PENGALAMAN PERTAMA KALI KE BALI plus TIPS MAKAN MURAH DI BANDARA NGURAH RAI


Pada tahun 2017 lalu, aku mewujudkan mimpi seumur hidup mengunjungi pulau Bali. Kata orang, belum bisa disebut sebagai travel blogger kalau belum pernah ke Bali, Aku pun mengimaninya.

Namun, sepertinya aku memang masih belum cocok menyabet gelar travel blogger, sebab catatan perjalanan yang seharusnya kuposting dari tahun lalu ini baru sempat kutulis sekarang, haha, Mager bos!.

TERKESIMA DENGAN BANDARA I GUSTI NGURAH RAI BALI.

Sekitar pukul 04 pagi, aku sudah duduk manis di bandara Internasional Soekarno Hatta. Tidak beberapa lama, suara wanita dari speaker call information mengumumkan bahwa penumpang dengan tujuan Denpasar sudah bisa masuk ke kabin pesawat, aku pun segera ngacir masuk ke pesawat mengantisipasi agar kursi window seat yang telah ku booking saat cek in online tidak di comot orang lain.

Terkadang, beberapa penumpang ada yang belum paham atau pura-pura ga paham kalau setiap penumpang sudah punya nomor kursi masing-masing. Jadi jangan mentang-mentang duduk bersebelahan bisa tukar bangku seenak jidat, dengan dalih 'duduk dimanapun sama aja, yang penting selamat sampai tujuan'.

Orang Indonesia ini ya emang paling susah belajar disiplin. Kesal diri ini.


Pulau Bali dari ketinggian
1 jam 45 menit mengudara, akhirnya aku sampai di bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Gila! Bandaranya keren banget, arsitekturnya patut diacungi jempol. 

Pertama menginjakkan kaki di Bandara ini, atmosfer Bali langsung terasa. Mungkin disebabkan karna banyaknya ornamen dan pernak pernik Bali yang ada disekitar bandara jadi aku langsung excited. Bahkan disini juga ada gapura-gapura dengan relief khas Bali yang instagramable banget. Menyesal sekali aku tidak sempat berfoto disitu karna malu dilihatin bule bule haha.

Gapura di Bali
Padahal sebetulnya aku tidak perlu malu karna di bandara Ngurah Rai Bali terdapat berjuta manusia dengan beragam keunikan, dari mulai bahasa, budaya, pakaian, warna kulit dan masih banyak lagi. Oleh karna itu, saat kembali lagi ke Bandara Ngurah Rai Bali, aku buang semua kemaluanku, maksudku rasa malu, dan bertingkah sesuka hati lompat kesana kemari.

Inget banget, dulu pas lagi nyari mushala di bandara, aku cuma pakai kaos dan kain sarung sambil nyeker. Tapi tak ada seorangpun yang nyinyir layaknya netizen.  

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.
(QS. Al hujurat: 13)

TIPS MAKAN MURAH DI BANDARA NGURAH RAI BALI.


Sebagai backpacker misqin, mencari makanan murah merupakan salah satu prioritas yang wajib diutamakan. Beruntung saat di Bandara I ngurah Rai aku nemu warteg yang berada tidak jauh dari Bandara. Kebayang kalo makan di dalam bandara pasti dompet langsung kempes.

So, untuk kamu yang mau berhemat sepertiku. Coba saja makan di warteg ini, lokasinya tidak jauh kok dari Bandara, kamu cukup jalan sedikit dari pintu keluar, nanti wartegnya pasti langsung kelihatan. Sayangnya, aku tidak memfoto dan lupa nama wartegnya, jadi kamu cari sendiri aja ya mudah-mudahan si abangnya masih jualan, huhu.

Selama makan di warteg ini, aku hanya mengeluarkan uang Rp. 15.000 saja. Kalo makan di dalam bandara pasti bisa 100 kali lipat lebih mahal, kecuali kalo kamu horang kayah, mau makan dimana aja terserah dah huhu.

Okedeh, ini saja bocoran makan hemat di bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yang bisa ku ceritain. Sampai jumpa di trip Bali selanjutnya ya, yaitu ke Pantai Balangan !.

Supaya ga penasaran, kamu bisa tonton dulu vlog hari pertamaku di Bali. Di video ini juga ada sedikit cuplikan wartegnya kok. Jangan lupa komen dan subscribe yak ! See Ya!

.

27 comments:

  1. aku sendiri belum pernah ke Bali, btw leon kamu bikin huruf pembuka di video itu kayak gimana nih kalau boleh tau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owh Thumbnail ya kang ?
      Pake corel Draw etamah, cobain deh.

