GA NYESEL NGEBOLANG KE PAPANDAYAN


Alhamdulillah, setelah mendaki Gunung Gede ama Gunung Cikuray, akhirnya ane diberi kesempatan ama Allah Ta’ala untuk ‘mencicipi Gunung’ lagi yaay!!. Btw, Ini adalah gunung ketiga ane, Gunung Papandayan.

Gunung Papandayan adanya di Garut, Garut dibelah mananya gue lupa. pokoknya garut surganya gunung deh. Ada gunung cikuray,gunung guntur, gunung ciremai, gunung apapun yang lo mau semua tersedia disana *ya kali.

Kalo di pikir-pikir pendakian ane makin kesini makin turun. Dari yang tadinya manjat 3.000an MDPL sekarang Cuma 2000an MDPL *Sombong..
Bahkan salah satu temen ane sampe ga mau manjat gunung papandayan gara-gara takut turun level, kan lebay. Dan sekarang temen ane yang lebay itu harus menyesal karna Papandayan punya segudang keindahan yang ga ada di gunung manapun. Mau tahu keindahan papandayan ? Berikut Trailernya :


Pendakian kali ini ane gabung ama Bogaboo expedition, kebetulan mereka lagi ngadain opentrip gitu, dan bayarnya ‘Cuma’ 300rebu [ kalo dikalkulasikan 300rebu setara makan gue setahun di kostan *sedih ].

Btw Gunung Papandayan memiliki beberapa kawah yang terkenal. Di antaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya. makanya sepanjang perjalanan menuju puncak yang ane hirup cuma bau kentut (baca: Kawah)

Kawah Papandayan Merupakan komplek gunung berapi yang masih aktif seluas 10 Ha. Pada komplek kawah terdapat lubang-lubang magma yang besar maupun kecil, dari lubang-lubang tersebut keluar asap/uap air hingga menimbulkan berbagai macam suara yang unik. Suara konsernya Ariana Grande juga ada !!

Blok Pondok Saladah Merupakan areal padang rumput seluas 8 Ha, dengan ketinggian 2.288 meter di atas permukaan laut. Di daerah ini mengalir sungai Cisaladah yang airnya mengalir sepanjang tahun. Lokasi ini sangat cocok untuk tempat berkemah. Kira-kira kayak gini penampakanya :
 

Kegiatan Wisata Alam yang dapat dilakukan :
1. Menikmati keindahan dan keunikan alam
2. Lintas alam
3. Berkemah
4. Nyelpi
5. Mandi air yang mengandung belerang, untuk pengobatan penyakit kulit.

Nah, karna ane lagi males banget nulis mending ane kasih Pelemnya aja yah, Jangan lupa di Subscribe loh youtube ane :)


44 komentar:

  1. liat jepretannya hiyah banget kalau di bilang nggak nyesel ngebolang ke Papandayan atuh...kerensukeren banget...jadi kangen sama si eneng warung yang cantik itu deh di kaki gunung papapndayan itu

    BalasHapus
  2. aduhh... seneng banget yak ke papandayan. Gue naik gunung baru gn. gede sama gn. ijen.Itupun udah kapok, capek!! Tapi kalo ngeliat tempatnya bersih dan sekeren itu, gue kayaknya ga nolak deh kalo diajak kesana hahaha XDDDD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener ,,
      Papandayan emang bersih banget :)

      Hapus
  3. Aje gile foto levitasinya itu lho. Keren banget.

    Yang sya lihat ketika mampir ke blog ini selain tulisan adalah dominasi warna hijau dan biru.
    Klo inget Gunung sya jadi inget film 5 cm dan Pencarian Terakhir.

    Salam kenal dan salam dari Jogja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaay punya temen dari Jogja,
      kapan-kapan kalo ane travel kesana tolong di sambut ya (:

      Hapus
  4. Serius foto-fotonya beneran keren mas.. kayak di film atau di video klip.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. doain aja semoga bisa maen film beneran ,,
      ga usah muluk-muluk...minimal jadi pemeran utamanya gitu .

      Hapus
  5. Kapan ngajakin aku ke sini??? Huhuhu, mupeng banget. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sih kapan aja ayuk,,
      tapi semua estimasi biaya kamu yang tanggung ya nis haha

      Hapus
  6. keren2 gan poto n youtubenya. jadi pengin libuaran ke papandayan ane :(

    BalasHapus
  7. Mantap Gan . Jadi pengen nih... ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo gan mumpung masih diberi kesempatan hidup ..
      saksikanlah betapa Indah alam ciptaanNya ..

