SENSASI MENYELAM DI GOA HALO TABUNG, INDAH TAPI SERAM | KHAIRULLEON.COM

SENSASI MENYELAM DI GOA HALO TABUNG, INDAH TAPI SERAM


Masih di kepualauan Derawan tepatnya di Maratua Island, aku dan keempat travelmateku kang Alee, Teh Evrina, Teh Oka dan Teh Septi akan berkunjung kesalah satu goa yang ada di pulau Maratua.
Maratua memang memiliki banyak goa, namun yang paling ngehitz adalah goa Halo Tabung yang dahulu bernama Goa Haji Mangku karena Haji Mangku sebagai founder tempat ini. Yap Goa inilah yang akan kami kunjungi.
Untuk mencapai lokasi ini kami membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari Maratua Paradise Resort menggunakan speedboat. Selama perjalanan kami melewati beberapa pulau kecil yang belum terjamah manusia.
Indonesia memang kaya akan pulau, Ingin rasanya membeli salah satu pulau yang ada di sini. Semua pulaunya bagus-bagus tepian pantainya berwarna turqouse dan hijau kebiru-biruan.
Setelah sampai di dermaga Goa Halo Tabung, kami langsung membeli tiket masuk dan melakukan ritual foto-foto. Entah kenapa rombonganku sangat suka foto-foto, aku jadi ketularan.

Awalnya aku sedikit bingung karna sedari tadi tidak melihat wujud goa Halo Tabung sama sekali. Eh Ternyata Goa ini terletak di tengah hutan jadi kami harus berjalan menyusuri hutan sekitar 50 meter dari lokasi pembelian tiket.
Tapi jangan khawatir, hutan disini terawat ko, Jadi perjalanan yang di tempuh akan tetap menyenangkan. Saat memasuki kawasan hutan pengunjung bisa mendengar cuitan burung dan hewan-hewan hutan yang khas.

Sesampainya di lokasi Goa Halo Tabung, pak Hasan selaku Guide langsung menunjuk ke arah Goa yang dimaksud. Ternyata Goa ini mirip seperti danau, terbentuk dari celah seperti goa vertikal yang terisi air yang tenang dan jernih. Saat di terpa sinar matahari tempat ini akan terlihat berwarna biru.
Walaupun ukuranya tidak terlalu lebar, tapi Goa Halo Tabung memberikan keindahan yang tiada tara, membuatku ingin cepat-cepat nyemplung kedalamnya.
So, tidak ingin membuang-buang waktu akupun langsung berdiri di salah satu bibir tebing yang memiliki ketinggian lebih dari 5 meter dari permukaan air untuk melompat indah. Saking exitednya aku sampai lupa mencopot pakaian renang.
Ga tau kenapa saat itu aku ga mikirin apa-apa lagi yang ada di benakku cuma nyemplung,, nyemplung,, nyemplung ! jadilah aku orang pertama yang nyemplung di Goa Halo tabung pada hari itu, lah bangga.



Pertama kali menyentuh air di Goa Halo Tabung, aku langsung merasakan sensasi dingin yang luar biasa. Wajar saja, Goa ini terletak di tengah hutan yang teduh dan terlindungi oleh pepohonan yang lebat sehingga suhu airnya cukup dingin. Namun yang membuatku aneh adalah ternyata air di tempat ini masih terasa asin wkwk.
Goa Halo Tabung memiliki panjang lebih dari dua puluh meter dengan kedalaman hingga lebih dari 35 meter, konon belum ada yang dapat menyelam hingga dasar terdalam danau ini karna adanya celah sempit yang belum di ketahui ujungnya. Goa Halo Tabung ini benar-benar misterius.
Saat aku melihat kedalam air, aku sedikit takut karna kedalaman goa itu seakan tak berujung. Bahkan aku sempat berhalusinasi bagaimana jadinya jika di goa ini terdapat monster mematikan yang suka makan pria tampan, tentulah aku yang akan di makan terlebih dahulu. haha LOL.

Untuk keluar dari goa ini, pengunjung tidak bisa memanjat melalui tebing tapi harus masuk kedalam lorong-lorong gua sejauh 5 meter. Harus ekstra hati-hati jika melewati daerah ini jangan sampai kepentok atap goa yang berbentuk runcing. Saat itu sempet kejadian bule amerika kepentok, tapi dia ketawa-tawa aja. Yaudahlah seterah dia.
So, kalo ingin tetap hidup gunakanlah pelampung supaya kamu selamat sentosa. Saat itu aku ga pake pelampung jadi kepikiranya selalu inget mati muehe.
-----------------
Oke sekian cerita perjalanan kali ini, silahkan di Tonton video dokumentasinya supaya kamu bisa merasakan langsung Sensasi misterius Goa Halo Tabung. Seperti biasa jangan lupa like dan subscribe muehe.

