KETIKA RUMAH AHOK MENJELMA JADI TEMPAT WISATA | KHAIRULLEON.COM

KETIKA RUMAH AHOK MENJELMA JADI TEMPAT WISATA


Beberapa waktu yang lalu, kita sempat digemparkan dengan sesosok public figur yang merupakan mantan gubernur Ibu kota Jakarta yaitu Bapak BBasuki Tjahaja Purnama atau yang biasa dikenal dengan Ahok.
Hampir setiap lapisan masyarakat pasti mengenal Ahok, bentuk kepemimpinanya yang berkarakter menjadikanya viral di mana-mana. Terutama saat beliau memiliki kasus yang sempat heboh beberapa bulan yang lalu, sampai-sampai membuat beliau harus tabah menjalani kehidupanya di balik jeruji besi.
Namun, dibalik banyaknya orang yang kontra kepada beliau ternyata masih ada sebagian orang yang mendukungnya, terutama masyarakat Belitong yang tinggal dekat dari rumah pak Ahok.
Oleh karna itu, sebagai bentuk dedikasi warga belitong kepada pak Ahok. Akhirnya mereka membuat sebuah tempat khusus yang diberi nama Kampung Ahok. Adapun yang mendirikan kampung Ahok adalah adik Ahok sendiri yang bernapa Pak Basuri.
Hingga kini, kampung Ahok tidak hanya dijadikan sebagai tempat tinggalnya Ahok, tapi juga sudah menjelma menjadi objek wisata yang banyak di kunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

BERKUNJUNG KE RUMAH AHOK


Siang itu setelah berkunjung ke Museum Kata Andrea Hirata aku langsung melanjutkan perjalanan menuju Kampung Ahok yang  berlokasi di Desa Gantong, Kecamatan Gantong, Belitung Timur.
Tidak sampai 5 menit aku sudah sampai di depan pintu gerbang rumah Ahok yang terbuka lebar. Aku juga melihat sebuah landmark di tepi jalan yang bertuliskan ‘Kampoeng Ahok’.
Saat itu sudah banyak pengunjung yang membanjiri kawasan Rumah Ahok. Terlihat beberapa orang asing dengan hebohnya berfoto selfie sambil teriak-teriak kegirangan.
Terkadang aku bingung, ‘Sebenernya bule-bule itu sudah mengenal Ahok belum sih ? atau Cuma mau ikut-ikutan foto aja ? hmmmm”.
Tepat di depan rumah Ahok terdapat sebuah rumah panggung khas Belitong berwarna coklat. Didepan teras rumah itu ditempeli spanduk berisi ucapan terimakasih kepada pak Ahok.
Merasa tertarik akupun memasuki rumah panggung tersebut, tidak lupa melepas alas kaki terlebih dahulu agar rumah panggung tidak kotor.
Memasuki rumah panggung aku melihat banyak sekali pernak-pernik dan souvenir yang di jual. Uniknya hampir semua barang yang dijual serba Ahok. Baju kaos bergambar Ahok, gelas mug ada muka ahok, Patung miniatur badan Ahok sampai kue-kue kering buatan mamanya Ahok. Fanatik banget ga sih wkwk!
Setelah kenyang melihat-lihat rumah panggung aku langsung menuju ke rumah Ahok yang berada di seberang jalan. Saat itu rumahnya terlhat sepi, pintunya juga terkunci. Sepertinya pengunjung tidak diizinkan untuk masuk kedalamnya. yaiyalah emang lu siapa ?
Nah, sebagai gantinya. Wisatawan dapat mengunjungi Galeri Daun Simpur yang berada tepat disamping rumah Ahok. Disini wisatawan dapat berbelanja oleh-oleh atau memberi makan kuda dan keledai yang unyu-unyu.
Btw, masuk kawasan kampung Ahok tidak dikenakan biaya sepserpun. Tetapi kalo kamu anaknya gampang Jajan lebih baik membawa uang yang banyak yah, mengingat oleh-oleh dan souvenir disini ajib-ajib!.


