GA NYESEL NGEBOLANG KE PAPANDAYAN | KHAIRULLEON.COM

GA NYESEL NGEBOLANG KE PAPANDAYAN


Alhamdulillah, setelah mendaki Gunung Gede ama Gunung Cikuray, akhirnya ane diberi kesempatan ama Allah Ta’ala untuk ‘mencicipi Gunung’ lagi yaay!!. Btw, Ini adalah gunung ketiga ane, Gunung Papandayan.

Gunung Papandayan adanya di Garut, Garut dibelah mananya gue lupa. pokoknya garut surganya gunung deh. Ada gunung cikuray,gunung guntur, gunung ciremai, gunung apapun yang lo mau semua tersedia disana *ya kali.

Kalo di pikir-pikir pendakian ane makin kesini makin turun. Dari yang tadinya manjat 3.000an MDPL sekarang Cuma 2000an MDPL *Sombong..
Bahkan salah satu temen ane sampe ga mau manjat gunung papandayan gara-gara takut turun level, kan lebay. Dan sekarang temen ane yang lebay itu harus menyesal karna Papandayan punya segudang keindahan yang ga ada di gunung manapun. Mau tahu keindahan papandayan ? Berikut Trailernya :


Pendakian kali ini ane gabung ama Bogaboo expedition, kebetulan mereka lagi ngadain opentrip gitu, dan bayarnya ‘Cuma’ 300rebu [ kalo dikalkulasikan 300rebu setara makan gue setahun di kostan *sedih ].

Btw Gunung Papandayan memiliki beberapa kawah yang terkenal. Di antaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya. makanya sepanjang perjalanan menuju puncak yang ane hirup cuma bau kentut (baca: Kawah)

Kawah Papandayan Merupakan komplek gunung berapi yang masih aktif seluas 10 Ha. Pada komplek kawah terdapat lubang-lubang magma yang besar maupun kecil, dari lubang-lubang tersebut keluar asap/uap air hingga menimbulkan berbagai macam suara yang unik. Suara konsernya Ariana Grande juga ada !!

Blok Pondok Saladah Merupakan areal padang rumput seluas 8 Ha, dengan ketinggian 2.288 meter di atas permukaan laut. Di daerah ini mengalir sungai Cisaladah yang airnya mengalir sepanjang tahun. Lokasi ini sangat cocok untuk tempat berkemah. Kira-kira kayak gini penampakanya :
 

Kegiatan Wisata Alam yang dapat dilakukan :
1. Menikmati keindahan dan keunikan alam
2. Lintas alam
3. Berkemah
4. Nyelpi
5. Mandi air yang mengandung belerang, untuk pengobatan penyakit kulit.

Nah, karna ane lagi males banget nulis mending ane kasih Pelemnya aja yah, Jangan lupa di Subscribe loh youtube ane :)


44 comments

liat jepretannya hiyah banget kalau di bilang nggak nyesel ngebolang ke Papandayan atuh...kerensukeren banget...jadi kangen sama si eneng warung yang cantik itu deh di kaki gunung papapndayan itu

Reply

aduhh... seneng banget yak ke papandayan. Gue naik gunung baru gn. gede sama gn. ijen.Itupun udah kapok, capek!! Tapi kalo ngeliat tempatnya bersih dan sekeren itu, gue kayaknya ga nolak deh kalo diajak kesana hahaha XDDDD

Reply

Lah kenapa jadi Baper .

Reply

Bener ,,
Papandayan emang bersih banget :)

Reply

Aje gile foto levitasinya itu lho. Keren banget.

Yang sya lihat ketika mampir ke blog ini selain tulisan adalah dominasi warna hijau dan biru.
Klo inget Gunung sya jadi inget film 5 cm dan Pencarian Terakhir.

Salam kenal dan salam dari Jogja :D

Reply

Serius foto-fotonya beneran keren mas.. kayak di film atau di video klip.. :)

Reply

Kapan ngajakin aku ke sini??? Huhuhu, mupeng banget. :(

Reply

keren2 gan poto n youtubenya. jadi pengin libuaran ke papandayan ane :(

Reply

Yaaay punya temen dari Jogja,
kapan-kapan kalo ane travel kesana tolong di sambut ya (:

Reply

doain aja semoga bisa maen film beneran ,,
ga usah muluk-muluk...minimal jadi pemeran utamanya gitu .

Reply

Aku sih kapan aja ayuk,,
tapi semua estimasi biaya kamu yang tanggung ya nis haha

Reply

Yes ada yang kehasut ..

