10 Juli 2016

GUE COWOK DAN GA SUKA SEPAK BOLA. EMANG MASALAH YA?


Semalam sebelum tidur, aku sempat nonton berita tengah malem tentang kerusuhan supporter sepak bola di Indonesia. Dalam berita itu ditampilkan beberapa cuplikan video yang membuat bulu kuduk merinding. Bayangin aja, antara supporter satu dengan yang lainya saling bantai, seakan-akan tak rela kalo salah satu club kebangganya dihina, sepak bola seakan lebih penting daripada agama. kan Ngeri ya !!

Dari kejadian itu, ‘katanya’ Indonesia bakal memberikan wadah bagi para supporter sepak bola supaya lebih bijak dan tidak membuat kerusuhan lagi. Aku tidak tahu wadah seperti apa yang mereka maksud, tapi aku ga mau ambil pusing mikirin hal beginian. Toh dari lahir aku memang tidak suka dengan sepak bola, Haha!


WHY I HATE FOOTBALL ?

via GIPHY

Sejak duduk di bangku sekolah dasar, aku selalu menolak kalau diajak bermain sepak bola. Padahal sepak bola adalah olahraga wajib yang harus diikuti setiap murid. Sepak bola seperti satu-satunya kurikulum yang ada di pelajaran olahraga. Atau mungkin guru olahragaku ga mau ambil pusing, tinggal lemparkan saja sebuah bola ke lapangan, dengan sendirinya para murid akan terjun berebutan bola. Beres!

Beda ceritanya pas SMP dan SMEA. Di jenjang pendidikan ini aku tidak hanya belajar di sekolah, tapi juga di pesantren. Jadi gini, dari jam 6 pagi sampai siang kegiatanku full di sekolah. Sisanya kuhabiskan belajar di pesantren.

And you know what, hampir setiap sore pesantrenku selalu mengadakan permainan sepak bola. Sekali lagi aku tekankan, Hampir setiap sore!!! Bujug buneng!!. Untung aja pelajaran olahraga di SMP dan SMEA lebih variatif, ga melulu main sepak bola. Kadang main basket, Badmiton, voley macem-macem pokoknya dan aku sangat menikmati semua itu. Bahkan aku ikut ekskul Taekwondo dan Jujitsu loh. Anehnya, kalo saat permainan sepak bola aku lebih baik kabur, atau ikut sebentar saja demi nilai ujian praktek supaya gak merah!

via GIPHY

Selama tinggal di pesantren, aku selalu menghindar kalau diajakin main sepak bola. Aku selalu mencari alasan supaya ga ikutan main. Serius men, itu ngebatin banget.

Apalagi setiap kali ada pertandingan besar PSSI lawan club sepak bola luar negeri atau club anu lawan apalah, pasti deh semua orang disekitarku heboh luarbiasa. Bahkan supaya suasana makin ramai pihak pesantren selalu  menyimpan televisi berukuran besar di depan Asrama, lalu semua santri nonton berjama'ah gitu sambil teriak-teriak gal gol gal gol ga karuan. Padahal hukum asalnya nonton TV di pesantren adalah hal yang diharamkan, tapi kalau ada pertandingan sepak bola hukumnya bisa berubah jadi halal. duh elah giliran yang ena ena aja di halalin.


via GIPHY

Well, disaat kayak gini aku cuma bisa berdiri di barisan paling belakang sambil sok-sok an nonton bola seakan aku menyukainya. Tapi shit lah baru lima menit nonton aku langsung pengen muntah. Aku lebih memilih duduk dipojokan mesjid sambil baca novel atau menggambar atau tidur.

TOLONG JANGAN BULLY AKU

Gara-gara ga suka sepak bola aku seringkali di bully sama temen-temen. "Sepak bola itu olahraganya laki-laki, kamu laki-laki bukan?!", "Dasar anak aneh", "Cupu", "Trauma lu ya gara-gara pernah ka sleding? pengecut" dan lain-lain dan lain-lain.

Atau ada juga yang responya biasa aja tapi mereka bingung ko bisa-bisanya ada spesies di dunia ini yang ga suka sepak bola sepertiku?. Oh well, mereka ga pernah sadar justru aku yang bingung kok bisa-bisanya mereka suka sepak bola!. Padahal kan itu cuma bola!.



Dari lahir sampai sekarang aku bisa ngitung berapa kali main sepak bola, ga lebih dari 100 kali mungkin. Dan sampai sekarang aku masih menyesal karna pernah bersusah payah untuk meluangkan waktu belajar nendang bola. buatku sepak bola adalah permainan paling sia-sia yang pernah ada.

