LIBURAN SINGKAT KE DANAU KAOLIN BELITUNG, BIRU AIRNYA MEMBIUS BANGET !


khairulleon.comWaktu terasa sangat cepat saat berada pulau Belitong. Tau-tau sudah hari terakhir saja, itu artinya aku harus meninggalkan Belitong and back to Bogor the lovable city.

Selama berada di Pulau Belitong Banyak kejadian unik dan menarik yang kutemui, mulai dari penduduknya yang ramah, makanan yang enak hingga tempat main yang ga pernah ada habisnya. Bahkan saat perjalanan pulang menuju Bandara Tanjung Pandan aku masih sempat mampir kesalah satu destinasi menarik yang kebetulan ku lewati, yaitu Danau Kaolin. Sudah pernah mendengarnya ?

Sebetulnya Danau Kaolin bukan tempat wisata, namun karna viewnya yang cantik membuat banyak orang berbondong-bondong datang ke sini. Bahkan ga lengkap rasanya kalo ke Belitong jika tidak mampir ke Danau Kaolin. Namun siapa sangka, dibalik cantiknya Danau Kaolin ternyata ini adalah bekas proyek pertambangan.

Dok: Putrinyanormal
Sejarah Danau Kaolin di Pulau Belitung masih erat kaitannya dengan penambangan timah di pulau tersebut yang diprakarsai oleh John Francis London mulai tahun 1851 silam. Seiring waktu berjalan, penambangan yang dilakukan tidak hanya fokus pada hasil tambang timah namun juga penambangan Kaolin. 

Kaolin adalah sejenis lempung atau tanah liat yang terbentuk dari pelapukan batu granit. Kaolin sendiri digunakan sebagai bahan produk plastik, karet, obat-obatan juga kertas. Bisa dibilang Pulau Belitung ini memiliki cadangan Kaolin terbesar dibanding daerah-daerah lain di Indonesia.

Siapa sangka tempat yang dulunya dipakai untuk pertambangan ini justru meninggalkan fenomena alam yang unik. Warna biru danau di kelilingi gundukan pasir berwarna putih membuat tempat ini terlihat sempurna.

Sayangnya pengunjung tidak di perbolehkan berenang ke danau, mungkin airnya masih mengandung zat berbahaya. Bahkan, disekitar danau juga terdapat pagar dari kayu untuk membatasi pengunjung agar tidak masuk lebih dalam ke kawasan danau.

Dok: club.iyaa.com
Danau Kaolini ini terletak di Desa Air Raya Tanjungpandan, Belitong. Selain itu masih ada Danau Kaolin lainya yang berada di Pulau Bangka tepatnya di desa air bara. Btw, udah pada tahu belum nih kalo Bangka Belitung merupakan dua pulau yang berbeda ? Kalau belum tahu kamu harus baca infonya DISINI ya!

Dok: Merahputih.com
Sayangnya saat itu cuaca di Belitong sedang tidak bersahabat. Awan mendung disepanjang perjalanan. Alhasil ketika sampai di Danau Kaolin tiba-tiba hujan turun deras banget. Padahal aku baru mendapatkan satu buah foto hhfft. Terpaksa harus kembali ke mobil untuk berteduh.


10 menit berlalu hujan masih belum reda, karna takut ketinggalan pesawat aku memilih melanjutkan  perjalanan dan meninggalkan danau kaolin yang hanya ku kunjungi tidak lebih dari satu menit.

Ah Jika ada kesempatan lagi, aku pengen banget balik ke danau kaolin dan mengambil gambar dari berbagai sudut.

Jangan Lupa Tonton VLOG nya disini :




39 komentar:

  1. Cantik sih,, tapi bekas tambang,, jadi yaaa sebenernya ngerusak alam ya :( ..

    Di Sumbar juga ada beberapa danau cantik bekas pertambangan..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga sih ini ngerusak alam, Tapi kalo pemandanganya cantik gini orang-orang jadi gasadar kalo ini berkas tambang :v

      Hapus
  2. Asik euy, semoga bisa ke Belitong juga..
    Airnya biru gitu ya, sekilas kalau yang belum lihat secara langsung, itu hanya sebuah gambar saja. Padahal aslinya jg gitu..he

    Fix nih pake tmplte ini? Hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya fix dah pake template ini.
      Capek ngutak ngatiknya haha

      Hapus
  3. Wah cantik ya, ternyata bekas pertambangan danaunya bisa secantik itu.
    Sayang sekali saat kesana kondisi cuaca memang sedang tidak bagus ya.
    Semoga saya nanti juga bisa diberi kesempatan main kesana deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga aku juga bisa balik kesini lagi pas cuaca sedang bersahabat.
      Pengen banget foto foto disini :)

      Hapus
  4. Anjiir padahal bekas pertambangan ya? Kok bisa baguuus.

