LOST IN PAHAWANG, SURGA TERSEMBUNYI DI LAMPUNG




Liburan merupakan aktifitas yang paling mujarab untuk menghilangkan kepenatan dan kejenuhan akibat rutinitas pekerjaan sehari-hari.

Selain menyenangkan, liburan juga memiliki segudang manfaat, baik untuk fisik maupun mental. Seperti meningkatkan kesehatan, memulihkan kondisi tubuh, menurunkan stres dan masih banyak lagi.

Untuk menciptakan sebuah liburan yang menyenangkan, kita tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri, karna di Indonesia pun terdapat beragam wisata menarik yang dapat kita nikmati. Salah satunya yaitu wisata bahari.

Belakangan ini saya memang terlalu sering wisata ke pegunungan, hingga saya lupa bahwa di Indonesia pun terdapat banyak sekali wisata bahari yang tidak kalah menarik. Hingga akhirnya terbesit dalam diri saya untuk berwisata bahari.

Awalnya saya tidak tahu harus berkunjung ke tempat apa. Namun, setelah saya mencari berbagai informasi tentang wisata bahari di Indonesia, akhirnya saya tertuju kepada salah satu destinasi menarik yang berada di daerah Lampung, yaitu Pulau Pahawang.



Menurut informasi yang saya dapat, Pulau pahawang merupakan salah satu destinasi favorit yang menjadi primadona wisatawan untuk menikmati pemandangan laut. Pulau Pahawang juga disebut-sebut sebagai surga tersembunyi yang sangat indah.

Nah, untuk membuktikan kebenaran tersebut, sayapun langsung mantap ingin berkunjung ke Pulau Pahawang.


Pulau Pahawang berada di Kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan. Untuk menuju ke lokasi ini saya harus menggunakan bus dari bogor menuju merak, lalu dilanjutkan dengan transportasi laut dari pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni.



Setelah sampai di Pelabuhan Bakauheni sayapun melanjutkan perjalanan menuju Desa Ketapang menggunakan minibus.

Dalam perjalanan menuju Desa Ketapang, saya langsung disambut oleh bangunan-bangunan dan gapura tradisional khas lampung. Selain itu hijau sawah, gunung dan perbukitan disisi jalan menjadi pelengkap selama perjalanan.

Beberapa jam perjalanan, akhirnya saya sampai di Desa ketapang. Disini saya dapat menyewa alat snorkling, membeli makanan dan menyiapkan segala perlengkapan yang saya butuhkan. Setelah itu barulah saya melanjutkan perjalanan menuju Pulau Pahawang menggunakan perahu sewaan.







Sebelum ke Pulau Pahawang, wisatawan akan melewati  kelagian kecil. Disini wisatawan dapat menikmati panorama bawah laut, terumbu karang dan ikan-ikan unik akan memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

Kelagian Kecil merupakan spot pertama saya untuk melakukan snorkling. Saya pikir hanya ini satu-satunya tempat eksotis untuk melakukan snorkling, ternyata saya salah, ini baru pembukaanya saja, dan tentu saja snorkling paling hebat ada di Pulau Pahawang.





Setelah puas snorkling di kelagian, sayapun melanjutkan perjalanan menuju Pulau Pahawang. Tidak beberapa lama, dermaga Pulau Pahawang pun terlihat. Disini banyak sekali wisatawan yang berlalu lalang, Baik wisatawan lokal maupun wisatawan asing.



Hal pertama yang saya lakukan di Pulau Pahawang adalah nencari penginapan. Disini banyak sekali Homestay milik warga yang dapat di sewa, sehingga para wisatawan tidak perlu kesulitan mencari tempat untuk menginap.


Setelah shalat, makan siang dan istirahat sejenak, saya melanjutkan perjalanan menuju Batu Candi Taman Nemo.

Disini saya dapat melihat berbagai jenis hewan laut yang sangat menggemaskan, disini juga terdapat Batu Candi dan tulisan 'landmark Pahawang' dibawah laut. Spot ini sangat instagramable, cocok dijadikan sebagai tempat mengabadikan momen.



