PERATURAN KHAS PESANTREN, LARANGAN MEMBAWA HANDPHONE


Minggu lalu aku sempet nganter temen beli HP baru tapi second (?). Karna belinya di OlX jadi sistemnya ketemuan gitu. Nah, ternyata yang jual HP adalah anak santri.

Alasan santri itu menjual HPnya karna dia ga dibolehin bawa HP sama ustadznya. Lalu dia merasa bahwa peraturan yang diterapkan di pesantrenya amat sangat ‘aneh’.
oh well,
Aku juga pernah jadi santri, dan menurutku peraturan tidak boleh bawa HP adalah suatu hal yang wajar. Malah rata-rata disemua pondok pesantren pasti ga ngebolehin bawa HP. Pokoknya untuk kamu yang pernah nyantri pasti tahu banget lah peraturan ini.
Dulu pas jaman SMP, aku pernah punya HP merek Nokia 3230. Saat itu HP Nokia merupakan jenis HP paling ngehits sejagat raya. Kalo sekarang mungkin udah buat ganjelan pintu.



Awalnya aku ragu-ragu mau beli HP Nokia itu, karna kalo sampe ketauan sama ustadz bisa-bisa HPnya di banting di depan muka.

Serius, beberapa temen aku yang ketahuan bawa HP pasti endingnya tragis. Dampaknya ga cuma ke si pelanggar aja tapi juga menyebar ke semua santri.

Misalnya gini, temen aku (sebut saja Mike) diam-diam membawa HP ke pesantren. Selang beberapa hari dia kepergok sama ustadz lagi teleponan sama kekasih gelapnya. Nah, saat itu juga semua santri dikumpulkan dalam satu ruangan dan di tanya satu persatu...

Ustadz : "Siapa diantara kalian yang mengetahui bahwa Mike punya HP?!"
Santri : Sunyiga ada yang jawab ...

Tiba-tiba ... PRAAAAANG !
HP Mike hancur lebur dibanting Ustadz.

Semua santri keringat dingin, termasuk aku. Bukan cuma takut karna kaget ,tapi juga karna semua santri tahu kalo adegan selanjutnya adalah sang ustadz bakal ambil kayu rotan dan memukulkanya di telapak kaki setiap santri. Sensasi pukulan rotanya itu loh masih kerasa sampe sekarang, kayak ada manis asem asinnya gitu.




Btw, aku udah mulai nyantri dari kelas satu SMP sampe SMA, nah selama 6 tahun itu aku selalu dapet 'pukulan rotan' setiap kali ada salah satu santri yang melanggar. Mantaf Jiwa !!!

Untungnya selama aku bawa HP dipesantren aku ga pernah ketauan ustadz, jadi konsekuensi hukumanya tidak terlalu berat. Walau pada akhirnya akupun sadar sendiri kalo bawa HP pas masih sekolah itu ga ada gunanya. Ya paling buat pamer or foto alay doang. 

Selain itu kalo aku bawa HP ke Pesantren sama aja aku ngebohongin ustadz, lalu dosa deh. Dampaknya juga ga cuma ke diri sediri tapi juga ke santri lainya yang ga bersalah, kan kasihan :(.

So, mulai saat itu aku putusin untuk tidak memegang HP sampe bener-bener butuh :)

Nah, selama kalian sekolah kira-kira bagaimana sih lembaga pendidikan kalian ngasih peraturan tentang 'Hengpon?'

38 comments:

  1. Kayaknya mending nggak bawa hp ya Leon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kalo jaman sekarang ga bawa HP kayaknya repot juga ya teh.. kecuali kalo imanya kuat.

      Delete
  2. iya kak leon!, setiap santri itu memang nggk dibolehin membawa hape, itu karena ustad ingin para santri fokus kepada al quran.

    misal....klo ada santri lagi menghafal quran, terus 5 menit kemudian main hape, trus 5 menit kemudian lagi menghafal lagi, saya yakin itu hafalannya pasti nggk bagus.

    eh macan kok lo tau?!?, iya saya kelas 8, tahun lalu belum punya hape, tapi hafalan quran bagus mulus, tapi saat kelas 9 saat dibelikan hape, nyesss......hafalan langsung acak acakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah bener banget itu salah satunya :)
      Hapalan aku juga sekarang hancur lebur, bukan gara-gara HP sih emang karna akunya aja jarang murajaah :)

      Delete
    2. yoi, na'am itu apa iya, aku lupa.......wkwwkwkwk

      Delete
  3. saya nggak pernah mondok dan saya punya hape jaman esde, tapi jaman esempe, hp dirampas kakak sampe SMA . sakit kan ? haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih sakitan aku dong :) *lah Bangga

      Delete
  4. Ya, wajar sih kalo diberlakuin peraturan gak boleh bawa hape di pesantren, kan demi kebaikan santrinya juga, biar bisa fokus menghafal, mengkaji, sama menerapkan isi Al-Quran dalam keseharian.

