3 SPOT TERBAIK UNTUK MENIKMATI SUNSET DI BELITONG | KHAIRULLEON.COM

3 SPOT TERBAIK UNTUK MENIKMATI SUNSET DI BELITONG


Salah satu aktifitas yang paling sering ku lakukan saat traveling yaitu berburu sunset, apalagi kalau travelingnya ke daerah pantai pasti sunsetnya akan terlihat sempurna.

Bagiku melihat sunset merupakan moment yang sangat tepat untuk menjernihkan pikiran. Bahkan berdasarkan penelitian  yang dilakukan oleh University of Miami, menyebutkan bahwa menyaksikan sunset alias matahari terbenam dapat memberi energi positif yang dapat menghilangkan depresi/stress.

Oleh karna itu, saat liburan ke Pulau Belitong aku menyempatkan diri menjelajah ke berbagai tempat untuk berburu sunset. Berikut ini 3 lokasi menarik untuk menikmati sunset di Belitong.

BUKIT BERAHU




Sebagian orang mungkin masih sangat asing dengan Bukit Berahu, mengingat lokasi ini berada tersembunyi di kaki bukit. Akupun mungkin tidak akan tahu jika guide tour tidak membawaku ku ke tempat ini.

Nama Bukit Berahu sendiri diambil dari bentuk bukitnya yang menyerupai perahu terbalik jika di lihat dari kejauhan. Tepat di kaki bukit terdapat pantai cantik yang biasa di gunakan turis untuk berwisata.



Untuk menuju pantai Bukit Berahu kamu harus menuruni anak tangga yang jumlahnya sekitaer 96 buah, kalau ga salah ngitung loh ya. Tapi tenang saja kamu tidak perlu merasa lelah karna semuanya akan terbayar setelah kamu sampai di pantai. Fasilitas yang menarik dapat kamu gunakan untuk leyeh-leyeh sambil menunggu matahari terbenam.

Di bawah bukit ini banyak sekali arena bermain seperti ayunan, tempat hangout, atau hamparan bebatuan yang instagramable banget untuk foto-foto kekinian.




Di bukit Berahu juga terdapat fasilitas lainya yang sangat lengkap seperti cottage, Bungalow, Villa, restoran, dan Kolam renang dengan view pantai yang mempesona. Akupun sempat ingin renang disini tapi katanya harus bayar akhirnya aku urungkan niat haha.




Kalau kamu merasa lapar, kamu juga bisa memesan makanan atau minuman lalu menikmatinya di bangku resort yang mengarah ke laut, O iya cuaca disini terasa adem karna banyak pepohonan di sekitar resort.

Nah jika kamu tertarik ingin menikmati sunset di bukit Berahu, kamu cukup  berjalan ke Desa Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Belitung dari pusat kota tanjung Pandan hanya memakan waktu sekitar 45 menit.



PANTAI TANJUNG PENDAM



Pantai Tanjung Pendam berada dekat di jantung kota Belitong, jadi kamu tidak akan keuslitan untuk menemukanya. Bisa dibilang pantai ini merupakan tempat wisata yang paling terkenal di Belitong, mengingat pantai ini tidak pernah sepi pengunjung.

Bahkan saat aku berkungjung ke sini sudah banyak sekali wisatawan yang memenuhi area pantai. Ada yang duduk-duduk di taman, berjalan-jalan di atas pasir atau bermain air di bibir pantai yang ombaknya tidak terlalu besar.



Aku memang sengaja datang saat sore hari dengan tujuan untuk menikmati sunset. Sayangnya saat itu cuaca kurang bersahabat, matahari tidak terlihat sempurna karna tertutup awan setelah itu tiba-tiba turun hujan yang cukup deras jadi aku tidak dapat melihat matahari kembali keperaduanya.

Namun walaupun begitu, aku tetap senang karna sempat melihat sekilas matahari di Pantai Tanjung Pendam. Cerita serunya saat para pengunjung di  diguyur hujan bisa tonton di Video ini.


PANTAI TANJUNG KELAYANG


Pantai Tanjung Kelayang terletak di kecamatan Sijuk Pulau Belitung, berjarak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Tanjung Pandan. Saat kamu berada di Pantai Tanjung kelayang maka bersiaplah kamu akan mabuk kepayang. Serius aku gabohong, view disini instagramable banget.

Pantai ini menjadi tempat pertamaku saat menyaksikan fenomena ajaib batu granit yang banyak bertebaran di bibir pantai. Walaupun jumlah batunya tidak sebanyak di pulau tanjung tinggi atau Pulau Lengkuas tetapi Pantai ini memberikan firts impression yang tak terlupakan.




Dari pantai ini kamu juga bisa menuju ke pulau-pulau lainya yang tidak kalah menarik seperti Pulau Batu Berlayar, Pulau Pasir, Pulau lengkuas dan pulau Gede Kepayang.

Setelah menelusuri berbagai pulau tersebut kamu akan kembali ke Pantai tanjung Kelayang saat senja. Disaat itulah pantai Tanjung Kelayang akan menampakkan kecantikan matahari terbenam.

Nah, Itulah 3 spot menarik di Belitong yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati sunset. Dari ketiga lokasi tersebut manakah yang paling kamu suka ?

JANGAN LUPA DISEBARKAN, SHARING IS CARING :)

7 comments

Pantai Tanjung Kelayang!
*catat catat catat*

Kalau jadi silhouette kayak tulang Megalodon yang berserakan~

Reply

membaca 3 spot cantik menikmati panorama Belitong, selalu saja teringat pada sahabat semasa kuliah di Itenas, bernama Fauzi Achdiar (alm), beliau sering bercerita keindahan Belitong, hingga saya sedikit familier dengan Gantong, karena kalau ngga salah beliau berasal dari Gantong....semoga sahabat baikku (alm) bahagia kini disisi-Nya

Reply

Kalau ane pilih pantai tanjung kelayang :D liat fotonya aja udah mabuk kepayang , apalagi liat aslinya ya? bisa2 pengsaaaan haha..

-Traveler Paruh Waktu

Reply

Belitung maaih masuk bucketlist nih mas. Thanks rekomendasinya ya

Reply

Buatku yang namanya sunset berasa lebih magis dari sunrise, entahlah :) Aaah jadi pengen mantai lagi nih nunggu matahari tenggelam.

Reply

Cakep banget sih. Pengin main ke sana :3

Reply

tempatku jauh sama yg namanya pantai apalagi mau berburu sunset. tapi sunset mudah ditemukan sekaligus di sungai, kan mas? hehe. biasanya masnya kalo foto langsung diunngah ke mana?

Ig
Twitter
Path

Reply

Post a Comment

Khairulleon, Travel blogger dari Bogor
Jangan lupa berkomentar.
Blogger yang bijak selalu meninggalkan jejak :)

Kepoin sosmedku ▶ @khairulleon

NEW VLOG ! AYO DI TONTON !