MELASTI BEACH BALI, SURGA TERSEMBUNYI DIBALIK BUKIT KAPUR


LIBURAN KE MELASTI BEACH, UNGASAN BALI

Masih di Bali sekitar pukul 12 siang bolong, aku melanjutkan perjalanan dari Pantai Balangan menuju pantai Melasti. Untuk kamu yang baru mampir di blog ini, ada baiknya baca terlebih dahulu catatan perjalananku sebelumnya DI SINI.

Pantai melasti Ungasan Bali
Hari itu cuaca di Bali terasa sangat panas, bagiku seperti dineraka, tapi bagi bule-bule yang berpakaian setengah telanjang itu merasa ini adalah surga. Terlihat mereka sangat asyik membakar tubuhnya di bawah terik matahari.

Walaupun panas, aku tidak bisa membohongi diriku kalau panorama di pantai Melasti ini patut diacungi lima jempol. Mau tahu seperti apa penampakan Melasti Beach ? Scroll terus ya ampe mentok ke bawah.

ASAL USUL NAMA MELASTI

Patung Dewa di pantai Melassti Beach
Setiap berkunjung ketempat baru, aku pasti selalu penasaran dengan latar belakang nama tempat tersebut.

Setelah membaca di Wikipedia, ternyata Melasti merupakan sebuah upacara pensucian diri untuk menyambut hari raya Nyepi oleh seluruh umat Hindu di Bali. Upacara Melasti digelar untuk menghanyutkan kotoran alam menggunakan air kehidupan. Upacara Melasti dilaksanakan di pinggir pantai dengan tujuan mensucikan diri dari segala perbuatan buruk pada masa lalu dan membuangnya ke laut. Dalam kepercayaan Hindu, sumber air seperti danau dan laut dianggap sebagai air kehidupan (tirta amerta).

Pura di Pantai Melasti
Sumber : thebalidestiny.com
Oalah, pantas saja di sekitar pantai Melasti banyak patung dewa dan pura sebagai tempat sembahyang umat Hindu. Kalau aku datang saat upacara Melasti, pastilah pantai ini akan sangat ramai.

DAYA TARIK PANTAI MELASTI

Bibir Pantai melasti
Pantai melasti memiliki banyak keunikan dibanding pantai-pantai lainya yang ada di Bali. Salah satunya yaitu wujud airnya yang bening.

Sebetulnya, aku ingin sekali menceburkan diri ke pantai melasti. Namun, karna terik matahari terasa semakin panas akhirnya aku memutuskan untuk berjalan-jalan sambil mengambil foto. Sesekali masuk kedalam gua-gua kecil dibawah tebing untuk berteduh. Gua ini juga kami pakai untuk makan siang.


Goa untuk ngadem




 

Keadaan air di pantai Melasti cenderung berombak. Namun, air di pesisirnya sangat tenang sebab ombak lautnya dihalangi oleh batu karang yang berada tidak jauh dari bibir pantai.

Oleh karna itu, kalau kamu berada disini jangan lupa berenang ya! Air lautnya ga nahan banget. Next time kalo aku kesini lagi pasti nyebur deh, tapi datengnya pagi atau sore aja supaya adem.
Bule sedang berendam sambil memadu kasih
BUKIT KAPUR YANG BERKELOK

Bukit kapur di Melasti Beach, in frame : Barat Daya
Daya tarik berikutnya dari pantai melasti adalah adanya bukit kapur yang berkelak-kelok. Itulah mengapa tebing ini berwarna putih.

Cobalah naik ke atas bukit kapur jika ingin melihat landscape pantai Melasti dari ketinggian. Gila bro! Viewnya cakep, biru lautnya membius banget!.
Melihat pemandangan Pantai Melasti dari atas bukit kapur


Gundukan tanah yang menjorok ketengah pantai itu sengaja dibuat untuk upacara Melasti, supaya gampang jika ingin membuang sesajen ke laut. Kalian ngelihat ga sih ?
Pemandangan Pantai  Melasti dari atass tebing kapur
Namun, kamu harus berhati-hati karna terakhir kali aku kesini bukit kapurnya sedang di keruk. Sepertinya masih dalam tahap perbaikan jalan. Dulu sebelum bukit kapur ini di perbaiki, pantai Melasti masih berada di balik tebing, jadi jarang ada orang yang tahu kalau dibalik bukit kapur terdapat surga tersembunyi yang sangat indah.


