03 April 2017

MALDIVES NYA INDONESIA CUMA ADA DI PULAU MARATUA


Dipostingan pertama bulan April ini aku akan mengajak kalian menikmati pecahan surga di pulau Maratua. Bisa dibilang keindahan pulau Maratua hampir menyaingi wisata Maldives yang belakangan ini banyak digandrungi para traveler dunia.
Untuk menuju ke pulau Maratua, kami menggunakan speedboat sekitar 1-2 Jam perjalanan dari Pulau Derawan. Perjalanan yang kami tempuh sedikit menguji adrenalin, karna kami harus melewati ombak laut yang lumayan besar.
Beberapa kali kami jejeritan sambil mengucap takbir dan istighfar saat speedboat menghantam ombak. Tetapi pak Hasan selaku supir speedboat terlihat biasa-basa saja, aku pikir kami saja yang terlalu lebay.
Namun, perjalanan kali ini benar-benar mengingatkan kami akan kematian, mengingat pada sang pencipta alam. Terimakasih pak Hasan sudah mendekatkan kami pada Tuhan ehe.
Untuk menenangkan kami, pak Hasan mengatakan bahwa jika beruntung kami dapat melihat lumba-lumba yang berterbangan dari dasar laut. Sayangnya selama perjalanan kami tidak melihat satupun batang hidung lumba-lumba, tapi sebagai gantinya kami dapat melihat Mantaray yang berseliweran di bawah speedboat kami. Wiih mantep pokoknya.
Tidak beberapa lama akhirnya kami sampai di pulau Maratua. Kamipun merapat ke salah satu dermaga yaitu di Maratua Paradise Resort. Disini terdapat beberapa penginapan, restoran dan tempat bersantai yang super Amazing !.
Penginapan di Maratua Paradise resort ini dibangun diatas pantai yang jernih. Dari sini kami dapat menikmati pemandangan air laut yang berwarna turqoise, biru kehijauan dan biru pekat karena kedalaman laut yang langsung berubah di jarak sekitar 60 meter dari bagian depan penginapan.
Pemandangan air laut akan semakin indah jika diterpa sinar matahari. Keeksotisan airnya membuat siapapun tidak pernah bosan menatapnya.




Pulau Maratua adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Malaysia. Pulau Maratua ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Berau, provinsi Kalimantan Timur.
Pulau yang berbentuk kecil panjang dan lengkung tajam ini memiliki luas 690km2 dengan keanekaragaman hayati yang tak tertandingi. Bahkan Maratua masuk kedalam salah satu segitiga terumbu karang terbaik di dunia. Tempat lewatnya berbagai jenis lumba-lumba dan salah satu tempat penyu bertelur di terbaik di Asia Tenggara.

Baca Juga : BERLIBUR KE SURGA PENYU DI PULAU SANGALAKI
Selain itu, Maratua memiliki geoiversitas yang unggul seperti padang lamun, tebing-tebing, gua-gua berair tawar, danau air tawar hingga teluk yang masih alami.



Pulau Maratua memiliki sejarah yang panjang, mulai dari sejarah datangnya utusan kerajaan Tabur ke Maratua hingga asal mula nama Maratua.
Suku asli Maratua adalah suku Bajau. Suku Bajau berasal dari filipina yang kemudia menyebar ke beberapa pesisir di Indonesia dan Malaysia. Mayoritas penduduk Maratua sebagi nelayan.
Maratua terdiri atas empat kampung yaitu Teluk harappan, Payung-payung, Bohe Silian dan teluk Alulu. Keempat kampung ini memiliki ciri khas masing-masing yang justru membuat Maratua menjadi destinasi dengan keanekaragaman yang tinggi.
Nilai-nilai dari leluhur mereka masih terus diingat dan diamalkan sehingga Maratua memilik local wisdom yang sangat menarik baik dinikmati maupun diteliti.
Tidak banyak yang kami lakukan di resort ini, kami hanya memesan segelas teh hangat sambil menikmati keindahan sekitar resor. Setelah itu kami harus melanjutkan perjalanan ke beberapa lokasi menarik disekitar Maratua salah satunya yaitu ke Goa Haji Mangku atau Goa Halo tabung.
Pulau Maratua memiki segudang tempat menarik yang dapat dikunjungi. Sehingga tidak akan cukup waktu sehari atau dua hari untuk menjelajah semua tempat tersebut.
Dengan demikian Maratua merupakan destinasi yang patut dipertimbangkan sebagai destinasi wisata baik wisata bahari, adventure hingga wisata budaya. Maratua senantiasa menyajikan keindahan yang akan terus terkenang dan terus terindukan.
Sebagai pernutup, jangan lupa tonton video keseruanku saat di Maratua Paradise Resort. SUBSCREB :



24 komentar:

  1. sumpah! warna air lautnya keren banget bang.
    kirain yg ke derawan itu ya cuma keliling pulau derawan aja, ternyata diajak ke tempat-tempet ciamik gini juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kepulauan Derawan itu destinasi yang bisa kita kunjungi banyak banget loh :)
      JAdi ga cukup sehari dua hari untuk menjelajah semua :)

      Hapus
  2. mantap jiwa om leon.
    maen lah

    BalasHapus
  3. ini ienak bgt jalan2 mulu.. pengen euy ke maratua. keren abis :')

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. kalo ga keren aku ga bakal kesini kang :)

      Hapus
  5. Keren banget ya, semoga bisa kesini sprti mas Khairul :)

    BalasHapus
  6. Aaaaa lautnyaaa indah bangettt :'( maratua ternyaya indah bft ya allah.. btw kalo kamu kasih tau biaya ke sana dan penginapannya berapa pasti lebih membantu temen2 yg mau travel ke sana dehhh hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wih masukan yang bagus teh :)
      nanti aku masukin deh ya komodaasinya :)

      Hapus
  7. Yah inimah beneran bagus banget dah :((( Gue main ke pantai aja cuma pernah 2 kali seumur idup, boro-boro ke pulau secakep ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iIya ini emang bagus banget kusuka !

      Hapus
  8. wow keren banget nih tempat...
    apa ya.. jadi bingung...

    pokoke indah banget tu tempat. bikin kepengen kesana juga...
    itu foto di edit emang aslinya gitu ??

    ya terlepas dari yang namanya edit... tetep aja kagum sama keindahannya...
    liat lewat foto aja udah wow sangat.. apalagi bisa liat langsung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini cuma di edit pencahayaanya aja ko.
      kalo warnanya memang hijau seperti itu :)
      Aslinya lebih keren dari fotonya deh :)

      Hapus
  9. wah pemandangannya keren banget mas, kalau ke sana harus menyiapkan tenaga, dan uang yang cukup banyak, soalnya jauh dari tempat tinggalku.

    Itu fotonya bener-bener bagus, apa editan sih, kok bisa cerah gitu, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayu atuh mas kumpulin duit terus berangkat kesana supaya mas santo bisa menilai sendiri foto ini editan atau bukan muehe :)

      Hapus
  10. KEREN ABIS tempatnya *,* baru tahu dan bikin mupeng!

    BalasHapus
  11. mantap.. emang bener, maldives nya Indonesia. Maldivesnya Indonesia sebenernya bukan cuma satu, ada beberapa yang lebih bagus malah.. dan maratua ini salah satu contohnya. wih, nenek moyang penduduk aslinya masih fillipina ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa Maldivesnya Indonesia itu banyak banget !
      Rasnya pengen aku jelajahin semuanya

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search