MEMBATALKAN TIKET KERETA API SUPAYA UANG GA HANGUS | KHAIRULLEON.COM

MEMBATALKAN TIKET KERETA API SUPAYA UANG GA HANGUS


Lebaran merupakan moment yang paling ditunggu-tunggu bagi setiap muslim. Selain untuk bersliaturahmi, berkumpul bersama keluarga ataupun ngemis-ngemis minta THR ke tetangga. Lebaran juga di gunakan sebagai ajang rekreasi masal. Yah you know lah, pas lebaran dateng seluruh tempat wisata pasti membludak gila.

Aku sebagai manusia yang selalu up to date tentu ga mau ketinggalan dengan ritual sakral ini. aku juga mau liburan kayak orang-orang biar kekinian. Setelah bingung mau jalan-jalan kemana akhirnya aku dan 3 orang temanku memutuskan untuk mendaki gunung lawu yang ada di Solo. Kami sengaja milih pergi ke gunung karna digunung tidak akan dipenuhi oleh ribuan manusia, dan yang terpenting adalah tidak ada bocah alay yang doyan photo selfie sambil merusak lingkungan lalu dengan bangganya di uploud di Instagram. sekalinya ada itu pasti bukan manusia. anak alay pergi aja kelaut cih.

Aku kan orang Bogor, jadi aku memilih naik kereta dari pada naik bus. Karna naik kereta itu selalu tepat waktu dan pastinya ga bakal macet. Btw aku beli tiket kereta secara online satu bulan sebelum keberangkatan. Hal ini dilakukan supaya aku ga keabisan tiket. You know lah lebaran pasti banyak banget yang beli tiket buat mudik.

Singkat cerita hari H pun dateng, akupun mempersiapkan barang-barang yang kuperlukan untuk pendakian. Aku inget banget waktu itu masih jam 3 sore, jadi aku masih punya banyak waktu buat santai-santai sejenak karna pemberangkatan kereta masih agak lama, yaitu jam 11 malam.

Pas lagi asik guling-guling sambil ngemut rengginang tiba-tiba si Lajir temanku ngechat, katanya pendakian dibatalkan.

WHAT DA HECK !! APA-APAAN NIH !!

Otomatis aku KZL dong. aku udah persiapan dari jauh-jauh hari tapi pendakian di batalin gitu aja ? rasanya tuh kaya qPm^&hjsd9a(*69^&^FvK

Tapi setelah tahu akar permasalahanya akhirnya aku bisa terima. Dan mau ga mau aku harus mencairkan tiket kereta api dengan uang. Awalnya sempet bingung sih. karna ini pengalaman pertamaku cairin tiket kereta api. Tapi setelah tanya sana-sini dan cari info ke syaikh gugel akhirnya aku sedikit paham.

Adapun syarat pembatalan Tiket Kereta api adalah :
  1. Pembatalan tiket bisa dilakukan maksimal 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api. Lebih dari itu maka tiket hangus yah.
  2. Pembatalan tiket hanya bisa dilakukan di stasiun–stasiun yang telah ditentukan terutama stasiun besar. Di Bogor ada tuh namanya stasiun Paledang.
  3. Uang yang kita terima tidak sepenuhnya kembali. Tapi di potong 25% oleh pihak kereta api. Yah lumayanlah daripada ga dapet sama sekali kan ?
  4. Diperlukan surat kuasa kalo proses pembatalan tidak dilakukan sendiri sebagaimana nama  tertera dalam tiket.
  5. Jangan lupa bawa fotokopi identitas diri bisa berupa SIM atau KTP. Atau kalau lewat surat kuasa maka foto kopi identitas kedua belah pihak.
 Adapun langkah-langkah pencairan tiket kira-kira kayak gini :
  1. Kalau kamu beli tiket online, kamu harus cetak dulu tiketnya di loket. atau bisa juga cetak di mesin cetak kalo ada. kalo dulu sih aku pilih ke mba-mba loketnya aja.
  2. Setelah dapet tiket yang sudah dicetak nanti si mba-mba penjaga loket bakal kasih formulir pembatalan tiket warna merah yang harus kita isi. Gambar formulirnya bisa dilihat dibawah.
  3. Nah nanti si mba-mba penjaga loket bakal kasih formulir pencairan uang. Formulir ini jangan ampe ilang yah, karna formulir ini yang akan kita gunakan untuk menukar uang.  Jangan lupa juga siapkan data-data pendukung kayak foto kopi KTP or SIM or Surat kuasa. karna nanti pasti bakal di pinta sama mbak-mba penjaga loket.
  4. Uang bisa cair lewat dua cara, bisa lewat Bank transfer bisa juga langsung Tunai. tapi kita harus menunggu sampe 30 hari lamanya. huh

Sebenernya pembatalan tiket ini tidak terlalu susah, selain itu mba-mba loketnya juga baik. jadi ga ada alasan buat mencoba yah. nah, berikut beberapa Formulir yang akan kamu temui saat pembatalan tiket Pkereta Api. 



32 comments

jadi kalau udah 20 menit hangus dong ya kang, saya dulu membatalkan 20 menit sebelum keberangkatan ehh malah hangus deh gak kembali duit

Reply

Yaaah tanggung banget itu padahal 10 menit aja agan lebih cepat datengnya. pasti duitnya bisa cair.