Actually, aku tipe orang yang suka segala macam olahraga. Renang, Basket, volley atau apapun itu aku sikat. Tapi tidak dengan sepak bola. Aku ga tau kenapa aku anti banget ama sepak bola, sampe sebagian orang bilang aku mengidap penyakit phobia sepak bola. Lah emang ada ? maybe.

Aku pernah sekali ikut turnamen futsal selama 15 menit, kalau bukan karna suruhan ‘ustad’ aku ga bakal mau ikutan. You know what happen ?, saat turnamen berlangsung aku sama sekali tidak menyentuh bola. Rasa-rasanya 15 menit setara 150 tahun. 

Dalam kondisi terdesak kayak gini yang ada dipikirinku Cuma satu, ‘kapan permainan ini kelar, pengen kabur aja rasanya’. Laiu akupun kabur beneran, dan semua orang kebingungan, sibuk mencariku kesana-kemari kayak ga ada pemain cadangan aja. Ah peduli amat .

via GIPHY

btw, Sebenarnya aku ga pernah berani menceritakan hal ini kepada siapapun. bahkan teman sekost sekalipun. Tapi semakin dewasa aku semakin cuek terhadap apapun. Aku ga peduli orang mau menilai apa, akumah bodo amat muehehe.

Jadi buat kalian para pecinta bola, pliss  ga usah menghujat orang-orang yang ga suka bola kayak aing. kebersamaan ga harus sama kan?!.



71 komentar:

  1. hahah, nggak masalah sih kalau nggak suka bola. toh nggak ada peraturan undang-undang yang mewajibkan para pria buat suka nonton ataupun main bola...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sampe ada undang-undangnya aku langsung pindah kenegaraan. asli ..

      Hapus
    2. hehe...Farah sekali sampe mo pindah kewarganegaraan...padahal disemua negara ada undang-undang wajib suka bola...gimana, coba?

      makasih udah follow balik

      Hapus
    3. aing bikin negera sendiri,
      ngoahaha maksa banget ya ..

      Hapus
  2. Sama, aku juga gak suka sepakbola. -,-

    BalasHapus
  3. Hehehehehe.... :D

    Kayaknya nggak masalah ya, cuman, kebanyakan cowok emang suka main bola atau paling enggak nonton bola.... wkwkwkwkw :D

    Haha, baru nonton bola lima menit udah muntah, masih mending udah ngantuk hehehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pertama ngantuk dulu terus muntah. gitu

      Hapus
  4. Kalau cuma ga suka sepak bola mah temennya banyak, mas. Aku pribadi jg gak hobi sepak bola. Ditanya itu pemain siapa2 aku ga tau, nendang lurus aku ga bisa, main game PES aja aku kalah terus.

    Tapi kalau anti... hmm.. jd gini mas, mas kan udah dewasa (mas sendiri yg bilang), aku rasa kalau udah dewasa jg tau dong kalau benci secara berlebihan itu ga baik?

    Gimana ya, masnya suruh2 buat ga menghujat tp masnya sendiri malah bilang sepak bola permainan yg sia-sia, orang girang ada yg nyetak gol mas sebut gak karuan. Duh!

    Sebenarnya kita mirip kok mas, cuma belum lama ini aku merenung kenapa kok aku ga suka sepak bola (buat bahan blog, kapan2 aku tulis lah), aku timbang untung ruginya. Dan yah... setelah merenung aku malah jd penasaran sama sepak bola, kemarin aku nekat nonton final euro, cuma pas babak tambahannya tapi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi gini loh.
      Akukan menghujatnya ke banyak orang ga langsung ke personal.
      Tapi kalo menghujatnya langsung ke personalnya itu yang bikin sakit hati.
      jadi jatuhnya ke Bullying.
      eh iya ga sih ? muehe ..

      Hapus
    2. Gw dulu juga kgk bisa maen bola,cuma di sekolah gw semua laki" pada milih bola ya gw ikut" aja lama kelamaan gw jadi lancar main bola,kgk suka main bola atau kgk bisa main bola GK papa asalkan permainan bola yang lain harus bisa kgk harus juga si,ada hobi lah seenggaknya

      Hapus
  5. Saya suka sepak bolaaa.. hihi..
    Nonton doang tapi ya.. kalau main bolanya mah lelah, 20 orang pada ngejar 1 bola, kayak ga ada bola lain aja! #Ehh? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. LEbih asek ngejar diriku saja ya ???

