7 FASILITAS DI BANDARA SEPINGGAN ALIAS SULTAN AJI MUHAMMAD SULAIMAN INI KEREN BANGET ! Ada apa aja sih ?


Beberapa waktu yang lalu saat ngebolang ke Pulau Derawan, aku sempat melakukan transit pesawat dari Bandara soekarno Hatta menuju Bandara Sepinggan, lalu dilanjutkan menuju Bandara Kalimarau di Berau.
Dari ketiga bandara ini ada salah satu bandara yang membuatku tercengang akan fasilitas lengkap yang disediakan yaitu Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman atau lebih dikenal dengan Bandara Sepinggan. 
Sebetulnya nama Sepinggan sudah tidak digunakan lagi karna bandara ini sudah berganti nama menjadi Bandara Sultan Sultan Aji Muhammad Sulaiman. Namun, hingga kini orang-orang lebih suka menyebutnya sepinggan karna lebih pendek dan mudah menyebutnya, eh iya ga sih ?


Fyi, Sultan Aji Muhammad Sulaiman merupakan sultan atau raja yang pernah menimba ilmu tata negara di pulau Jawa dan menimba ilmu Keislaman di Saudi Arabia. Sultan Aji Muhammad Sulaiman juga terkenal arif, bijak dan menjadi lambang majunya pendidikan. Sultan juga gemar menimba ilmu agama dan menyebarkan agama Islam di Tanah Kutai.

Sultan Aji Muhammad Sulaiman punya kaitan erat dengan Bandara Sepinggan. Beliaulah yang menggarap pembukaan Bandar udara seperti yang kita lihat saat ini.
Bandara Sepinggan yang berada di Pontianak ini merupakan bandar udara ke-4 terbesar dari 13 bandara yang dikelola PT. Angkasa Pura I. Bahkan berdasarkan survei Airport Service Quality yang dilakukan oleh Airport Council International menyatakan bahwa bandara Sepinggan meraih peringkat ke 6 terbaik di dunia dalam hal layanan penumpang. Ah Masa iya ? Ayo kita buktikan !

Saat pertama kali menginjakkan kaki di Bandara sepinggan, aku langsung di sambut oleh landmark bertulisakan ‘welcome to Balikpapan‘ dengan baground penari dayak dan hewan entahlah apa itu namanya pokoknya semua bernuansa Kalimantan yang khas.
Tidak ingin melewatkan landmark yang keren ini akhirnya aku dan beberapa teman blogger lainya langsung berselfie ria. Awalnya aku sempat malu karna diliatin orang lain yang sedang berlalu lalang, tapi mau gimana lagi sayang banget kan kalau landmark yang kece ini dilewatkan begitu aja. Jadi yasudah lah kami akan tetap foto-foto like crazy people.

Puas foto-foto tiba-tiba saja kang Ale nyeletuk.
“Wah, Bandara Sepinggan ko jadi keren gini yah, perasaan beberapa tahun lalu saya kesini masih biasa saja, tiba-tiba sekarang sudah sekeren ini !”
“Emangnya yang berubah apanya kang Ale ?” Aku kepo
“Pokoknya dulu tidak semegah dan semewah ini!” sabda kang Ale.
Benar apa yang dikatakan kang Ale, Bandara Sepinggan memang megah dan mewah. Bayangkan saja Bandara ini memiliki Mal di dalamnya, dan menjadi yang Mal bandara pertama yang ada di Indonesia ! unch
Pembangunan yang menghabiskan biaya Rp 2 triliun ini memiliki terminal penumpang seluas 110.000 meter persegi, gedung parkir seluas 77.000 meter persegi, flyover dan infrastruktur lain, serta dua hanggar, apron, dan kargo.
Proses pembangunan bandara dengan konsep futuristik modern eco airport ini hanya memakan waktu 32 bulan, sejak Agustus 2011. Mantep ga tuh ?

Btw, saat itu pesawat kami sempet delay akhirnya aku dan dua Blogger Kece teh Evrina dan kang Alee memutuskan untuk keliling bandara sepinggan dan mencicipi beberapa fasilitas yang ada di dalamnya. 
Biasanya mah orang-orang kalo dapet pesawat delay langsung marah-marah, lah aku mah malah seneng dan pengen lama-lama di Bandara sepinggan. Abisnya fasilitas yang disuguhin lengkap banget sih.
Nah, kira-kira fasilitas apa aja sih yang ada di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman ini ? berikut liputan seadanya.