    BalasHapus
  5. Ini beneran danau Rul? Seriusan, cantik banget!!
    Kok bisa gitu ada danau yang jadi tempat tambang tapi warna airnya biru dan pasirnya (?) putih, kayak pantai, bukan danau.
    Coba pas kamu datang nggak mendung, pasti semakin asoy geboy jepretannya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya waktu itu takdirku lagi kurang bagus ,,
      Balik lagi ah nanti ,

      Hapus
  6. oh ini yang ada reaksi oksidasi itu ya gara2 penambangan
    bagus banget wong liat warna di tabung reaksi aja udah bagus ini malah satru danau
    jepretannya mantep juga,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Analisa Pak Guru emang keren nih.
      Reaksi Oksidasi makanan apa itu aku gak paham haha

      Hapus
  7. Wow cakep banget warna danaunya. Walau bekas penambangan, tapi keliatan menarik buat dikunjungi. Duh, jadi pengin ke sana. :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesana gih besok kalo ga ujan ya :)

      Hapus
  8. Warnanya biru, cantik. Di Belitung banyak tempat yang bagus-bagus ya 😣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak banget kak, keindahanya ga abis abis heuheu

      Hapus
  9. Iiihh..... airnya nya kok bisa biru gitu. So beautiful.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuasa Allah emanh keren keng choky

      Hapus
  10. Ini yang versi Belitong? Akkkk ketje! Waktu ke danau kaolin yg Bangka aja aku uda emaze bgt liatnya. hahaha tjakep ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi Danau Kaolin di Bangka masih lebih bagus dari pada yg di Belitong :)

      Hapus
  11. Kayaknya kalau tiap-tiap bekas pertambangan selalu bagus yah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada juga yang jelek, malah ampe bikin bencana kaya lumpur lapindo heuheu

      Hapus
  12. Jadi inget Ciwidey sama Kawah Ijen aih.

    Aman gak tuh main air disitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga aman kak.
      Kyakanya kandungan airnya berbahaya ..

      Hapus
  13. Pas aku ke Kaolin airnya agak kehijauan karena di Belitong habis banjir besar tapi tetap bagus. Kalo kata temanku, lebih bagus lagi kaolin yang di Bangka sih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, Kaolin di Bangka emang lebih bagus.
      Aku pun kemarin bekas sisa banjir kok tapi udah bersih lagi :)

      Hapus
  14. Bagus ya.. hasil tambang timah yg di tempat saya (tanjung balai karimun0 sayangnya ga jadi begini warnanya tetap sama dengan danau biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap tempat emang punya keistimewaanya masing-masinng ya teh Sakih

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Danau bekas tambang tapi keren banget ya mas viewnya. Di tempat saya juga ada di daerah jawa timur, tempat bekas tambang dan sekarang menjadi destinasi wisata baru. Oh ya, bicara soal belitung ini adalah pulau impian saya, pengen sekali menikmati pantai dengan batu2an yang khas seperti belitung.

    Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga impiannya lekas terlaksana ya kang :)

      Hapus
  17. Udah lama gak maen kesini. Tiba ada suara2 dan ternyata itu video. Hahaha...
    Wuih anak YOUTUBERS!!! :)

    Btw, padahal ini bekas tambang ya? Tapi kok keren parah gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha maao kan bang kemarin videonya aku puter otomatis.
      Sekarang udah di di benerin kok blognya haha

      Hapus
  18. Jadi pengen main ke Belitong. Banyak pemandangan yg kece di sana ya. Dan teringat Laskar Pelangi gitu jadinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keindahan Belitong ga ada habisnya kak Frida

      Hapus
  19. inspirasi banget gan... jalan jalan ga harus punya duit dengan mengeluarkan bakat kreatif pun bisa jalan jalan selamat gan maju terussss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul banget,
      Sekarang mah kita jalan-jalan bukanya membayar tapi di bayar :)

      Hapus
  20. Ih seru ke lokasi syutingnya Lanskar Pelangi juga. Btw, itu airnya Danau Kaolin beneran biru muda jreng kayak gitu ya? Cantik banget :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, warnanya memang seperti itu asli deh

      Hapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search