Pulau pahawang menyajikan pesona surga bahari yang sangat luarbiasa. Beraneka ragam terumbu karang dan biota lautnya sungguh alami dan memikat hati.

Oleh karna itu, pesona surga bawah bawah laut yang eksotis ini menjadikan Pulau Pahawang sebagai destinasi yang menarik untuk snorkling.







Pulau Pahawang terbagi menjadi dua bagian yaitu Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil.

Pulau pahawang besar merupakan tempat bermukimnya penduduk yang juga saya tempati untuk menginap di homestay, sedangkan Pulau Pahawang kecil tidak terdapat penduduk. Namun, pulau Pahawang kecil memiliki fenomena alam yang sangat mengagumnya, yaitu Tanjung Putus.



Tanjung Putus merupakan jembatan yang menyambungkan antara Pulau Tanjung Putus dan Pulau Pahawang Kecil. Yang unik dari Tanjung Putus yaitu jembatan ini akan muncul jika air laut sedang surut. Namun, jika air laut sedang pasang jembatan ini akan putus terendam air.


Berjalan di antara dua pesisir yang jernih diatas pasir berwarna putih menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Pesona Jembatan Putus sangat luar biasa! Kalian harus percaya!.







Tak terasa hari sudah mulai gelap. Matahari pun mulai menghilang di ufuk barat.

Detik-detik matahari terbenam di pulau pahawang sangat memukau, Saat itu saya simpan semua gadget yang saya miliki, mencoba fokus kepada satu titik di ujung sana. Situasi seperti inilah yang paling saya tunggu.



Walaupun hari sudah malam, tapi disepanjang pesisir pantai Pulau Pahawang masih ramai dengan wisatawan. Ada yang membakar ikan, membuat barbeque atau hanya mengobrol dan bernyanyi.

Namun, karna hari sudah semakin larut, sayapun memutuskan untuk beristirahat, terlelap bersama deburan ombak pantai yang menentramkan.



Tak terasa sudah dua hari saya di Pulau Pahawang. Itu artinya sudah saatnya saya kembali pulang menuju Desa Ketapang.

Saat perjalanan pulang, saya melewati sebuah pulau yang sangat dekat dengan Pulau Pahawang. Pulau itu bernama Pulau Kelagian.



Disini saya dapat menikmati pesisir pantai yang sangat indah. Warna pasir yang putih di kelilingi air pantai yang bening membuat Siapapun betah berlama-lama di tempat ini.




Selain itu, di Kelagian juga terdapat banyak warung makan dan pondok teduh yang dapat digunakan untuk bersantai sambil menikmati indahnya pesisir pantai.






Dalam perjalanan pulang dalam hati saya berkata, semoga suatu saat nanti, saya bisa berkunjung lagi ke Pulau Pahawang, surga tersembunyi yang berada di Lampung.

Saya akan selalu mengingat keindahan Pulau Pahawang, panorama bawah laut yang sangat eksotis serta kebudayaan dan keramahan warganya yang sangat mengagumkan.


Berikut ini beberapa tips untuk kamu yang berencana wisata ke Pulau Pahawang .

1. Membawa pakaian renang dan pakaian ganti secukupnya.
2. Jika melakukan solo travel, persiapkan segalanya dengan matang. Namun, akan lebih baik jika Bergabung bersama teman atau kelompok agar dapat menghemat pengeluaran.
3. Jika ingin berkunjung ke Pulau Pahawang tanpa memikirkan akomodasi dan rute perjalanan, lebih baik ikut opentrip. Sekarang sudah banyak jasa travel yang menawarkan perjalanan ke Pulau Pahawang.
4. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan moment. keindahan Pulau Pahawang terlalu sayang jika dilewatkan.





Berikut ini Video keseruanku saat berkunjung ke Pulau Pahawang, Selamat menonton :)







72 comments:

  1. Leon, kalau pemeliharaan di tempat wisata yang ada biota launya seperti terumbu karang gitu gimana ya? Soalnya, tempat seindah itu sayang banget kalo enggak dijaga.

