MENGINTIP PATUNG RAKSASA DEWI KUAN IM DI VIHARA TERTUA PULAU BELITUNG | KHAIRULLEON.COM

MENGINTIP PATUNG RAKSASA DEWI KUAN IM DI VIHARA TERTUA PULAU BELITUNG


Ada yang sudah pernah menonton film Sung Go Kong a.k.a Kera Sakti ? kalau belum pernah berarti kamu kebangetan ! haha ga ding canda.
Di film Kera Sakti kita pasti sudah ga asing lagi dengan sosok Dewi Kuan Im, ituloh wanita yang suka terbang di atas bunga teratai sambil membawa seuntai daun suci. Ingat ?
Nah, siapa sangka sosok Dewi Kuan Im yang sangat di puja-puja oleh penganut agama Budha itu ternyata memiliki kuil khusus yang diambil dari namanya, yaitu Vihara Dewi Kuan Im yang berada di Belitung.
Sebetulnya aku agak ga enak hati menulis postingan ini, mengingat isu agama Budha adalah pembahasan yang sangat sensitif. Seperti yang kita ketahui perseteruan umat Budha dan Muslim di Myanmar membuat mata dunia terbelalak.
Namun terlepas dari itu, melalui postingan ini aku hanya mau menceritakan perjalananku saja. Walaupun tetap, aku membenci perlakuan pemerintah Myanmar dan beberapa penganut Budha yang membantai kaum muslimin di Rohingya.
Oke deh selamat menyimak.

BERKUNJUNG KE VIHARA DEWI KUAN IM

Pulau Belitung memiliki banyak sekali objek wisata, baik wisata alam maupun wisata buatan. Bisa dibilang setiap sudut pulau Belitung bisa digunakan untuk berwisata. Seperti Sekolahlaskar Pelangi, museum kata andrea hirata, Kampung Ahok bahkan sampai ke tempat-tempat peribadatan seperti Vihara Dewi Kuan Im sekalipun.
Vihara Dewi Kuan Im merupakan salah satu tempat peribadatan warga Tionghoa di desa Burong Mandi.
Memasuki gerbang vihara aku bisa melihat langsung kemegahan bangunan tersebut yang berdiri kokoh di atas bukit. Menurut kabar yang beredar, vihara Dewi Kuan Im merupakan Vihara Tertua di Belitong yang sudah didirikan tahun 1747.
Yang unik dari vihara ini adalah kita dapat melihat patung raksasa Dewi Kuan Im yang berada di spot paling atas Vihara. Sehingga aku harus menaiki sekitar 89 buah anak tangga (kalo ga salah ngitung) untuk sampai ke bagian atas Vihara.
Saat menaiki anak tangga aku juga melewati beberapa ruangan berisi patung Dewa-Dewi yang digunakan untuk sembahyang. Saat itu ada beberapa orang yang sedang sembahyang, jadi pastikan jika kalian kesini jangan membuat keributan.
Bangunan kerucut, lilin merah dan alunan musik tiongkok membuat suasana Vihara terasa semakin khas.

Semakin naik ke atas aku sudah bisa melihat patung Dewi Kuan Im dengan jelas, namun jika ingin melihat lebih dekat aku harus menaiki beberapa anak tangga lagi.
Sebetulnya pembangunan patung Dewi Kuan Im ini belum lama didirikan, terlihat disekitar Vihara masih terdapat ukiran batu yang masih berserakan dan bagian-bagian bangunan yang sedang direnovasi oleh para pekerja.
Tidak beberapa lama akhirnya aku sampai di kaki patung Dewi Kuan Im. Ternyata patungnya beneran gede dan tinggi, aku haus mendongak untuk melihat bagian atas patung.


Dari atas vihara aku juga bisa melihat pemandangan Laut Burong Mandi yang cool abis. Beruntung sata itu tidak banyak pengunjung yang datang sehingga suasa Vihara terasa semakin yang tentram dan sunyi.

Puas berkeliling vihara akupun turun kembali untuk melanjutkan perjalanan menuju Pantai Burung Mandi. Saat turun ada beberapa wisatawan yang mulai ramai berdatangan.
Sejauh ini Vihara Dewi Kuan Im sangat recomended untuk dikunjungi. Namun hal yang patut disayangkan adalah disini terdapat banyak sekali anjing liar yang berlalu lalang. Walaupun anjingnya tidak galak tetapi itu sangat mengganggu kenyamanan.

Selain itu, vihara ini juga tidak terdapat papan informasi. Sepertinya akan lebih baik jika pengunjung bisa mengetahui latar belakang Vihara Dewi Kuan Im yang sangat bersejarah ini.
Terakhir, silahkan tonton Vlog berikut ini. Karna di video ini aku merekam setiap sudut bangunan Vihara Dewi Kuan Im. Selamat menyaksikan. Pastikan kamu like dan subscribe ya :v

Alamat Vihara : Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Belitung Timur. Lokasi GPS : -2.74821, 108.24646 .
.