1. RUANG TUNGGU YANG NYAMAN



Sambil menunggu kedatangan pesawat berikutnya, para penumpang bisa beristirahat di ruang tunggu yang sudah tersedia. Ruang tunggu ini sangat berbeda dengan ruang tunggu bandara lain yang pernah ku temui. Selain tempatnya nyaman, dekorasinya juga bagus jadi sangat asik untuk senderan atau selonjoran.
Ruang tunggu ini tersedia di setiap gate. Jadi jangan tanya ada berapa banya kursi yang tersedia pastinya banyak banget tempatnya juga sangat luas kaya stadion bola. Ruang tunggu ini emang paling cocok deh untuk para traveler yang hobi nginep di Bandara kalo takut ketinggalan pesawat muehe.

2. FOTO BOOTH SUKU DAYAK

Setelah duduk-duduk manja di ruang tunggu, ternyata bosan juga cuy. Namanya juga orang ga bisa diem duduk sedetik aja udah bosen. Akhirnya aku, teh Evri dan kang Ale memutuskan untuk keluyuran di bandara Sepinggan, sedangkan teh Resti dan Mba Okka jadi satpam untuk menjaga tas bawaan kami.
Tidak beberapa lama berjalan tiba-tiba kami menemukan spot menarik yang berada tidak jauh dari ruang tunggu. Yaitu rumah-rumahan suku dayak. Karna merasa tertarik akhirnya kami melakukan ritual foto-foto (lagi).


Berpose bareng Blogger kece Kang Alee dan Mba Evrina
Saking hebohnya foto-foto, tiba-tiba salah seorang penjaga yang cantik jelita datang menghampiri kami. Aku fikir kami akan diusir, eh ternyata enggak cuy. Dia malah menawarkan baju dayak yang bisa dipinjamkan secara gratis. Yasudah, tidak banyak cingcong kamipun langsung berebutan baju dan segera mengenakanya.
Tidak lupa kami juga minta tolong si Mba-mba cantik untuk fotoin kami. Duh maaf ya mbak sudah merepotkan, harap maklum mbak ini ujian, mohon bersabar.

3. AIRPORT CINEMA


Nonton bioskop di Mall mungkin sudah terlalu mainstream, lalu bagaimana jadinya kalo nonton bioskop di Bandara ? nah itu baru ajib.
Fasilitas layaknya bioskop ini ternyata tersedia di Bandara Sepinggan loh. Dan ini merupakan bandara pertama yang menyediakan fasilitas Bioskop di dalamnya. Aku sempet kaget ko bisa-bisanya ada tempat nonton disini.
Airport Cinema yang sudah mulai beroperasi pada 13 Juli 2016 ini memiliki sofa santai layaknya bioskop premium yang dapat dihuni oleh 15 pengunjung. Adapun film yang diputar hanya pada jam-jam tertentu saja yaitu pada jam 07.00-09.00, 11.00-13.00, 15.00-17.00, dan 19.00-21.00 Wita. Sehingga saya tidak dapat masuk kedalam airport cinema karna jam tayang sudah habis, huhuhu.
So, buat kamu yang akan ke bandara Sepinggan tidak ada salahnya jika mencoba nonton disini. Nanti ceritain ke aku gimana sensasi nonton di airport Cinema. O iya, untuk bisa menikmati fasilitas bioskop ini kamu harus membawa boarding pass sebagai tiket masuknya yah.

4. READING CORNER


Fasilitas berikutnya yang tidak kalah menarik yaitu reading corner yang berada di gate 6 dan 7. Reading Corner merupakan ruang baca yang nyaman untuk mengisi waktu luang saat menunggu keberangkatan pesawat.
Reading Corner di Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan ini terdapat dua area yaitu untuk anak-anak dan untuk dewasa. Sehingga fasilitas reading corner ini sangat cocok di kunjungi oleh keluarga.



Diarea anak-anak terdapat buku-buku dan berbagai permaianan dan alat menggambar seperti di taman kanak-kanak. Dekorasi ruanganya unik dan colorful. Dijamin anak ku ga akan merasa bosan jika diajak kesini, Eh tapi aku kan belum punya anak.
Adapun di area dewasa buku-buku yang disediakan adalah buku-buku dewasa. Bukan buku dewasa yang anu tapi buku-buku Seperti novel, majalah, buku resep masakah dll. Yang paling aku suka dari Reading corner dewasa adalah dekorasi ruanganya yang sangat nyaman, berasa di rumah sendiri.



