyou infonya kak :)

Balasan
    1. Aku juga kaget ternyata di Malaysia masih ada Orang Asli yang masih original...

Hapus
  2. Gambar-gambarnya bagus sekali ! seru sekali dapat teroka Taman Negeri Kenaboi. Sy sendiri yg duduk Malaysia baru pertama kali ke sana dan dengar nama tempat ini

1. Wah ternyata tempat ini belum terlalu familiar yaaa :v

Hapus
  3. Wah seru yaaa, kegiatannya menarik , pemandangannya juga indah, mudah - mudahan suatu saat bisa kesana

Balasan
    1. Kegiatannya memang seru dan menarik, semoga kita bisa ke sana bareng yaaa :)

Hapus
  4. keren gambarnya. jadi pengen kesana. baru kali ini tahu di malaysia ada wisata alam. ada beberapa foto yg klo dilihat creepy sih. tapi kayaknya seru hehe..

Balasan
    1. Aku juga baru tahu Malaysia punya wisata ini.
      Tone fotonya emang agak crepy gitu warnanya tapi aslinya engga serem ko haha

Hapus
  5. Hai, Mas Khairulleon :) Wah....asik bener jalan2nya serba alam ya natural deh. Eh, aku belum pernah ke Negeri Jiran Malaysia hihihihi. Tapi aku seneng nih cerita mas bisa menjadi panduan siapa tau kapan2 aku bisa mampir ke Taman Negeri Kenaboi. Btw, motretnya pake kamera apa? Keren!Suku asli di sana kelihatan bersih2 deh. Sepertinya kehidupan mereka agak modern ya ga primitf amat...Cakep.

Balasan
    1. Jalan ke alam emang selalu asik asik :)
      Moga nanti pas pertama kali ke Malaysia bisa mampir ke sini juga yaaa :)
      Aku motret pakai canon eos m50, kadang pakai HP Xiaomi biasa :)
      Suku Orang Asli yang ini emang bersih-bersih, ga tau deh kalau suku orang asli yang tinggal di hutan O.0

Hapus
  6. wah kegiatannya menarik dan seru semua. aku tertarik sama yg ambil bibit, asyik banget ngambil langsung ke atas pohon. inget biji tanaman itu yg suka dipake main helikopter waktu kecil dulu :D

Balasan
    1. Ah panetesan pas si abangnya nyiramin bibit dari atas pohon bibitnya muter-muter gitu haha.

Hapus
  7. Seru banget berwisata alam seperti ini. Banyak pengetahuan baru. Aku baru tau orang asli Malaysia tuh kaya yang di Kenaboi ini. Mantaps tulisannya :)

Balasan
    1. Berwisata alam emang selalu seru dan akan selalu ada hal baru untuk dipelajari.
      Terimakasih ya sudah mampir :)

Hapus
  8. Seru banget yaa itu wisata alamnya komplit, seru bisa lepas ikan untuk membantu jaga ekosistem, ada river tubing pula, eh itu menu sarapannya nasi lemak ya mas? Mantap jiwa lah, semoga Corona cepat berlalu ya biar aktifitas kembali normal lagi

Balasan
    1. Menu sarapannya memang nasi lemak. hampir tiap hari aku makan nasi lemak haha

Hapus
  9. Trip yang sangat menarik���� Terutama bagian masak-memasaknya, sangat alami dan pasti rasanya enak banget. Paling suka adventure' s activity kayak gini. Dulunpas masih lajang hobi banget.Sekarang mah, ngempet dulu.

1. Ngumpet karna apa kak, Corona bukan? :v

Hapus
  10. kaaakk Leon ini bagus banget lho di Malay aku baru tau ada taman negeri Kenaboi dan bisa sambil rafting juga, makan-makan bakar gitu. Indah banget kayaknya ngerasain explore alam di negeri sebrang. Nice trip!

1. Ini emang bagus banget, ga ngerti lagi :v

Hapus
  11. Kangen banget saya sama camping. Duh, semoga ini pandemi segera berlalu. Kayaknya saya mau langsung cuzz camping kalau udah selesai hahaha. Catat ah ini tempatnya. Siapa tau ke Malaysia lagi :)

1. Semoga pandemi cepet berlalu,
      udah kangen maen ke alam lagi nih huhu

Hapus
  12. Kangen banget camping deh saya hahaha. Catet dulu, ah. Kalau masa pandemi ini udah selesai mau jalan-jalan lagi.

1. AKu juga abis pandemi mau langsung camping aja deh haha

Hapus
  13. Wihh seru banget explorenya kang. Biasanyakan taunya destinasi yang udah populer aja di Malaysia. hehe. Btw, camping groundnya masih asri banget yaah kang, jadi pengen nginep disitu haha

Balasan
    1. Explore kali ini emang cukup seru.
      Sekarang jadi tahu deh destinasi anti mainstream di Malaysia.
      Skuy capmping di Taman Negeri Kenaboi :)

Hapus
  14. Beneran satu destinasi beragam hal yang bisa dilakukan yah Kak. Harga dorm dan tiket nasinya juga Masih affordable. Dan enaknya tuh makannnya masih ramah d lidah orang Indonesia.

Balasan
    1. Satu tempat banyak destinasi.
      Makanannya juga enak enak :v

15. Ini asyik banget ya tempatnya
    Kalau ke sini pastinya langsung betah deh. Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan
    Aku baru tahu kalau di sana ada suku asli yang masih tradisional juga. Gak jauh beda dengan Indonesia

Btw itu cara ngambil bibit langsung di atas pohon unik sekalu deh

1. AKu aja sebentar di sini langsung betah :v

16. Ku ingin kesana jugaaaaaaaaaa

ESA UNGGUL

1. Aku juga mau kalau di suruh ke sini lagi wkwk

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search