KEREN ! UNDERPASS BOGOR DISULAP JADI PAMERAN GALERI SENI.


Ada yang sudah pernah mampir ke kota Bogor ?
Mungkin diantara kita masih ada yang belum tahu kalau di jantung kota Bogor terdapat sebuah underpass atau terowongan bawah tanah yang dikhususkan untuk para pejalan kaki.
Underpass ini terletak di samping tugu kujang atau dekat Mall paling mewah di Bogor yaitu ‘Mall Botani Square’, kalau kata orang Bogor sih di singkat menjadi ‘Boker’.
Jembatan penyebrangan ini memang tidak terlalu mencolok, tetapi kalau kamu sedang berjalan di depan Gedung Pascasarjana IPB kamu pasti akan melihatnya. Nah kira-kira seperti ini wujud pintu masuknya.

Awalnya underpass ini dikhususkan untuk akses para wisatawan yang ingin berkunjung ke Kebun Raya Bogor (Bogor Botanical Garden) melalui pintu 4. Tapi mulai sekarang sudah bisa di gunakan oleh siapapun.
Underpass yang dibangun dengan biaya 3 miliar ini awalnya sempat terlantar, Namun saat ini underpass tersebut sudah mulai dihidupkan kembali dengan cara menyulapnya menjadi pameran galeri seni yang menakjubkan.
Underpass yang belum lama di sahkan oleh Wali kota Bogor Bima Arya ini memang terlihat berbeda dengan underpass yang pernah kutemui di kota-kota lain.
Saat memasuki terowongan yang membelah jalan pajajaran ini kita akan disuguhi berbagai macam karya seni yang terpajang di sepanjang dinding terowongan seperti lukisan, foto, grafity, infographic dan lain-lain.
Tema karya seni di sini selalu up to date dan berganti secara berkala, jadi para pengguna jalan tidak akan pernah merasa bosan untuk melewati jalan tersebut. Bahkan, seringkali para pengunjung meluangkan waktu sejenak untuk melihat-lihat dan berselfie ria.




Selain menikmati pameran seni visual, kita juga dapat menikmati live music dari Para pengmen jalanan atau komunitas seni di Kota Bogor. Sayangnya saat terakhir kali melewati jalan ini saya tidak melihat pertunjukan musik, mungkin saya sudah datang terlalu malam jadi abang-abang musiknya sudah pulang.
O iya, untuk kamu yang suka jogging. Kamu juga bisa menitipkan tas ke petugas yang berjaga di underpass ini loh. Saat ini kota Bogor memang sedang gancar-gencarnya membuat fasilitas ramah pejalan kaki. Terlihat di sekeliling kebun raya bogor dan di sepanjang jalan raya sudah disediakan trotoar atau kawasan khusus pejalan kaki dan pengguna sepeda. 

Hampir setiap pagi dan sore hari muda mudi berbusana rapi banyak warga Bogor yang memadati pedestrian ini. Terutama para joggingers yang berlalu lalang dari ujung ke ujung, seru sih ngeliatnya sekalian cuci mata.

Saat kita keluar dari underpass ini, kita juga bisa melihat langsung megahnya Tepas Lawang Salapan yang sedang hits di kota Bogor. Bangunan yang baru didirikan tahun 2016 ini memang sangat iconic dan menjadi daya tarik tersendiri.
Oleh karna itu, Jangan lupa untuk berfoto di Lawang Salapan kalau kamu sedang disini ya, keindahan bangunanya sangat sayang jika dilewatkan.

UNDERPASS BOGOR SEPI PEMINAT

Kemudahan fasilitas dan keindahan underpass di kota Bogor ternyata masih belum bisa menarik masyarakat untuk melewati jembatan ini.
Terbukti setiap kali aku pergi ke Mall Botani Square aku seringkali melihat para pejalan kaki yang lebih memilih menyebrang melalui zebracross. Padahal di samping lampu merah jelas-jelas sudah tertulis himbauan agar para pejalan kaki menggunakan underpass.
Sepertinya kesadaran masyarakat untuk mematuhi peraturan masih sangat minim. Padahal Underpass memiliki fungsi yang sangat baik yaitu dapat meminimalisir kemacetan lalu lintas.
So, mulai sekarang yuk kita tumbuhkan kesadaran untuk menggunakan fasilitas penyebrangan yang sudah disediakan. Semoga Underpass Bogor yang memiliki fungsi ganda sebagai penyebrangan jalan dan galeri seni ini dapat terus terawat dan menjadi contoh oleh kota-kota lainya.

Btw, ini ada sedikit cuplikan underpass saat aku di Bogor. Nah, kalau di kotamu ada fasilitas apa aja nih yang terlihat unik ?