Jika kamu ingin mampir ke reading corner ini, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.
1.   Dilarang membawa makan dan minum kedalam ruang baca
2.   Sebelum masuk jangan lupa melepas alas kaki, dan baca bismilah
3.  Dilarang membawa keluar buku apalagi membawanya pulang, pokoknya jangan!
4.   Gunakan boardingpass untuk tiket masuk.
5.   Jangan bertingkah konyol karna di ruangan ini terdapat CCTVnya.

5. ZONA BERMAIN ANAK-ANAK


Untuk penumpang yang membawa buah hati jangan khawatir jika mereka rewel. Ajak saja mereka ke zona permainan anak, dijamin anak anda akan anteng berada di sana.
Zona permainan (playground) ini mirip seperti tempat bermain yang sering kita lihat pada umumnya seperti ayunan, perosotan dan kuda-kudaan dan beberapa permainan yang entah apa itu namanya.

Disini juga terdapat TrollEY bayi yang bisa di gunakan Bunda untuk mengajak bayinya jalan-jalan keliling Bandara. sangat asik bukan ? Aku juga mau diajak jalan naik troll baby :0



6. TEMPAT JAJAN SUPER KOMPLIT



Salah satu fasilitas yang paling banyak aku lihat adalah tempat jajan seperti toko pakaian, Aksesoris, souvenir, Food Court dan lain-lain. Disini kita bisa membeli beragam barang unik untuk oleh-oleh.
Namun, Kekurangan belanja di bandara hanya satu, harganya mahal-mahal cuy. Tapi kalau kamu orang yang berduit sepertinya ga ada salahnya ngeborong belanjaan disini karna barang-barang yang dijual bagus-bagus. Setiap kali mampir dari satu toko ke toko yang lain aku saja selalu ngiler dibuatnya huu.


7. FASILITAS LAIN YANG TIDAK BISA AKU JELASKAN

Selain fasilitas yang sudah aku sebutkan diatas, Ada fasilitas lain yang aku sendiripun belum paham apa kegunaanya, jadi aku ga bisa jelasin satu persatu yap. Seperti ini misalnya :

Nah itulah beberapa Fasilitas lengkap yang disediakan Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman a.k.a Sepinggan di Pontianak. Aku yakin masih banyak lagi fasilitas yang belum aku kunjungi, mengingat aku hanya keluyuran di lantai 3 saja.

Namun bagaimanapun aku tetap bangga dengan Bandara Sepinggan karna telah menyediakan beragam fasilitas yang ampuh membunuh rasa bosan saat menunggu keberangkatan pesawat.

BTW, Sedikit cuplikan Bandara ini ada di video berikut loh :)


Nah, Itu saja fasilitas bandara sepinggan yang bisa aku bocorin, mungkin ada diantara teman-teman yang mengetahui fasilitas lainnya ? bisa banget dong di share disini.
o iya, kalo boleh tahu Kira-kira fasilitas apa ajanih yang paling kamu suka ? atau pernahkah kamu melihat fasiltas serupa di salah satu bandara yang pernah kamu kunjungi ? yuk kita diskusi di kolom komentar.

47 comments:

  1. gila, keren banget nih bandara. ini bukannya punya wc rasa hutan itu yah?
    gue kalau cuman tiduran sehari boleh gak yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa btull,
      Ini yang punya WC 3D.
      Sayangnya aku ga sempet masuk WC nya sih.
      Nyesel kenapa dulu aku ga kebelet Pipis :(

      Delete
    2. waduh, sayang banget.setidaknya didalam bisa jadi tempat instagramable

      Delete
  2. Khas Kalimantan banget yah, juga pengen foto pake baju adat Dayak. Hahaha, pesawat delay nya bikin berkah banget ye bang, bisa celingak celinguk liat bandara yang kece ini. Malah ada mal sama bioskop, ugh udah paket kumplittt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan.
      Delaynya bikin asik.
      Ga kebayang kalo delaynya di bandaro Soetta pasti bakal bosen

      Delete
  3. Ini mah keren pisan mas. Itu bisa foto pake baju gitu juga ya, Mas?
    Ruang tunggunya terlihat nyaman banget tuh, bisa sambil leha-leha sembari lihat ide berterbangan di atas..hehe

    Mas Khairul, itu di permainan anak kalau guling-guling asik tuh..hehe
    Baru tahu kalau airport ini belum lama beroprasi ya. Baru tahun kemarin. Pantes masih terlihat keren dan baru. Semoga terus seperti itu, dan bagusnya terus diperbaharui setiap tahunnya :)