Reply

wah itu dia yang melelahkan.. menunggu selama 30 hari haha

Reply

O iya aku lupa ngasih tahu,
kalo lewat bank transfer nunggunya sampe 40 hari,
tambah lelah hayati ,..

Reply
This comment has been removed by the author.

alesan aja biar ngak macet naek kereta dia mah..

padahal aye yakin nih orang belom pernah naek kereta
terus nanti dari anak alay foto di atas gerbong *muheheheh
dan upload di instagram.. (bisa aja)

#salamDamai dari alfatichanakabah.blogspot.com

Reply

sayang banget tuh planning buat liburan mesti batal di ujung-ujung hari keberangkatan Untung aja bisa dicairin sob, kalau enggak malah kesalnya jadi dobel gila. jadiin pelajaran sob, kadang rencana itu tidak bakalan selurus dengan pemikiran kita.

Reply

Ketauan lu belum kelar baca langsung komentar ajj..
kan dari awal eug bilang buat menghindari kemacetan gimana sih ..

Reply

Anjay. Kalo dipikir-pikir ada benernya juga ..

Reply

Itu yg nyetak mesti mba2 penjaga loket?
Ga bisa apa mas masnya?
.
Rengginang kok diemut? Emang enak y?

Reply

Ada Mas-masnya ko tapi aku cuma mau sama Mba-mbanya Titik !!
.
Bagaimanapun cara makan Rengginang yang engkay lakukan .. semua akan terasa enak

Reply

Lumayan lama juga kalo mau nyairin dana. Sebulan bo.

Reply

Ga apa apa lah ya daripada angus muehe

Reply

jadi lebih tau nich, makasih infonya

Reply

oke teteh sama-sama yah

Reply

Itulah kenapa saya gak suka kalau plan jalan sama realisasinya jauh.. suka adaaa aja halangannya.. mana di Kendari gak ada kereta ai pula #Eh

Hahah..

Untung ya duit bisa balik, eh.. katanya waktu itu ada yg mau diomongin lwt medsos.. mana? :D

Reply

Daripada ribet gitu kenapa tiketnya nggak dijual aja? Kan banyak yang butuh buat mudik

Reply

Waktu itu aku mau tanya teh Irly pake jasa web hosting apa ?
Tapi ga jadi karna aku sudah dkasih tahu sama google muehe

Reply

WAH!! AKu ga kepikiran kearah sana. wqwq

Reply

Saya juga pernah batalin tiket kereta, dan disuruh datang kestasiun. Setelah cari info stasiun mana yang harus saya datangi, saya geleng-geleng sendiri. Stasiun yang harus saya datangi di Semarang. Padahal saya saat itu ada di Purwodadi. Jaraknya kira-kira 50an kilo. Jadi serba salah. Mau cancel jaraknya ke satsiun itu lho gak nahan.

Reply

Aku juga waktu itu muter-muter cari stasiun.
e ga taunya deket.
yang bikin ga nahan ya pas muter-muter bogor cari stasiun padahal ada di depan mata :(

Reply

Hello,
Ini adalah untuk memaklumkan kepada orang ramai bahawa Puan Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman peribadi mempunyai membuka peluang kewangan untuk semua orang yang memerlukan apa-apa bantuan kewangan. Kami memberi pinjaman pada kadar 2% kadar faedah kepada individu, syarikat dan syarikat-syarikat di bawah terma dan syarat yang jelas dan mudah difahami. hubungi hari ini kami melalui e-mel supaya kita boleh memberikan syarat-syarat pinjaman dan syarat-syarat kami di: (saintloanss@gmail.com)

Reply

Ngapa jadi syarat-syarat gini dah mbaa ..
pusing aku

Reply

Ngomongin naik kereta, gue jadi inget pengalaman nyetak karcis di stasiun...
kagak bisa gue men!!!
kagak bisaaaa!!
untung pak satpamnya baek hati :)

Wah, ribet juga yah bro kalau ngebatalin tiketnya...
dulu adik gue pernah... emang sedikit lama sich..
so far... selain maslah penukaran, service PT KAI menurut gue udah okey :)

Reply

Gokil tulisannya, nambah pengetahuan nih :D
biasanya saya jadi calo dadakan, jual lagi tiketnya ke temen-temen

Reply

Nyetak di mesin perasaan cuma masukin kode aja deh ..
e tapi ga tau deng ogut juga belom pernah sih muehe

Reply

Asli aku ga kepikiran sampe kesana loh ngoahaha ..
nanti aku coba jadi calo juga deh yah ,,

Reply

Kadang cape nunggu antriannya blm lagi pencairan yg lama dan di potong 25 %. eh tapi pernah sih udah cape bolak-balik ke stasiun akhirnya nyerah, dijual aja ke forum jual beli. eh laku juga :D

Reply

wkwk emang iya kudu bolak balik ga jelas gitu teh.
'sedikit nyiksa memang

Reply

Halo,
Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mrs Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi hari ini kami melalui e-mail sehingga kami dapat memberikan persyaratan pinjaman dan kondisi di: (saintloanss@gmail.com)

Reply
This comment has been removed by a blog administrator.
This comment has been removed by a blog administrator.

Post a Comment

Selamat datang di Khairulleon Blog.
Sering-sering mampir dan berkomentar yah.
Karna komentar kalian menjadi energi untukku terus ngeblog.
Tenang, aku pasti mampir balik ko.

Follow juga Instagram, twitter and ask.fm @khairulleon