    Lo ngambil gambarnya pake kamera digital atau kamera hp? Bagus banget kualitas gambarnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disana ada penjaganya gitu gan.
      dia yang merhatiin terumbu karang disana.
      Kemarin aku sempet ngobrol-ngobrol ama dia soalnya hehe,

      btw aku pake pakema xiaomi yi gan :)

      Delete
  2. Memang indah. Luar biasa keindahan tempat ini mas

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Terimakasih ,
      Semoga rezeki berpihak padaku ya bro :)
      Usaha keras tidak akan menghianati :)

      Delete
  4. Pantai dan laut biru Pahawang sangat indah ya kang, bikin hati berdesir syahdu ingin berenang di sana, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sastra amat kang bahasanya ,,
      okelah selamat berenang ya kang ,,

      Delete
  5. wuiih aku tinggal di lampung, sudah lama mau berkunjung kesini, tapi nggk bisa karena jauh...hehe

    jadi kepengen kesana karena ngelihat foto diatas, tempatnya seolah olah sunyi, tenang

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu bohong ya ?
      Kemarin aku kelampung kamunya ga ada ?

      Delete
    2. iya akunya di rumah, nggk keluar - keluar........hahaha

      Delete
    3. Kamu lampung sebelah mana tar..
      kemarin pas aku kelampung keget banget loh karna bahasa yg mereka gunakan justru bahasa Jawa !

      kamu termasuk yang berbahasa apa tar ?

      Delete
  6. Udah begitu doang ya bro... sisanya nyusul....hehehe
    Good luck ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha ..
      minggu kemarin aku super sibuk bang jadi nulisnya ngirit.
      untung aja pas hari terakhir deadline artikel aku sudah rampung.
      Dibaca lagi ya dari awal supaya ga kepotong-potong wqwq

      Delete
  7. wah, itu anak kecil yg cowok metal banged broh...hehhee...

    Belum pernah sekalipun menginjakan kaki di tanah Sumatra...
    arghhh...padahal pak de saya tinggal di bengkulu.

    Itu air lautnya bening banget bang...
    keren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi anak-anak pantai di Pulau Pahawang lucu-lucu haha.
      mereka keren banget kalo renang ga pake pelampung.
      aku kangen mau bertemu mereka lagi :(

      Delete
  8. Wah Lampung .
    indah banget, itu pas snorkling pembudidayaan terumbu karang bukan?
    Foto dan videonya keren. Komplit dari berangkat ampe toko oleh-oleh ^^

    Oh ya, sekilas lihat tulisan video keseruan malah kayak video kesurupan -___- mana tulisannya merah pula. Hihihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ke mana mana pokoknya harus komplit teh.
      Rasanya ada yang kurang kalo ga mampir ke tokok oleh oleh wqwq :)

      btw, kalo aku pikir-pikir font merahnya serem juga sih, kayak kesurupan wqwq

      Delete
  9. Dua hari di pulau kayak gitu, tiap jam mandi di laut gue jugak mauuu. Tapi kayaknya belum banyak anak alay yang datang kesitu ya, soalnya masih bersih. Haha.

    Jauh banget sih di Lampung,di tempat gue juga ada sih. Cuma ekslusif banget.. penginapannya berjuta-juta untuk semalam doang, kalo mau tidur di dalem kerang sih gratis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. *pulang dari laut kulit aku gosong loh haha :)*
      Tapi seneng :)

      Bawa tenda sendiri aja mas tidur di pinggri pantainya asique loh

      Delete
  10. Saya mau dong diajak kalo lagi ngetrip :D Belum pernah travelling kemana-mana soalnya males kalo gak ada temennya, lumayan bisa buat bahan ngeblog juga hehe. Udah dari tahun kemaren saya wacana mau ke Lampung buat kunjungin pantainya, disana pantainya bagus-bagus banget, sayang belum ada kesempatan buat pergi jauh. Kalo untuk ke Pahawang sendiri memang sudah banyak ya yg buka jasa open trip, kapan-kapan mau banget kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga sendirian ko kang,.
      nanti pas sampe lokasi travel pasti ketemu orang-orang baru yang bisa di jadikan teman ko kang :)

      Delete
  11. Blog kamu kece paraaaah...! Aku dulu sering pakai gif, tapi kok berat sih ya... tips nya apa biar gif nya kecil size nya?