    Itu teh hasil keluyuran di lantai 3 aja mas. Wow sekali, mungkin aja seharian gak cukup untuk bisa tahu dan mengabadikan semua fasilitas yang ada di airport itu ya. Semua lantai harusnya di kelilingi ya..hehe

    Setidaknya dengan baca ini aku jadi tahu fasilitas bandara sepinggan ini, siapa tahu suatu saat nanti bisa ke bandara itu. Saat ini belum kesitu karena belum ada keperluan..hehe

    Jadi ini rahasia foto yang ada di IG..hehe
    Keren juga ya pakaian adat dayak. Kira-kira itu di jepretin berapa kali mas.
    Sebagai seorang blogger kalau ada yang nawarin mah pasti mau pake banget. Aku pernah juga di fotoin orang.

    Tapi beda cerita sih ini mah. Tiba-tiba orang itu ngampirin aku dan nawarin untuk mau difotokan gak. Tentu mau dong! tapi dengan catatan nanti gantian. Oke juga sih caranya, jadi impas gitu..he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakak akhirnya ketauan juga behind the scene photo ku di IG :)

      iyah ini hasil keluyuran di lantai 3 aja gede banget kan ya ?
      aku aja ampe pegel jalanya :(

      Delete
    2. Dilain kesempatan kalau kesitu lagi eksplor beda lantai mas..hehe

      Delete
    3. kayaknya mas andi udah eksplore semua isi bandara nih

      Delete
  4. Sampai ada Airport Cinemanya segala. Lengkap banget ya

    ReplyDelete
  5. wah buset, itu bandara apa mall.. malah masih ada mall yang nggak berbioskop :")
    Nggak salah sih ya kalau digosipkan jadi bandara ke 6 terbaik di dunia dalam hal pelayanan. Fasilitasnya gokil-gokil, bukan cuma photogenic tapi juga memang bermanfaat bagi penumpang yang akan terbang. Jadi ngebayangin gimana jadinya kalau Soekarno Hatta punya bioskop

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo soetta ada bioskopnya aku pasti sering kesana jev,
      cuma buat nonton aja :)

      Delete
  6. Gue juga udah pernah beberapa kali ke Bandara ini, karena dekat dengan Samarinda. Wah sayangnya lanjut ke Berau ya, coba kapan-kapan ke Samarinda bisa meet dengan blogger-blogger Samarinda juga.

    Gue juga ngerasa puas, ketika di bandara ini. Sebenernya ini gedung baru dari bandara Sepinggan. Kayaknya bakal bisa bersaing dengan bandara changi di singapore ya ? haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. DIsamarinda ada tempat wisata apa yang keren keren jun ?
      Pengen deh ngubek-ngubek samarinda

      Delete
    2. Salah satu yang menarik perhatian ada desa Budaya Pampang. Itu disana sudah terkenal banget. Penduduknya asli suku Dayak dan setiap hari minggu menampilkan tarian khas suku dayak. Juga ada suku dayak yang bertelinga panjang itu loh.

      Nanti deh lebih lengkapnya aku buat postingannya. Soalnya beberapa waktu yang lalu, aku udah pernah kesana.

      Delete
  7. Wah si akang udah terbang kagi aja ke luar pulau, keren deh ih.. pengen banget bisa berpetualang seperti kang Khairul.. gak bosen kayak saya yang hanya diem di tempat... hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. jarang kang ini mah penerbangan yang kemarin kmemarin ..
      Tapi baru sempet aku posting :)

      Delete
    2. Ohh.. gitu yah, tapi keren kang bisa tahu banyak tempat di berbagai penjuru tanah air, hal yang belum bisa saya lakukan, saya mah apalah atuh ih...

      Delete
  8. wooow bener2 terlihat comfortable, pengen coba kesana hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo teh beli tiket pesawat, terus mampir kesana, udah gitu balik lagi ..
      wkwk buang2 duit doang

      Delete
  9. wah kayaknya ini jadi bandara paling keren se-Indonesia..gue pikir bandara paling keren ya Bandara Soekarno Hatta. Ternyata ini keren parah ya. Dan yang bikin makin keren itu mana ada mall, cinema dan juga reading corner!! WOWWW!! Jadi kapan kapan pingin mampir ke sana. Yuk kita aminkan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh mey aku juga mikirnya gitu. Ini bandara paling Kece !
      walau aku belum pernah sih mampir ke banyak bandara :)

      Delete
  10. Wow, baru tau kalo di Indonesia ada bandara sebagus ini. Sekilas dari foto-fotonya sih ga kalah bagusnya sama bandara2 berkelas internasional seperti Singapore dan Hong Kong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya koh kev.
      Bandara ini emang lawanya bandara internasional yang kece-kece

      Delete
    2. Hmmm ... masuk kriteria Internasional ya.

