TRAVELING KE JOGJA NAIK BUS MALAM, PERSIAPKAN DIRI DENGAN TIPS-TIPS DI BAWAH INI

sumber: bagusprak.blogspot.co.id
Jogjakarta bukanlah membosankan untuk dikunjungi. Berapa kali pun pergi ke sana, setiap kunjungan pastilah berkesan. Sebagai Kota Budaya, Jogja memang nggak pernah ada habisnya untuk dieksplorasi. Termasuk salah satu kota besar di Indonesia, menjangkau Jogja juga sangat mudah, mulai dari pesawat terbang, kereta api hingga menggunakan bus.

Bila memilih menggunakan moda transportasi bus, ada Terminal Bus Giwangan yang selalu ramai dipadati pendatang atau mereka yang akan meninggalkan Kota Gudeg tersebut. Tempat yang bakal kamu datangi kalau menggunakan layanan bus Pahala Kencana dari berbagai kota besar di Pulau Jawa.

Sebagai  catatan, biasanya bus Antar Kota Antar Provinsi yang menuju Kota Jogja ini berangkat malam hari, terutama bus jenis PATAS dan menempuh jarak cukup jauh. Untuk kamu yang ingin mencoba menggunakan layanan Pahala Kencana atau perusahaan otobus dalam perjalananmu kali ini menuju Jogja, kamu mungkin butuh tips-tips naik bus malam berikut ini.

sumber: aktual.com
Lebih Asyik Kalau Pergi di Hari Biasa

Pergi ke Jogja dengan naik bus nggak harus menunggu musim liburan. Kamu bisa manfaatkan akhir pekan untuk datang ke sana. Pilih jadwal bus malam, jadi sepulang kerja bisa langsung cabut ke Jogja. Di hari biasa, Jogja nggak akan bikin kamu suntuk karena tidak macet dan bising gara-gara ramainya wisatawan.


Pilih Bus yang Mengutamakan Kenyamanan Penumpang

Banyak bus menuju Jogja, tapi nggak semua krunya sopan di jalan. Sudah jadi rahasia umum bahwa bus adalah penguasa jalanan. Nggak peduli ada kendaraan dari arah berlawanan, sopir mengemudi seolah nggak peduli dengan keselamatan orang lain.

Sampai tepat waktu memang menyenangkan. Tapi kalau sampai mengorbankan rasa nyaman, sepertinya patut kamu pertimbangkan untuk memakai layanan perusahaan otobus yang seperti itu. Pilih layanan bus yang memberikan jaminan kenyamanan dan keselamatan penumpang sampai ke tempat tujuan, seperti bus Pahala Kencana. Jangan lupa pilih yang punya fasilitas toilet karena ‘proses alami’ ini bisa datang setiap saat, tanpa menunggu diundang


Beli Tiket Nggak Perlu di Terminal


Kalau beli tiket pesawat atau kereta api bisa via online, pesan kursi bus Pahala Kencana pun juga bisa kok. Tinggal buka aplikasi Traveloka di smartphone kamu, kemudian pilih jurusan dan tanggal keberangkatan. Bayar, dan e-tiket bus sudah kamu genggam. Kalau ada tiket online, nggak usah lagi datang ke terminal, apalagi sampai pakai jasa calo yang menaikkan harga tiket lebih mahal.


Perjalanan Panjang, Siapkan Keperluan Ini

Bus dengan mesin pendingin di malam hari? Kalau pelayanannya nggak ekstra bakal bikin pengalaman yang menyiksa. Bus dengan pelayanan prima, seperti bus Pahala Kencana, biasanya memberikan tambahan selimut bagi para penumpang. Tapi nggak ada salahnya berjaga-jaga dengan bawa jaket sendiri biar badan jadi lebih hangat dan nggak masuk angin. Bawa juga obat-obatan supaya bisa menangkal gejala-gejala penyakit dari awal.

sumber :kabarkekinian.com
Sesampai di Terminal Giwangan

Dari Terminal Giwangan, kamu bisa memulai petualangan dengan menggunakan angkutan umum. Kalau pengen langsung menuju Candi Prambanan, tinggal lanjutkan dengan bus Jogja-Solo dan turun tepat di depan Candi Prambanan. Kalau mau jalan-jalan dulu di Malioboro, tinggal naik Trans Jogja rute 3A. Mau langsung ke Pantai Parangtritis, bisa naik Taksi atau armada bus.

Yang pasti, nggak usah was-was naik bus malam ke Jogjakarta. Persiapkan diri sebaik-baiknya dan perbanyak informasi perjalanan agar lancar dan selamat sampai tujuan.

14 comments:

  1. Kalau saya biasanya antimo selalu tersedia. Pahala kencana sudah bisa online juga, sungguh luar biasa.

    ReplyDelete
  2. Apa-apa serba mudah ye sekarang, terutama buat pesan2 tiket. Main ke Jogja jadi makin kepengen.

    ReplyDelete
  3. lebih murah pake bus ya. dibanding pake kreta.

    ReplyDelete
  4. gw sih kurang suka naik bus, karna kurang leluasa. ngak bisa jalan-jalan, kaki kejepit sangking sempitnya. kamar mandi kaga ada aernya.

    obat-obatnya banyak banget dah, Sekalian bawa kotak P3K nya aja rul ?

    ReplyDelete
  5. btw klo bawa semua obat2 diatas tasnya jadi tas obat dong banyak banget hahaa. biasanya sih yang paling simpel cuma bawa om antimo hihihi

    ReplyDelete
  6. Gua bukan obat-obatan sih kalau travel, tapi madu hehe, sekarang sudah canggih banget, bukan hanya tiket pesawat dan kapal aja yang bisa e-tiket, tapi bus dan kereta api hehe

    ReplyDelete
  7. Suka banget naik bis ke Jogja
    dari sby terminal purabaya naik EKA Cepat 105k dapet makan di RM. Duta ngawi. Menunya ayam bakarr enak poll hhha

    ReplyDelete
  8. Sekarang pesen tiket bis pahala kencana bisa online juga ya?.
    Praktis yaa ..

    ReplyDelete
  9. saya justru sebaliknya.. traveling dari Jogja ke Lombok by bus.. buat pulang ke rumah setiap liburan kuliah.. :)

    ReplyDelete
  10. Dulu saat masih kuliah di sebuah PTN di Jatinangor, pinggiran Bandung yang sudah masuk wilayah kabupaten Sumedang, gue selalu mudik ke Jogja dengan bus patas. Alasannya, saat itu kereta api ekonomi masih memprihatinkan, terus kalo naik bus gue tinggal ngangkot bentar ke Cileunyi.

    Asyik ya sekarang bisa book bus patas via Traveloka. Pahala Kencana adalah salah satu operator recommended.

    ReplyDelete
  11. Wah asik euy pesan tiket bus bisa online juga... Udah jarang naik bus, tapi boleh juga kapan2 dicoba :D ..

    Ah Jogja,, lama banget gak kesana.. Terakhir 2007 :D ...

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  12. Baru tau klo bisa juga bisa dipesan via traveloka. Keren!

    ReplyDelete
  13. Masih serem untuk naik bus apalagi yang saya sering lihat ugal-ugalan di video pnline. Beneran serem

    ReplyDelete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search