      Hapus
  8. Emang kalo MDPL-nya rendah itu pendakinya bakal turun level? Nggak ngerti gue sama yang begitu. Ckck :/

    Temen gue belum lama juga habis dari Papandayan. Gue mah belum pernah. :(
    Wih, anak levitasi. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo gan naek,
      gue yakin cerita lo bakal lebih boombastis dari gue :)

      Hapus
  9. Jangankan naik gunung. Eng nggak jadi deh...
    BTW keren foto levitasinya... Sampe ada yang bikin kepala pengen patah miring-miring...

    BalasHapus
    Balasan
    1. apaan patah miring-miring, lu lagi goyang ?

      Hapus
  10. Selfie kegiatan yang wajib ada yah hahaha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. guesih ngikut perkembangan zaman aja muehehe

      Hapus
    2. berarti anak kekinian dong hahaha :D

      Hapus
    3. ga tau juga sih gue juga bingung ,..

      Hapus
  11. Klo kemah blom pernah sih kecuali pas ekskul pramuka

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba gunung papandayan emang cocok buat anak pramuka ..
      kemaren juga banyak banget anak pramuka berkeliaran ..

      Hapus
  12. Bersih dan asri, semoga terjaga, yang ke sana gak ninggalin sampah...
    Saya baru sekali ke gunung, itupun gunung wisata, Bromo.. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idih, justru saya kebelet banget pengen ke Bromo ,,
      Tapi Ongkosnya itu loh ,, luar biasa mahal

      Hapus
  13. Levitation Yoi banget...


    Udah sempet beberapa kali diajak ke papandayan
    tapi waktunya selalu gak pas :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan tunggu hari libur, tapi ciptakan hari libur :)

      Hapus
  14. E&, ternyata hobi mendaki gunung ya… aku diajak ke gunung Lembu sama temen juga belum siap. Belum siap capeknya. Belum pernah naik gunung sama sekali huhuhu.
    Btw, itu fotonya lagi loncat atau terjun? Keren banget! -.-

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku ndak hobi naek gunung, kalo di ajakain jalan kemana aja akumah "ayuk"

      Hapus
  15. Waaah keren yah, semoga para pendaki gunung nggak meninggalkan sampah supaya tetap terjaga keindahannya..

    BalasHapus
  16. indah sekali ternyata di gunung papandayan ya mas. g takut meletus lagi kah mas

    BalasHapus
  17. Leon kurus yah :D makan yg banyak yon.. yon..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap bener banget, badan aku kayak sapu lidi ..

      Hapus
    2. Jangan sapu lidi yon, gampang patah. Pas rame2 doang baru kuat. Tiang aja yon, kuat binti kokoh. #apasih

      Hapus
    3. tiang ketinggian ah,
      repot kalo mau meluk kamu ram . *ehek

      Hapus
  18. Yuhuuu,,liat foto-fotonya jadi kangen sama papandayan. pertama kali nanjak ke sana, & berujung ketagihan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanjak bareng yu teh ,,
      kita bikin kumpul blogger gitu

      Hapus
  19. Pemandanganya sip mas :D
    ane dari dulu pengen muncak belum kesampaian sp sekarang. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku doain semoga besok bisa muncak !!

      Hapus
  20. Artikel yang sangat menarik :D
    http://clayton88.blogspot.com | http://kagumiterus.blogspot.com/ | http://informasiberitatop.blogspot.com | http://bit.ly/1QTpF4S | http://goo.gl/eQV9d3 | http://bit.ly/1sUU8dl | http://goo.gl/CI4bLf | http://bit.ly/1IAMpsv | http://goo.gl/lNMX3D | http://bit.ly/1NM7v7j | http://bit.ly/1VxDjyt | http://bit.ly/1IAMpsv | http://bit.ly/1QTpF4S | http://goo.gl/cAQcMp | http://goo.gl/97Yn1s | http://goo.gl/tw2ZtP | http://bit.ly/1VxDjyt | http://goo.gl/RkuB4G | http://goo.gl/8rM20b | http://goo.gl/5dAkJO | http://bit.ly/1IAMpsv | http://bit.ly/1IAMpsv

    BalasHapus
  21. njirrrrrrr.... postingan ente bikin kangen melakukan pendakian gunung papandayan lagi, dingin nya yang wahh bangett.

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search