      Delete
  2. Gerbangnya epik banget gan, itu hasil jepretan agan? Kece lah, Bali emang selalu menarik dibahas. Hahaha, oh iya gan udah gue follow ya blognya follback by clicking register di blog gue hehe, judul blognya kece ih gue terkesima begitu melihatnya wkwk. :D salam kenal btw.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Gan nanti saya followback yak :)

      Delete
  3. Lah haha. kenapa pake sarung dah. XD kehabisan celana bersih lagi? :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu inget pas aku berenang dadakan pake jeans di Citumang ?
      Nah kayak gitu kejadianya.

      Delete
    2. Yaelah hahaha. lagian renang pake jeans. :P berat tauk haha

      Delete
  4. Dari dulu rasanya pengen banget main ke Bali. Dulu jaman kuliah pernah ada kesempatan main ke sana tapi karena kelas saya bisa ikutan jadinya hanya jadi penikmat cerita teman yang sudah jalan-jalan ke sana. Rasanya pengen main juga ke Bali.Itu beneran Gapura ada di Bandara? wih kalau iya, salut banget deh ternyata di Bali nuansa kearifan lokalnya kerasa banget bahkan sampai ke pelayanan publik gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayu gan kumpulin duit terus cuss ke Bali.
      Minimal sekali seumur hidup its oke lah haha :)

      Delete
  5. Wah luar biasa sudah diberi kesempatan ke bali, semoga ane bisa nyusul segera ya gan haha.

    Ini bakalan ada lanjutannya kan? ayo jangan kelamaan numpuk di draft ya wkwkwk.
    Videonya keren dan seruuu! Ditunggu next episode dan ceritanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin gan moga kesampean ke Bali juga yak :3
      Iya nih draftnya masih banyak banget, bantuin nulis dong gan haha :)

      Delete
  6. Kayangnya baru keliatan nih, Mas :D
    Setidaknya aku bisa cari pengalam dari sini dulu deh sebelum ke Bali nanti..he
    Banyak monyet disana kah, Mas? Nampaknya terlihat lumayan juga di video..

    Netizen mah jarang ada yang nyinyir di kehidupan nyata, Mas. Palingan di medos aja..haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyanih ndi baru keliatan lagi setelah lama hibernasi :v
      Bali emang surganya monyet ndi wkwk

      Delete
  7. aku udah ke Bali 2 kali, tapi kayaknya kesana ya biasa-biasa aja, udah tempatnya liatnya itu itu aja, ya karena kesana itu waktu piknik SMA dan kuliah ya jadinya keburu-buru nggak jelas, moga aja nanti dapat kesempatan buat kesana lagi..amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga awalnya kayak "ah Gini-gini aja si"
      Tapi ternyata kalo ditelusuri lebih jauh banyak banget percikan surga di Bali yang belum kita ketahui :3

      Delete
  8. kalau aku jadi kamu juga mending aku makan di situ kok, orang tempatnya juga bagus dan bersih, makanannya juga terlihat menarik gitu. Mana muraaaah lagi. Khan yang penting bisa sampai Baliii...
    ngomong ngomong kamu kalau bikin vlog gitu pake aplikasinya apaaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas video ini aku bukinya pake Movie Maker,
      tapi sekarang udah beralih bikin pake FIlmora

      Delete
  9. Dari awal liat ini: aku kuat, aku kuat. Realita: AKU INGIN KE BALI!

    Paling ga tahan kalo udah liat pantai.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga ga tahan kalo liat pantai, pengen rasanya mendaki gunung :(

      Delete
  10. Makan di bandara memang bikin kantong jebol. Bawa cemilan aja di tas kalau memang transit doank di Ngurah Rai. Secara jalan ke luar bandara lumayan jauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, Kalo transit bawa makanan sendiri aja wkwk

      Delete
  11. Pernah sekali doang ke Bali. Itu juga karena acara kampus. Pengen kesana lagi karena emang tempatnya indah dan banyak bule. Hrhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo jalan acara kampus emang gitu, jadinya gag bebas heuheu

      Delete
  12. Kemanapun dimanapun, warteg is the best place for 'makan-makan'. Haaha. Itu ikut open trip apa gimana, bang? Kok pas sampai bali bisa dapet rombongan banyak banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini ikut jalan bareng temen-temen dari komunitas kita.Ina :)
      Jadi biaya yang di keluarin 50% lebih murah :)

      Delete
  13. Baru pertama kali mampir blog ini..
    Blog kamu kereeennn, cerita dan tulisan2 nya baguss... :)

    ReplyDelete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search