14 November 2017

3 SPOT TERBAIK UNTUK MENIKMATI SUNSET DI BELITONG


Salah satu aktifitas yang paling sering ku lakukan saat traveling yaitu berburu sunset, apalagi kalau travelingnya ke daerah pantai pasti sunsetnya akan terlihat sempurna.

Bagiku melihat sunset merupakan moment yang sangat tepat untuk menjernihkan pikiran. Bahkan berdasarkan penelitian  yang dilakukan oleh University of Miami, menyebutkan bahwa menyaksikan sunset alias matahari terbenam dapat memberi energi positif yang dapat menghilangkan depresi/stress.

Oleh karna itu, saat liburan ke Pulau Belitong aku menyempatkan diri menjelajah ke berbagai tempat untuk berburu sunset. Berikut ini 3 lokasi menarik untuk menikmati sunset di Belitong.

BUKIT BERAHU
Panorama Indah Pantai Bukit Berahu

Sebagian orang mungkin masih sangat asing dengan Bukit Berahu, mengingat lokasi ini berada tersembunyi di kaki bukit. Akupun mungkin tidak akan tahu jika guide tour tidak membawaku ku ke tempat ini.

Nama Bukit Berahu sendiri diambil dari bentuk bukitnya yang menyerupai perahu terbalik jika di lihat dari kejauhan. Tepat di kaki bukit terdapat pantai cantik yang biasa di gunakan turis untuk berwisata.

Anak tangga menuju Pantai Bukit Berahu

Untuk menuju pantai Bukit Berahu kamu harus menuruni anak tangga yang jumlahnya sekitaer 96 buah, kalau ga salah ngitung loh ya. Tapi tenang saja kamu tidak perlu merasa lelah karna semuanya akan terbayar setelah kamu sampai di pantai. Fasilitas yang menarik dapat kamu gunakan untuk leyeh-leyeh sambil menunggu matahari terbenam.

Di bawah bukit ini banyak sekali arena bermain seperti ayunan, tempat hangout, atau hamparan bebatuan yang instagramable banget untuk foto-foto kekinian.


Taman main di Bukit Berahu asoy banget
Di bukit Berahu juga terdapat fasilitas lainya yang sangat lengkap seperti cottage, Bungalow, Villa, restoran, dan Kolam renang dengan view pantai yang mempesona. Akupun sempat ingin renang disini tapi katanya harus bayar akhirnya aku urungkan niat haha.


Kolam renang di depan restoran bukit berahu
Kalau kamu merasa lapar, kamu juga bisa memesan makanan atau minuman lalu menikmatinya di bangku resort yang mengarah ke laut, O iya cuaca disini terasa adem karna banyak pepohonan di sekitar resort.

Nah jika kamu tertarik ingin menikmati sunset di bukit Berahu, kamu cukup  berjalan ke Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Belitung dari pusat kota tanjung Pandan hanya memakan waktu sekitar 45 menit.



PANTAI TANJUNG PENDAM

Landmark Pantai tanjung Pendam
Pantai Tanjung Pendam berada dekat di jantung kota Belitong, jadi kamu tidak akan keuslitan untuk menemukanya. Bisa dibilang pantai ini merupakan tempat wisata yang paling terkenal di Belitong, mengingat pantai ini tidak pernah sepi pengunjung.

Bahkan saat aku berkungjung ke sini sudah banyak sekali wisatawan yang memenuhi area pantai. Ada yang duduk-duduk di taman, berjalan-jalan di atas pasir atau bermain air di bibir pantai yang ombaknya tidak terlalu besar.

Sunset di Pantai Tanjung Pendam Keren abis
Aku memang sengaja datang saat sore hari dengan tujuan untuk menikmati sunset. Sayangnya saat itu cuaca kurang bersahabat, matahari tidak terlihat sempurna karna tertutup awan setelah itu tiba-tiba turun hujan yang cukup deras jadi aku tidak dapat melihat matahari kembali keperaduanya.

Namun walaupun begitu, aku tetap senang karna sempat melihat sekilas matahari di Pantai Tanjung Pendam. Cerita serunya saat para pengunjung di  diguyur hujan bisa tonton di Video ini.