    Fotonya juga, ya ampun... kenapa aku baru pertama kali ke sini ya hahaha.. salam kenal ya.. ^^

    Pantai di Indonesia itu cantik banget. Dan kamu merekamnya dengan sangat apik. Andai aku bisa keliling-keliling begitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh justru gambar GIF aku sangat ringan teh.
      bahkan sizenya lebih kecil dibanding gambar JPG gitu-gitu.

      btw kalo teteh ada kemauan pasti bisa ko keliling-keliling gitu,
      tapi sama suami teteh ya :)

      Delete
    2. Naah mungkin caraku yang salah save nya. Justru di aku lebih gede loh... dan emang bikin lemot jadinya.

      Kapan2 aku tanya via medsos aja yaa.. kita sudah berteman di fB :)

      Delete
    3. Okeh teh Vindy dengan senang hati :)

      Delete
  12. wah, itu emang viewnya keren banget, didukung sama efek kameranya juga ya. ehehe

    kasih perincian biaya akomodasinya sekalian dong, kan lumayan buat persiapan budget kalo mau kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebetulan Artikel ini buat di lombakan teh,
      Jadi selama masa penjurian aku ga boleh edit text.
      nanti kalo sudah sudah selesai penjurianya langsung aku kasih info biaya akomodasinya deh ya :)

      Stay tune terus ya teh Puti

      Delete
  13. Ngeriii...airnya jernih bener
    Kayaknya ini salah satu laut terindah yang pernah saya lihat -di foto-. Sayangnga tempatnha jauh bamget, lampung. Andailah di surabaya, kita orang udah datangi tu tempat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini beneran indah ko gan.
      bahkan lebih indah dari fotonya loh.

      coba Lihat juga videonya gan, karna videonya sama sekali tidak di edit pewarnaanya gan :)

      Delete
  14. Ngeriii...airnya jernih bener
    Kayaknya ini salah satu laut terindah yang pernah saya lihat -di foto-. Sayangnga tempatnha jauh bamget, lampung. Andailah di surabaya, kita orang udah datangi tu tempat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disurabaya juga ada pantai ko :)
      tapi sejauh yang aku tau pantai di pahawang masih jauh lebih indah hehe

      Delete
  15. Aaahhhh mau banget snorkeling!!! aku selama ke Lampung cuma ke rumah nenek aja, belom pernah ke Pahawang huhu jadi pengeeen :(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti kalo ke rumah nenek jangan lupa mampir ke Pahawang ya teh,
      rasakan senasi seru Snorkeling disana :)
      Recommended banget !!

      Delete
  16. Wah, pas liat tanjung putus aku jadi ingat sama pantai yang pernah kukunjungin bareng teman-temanku di Kalimantan Selatan, yaitu Pantai Angsana. Di ujung pantai itu ada bagian yang surut. Ketika kami tiba sore hari, bagian itu dalam dan ada kapal yang melintas. Tapi ketika pagi hari kami ke sana, ternyata bagian itu bisa dilewati, sama seperti Tanjung Putus, bahkan juga ada pulau di seberang.

    Seru kayaknya ya ke Pahawang, kalau ke lampung kayaknya mesti dijadiin salah satu destinasi nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa di Kalimantan juga ada ya ?
      indonesia emang surganya wisatan pantai yah, banyak lokasi menarik.

      ayu atuh nanti kalo ke Lampung jangan lupa main-main ke Pahawang yaaa :)

      Delete
  17. artikel lomba ya... semoga menang ya Leon. SUKA BANGET LAHH SAMA BLOG MU WKWKWK -,- apalagi postingan ini.. fotonya keren2.. bisikin dong, abis berapa kemaren kesana :p

    udah 3 bulan gak mantai, rasanya aku sakaw :')))) butuh vitamin sea..
    airnya jernih dan lumayan tenang juga ya disana?

    http://www.fujichan.net/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti abis masa penjurian langsung aku update lagi ya teh pengeluaran aku :) kalo sekarang peraturanya ga boleh di edit gitu ehem :)

      Tapi aku ga habis banyak uang ko teh, libura ke Pahawang tergolong murah :)