30 comments

wah seru banget mas, gonya kok gitu ya, tak kira goa itu gak ada airnya malah ada airnya kayak gitu, bisa buat nyelam juga ya hehehe.

Kenapa yang dipikirin mai terus mas? kan masih banyak keindahan alam yang bisa dikunjungi.

Reply

Birunya emang kelihatan kalau dalem banget, ya? :o Serem sih, tapi pasti seru deh. ^_^

Reply

Iya aku kira goa itu kayak aoa gitu kan ga taunya malah keren begini :)
kusuka!

Reply

iy teh Anis ini seru banget Terkenang sampai sekarang :)

Reply

adukh.. om leon .
kalau saya yang disitu bisa kelelep duluan kaga bisa ngambang

Reply

Semakin dalam semakin biru keliatannya ya, Mas. Gak kerasa nikmatnya gimana itu, adem banget pasti ya, Mas.

Reply

Kelelep ga jadi masalah kan airnya adem :)

Reply

Bukan adem lagi mas Andi tapi dingin :)

Reply

Kerjaan lo jalan2 mulu ya? Asyik banget nih. Hehe

Btw, gue suka banget liat gua ini. Warna airnya loh, pengen nyemplung dan ngerasain sensasinya. Hmm

Reply

Iya nih kerjaannya jalan-jalan mulu enak banget ya hehe, bisa menikmati keindahan alam Indonesia secara langsung, bukan dari tipi maupun internet hehe.

Itu airnya dingin apa gak ya mas?

Reply

Dududuh airnya jernih banget ya, cantik gitu. Yang foto pertama airnya kayak batu topaz gitu, yang terakhir airnya kayak batu safir, cakep-calep banget deh

Reply

Aku juga suka sama warna airnya, bikin nagih :)

Reply

Airnya super duper dingin :)

Kan sudah aku jelaskan diatas hehe

Reply

Batu safir + batu topaz = surga !

Reply

di daerah situ sinyalnya susah apa gk mas ?

Reply

Beberapa Provider bagus kayak XL dan telkomsel.
Sisanya Jele' ..
Aku dulu pake im3 selama di sana ga internetan sama sekali huu :(

Reply

cuma aku ya yang gak berani nyebur ke situ, sayang banget padahal indaaah

Reply

Wkwk, lagian teh Evrina sih takut air :(

Reply

Wow keren banget se.mauuu dong jalan2 ksana

Reply

Wow keren banget se.mauuu dong jalan2 ksana

Reply

masih alami sekali ya, memang skrg derawan sdh banyak dikunjungi ya

Reply

Gilak gue jadi ikutan ngeri juga liatnya kalo gue isinta air dan sedalam lautan asmara, halah..

Gue kadang mandi di kali ajah takut ada monster mengerikan di narik gue dari bawah. Ini efek film horor haha

Lo dapet hadiah dari ceria itu ya rul??

Reply

Menggoda banget tempatnya *.*

Reply

Ayu ayuh ke sana :)

Reply

Ayu ayuh ke sana

Reply

Iya ini masih alami banget,
sekarang juga sudah banyak biro travel yang tawarin liburan ke Derawan :)

Reply

anjay lautan asmara.
Iya ini hadiah dari Cheria itu :)

Reply

samperin teh kalo menggoda muehe

Reply

Sereeeem sekaligus keren! Serem soalnya saya takut goa tak berujung gitu sih. Eh btw...cerita dong gimana caranya sampai pulau derawan. Soalnya cari tiket di priceza.co.id bingung tujuannya ke daerah mana dulu, hehe

Reply

oketeh diap ,, nanti aku bakal bikin postingan khusus dari mulai berangkat sampe pulang lagi pas ke Derawan Island.
so stay tune ya teh :)

Reply

Post a Comment

Khairulleon, Travel blogger dari kota hujan.
Jangan lupa berkomentar.
Blogger yang bijak selalu meninggalkan jejak :)

Kepoin sosmedku ▶ @khairulleon

VLOG TERBAIK MINGGU INI, TONTON KAK !