Reply

Mantap Gan . Jadi pengen nih... ^^

Reply

ayo gan mumpung masih diberi kesempatan hidup ..
saksikanlah betapa Indah alam ciptaanNya ..

Reply

Emang kalo MDPL-nya rendah itu pendakinya bakal turun level? Nggak ngerti gue sama yang begitu. Ckck :/

Temen gue belum lama juga habis dari Papandayan. Gue mah belum pernah. :(
Wih, anak levitasi. :))

Reply

Jangankan naik gunung. Eng nggak jadi deh...
BTW keren foto levitasinya... Sampe ada yang bikin kepala pengen patah miring-miring...

Reply

Ayo gan naek,
gue yakin cerita lo bakal lebih boombastis dari gue :)

Reply

apaan patah miring-miring, lu lagi goyang ?

Reply

Selfie kegiatan yang wajib ada yah hahaha :D

Reply

guesih ngikut perkembangan zaman aja muehehe

Reply

Klo kemah blom pernah sih kecuali pas ekskul pramuka

Reply

iya mba gunung papandayan emang cocok buat anak pramuka ..
kemaren juga banyak banget anak pramuka berkeliaran ..

Reply

Bersih dan asri, semoga terjaga, yang ke sana gak ninggalin sampah...
Saya baru sekali ke gunung, itupun gunung wisata, Bromo.. hehe..

Reply

berarti anak kekinian dong hahaha :D

Reply

Idih, justru saya kebelet banget pengen ke Bromo ,,
Tapi Ongkosnya itu loh ,, luar biasa mahal

Reply

ga tau juga sih gue juga bingung ,..

Reply

Levitation Yoi banget...


Udah sempet beberapa kali diajak ke papandayan
tapi waktunya selalu gak pas :((

Reply

Jangan tunggu hari libur, tapi ciptakan hari libur :)

Reply

E&, ternyata hobi mendaki gunung ya… aku diajak ke gunung Lembu sama temen juga belum siap. Belum siap capeknya. Belum pernah naik gunung sama sekali huhuhu.
Btw, itu fotonya lagi loncat atau terjun? Keren banget! -.-

Reply

Waaah keren yah, semoga para pendaki gunung nggak meninggalkan sampah supaya tetap terjaga keindahannya..

Reply

aku ndak hobi naek gunung, kalo di ajakain jalan kemana aja akumah "ayuk"

Reply

indah sekali ternyata di gunung papandayan ya mas. g takut meletus lagi kah mas

Reply

Leon kurus yah :D makan yg banyak yon.. yon..

Reply

Yap bener banget, badan aku kayak sapu lidi ..

Reply

Ya elah meletus,
Horor amat ._.

Reply

Jangan sapu lidi yon, gampang patah. Pas rame2 doang baru kuat. Tiang aja yon, kuat binti kokoh. #apasih

Reply

tiang ketinggian ah,
repot kalo mau meluk kamu ram . *ehek

Reply

Yuhuuu,,liat foto-fotonya jadi kangen sama papandayan. pertama kali nanjak ke sana, & berujung ketagihan :D

Reply

nanjak bareng yu teh ,,
kita bikin kumpul blogger gitu

Reply

Pemandanganya sip mas :D
ane dari dulu pengen muncak belum kesampaian sp sekarang. Hahaha

Reply

aku doain semoga besok bisa muncak !!

Reply

Artikel yang sangat menarik :D
http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ | http://informasiberitatop.blogspot.com | http://bit.ly/1QTpF4S | http://goo.gl/eQV9d3 | http://bit.ly/1sUU8dl | http://goo.gl/CI4bLf | http://bit.ly/1IAMpsv | http://goo.gl/lNMX3D | http://bit.ly/1NM7v7j | http://bit.ly/1VxDjyt | http://bit.ly/1IAMpsv | http://bit.ly/1QTpF4S | http://goo.gl/cAQcMp | http://goo.gl/97Yn1s | http://goo.gl/tw2ZtP | http://bit.ly/1VxDjyt | http://goo.gl/RkuB4G | http://goo.gl/8rM20b | http://goo.gl/5dAkJO | http://bit.ly/1IAMpsv | http://bit.ly/1IAMpsv

Reply

njirrrrrrr.... postingan ente bikin kangen melakukan pendakian gunung papandayan lagi, dingin nya yang wahh bangett.

Reply

Post a Comment

Khairulleon, Travel blogger dari kota hujan.
Jangan lupa berkomentar.
Blogger yang bijak selalu meninggalkan jejak :)

Kepoin sosmedku ▶ @khairulleon

VLOG TERBAIK MINGGU INI, TONTON KAK !