      Hapus
    2. Sekali-kali main bola juga teh.
      biar greget

      Hapus
    3. btw, aku juga mau di kejar.

      Hapus
  6. Sampai saat inipun aku juga tidak begitu maniak sama bola. Tidak begitu fanatik. Kalau lihat orang yang fanatik sampai membunuh dan menganiaya sesama saudara sebangsa rasanya miris. Olah raga kenapa bisa menjadi alasan untuk melampiaskan amarah.

    BalasHapus
  7. Mungkin kebanyakan yang kamu lihat dari sepak bola hanya keburukannya saja, tapi kalau kamu lihat lebih jauh lagi tentang dunia sepak bola pasti kamu juga akan menyukainya walaupun tidak bermain, alasan saya suka sama bola itu ternyata dengan sepak bola itu banyak sekali manfaat yang didapat baik itu dari fisik ataupun yang lainnya.

    BalasHapus
  8. di pesantren apa di warnet ? hayoo!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini kenapa komenya pake mitradio. anjay

      Hapus
  9. Boleh-boleh saja sih gak suka bola :) kan setiap orang mempunyai kesukaan masing masing, lagian di indonesia gak di wajibkan suka bola qo :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya di Indonesia emang g awajib sepak bola.
      Tapi rakyatnya itu lo yg suka mengintimidasi supaya kita harus suka bola.
      kan pusing

      Hapus
  10. Lah kalau di Indo emang sering suka ribut2,,, padahal yang maennya santai aja...
    Aku sendiri tidak begitu fanatik dengan bola,, palingan nonton bola kalau persib lagi maen aja.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weh ada anak maung ..

      Hapus
    2. Wadaw kang ahmad ternyata penggemar PERSIB juga ya, ahi hi hi.

      Hapus
    3. bloggu dipenuhi anak viking kayaknya ,,

      Hapus
  11. kalau gua si benci kagak, seneng kakak, kalau di ajak nonton jabanin aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren nih manusia.
      bisa hidup di dua alam.

      Hapus
  12. Bagus ini postingan. Anti-mainstream. Biasanya yang gak suka bola cenderung 'maksain' pura-pura suka biar gak minder. Baik itu dari segi wawasannya, maupun prakteknya.

    By the way, Sebagai penggemar football sejak umur 8 tahun, saya ngerti perasaan kamu, cees. Soalnya banyak juga temen2 saya yang kelihatannya terpaksa suka bola, padahal jeroannya enggak. Emang miris sih mereka ini, padahal mah bilang aja gak suka, kita juga gak akan ngigit kok, paling sebatas ngaledek, itu pun dalam konteks bercanda :) Seperti halnya ngaledek temen yang gak punya cewek gitu deh..

    Oiya, salam kenal yah. Bacaan pertama di blog ini nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Percuma pura-pura juga pasti ketauan, eug juga kan gitu dulu ngoahaha

      Hapus
    2. Demi persahabatan harus pura2 suka dg sepak bola
      Berpura2 jd org lain walopun sbenarnya dlm hati tertekan

      Hapus
    3. Apaan Njir aku udah blg gabisa maen tetep di Ceng Cengin tiap Minggu tetep aja diajak Mulu sampel akhirnya gua resah gua ikutan dah . Seru si tapi malu gabisa nendang Njir....

      Hapus
  13. Persis rasanya kayak gue yang nggak suka anime. Bukan nggak suka juga sih, tapi gak ngerti dan gak mau tau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anjaaay Eug suka banget animeeee ...
      Manusia ternyata banyak jenisnya yaa ..

      Hapus
    2. Bener banget. Gua gak terlalu suka sama semua hal berbau anime dan sepakbola. I didn't get the joy (kalo anime mungkin karna emang rada males buat nonton). Eh btw blogwalking ke heyitsdika.blogspot.com ya gan, newbie nih haha

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  15. saya juga paling benci sepak bola, apa lagi kalau teman di sekitar kita sudah bicara tentang bola kepala gue mau pecah. saya juga heran dengan mereka apa sih yang seru ketka bicara sepak bola sampaii sampei nama nama pemainnya di hapal luar dalamnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakak,
      Dulu aku pernah main tebak-tebakan nama pemain sepak bola.
      dan aku ga bisa jawab sama sekali :v
      Orang-orang pada bingung

      Hapus
  16. Sepertinya kita sejiwa. Tapi klo timnas yg main, aku kadang nonton. Suka kalo indonesia yg menang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha aku juga suka gitu.
      tapi ga ampe lama-lama da.