Setelah puas keliling di kawasan Kampung Ahok, akupun melanjutkan perjalanan menuju Kuik Dewi Kuan Im. Dalam perjalanan aku berfikir seperti ini :
"ternyata jadi orang yang 'berpengaruh' itu seru juga yah, apapun yang di jual pasti diburu orang, seperti rumah Ahok. Padahal hanya berupa rumah saja tetapi selalu ramai dikunjungi manusia, wah sepertinya aku harus jadi orang terkenal nih :v"
Selengkapnya tentang Kampung Ahok dapat kamu tonton melalu video berikut ini, dijamin Ajib !

Pastikan kamu like dan subscribe supaya tidak ketinggalan video ku berikutnya ehehehehe :)

JANGAN LUPA DISEBARKAN, SHARING IS CARING :)

20 comments

Kesan ahok tak kunjung pudar yaa kwkwkkw

Reply

Waw

Suatu hari mau ah sesukses itu
Terus ada yang bikin kampoeng Aul


HAHAHAHHA
XD

Btw Pak Ahok emang inspiring banget sih
Suka beliauu

Reply

Mau kaya gitu juga ga ?

Reply

Kampung AUL di Padang,
nanti aku orang pertama yang dateng kesana :)

Reply

udah ke lengkuas belom ?

Reply

mendadak hits dan trendingtopic

Reply

Kalau g salah berita soal kasus Ahok kemarin kan viral rul, sampai ke luar negeri juga seingatku.
Jadi boyband cocok kamu Rul, ikutan audisinya YG, JYP, atau SM, biar nanti jadi trainee terus diorbitin, terkenal deh..

Reply

Ada beberapa hal dari pak Ahok yang saya kagumi, sebagai pemimpin, dia punya skill. Tapi ada pula beberapa siis yang saya sayangkan, agak kurang tepat sebagai seoarang pemimpin. Eh manusia kan memang begitu ya, plus minus :)

Reply

Syudaaaaah , Next postingan bakal aku ceritain yaa. di tunggu saja :)

Reply

Aku juga mau ah mendadak Hits :v

Reply

Iya betul teh Pipit kasusnya hebih sampe keluar negeri wkwk.
Wakaka aku ga jago jadi boyband, mau jadi ustadz aja, hazik

Reply

Ya namanya juga manusia sis,
ambil yang baik baiknya aja, walaupun kitanya buruk :v

Reply

Ini jadi salah satu bukti kalau Pak Ahok masih banyak penggemarnya ya kang...

Reply

Iya betul,
Tapi aku ga termasuk penggemarnya muehe :)

Reply

Hebat, salut sama Pak Ahok, inspirasi yang beliau tinggalkan sampai dikenal ke dunia internasional. Di China sini gua sering kok ketemu orang China atau bule yang begitu tau bahwa gua orang Indo, langsung nanyain soal Ahok hehehe. Do you know Mr Basuki Ahok? Biasanya mereka gitu nanyanya hahaha

Reply

Waaah... ternyata ada juga ya sebuah kampung dinamai dengan nama Ahok?

Reply

Bagus dan khas pak ahok iya tempatnya, sebegitu pengaruhnya pak ahok sampai di buat tempat wisata kayak gini. Salut lah :-)

Reply

yaaa Ahok memang cukup terkenal sampai kancah Internasional,
aku juga mau terkenal kaya gitu :)

Reply

Kamu bikin aja 'kampung mirwan' ntar juga banyak wisatawan berdatangan

Reply

Iya ko bisa-bisanya sampe di buatin tempat swisata kek gini O.o

Reply

Post a Comment

Khairulleon, Travel blogger dari Bogor
Jangan lupa berkomentar.
Blogger yang bijak selalu meninggalkan jejak :)

Kepoin sosmedku ▶ @khairulleon

NEW VLOG ! AYO DI TONTON !