Bukit Kapur


Mungkin kalau proyek ini sudah selesai, pantai ini akan dibuka secara resmi dan semakin banyak pengunjung yang memadati tempat ini. So, mumpung belum mainstream mending kamu cepetan kesini deh.

Saat dalam perjalanan pulang, aku melihat ada pasangan muda mudi yang sedang melakukan sesi foto prewedding. Tebing kapur ini emang jadi pilihan yang tepat untuk foto prewed, duh jadi baper uy.

HATI-HATI! BANYAK MONYET BERKELIARAN

Bali merupakan surganya para monyet, begitu halnya dengan Pantai Melasti. Di sini banyak sekali monyet-monyet yang berkeliaran dijalan-jalan untuk meminta makanan dari para pengunjung yang lewat.

Untuk kamu yang membawa barang-barang berharga sebaiknya di jaga sebaik mungkin, karna monyet ini gemar mencuri apapun yang dia lihat. Itulah mengapa aku sangat membenci monyet.

BAGAIMANA CARA KE PANTAI MELASTI?

Sumber gambar water-sport-bali.com
Pantai Melasti berada tidak jauh dari jimbaran, tepatnya di jalan Melasti, Banjar Kelod, di Desa Adat Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung – Bali. Oleh karna itu pantai ini sering disebut juga dengan pantai Melasti Ungasan.

Akses menuju pantai ini tergolong mudah, jalananya juga bagus. Jadi kamu bisa menggunakan kendaraan apapun yang kamu mau. Bisa naik mobil atau motor atau jalan kaki seperti yang dilakukan bule-bule itu juga boleh.

Pantai Melasti Ungasan termasuk pantai yang masih jarang dikunjungi wisatawan, jadi kamu tidak perlu khawatir jalanan macet. Nah, supaya kamu ga kesasar, berikut ini aku tampilkan lokasinya via google maps.



O iya, pantai melasti tidak dikenakan tarif tiket masuk alias gratis. Jadi, kamu hanya perlu menjaga lingkungan saja agar tetap bersih. Pastikan tidak ada sampah yang kamu tinggalkan ya. Keindahan pantai melasti yang masih perawan sangat sayang jika kamu nodai.

FASILITAS DI PANTAI MELASTI

Secret Place
Salah satu fasilitas di Pantai Melasti yaitu terdapat warung kecil yang berada tidak jauh dari pantai. Warung-warung ini memang masih sedikit tetapi sangat lumayan untuk membeli sebotol aqua atau mijon.

Untuk fasilitas lainya aku kurang tahu, So kalo kamu ingin menambahkan silahkan tulis di kolom komentar ya, kutunggu lo.

SEBELUM LIBURAN KE PANTAI MELASTI, TONTON DULU VLOG INI!




8 komentar:

  1. Aakkkk, tone fotonya cakep. Bikin jatuh cintaaa. :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okedeh besok besok aku pake tone ini terus :3

      Hapus
  2. gratis enak banget keterlaluan kalau dah gratis ga bisa jaga kebersihan ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya, nanti kalo berubah jadi kali item baru tau rasa

      Hapus
  3. Untungnya kalau ke pantai pas siang hari itu, bisa menikmati suasana surutnya air laut. Ya, meskipun panas, tapi kalau pantainya cantik kaya gini , sepertinya juga nggak nyesel-nyesel banget.

    Semoga setelah dibuka secara resmi untuk destinasi wisata, Pantai Melasti bisa tetep bersih alias bebas sampah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Padahal sebenarnya panas itu bagus, daripada ujan wkwk

      Hapus
  4. Super duper cantiknya pantai Melasti ..., tebing batu kapurnya itu loh, fotogenic banget !.

    Keren banget ya.
    Kalo suatu saat nanti aku kesampaian kesana, akan berfoto di dekat tebing batu kapur gunain kain etnik ..hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. DImanapun Fotonya kalo pake kain etnik pasti jadi bagus ya om :v

      Hapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search