49 comments

Keren-keren kang.. udah layak nih menyandang gelar Travel Blogger Professional, hehee...

Reply

belitong emang keren2 tempatnya
luengkap
pemandangan dari atas bagus, sayang anak tangganya lumayan banyak, heuehu

Reply

nama dewi ini pertama kali dengar di serial sun go kong, yang dulu pernah tayang di indosiar, pembawaannya ramah dan penuh dengan welas asih, lihat viharanya seperti vihara2 lainnya di dominasi sama warna merah khas warna dari vihara2 negeri tiongkok

Reply

wah sudah lama juga yah berdiri bangunannya, tapi sayang banget karna perawatan yang terlalu berlebihan hingga menghilangkan sejarah yang ada.

jadi bangunannya seperti baru di bangun, di tambah tidak ada informasi sejarahnya.

Reply

Oh daun suci yah, gue pikir sehelai batang padi wkwkwk.
Yang di Myanmar itu oknum. Dimana-mana selalu oknum. Budha agama yang baik sebenarnya, punya teman Budha baik juga.

Tapi ya gitu. Seperti kemarin2 (dan sampai sekarang), ketika oknum2 jahat pakai nama Islam :(

Reply

wahhhh keren bangettt, baru sekali kesini selama tinggal dibelitung 3 taun wkwkw :D

Reply

wah wishlistku belum kesampaian nih buat ke belitung :)

Reply

Kalau saya sendiri bukan tipe orang kaku masalah agama. Perlu melihatnya dengan sisi yang berbeda.

Viharanya bersih, berarti terawat dengan baik.

Reply

Kalau denger kata dewi kwan in jadi inget film kera sakti sun go kong, bener gak sih ? TFS ya mas...

Reply

Patungnya gede sekali ya ? Wah sang admin terbawa perasaannya tentang kondisi di negara sebrang sana.
Kalau itu pantung ditempat saya mungkin sudah roboh ya ?

Reply

Kapan saya kesana ya ? biar kelihatan blogger top gitu.

Reply

Saya dulu juga punya sang mantan daerah sana. Ah jadi kangen :)

Reply

Whewwwwww
Gede banget

Kayak patung yang di Brazil itu ya

Cantik banget kuilnyaaa suka
Bisa tuh foto OOTD ke situ hihihi

Reply

duh pengen bgt ke belitung tp waktu dan dana masih belum mau bekerja sama. semoga bisa secepatnya deh ke sana.

Reply

Ternyata selama ini gue salah dalam penyebutan nama,selama ini aku nyebutnya Dewi Kuan IN, ternyata yang bener Dewi Kuan IM.

btw indah banget ya tempatnya

Reply

Mas Khairul pernah nonton film Sun Go KOng gak? kalau pernah selamat kamu tua wkwkwkwk becanda mas, kalau pernah berarti kita seumuran.

Tiap baca dan lihat foto mas Khairul selalu bagus, itu diedit apa emng pemandangannya yang bagus ya hehe, selalu berkujung ke tempat wisata maupun tempat bersejarah (berbagi pengertahuan)

Terus berkarya mas Khairul dan selalu update info tempat keren di Indonesia ya, dan semoga bisa ke luar Negeri juga hehe.

Reply

Wah jadi inget dulu waktu SD nih, kera sakti jadi tontonan favorit saya. Jadi tidak asing dengan sosok dewi kuan im.
Yang asing tuh patungnya yang berdiri, biasannya kan terbang naik bunga hehehe. Btw, patut dimasukin list jalan-jalan nih.

Reply

Ini kelanjutan jalan2 ke Belitong kemaren ya bg? Makin seru aja, nih.

Bener kata komentar temen2 sebelumnya. Kalo udah bahas Dewi Kuan Im, jadi inget cerita Kera Sakti. Sosoknya yang selalu memberi kemudahan para pembuat kebajikan.

Si Dewi ini pernah jadi favoritku setiap kali nonton Kera Sakti.

Tapi, pas liat patungnya kok agak beda, ya? Hahahaha. Karena yg aku lihat itu manusia, ya...

Reply

Asik banget perjalanannya. Trus image post yang terakhir beneran keren, keren banget karena ada guguk yang lagi duduk tenang begitu, trus latarnya vihara. Cakep.
Akses ke viharanya gampang ga ya? Keren soalnya. Trus bikin kebayang film Sun Go Kong beneran jadinya.

Reply

enak banget ke bengkulu gratis gannnn

Reply

wih, gokil wisata religinya. Belitung bukan melulu tentang pantai, tapi bisa di eksplor via religi ya. Dewi Kuan Im, sangat nggak asing sama dewi yang satu ini sejak kecil, wehehehe. Salah satu yang paling asik dari perjalanan mengeksplormemang wisata religi, karena bisa melihat budaya yang berbeda itu unik dan asik

Reply

Kalo adanya di Pulau Jawa, pasti udah ditutupin pake kaen tuh patungnya wkwkwk...