      Hapus
  17. Aku nonton bola klo jerman yg maen di piala dunia. �� lainnya ga nonton sih, males ngapalin nama clubnya.

    BalasHapus
  18. heran sama org2 yg bisa bangun tgh mlm buat ntn bola tapi buat solat ga bisa hahaha.

    BalasHapus
  19. Ane juga benci sama sepak bola. Gak tau kenapa..
    Temen temen selalu maksain buat ikut main. Ya ane tetep gak mau

    BalasHapus
  20. Ikut komen ah.
    Sama gua juga ga suka sama sepakbola, ga tau kenapa setiap temen - temen kost mau ngadain acara maen bola itu gua jadi ciut bgt dan gua bikin acara sendiri buat ngehindar, kaya maen ke temen lain, trus bilang besok mau ujian dll. Tapi gua suka nonton nya seru abis, apalagi kalo nonton Persib sama real Madrid, Ampe suara serak ge dijabanin, trus nyesek kaya putus cinta kalo Persib kalah.
    Tapi ga tau kenapa kalo maen bola kaya ga suka gitu. Di sekolah dulu jarang bgt maen. Pernah maen bola juga dan kalo udah maen itu malah kaya ketagihan, tapi emang kaya di diskriminasi si soalnya kalo maen jarang di kasih bola :(.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Main ajabmas ntar juga pasti suka kaya gua dulu gua benci sama sepak bola tapi sekarang suka bahkan gua begitu fanatik dengan sepak bola dari skill skill nya dan freestylenya keren keren

      Hapus
  21. Sama min, kalau gw jujur min gw kelas 5 SD masih main bola trus kelas 6 gak lagi dan gw pikir "apasih gunanya main ngejar bola gitu udahlah kotor dan bau lagi gak kasian emak lu nyuci" dan SMP untung gw gk kena bully meskipun gw yakin teman" gw mau bilang gw bencong.. pelajaran olahraga gw kalau dah tamat materi main bebas.. kalau gitu sih gw pura" ga bawa baju dan rela kena hukum demi ga terjun ke lapangan.. dalam hati gw "aku ingin berbeda dari yang lainnya dan hidupku adalah hidup ku dan hidupmu adalah hidupmu"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana mana olahraga kaua begitu ngab mikir

      Hapus
  22. Sama gw masih smp g suka bola tapi temen temen sekelas gila bola bola bola terus simic lah persija lah pusing gw dengerinnya

    BalasHapus
  23. Sama Cuk W Gak Suka Banget Yang Namanya Permainan Bola.....Tapi Klo Olahraga Berenang, Lari, Badminton, Silat. W Suka Banget. 😂

    BalasHapus
  24. Yang gak suka Sepak Bola ayo buat grup WA broo
    Spy bisa tukar pikiran

    BalasHapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  26. Saya juga gak suka tuh main bola, sampai saya di bilang banci lah apa lah,padahal saya memang gak di latih buat main bola dari kecil,saya banyak menghabiskan waktu di rumah, soalnya gk pernah ada tuh anak tetangga yang ngajakin main bola bareng, yaudah, sampai sekarang aku gak bisa dah gak pengen belajar main bola hehe

    BalasHapus
  27. Saya juga sama, hampir sama persis sama tokoh cerita di atas, aku sering dihina sama temen-temen gara-gara gak bisa main bola, bahkan aku dijauhin sama temen-temen aku disekolah sampai sekarang,dan tiap ada olahraga disekolah bertemakan sepak bola aku langsung kabur aja, dan asalnya aku juga pernah ikut main bola sama temen aku, tapi yang ada aku diledek karena gk jago, sampai sekarang aku gk pengen belajar bola lagi.

    BalasHapus
  28. Hii ini pertama kali gw baca"komentar kaya gini ,yahh walaupun udh lama tahun lahh,tapi iya juga sih gimana ya kalo orang yg gk suka main bola ,hidupnya risih penuh hinaan,ejekan,yaaa kayak gue hehe.kalo ada temen gw yg nanya "eh luh suka main bola gak?"�� yahh dalam hati gw,"duh ini orang pen gw santet kali ya!",gw langsung ter pojok dong ,sampai sekarang gw selalu terpojok gk suka berbau"bola,mereka bicara enak bangett,gk mikirin perasaan orang lain,yahh begini lahh hidup gw cuman bisa nge gemerz huuh salam orang"tahun lama hihi.