      Delete
    3. kayaknya udah setara changi deh

      Delete
  11. Eeeeh kok itu asik amat ada reading cornernya. Aaaaakk. \(w)/

    ReplyDelete
    Replies
    1. SUrga impian para blogger tuh ya yang ada fasilitas bacaanya :)

      Delete
  12. Waaawww, gua bener bener bangga sama bandaranya. Beda daripada yang lain. Dia punya cara sendiri dalam memanjakan orang yang dateng dengan suguhan kreatifitas-kreatifitas yang mereka kasih. Itu keren banget. Kalo gua ada penerbangan disana, kayaknya gua dateng h-1 sebelum keberangkatan. Jadi gua bisa keliling dengan puas disana.
    Eh seharusnya tambah kebun binatang juga ya, biar makin keren juga hahhaaha

    Gua juga bisa bilang tulisan lu ini keren bro. Lu nulis tentang bandara tapi review nya lengkap banget. Ada sedikit sejarah tentang bandara, sampe aturan aturan di beberapa fasilitas yang disediain. Keren keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah aku juga bingung ngapa bisa nulis ampe bawa-bawa sejarahnya segala :)
      asik aja

      Delete
  13. Lah iya banyak banget ya fasilitasnya. Bandara Soetta aja gak punya mall sama bioskop sendiri hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bandara Soetta mah emang gitu orangnya -_-"

      Delete
  14. sepertinya kalau disitu kita ngak bakal bosen untuk nunggu pesawat yang suka delei gitu yaa bang leon. .

    apalagi ada reading corner yang nyaman bisa guling-gulingan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bosen juga sih kalo lama lama mah ..
      enakan juga kamar kosan sendiri huhu :(

      Delete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  16. Baru kali ini liat bandara (di foto) keren banget, tapi sayangnya saya belum pernah nginjek kaki bandara, hahaha... *ndeso pisan.

    Semoga fasilitas yang lengkap dan modern ini diterapkan juga di bandara lainnya di Indonesia ya mas. Biar Indonesia keliatan lebih keren dan modern. Meskipun modern, tetap budaya lokal gak pernah dilupakan, seperti foto booth dengan latar suku Dayak. MANTAP deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nginjek bandara sama kaya nginjek lantai rumah ko kang wkwk
      Kayaknya butuh waktu berabad-abad untuk membuat Indonesia seperti negara maju kang.
      Lagian duit bangunanya di Korupsi terus sih :(

      Delete
  17. irul, itu kayaknya salah tulis deh, yang kalimat ini>>> "Bandara Sepinggan yang berada di Pontianak".

    anyway, setuju banget, bandara sepinggan tempatnya keren dan lengkap banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh emang salah dimananya ya ?
      aku mah kaga tau dah :(
      Minta koreksianya dooong :v

      Delete
  18. bagus bang. berhubung belum pernah maen ke bandara ya bisa tak bilang itu fasilitasnya lengkap dan modern banget XD

    masalah foto-foto selfie mah cuek aja, mau diliati orang lewat juga jepret-jepret aja. daripada nanti nyesel ngga punya dokumentasi haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. selama ada tempat keren, foto aja dulu entar juga diposting kok. hehe...

      Delete
  19. keren keren lengkap lagi. aku mupeng sm pojok bacanya, jarang bandara ada kyk gt, plus bioskop x juga

    ReplyDelete
  20. Wuih keren bandaranya...mantap, sudah sangat siap untuk bersaing dengan bandara internasional..semoga makin memperbanyak devisa dan memakmurkan masyarakatnya. terima kasih informasinya sangat menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul teh Bandara ini memang sudah bersaing dengan bandara internasional seperti changi airport gitu

      Delete
  21. wahhh tempatnya jadi lebih memanjakan pengunjungnya juga ya setelah sekian lama menunggu dan datang dari tempat lain, dan bisa juga menjadi tempat foto bersama keluarga atau teman :D

    ReplyDelete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search