      Delete
  18. keren banget pemandangannya, ajak gue ke situ dong gan. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayu atuh aku ajakin,
      tapi bayar ya haha,

      Delete
  19. keren banget dah pemandangannya... bikin ngiler
    apalagi snorkling, dari dulu kepengen...
    sayangnya dikota gue kagak ada hahaha
    kalo mau snorkling ya harus menyiapkan kertas berharga yang dinamai pulus dulu banyak banyak

    ngomong ngomong berapa tuh total pengeluarannya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. murah ko ka ga ampe berjuta juta :)
      haha

      Delete
  20. Good luck buat lombanya yaa hehe.

    Waduh aku bener-bener ngiler lah sama wisata Pahawang ini. Keindahan bawah lautnya keren banget. airnya juga beniing.Jujur aku dari dulu juga pengen banget snorkling buat lihat terumbu karang dan ikan-ikan gitu. apalagi tempat bawah lautnya juga instagramable banget.

    Daaan, aku juga pengen ngelewatin jembatan putus. sumpah itu pemandangan di kanan kiri pasti bagus banget. udah gitu air dan pasirnya juga jernih banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga dulu pengen bantget snorkeling, alhamdulillah kesampean di Pahawan :)

      Sebetulnya itu namanya Tanjung Putus, tapi aku menyebutnya jembatan putus haha

      Delete
  21. anjaaaay, ini salah satu blog yang paling kece yang pernah aku ampirin. detail ceritanya aku ngena banget deh, jadi membuat iler - iler ini menetes untuk segera mengikuti perjalanan yang sama dengan dirimu wahai leon.pahawaaaaaaang, ayem komiiiiiiiiiing.
    eh btw, karena ini kece aku ijin untuk memfollow yak hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iler-iler menetes ? aku ngebayanginya kayak apa gitu ya ? haha

      Followmah ga usah ijin bang haha,

      btw, aku ijin Followback ya :)

      Delete
  22. Pengalaman liburan ke pulau pahawang yang sangat menakjubkan ya mas, pemandangan indah dan ada terumbu karang juga. Asyik itu kayaknya bisa bersenorkeling, aku belum pernah senorkeling karena takut (gak ada yang ngajak) hahaha, berenang aja gak bisa.

    Blog ini keren mas, seperti yang mas okky bilang, gambarnya bagus dan ceritanya detail. Hmmmb perlu dicontoh nih dari segi gambarnya, menarik banget bagi pembaca mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga apa apa mas ga bisa renang kan ada pelampung :) ,
      tapi kalo aku pribadi sih malah repot pake pelampung,
      pake alat snorkelingnya juga ga biasa, malah susah napas haha.

      Aku suka gambar yang bagus-bagus mas, aku mau memberikan yang terbaik buat pembaca aku :)

      Delete
  23. Waaaw itu keren banget tempatnya euy. Entah karena fotografernya yang jago ngambil gambar, atau emang tempatnya keren kayak aslinya wkwk
    tapi gua percaya itu tempat emang keren. soalnya gua pernah main ke lampung, pantainya emang keren keren kayak gitu.

    Pulau Pahawang ini kayaknya bisa jadi recommended buat perjalanan gua selanjutnya kalo main ke lampung niih. Hahahha
    Good luck bro buat lombanyaa. Artikelnya bagus bro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pahawang ini emang beneran keren loh bro,
      malah lebih keren dari fotonya, Sumpah deh !!

      Btw, kemaren aku sempet lewatin beberapa pantai di lampung dan ternyata pantai disana emang ajib-ajib bro,
      semuanya recommended !!!