PANTAI TANJUNG KELAYANG

Bongkahan batu di Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang terletak di kecamatan Sijuk Pulau Belitung, berjarak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Tanjung Pandan. Saat kamu berada di Pantai Tanjung kelayang maka bersiaplah kamu akan mabuk kepayang. Serius aku gabohong, view disini instagramable banget.

Pantai ini menjadi tempat pertamaku saat menyaksikan fenomena ajaib batu granit yang banyak bertebaran di bibir pantai. Walaupun jumlah batunya tidak sebanyak di pulau tanjung tinggi atau Pulau Lengkuas tetapi Pantai ini memberikan firts impression yang tak terlupakan.


Sunset di Pantai Tanjung Kelayang


Dari pantai ini kamu juga bisa menuju ke pulau-pulau lainya yang tidak kalah menarik seperti Pulau Batu Berlayar, Pulau Pasir, Pulau lengkuas dan pulau Gede Kepayang.

Setelah menelusuri berbagai pulau tersebut kamu akan kembali ke Pantai tanjung Kelayang saat senja. Disaat itulah pantai Tanjung Kelayang akan menampakkan kecantikan matahari terbenam.

Nah, Itulah 3 spot menarik di Belitong yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati sunset. Dari ketiga lokasi tersebut manakah yang paling kamu suka ?

19 komentar:

  1. Pantai Tanjung Kelayang!
    *catat catat catat*

    Kalau jadi silhouette kayak tulang Megalodon yang berserakan~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan cuma catat cata aja kak.
      Pergi dah kesono

      Hapus
  2. membaca 3 spot cantik menikmati panorama Belitong, selalu saja teringat pada sahabat semasa kuliah di Itenas, bernama Fauzi Achdiar (alm), beliau sering bercerita keindahan Belitong, hingga saya sedikit familier dengan Gantong, karena kalau ngga salah beliau berasal dari Gantong....semoga sahabat baikku (alm) bahagia kini disisi-Nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Turut berduaka ya kang sama temenya :(

      Hapus
  3. Kalau ane pilih pantai tanjung kelayang :D liat fotonya aja udah mabuk kepayang , apalagi liat aslinya ya? bisa2 pengsaaaan haha..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanjung Kelayang emang termasuk salah satu spot terbaik di Belitung .
      Wajib kesini ah

      Hapus
  4. Belitung maaih masuk bucketlist nih mas. Thanks rekomendasinya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ternyata banyak yang ingiin ke Belitung ya, moga lekas kesampean ya kak

      Hapus
  5. Buatku yang namanya sunset berasa lebih magis dari sunrise, entahlah :) Aaah jadi pengen mantai lagi nih nunggu matahari tenggelam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya kalo sunset ga usah buru-buru bangun pagi hhh

      Hapus
  6. Cakep banget sih. Pengin main ke sana :3

    BalasHapus
  7. tempatku jauh sama yg namanya pantai apalagi mau berburu sunset. tapi sunset mudah ditemukan sekaligus di sungai, kan mas? hehe. biasanya masnya kalo foto langsung diunngah ke mana?

    Ig
    Twitter
    Path

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi ditempatmu pasti banyak gunuung yang kece bange ya

      Hapus
  8. Sadis bener Rul, ini nyayat hari pecinta sunset, terlalu indah!!
    Kemarin aku sempet nyari sunset di lokasi paralayang pangtritis, sayangnya g dapet soalnya mendung bos, hiks.. tapi gpp, lain waktu dicoba lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyari sunset emang kadang gamapang-gamoang susah
      apalagi di musim ujan kayak gini haha

      Hapus
  9. Aku dapat sunset di Belitong di Pantai Tanjung Tinggi. Masyaallah banget sunsetnya. Pantainya juga bagus, airnya tenang, jernih, dan biru banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. PAntai tanjung Tinggi juga bagus banget buat berburu sunrise ,,,
      Ku suka

      Hapus
  10. Belum pernah kesana meskipun sudah jd whislist,, ternyata menakjubkan jg indahnya

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search