18 Juni 2013

SERUKAH BUKU "BERPIKIR POSITIF" DR IBRAHIM ELFIKI ?


 

Kemaren ane sempet pinjem buku ini ama temen ane, namanya Hisan Mursalin. sebenenya ane tipe orang yang pengen muntah kalo liat buku yang tebel-tebel. tapi karna iseng ane baca aja dikit, eh ga taunya ketagihan. dan ternyata buku si Hisan ini mantep juga.
dari yang ane tangkep dari buku ini kira-kira isinya kayak gini men:

Manusia adalah makhluk berfikir. Berbeda dengan binatang yang bertindak berdasarkan insting.  Persoalannya adalah berfikir yang bagaimana?
Manusia itu bisa dibedakan melalui cara berfikirnya. Maka pilihan atas cara berfikir itu adalah: berfikir negatif atau positif? Manusia yang memiliki cara berfikir negatif atau defisit ditandai dengan perilaku yang mudah mengeluh, menyalahkan keadaan sekitarnya. Pepatah Inggris mengatakan, ”blame on the rain.”  Atau pepatah Minang mengatakan, ”Tak pandai awak menari, lantai pula yang disalahkan.”
Sebaliknya, manusia positif ditandai dengan perilaku sukacita, optimis, dan selalu mampu meraih sukses. Ibarat donat, manusia positif melihat donat, sementara manusia negatif melihat lobangnya, ”the optimist see the donut, the pessimist see the hole!”
Buku “Terapi berfikir positif” yang ditulis oleh Dr. Ibrahim Elfiky (Zaman: 2011) mengupas habis soal terapi berfikir manusia agar hidup menjadi lebih suskes dan lebih bahagia. Dr. Ibrahim Elfiky, keturunan Mesir yang kini tinggal di Kanda ini,  adalah seorang seorang motivator muslim dunia, ahli pengembangan sumber daya manusia, manajemen dan marketing. Dia juga pelatak dasar ilmu Neuro Conditioning Dynamic (DCM) dan ilmu Power Human Ebergy (PHE).  Buku ini telah mengalami cetak ulang sebanyak 22 kali oleh penerbit Zaman.
Melalui buku ini, Dr. Ibrahim Elfiky mengupas ke dalam 5 bagian tentang kekuatan pikiran, bahwa berfikir itu memiliki 2 pilihan: berfikir negatif, atau berfikir positif. Nah, darisana, Dr. Ibrahim Elfiky menawarkan resep strategi berfikir positif. Dan dibagian akhir dia membuka rahasia  sepuluh wasiat berfikir positif.
Dalam buku itu dia membuka rahasia, bahwa pikiran itu ternyata bekerja seperti filling system. Tergantung file apa yang akan kita masukkan ke dalam laci pikiran kita. Pikiran membuat arsip memori dalam akal. Apabila cara berfikir kita negatif, maka pikiran akan mengelompokkan ke dalam file negatif, dan itulah yang terjadi. Tidak ada lagi tempat untuk file pikiran positif, alias tersingkir. Alhasil, tindakan yang muncul sebagai akibat pasti negatif.
Sudah banyak buku yang mengupas soal cara berfikir ini. Yang paling fenomenal adalah buku “The Secret,”  karya Rhonda Byrne. Dalam ranah manajemen, juga sudah mulai bermunculan buku-buku dengan tema ini, sebutlah misalnya “Manajemen Apresiatif” yang ditulis oleh Risfan Munir (Kaifa: 2011).
Saya sendiri sudah mencoba keampuhan cara berfikir positif ini dalam karya nyata. Dan itu saya lakukan sebelum saya membaca dan mengetahui soal cara berfikir positif ini. Sudah ada banyak hal yang semula hanya bersumber dari cara berfikir positif, yang kemudian menjadi kenyataan. Testimoni terakhir atas kerja terapi pikiran positif ini adalah kejadian terakhir yang menimpa saya dengan sukses J.  Minggu pagi, 5 Februari 2012,  ketika melihat acara Kick Andy tiba-tiba saya punya pikiran kuat dan berkata dalam hati, “I will be there someday!” Pikiran positif itu bekerja kuat dan tidak perlu menunggu waktu lama, esok harinya saya dihubungi orang dari Kick Andy! Mereka meminta buku yang saya tulis, “Mabuk Dolar di Kapal Pesiar”  menjadi buku yang direkomendasi di acara Kick Andy untuk tayang tanggal 16 dan 19 Februari 2012! “This a miracle!”
Makanya saya sering merasa sedih, demi menyaksikan saudara-saudara kita yang tidak tahu harus berbuat apa, hanya sekedar menadahkan tangan, meminta-minta, ngamen di perempatan jalan. Mereka tidak tahu, bahwa Tuhan sudah memberikan kekuatan maha dhyat di dalam setiap otak  manusa untuk berkarya, bekerja dan mengasilkan sesuatu bagi kehidupan ini.
Review buku oleh Hartono Rakiman, pengasuh Rumah Baca.

1 komentar:

  1. Hehehe mungkin saya yg pertama akan beri komentar ,jaman sekarang semua orang mau instan ,sy baca blog ini juga pake pikiran pilih pilih ...Di kombain tadi dah baca yg mana ya ...Dan dari membaca ini mau apa
    Semakin banyak tahu ,semakin terasa kurang ,dan semakin banyak ingin tahu,dan biar kan giliran bebas dan merdeka
    Sy sampai detik ini masih buka buku motivator Ary Ginanjar yg sangat Fenomenal ESQ I65 , dan batu baru ini dan hadiah buku ... Berfikir di Luar Nalar orang Awam
    The wisdom of Zhuang zi ...Oleh Andri Wongso
    Orang Awam selalu mempunyai keinginan
    Tapi Zhuang Zi berkata
    Bahwa kita harus mengurangi Ego dan hanya memiliki sedikit ke inginkan ,
    Lama kok jadi seperti kultum aja nih ... Horeeee aku komentar pertama mungkin blogyg pertama' yah .... Aku termasuk org yg bahagia ,karena cara berfikir juga beda ,banyak karena salah mengartikan giliran orang jatuh sakit ....Yo wes lah .. met jumpa di komen blog berikut nya ...

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search