    Itu yang ngejual hp via OLX kayanya santri newbie deh rul, masa dia bilang peraturannya aneh dan gak wajar. Hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyasih kayaknya dia Newbie.
      terus gue yang beli santri tingkat dewa gitu ya ?

      Delete
  5. Wah, lo juga pernah punya hp nokia 3230 ya rul? Gue juga pernah punya kok. Iya, hp nokia dulu emang ngerajain pasar, tapi sekarang kalah saing, ya mau gak mau kita migrasi ke hp yang lagi ngehits sekarang. Hehe

    ReplyDelete
  6. Kok serem banget ya dibanting sampe ancur lebur gitu, tangannya kuat banget dong. Terus kasian dong yg gak bawa hp juga ikutan kena pukul :( Padahal menurut saya kalo dipake pas lagi senggang gak apa-apa juga sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Peraturan tetep peraturan.
      ga boleh tetp ga boleh.
      sedih ya ?

      Delete
  7. Gue pegang HP baru SMA. Sekolah gue gak melarang bawa HP. Tapi dengan syarat gak digunakan saat pelajaran atau nyimpen video2 yang tak senonoh. Biasanya satu bulan sekali ada aja razia. Alhamdulillah gue gak.pernah kena razia. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti lu juga kena rajia,
      kita tunggu saja sambil nonton Jeketi 48

      Delete
  8. Jadi inget dulu wktu skolah juga masih rawan razia2 hp, smpe bawa2 polisi lagi.
    Pngguna hp skrang mmng identik dngan penggunaan nya yg dsalah tmpatkan.

    Dsini hrus ada pertimbangan yg cerdas bagi orng tua untuk mengawasi anaknya supaya gk trpengaruh dngan yg tidak2 trutama buat uztads2 di pesantren. Itu sdah tnggung jawab mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanggung jawab dunia akherat ! mantap jiwa !

      Delete
  9. waduh gak boleh bawa kalo netep, kalo berkunjung keknya boleh deh

    ReplyDelete
  10. Anak santri ternyata. Kalau jaman sekolahku sih gak ada peraturan gak boleh bawa handphone. Orang temenku aja satu kelasa yg punya handphone cuman 3 anak. inget banget. Ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sekarang satu siswa di kelas bisa bawa 5 HP kali ..

      Delete
  11. Bagi saya sih, mau bawa handphone atau ngk nya sepertinya ngk perlu diatur. Tapi yang terpenting tidak mengganggu stabilitas belajar mengajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyap,
      tapi realitanya, kebanyakan orang terganggu karna adanya smartphoe
      iya tidak ? :)

      Delete
  12. Jadi inget dulu pas SD pernah bawa hp dan ketakutan setengah mati. Takut ketahuan. Karena peraturannya memang nggak boleh bawa hp.

    Tapi ya sejak kuliah, bebas. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jug apernah ketakutan.
      pas ada Razia hpny aku umpetin di sepatu :(

      Delete
  13. dulu pas SMP di sekolahku dilarang bawa hape dan barang2 elektronik lain, BAHKAN laptop. lucu bgt ga si hahah -,-
    tapi tetep aja pada nakal, bawa hape. kalau misal gembor2 ada razia, si hp nya dititipin di ibu kantin yg udah kenal, atau kalo kepepet amat dimasukin ke (maaf) bra. Pernah suatu hari, temenku bawa hape baru, sony erricsson gitu. nah, temen aku yg satunya ngajakin, ji ayo pinjam hapenya si anu. aku jawab ayo dah. terus si temenku yg ngajak minjem hp itu malah malu bilangnya, akhirnya aku yg bilang ke si anu, nu pinjem hape dong gitu. pas aku lagi serah terima hp si anu, eh ada guru lewat trus malah aku yg dijadiin tersangka "murid bawa hape ke sekolah". temen2ku pada kabur pulang ninggalin aku -,- sialan

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha kamu jadi kambing hitam gitu ya . aku juga pernah..
      Seneng rasanya kalo inget-intet kejadian itu..
      bikin cengar cengri sendiri

      Delete
  14. anjirr, jadi keinget waktu SMA trus ada acara pondok ramadhan di salah satu pesantren. Waktu ada kegiatan lagi main hp sama temen-temen trus disuruh baca surat yasin 10x bareng-bareng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hukuman yang membawa pahala.
      tapi itu 10 kali yasinan haha ga berbusah mulutlu fer ? O.o

      Delete
  15. serius lw kaga pernah ketahuan ?
    ^^ waktu nge-cas dikasur gw itu gimana ? hp TV

    ReplyDelete
  16. Temen-temen di pondok bawa hp terus dititipin di kantin samping pondok. Kalau ketahuan keamanaan kena ta'zir cari batu/pasir di sungai deket pondok.
    hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha tiap pesanten emang punya kebudayaan sendiri ya kang.
      jadi kengen kan ?

      Delete
  17. hahaha, jadi inget dulu waktu mondok

    ReplyDelete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search