      Delete
  24. Kemaren sempet baca juga soal pulau pahawang ini di blog temen. Tapi ini lebih lengkap euy. Sepertinya snorkling jadi menu unggulan ya di sin. Foto foto lo ajib bener dah. Seger mata gue liatnya haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba kalo bang Joga Tjahja Poetra liat sendiri ke Pahawang pasti bakal lebih seger dari fotonya loh :)

      Delete
  25. Keren banget tempatnya :D baru denger tentang Pahawang, ternyata tempatnya bagus. Di tambah lagi pengambilan gambarnya yang bagus, jadi kelihatan lebih mantep lah. Pasirnya juga putih bersih gilak... Emang surga nih, emang negeri ini kaya akan surga yang tersembunyi dan salah satunya di pulau pahawang di Lampung ini

    BTW Itu traveling sendiri ya? Nggak takut ya mas? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sendiri aja nih.
      tapi kalo udah sampe sana juag banyak temen baru ko :)

      engga usah takut, ada Allah :)

      Delete
  26. Alhamdulillah gue juga pernah kesana, bro!
    Dulu sih, waktu belum terkenal banget kayak sekarang. udah 2 atau 3 tahun yang lalu deh. Masih asri dan tentunya kece bannget. hehe

    Btw, sukses untuk lombanya. Semoga menang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya Pahawang dari dulu sampai sekarang selalu asri ya nyol
      moga ga ada tangan-tangan jail yang merusak pahawang deh.

      btw makasih doanya ya bro hehe

      Delete
  27. Gilaaa... jadi ngiri.. habis beberapa bulan terakhir nggak pernah jalan-jalan, ngerasa sibuk banget, padahal enggak.

    #SalamKunjunganBalik

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya aku kalo udah dua bulan ga kemana-mana langsung sakit ..
      jadi travel itu obatnya haha

      Delete
  28. keren rul, gue pengen liburan kayak begitu. nggak cuman liburan di daerah gue doang tapi pengen juga ke luar kota. apalagi ke pantai. ahh bikin ngiri ajah nih haha

    gue rasa masih banyak tempat yang belum kita kunjungi apalagi pantai2 di indonesia makanya gue kalau punya banyak duit mah pengennya keliling2 indonesia ajah haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue juga kalo punya banyak duitmah udah kemana tau kali,
      Sampe dikira anak ilang.

      Delete
  29. Wah keren, lebih enak lagi kalo kesananya sama temen yang baik banget dan ber-uang. Segalanya dibayarin pasti.

    Duh, aku speechless nih. Saking indahnya. Pengin kesana, tapi masih kuliah. Kalo nunggu liburan, pasti rame, males jadinya. Yaudahlah, Pulau Pahawang aku tulis di Wish List aja. Kali aja kesampaian.

    Pasti kaget kan orang sana pake bahasa Jawa. Kakek aku dulunya juga pernah disana. Padahal orang Banyuwangi. Jadi dulu ceritanya karena Lampung masih sepi, orang Jawa pada dipindah ke Lampung sama Presiden Soeharto. Akhirnya berkembang biak disana, jadilah bahasa Jawa menyebar di Lampung. Kurang lebih seperti itu..

    Semoga lombanya menang ya bro. Soalnya kamu deskripsiinnya bagus banget. Bikin yang baca pengin kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalan bareng temen yang berduit itu udah paling enak pokoknya haha ,

      bener banget baang. kemarin aku capek-capek belajar bahasa Lampung ga taunya masyarakat disana malah pake bahasa Jasen (Jawa serang) ..

      Aku frustasi :(

      Delete
  30. Keren banget alamnya.
    Bikin mupeng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku cuma mau ngingetin kalo Aslinya lebih keren lagi :)

      Delete
  31. Wah, Pahawang memang sudah menjadi icon Lampung ya kak, pantai dan snorkelingnya baguuus jernih euy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap betul
      sudah jadi wisata wajib di Lampung :)

      Delete
  32. aku udah pernah ke pahawang tapi belum pernah ke Batu Candi Taman Nemo.
    padahal pengen banget ketemu nemo

    Waktu itu sih lagi high season juga pas timingnya jelek kali yah jadi ga di mampirin ke sana

    Most of all aku paling suka jembatan putus, alias tanjung putus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah setuju.
      aku juga suka banget sama tanjung putus.
      tapi aku lebih suka sama pulau kelagian gimana dong ?

      Delete
  33. kereeen. tapi, pertanyaannya, kapan ke sana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ada niat ama duit pasti bisa kesana wakakak

      Delete
  34. Pantainya sungguh luar biasa...
    Masya Allah :-)

    ReplyDelete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search