Reply

Explorasi wisata itu emang asyik banget. Gak cuma alam,tetapi bangunan yang memiliki nilai historis,seperti vihara dewi Kuan Im. Dulu pas nonton sung go Kong, jadi pinyin kayak dewi Kuan Im. Bisa terbang dan bisa melakukan hal magic dari tangkai yang di dalam vas itu.

Terkait kejahatan kemanusian di Myanmar, konfliknya bukan soal agama. Tetapi ada alasan yang panjang terkait itu. Bahkan PBB juga pernah mengeluarkan informasi terkait itu. Siapapun korbannya, kita harus mengutuk kejahatan kemanusian apalagi sampai pembunuhan masal.

Reply

Jangan-jangan ini tempat syutingnya kera sakti Rul..
Kan ada tuh adegan sun go kong naik awan kinton melewati patung dewi kuan im.
Niat banget kamu, sampe ngitungin anak tangganya, 89 sembilan. Aku kalau disuruh gitu, paling lupa gara-gara diajak ngobrol atau apalah.

Reply

Ceritamu di Belitung
Terasa bawa aku diantara pengunjung
Sedang melihat patung

Reply

Kenapa cuma 89? Harusnya 90 sekalian, nanggung banget. Atau adakah makna dibalik itu? Sungguh mati aku jadi penasaran (malah nyanyi).
Btw Budha itu yg amitaba kan? Bingung ah, dari dulu aku pasti kebolak-balik antara Hindu sama Budha.
Kerennya Vihara itu karena nuansa China nya yg kental (moga nggak sotoy). Berasa kayak mau belajar Kungfu. Eh, Kungfu apa Shaolin ya? Ya itulah pokoknya.
Bicara soal anjing, kalau anjingnya nggak ganggu pengunjung kayaknya nggak masalah sih. Minta makan atau gimana gitu, ya ganggu banget.

Reply

wahh amantap
kunjungi juga gan
www.asepbadruzzaman.blogspot.com

Reply

Entah kenapa aku selalu suka sama arsitektur kuil2 gitu. Kayak banyak nilai historisnya. Dan aku baru tau ternyata dewi kuan im ada kuilnya di belitung hahaha

Reply

Haha aku masih berusaha supaya tambah layak jadi travel blogger profesional dah ,,

Reply

Wakaka,
Bang Jangkar ga perlu kesana sudah TOP ko :)

Reply

Kalo diitung emang banyak tapi pas ditaikin terasa sedikt koo :v

Reply

kangen daerahnya atau mantanya nih wkwk

Reply

Yaa aku juga tau dewi kuan im dari film sunggokong kan :v

Reply

Perawatanya ga berlebihan ko.
cuma di renovasi aja :)

Reply

Sebenernya aku ga tau juga sih itu daun apaan wkwk,.
Tapi kalo batang padi kayaknya ga mungkin wk

Reply

waiya sekali aj acukup ga usah banyak banyak kasian yang lain belum kebagian

Reply

Ah koh Deddy mah gampang, kalo mau pasti langsung berangkat :)

Reply

Yaps, aku juga ga kaku ko sama agama :)

Reply

Lah iya emang itu yang aku bicarakan diatas -_-

Reply

aku orangnya emang Baperan :(
Wakakak iay kali di robohin, atau paling engga ditutupin pake kain sarung

Reply

Wakakak ga gede-gede amat si,
masih gedean patung di Brazil ko :)

Ya anak OOTD kayak kamu cocok dah main kesini wk

Reply

Semoga bisa lekas bekerja saman yaaaa

Reply

aku juga dulu nyebutnya dewi kuan im loh wakakak
dan baru tau poas dateng kesini wk

Reply

Iya aku tua ko, termasuk bang Santo ahahay.
DIedti dulu si itu fotonya, tapi kalo masles ngedit ya langsung aj adeh tempel :(

Reply

Aku udah mampir sini ya, belom ada yang baru lagi nih kang.. aya share lagi aja dah.. biar tambah makjlebb... :D

Reply

Tempat viharanya merah meriah uy, besar juga ya patung kuan im nya.

Reply

yaktolll. jarang aku nemu banyak traveler blogger. kecuali kayak cewek2 di instgram.

Reply

baca tulisanmu ini aku langsung jleb ... keinget film jadul sekelas sun go-kong. kocak abis dan kerenlah pokoknya. ada juga semacam pagoda ya, mas?

aku suka karakter dewi kuam im, dia cantik bangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeet!

hehe. kalo di film kera sakti dia pakai busana serba putih terus aktingnya kalem.

Reply

oiya. blogmu udah tak follow, kalo berkenan silakan follow juga blog-ku ya. biar makin akrab. salam kenal, ya. he he.

Reply

Post a Comment

Khairulleon, Travel blogger dari Bogor
Jangan lupa berkomentar.
Blogger yang bijak selalu meninggalkan jejak :)

Kepoin sosmedku ▶ @khairulleon

TONTON VIDEO TERBARUKU !