    BalasHapus
  29. Saya juga gk suka sepak bola bang. Jadi saya payah dlm sepak bola. Tapi anehnya gk cuma bidang sepak bola, saya juga payah di semua bidang olahraga wkwkwk

    BalasHapus
  30. Gua dulu juga benci sepak bola tapi lama kelamaan jadi suka sama sepak bola karena pas main dan liat ternyata enak juga menghocek pemain melewati lawan dan freestyle yg keren dan indah membuat gua suka dan fanatik terhadap sepak bola, yg paling gua benci anime, ada anime yg gua suka ,tapi gua tetep gak suka anime, kalo ada yg berpikiran kenapa ya main bola yg hanya merebut bola bikin baju dan badan bau, coba pikir buat apa gambar kalo cuma di buang atau sekedar di pajang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya gk terlalu suka bola,tapi kok ada rasa ingin belajar walaupun gk bisa nendang bola dan sebagainya.Terus bang menurut lu, gmn kalo udah kuliah trs mau nyoba belajar bola tapi bingung minta siapa yang ngajarin.Saya takutnya malah dikucilin,diejek,sementara temen2 saya pada bisa.Kemampuan saya aja 0 dalam bola.

      Hapus
  31. Lebih baik liat skill dan freestyle sepak bola di bandingkan anime dan cinta cintaan

    BalasHapus
  32. Saya tau kenapa kalian tidak suka sepak bola dan kabur kalo di ajak main karena takut di ejek kalo gak mau di ejek bilang gua bukan dan tidak ahli dalam bermain sepak bola kalo mau ahli dalam sepak bola ya bilang ketemen masih dalan tahap perkembangan, sama hal nya menggambar kalo jelek pasti akan di ejek, yg namanya pemula ya beluk terlalu bisa

    BalasHapus
  33. Gw memang org nya dari dlu ga suka yg namanya sepak bola tapi gw klo nonton yah kadang b aja sambil ngegame, tpi gw jarang bet nonton kek gitu... Bagi gw apapun hal2 yg berbau sepakbola yah gw bilang nya hal2 yg "busuk"/"basi" gitu... Klo sama olahraga yg lain sih gw suka juga tapi ga terlalu familiar.. Gw org nya suka ngegame kek ML sama beberapa teman2ku... Kalo gw mikirin tentang hal2 yg terkait dgn sepakbola, sama gw juga pusing bet sumpah. Gw lebih suka hal2 tentang gaming, kadang anime atau sering buka2 internet liat video youtube.. Gw aktif bet kalo buka internet pake hp.. Game, internet seakan jadi bagian dari hidup gue:v

    BalasHapus
  34. Senasib ngab wkwkw, padahal saya ga suka sepak bola, tapi dipaksa ikut :', padahal saya lebih suka olahraga lain dibanding dengan sepak bola , ya misal : basket, bulu tangkis, dll

    BalasHapus
  35. Saya dulu SD pernah diajak main sepak bola, dan karena waktu itu juga saya mau belajar juga main dan merasakan gimana rasanya main sepak bola, dan saya disuruh jadi keeper dan memang saya gak bisa main bola bahkan saat saya jadi keeper saya gak bisa nangkep bola, dan gara2 itu saya dikatain sama temen2 saya karena ga bisa main, dan sejak saat itu juga saya jadi ga suka main bola sampai skrg, dan kemarin juga saya sempat jalan-jalan habis tes sekolah baru karena kebetulan saya mau pindah sekolah, dan didekat sekolah itu ada lapangan sepak bola, dan saya ditanya oleh orang tua saya apakah saya bisa main bola atau tidak, saya dengan jujur saja mengatakan tidak, dan mereka malah menjawab "yahhh kamu jangan begitu, main lah, bergaul sama temen2" ya memang mayoritas anak laki-laki suka banget main bola, tapi kan gak semuanya kayak gitu, contohnya saya, dan saya juga sekarang khawatir nanti suatu saat jika sekolah mengadakan tatap muka, saya takut apakah teman2 baru saya akan menerima saya jika misalnya mereka dengan saya berbeda frekuensi yang dimana mereka suka main bola dan saya tidak

    BalasHapus
  36. Temenbaru ku di smk ini yg belum tau aku kalo maen bola ,jelek banget ,tanggapan mereka gimana yak ,apakah mereka sudah mengira aku jago? ,apakah mereka berekspetasi seperti itu? ;) ,well aku akan ikutin aja alur hidup ini.

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search