38 comments:

  1. Ditangan orang berjiwa seni ,semua bisa menjadi lebih bernilai dan tampak indah. Pembangunannya tergolong fantastis juga tu, 3 M.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kang aku paling seneng sama orang-orang yang terkahir bertangan seni :)

      Delete
  2. Kira-kira alasannya apa ya sampai para pejalan kaki kurang meminati fasilitas underpass? Saya aja tertarik tuh kalau boleh nitipin barang trus ditinggal Jogging.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alasanya sama teh seperti kebanyakn manusia Indonesia pada umunya,
      supaya Instan dan serba cepat.
      Soalnya kalo pakai underpass mereka harus jalan sedikit untuk sampai ke gerbang underpass.
      Padahal lokasinya ga jauh-jauh amat loh teh, yaelah :(

      Delete
  3. Wah saya yang asal bogor malah ketinggalan kang, saya jarang pulang sih jadi kudet sama kampung halaman sendiri, hiks..

    Kalau pulkam juga paling dari stasiun langsung bablas ke arah leuwliliang.. jadi gak tahu mana-mana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pikir kang maman tinggal di Bogor ternyata merantau juga yah :)
      Besok kalo mudik sempatkan mampir mang lumayan buat bahan ngeblog meuehe

      Delete
    2. Merantau sih kang tapi gak jauh, cuma di jakarta ajah, hehe..
      Iya Insha Allah nanti kalau pulang pengen juga main sini...

      Delete
    3. Oh pantes, dari jakarta emang iya langsung ke stasiun jadi ga bakal lewatin botani :v

      Delete
  4. Tapi gak bisa disalahin juga sih kalau menyebrang lewat zebra cross. Itu kan juga masuk salah satu layanan[?]/tanda legal pejalan kaki boleh menyebrang kan? Yaa meski himbauannya lewat underpass sih.

    Btw dah pernah ke Bogor, ke Kebun Rayanya juga. Tapi kayany lewat pintu amat snagat mainstream (ya yang di depan itu wkwkw). Gatau kalo ada underpass kaya gitu. Btw lighting di dalam underpass nya keren wkwkw. Neon neon gimana gitu.

    Boleh gak sih gue merasa itu kayak di broadway /yakalingayalamat wkwwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang ga bisa disalahin juga tapikan patut disayangkan,
      underpas yang udah dibikin sebegitu mahal malah ga kepake :(
      mending uangnya buat aku traveling :v

      Delete
  5. Aku belum pernah ke bogor. Dan lihat underpass yang mulanya terlantar kemudian disulap jadi tempat galeri seni. Salut lah sama pemkotnya ada usaha untuk memberikan tempat bagi seniman.
    Tetapi yah begitu kita sendiri pun belum bisa memaknai indahnya seni. Belum bisa mengapresiasi. Selain jadi tempat selfi. Hahaha. Aku begitu maksudnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga kalo kesana paling buat selfie-selfie aja :)

      Delete
  6. udah sekeren ini tetep sepi peminat bang? waduh sayang banget.
    padahal lebih aman lewat underpass kayanya ya daripada lewat zebracross.

    viewnya sekilas kaya di luar negeri gitu, bagus buat foto-foto ini hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener lebih aman lewat underpass.
      itulah mengapa aku memilih underapass :)

      Delete
  7. waaah udah lama banget aku gak mampir ke Bogor lagi mas, dulu pas SD pernah ke Kebun Raya Bogor, waktu itu udah ada underpass belum ya? hehe

    Mungkin masyarakat belum banyak yang mengetahui kalau underpass sudah disulap mas, nanti lama kelamaan juga banyak pengunjung hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masyarakat udah banyak yang tau ko mas,
      permasalahanya ya cuma males aja harus turun naik tangga :(

      Delete
  8. Aku belum pernah ke Bogor nih.... jadi pengen liat pameran seni di underpass Bogor

    ReplyDelete
  9. Gue kira kebanyakan underpass hanya di luar negeri aja yang banyak. Eh di Indonesia juga ada. Ada secuil kemegahan di bawah jantung kota Bogor, asik nih. Semoga aja ya tempat ini selalu dipadati oleh pengunjung, namun yang terpenting bagaimana kita menjaga dan merawat fasilitas ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku juga baru nyadar ternyata kita punya yang kayak gini loh :)

      Delete
  10. Menarik dan keren banget nih mas, jadi pengen kesini kalo ke Bogor hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus kesini ya teh, cicipin sekali kali :v

      Delete
  11. Keren juga ya itu underpass bisa jadi begitu. Gue juga begitu sih, lebih suka pake zebra cross dari pada lewat underpass, ga cape.

    Tapi kalo underpassnya kek begini jadi ke pengen lewat situ terus dah keknya. Keren juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moga aja beneran mau lewat sini ya ka :)

      Delete
  12. Kalau dekat aku maen kesana nih mas..hehe
    dari kemarin aku ketinggalan ikut share di BE nih mas.. nunggu sampe sore gak ada pas barusan buka eh trnyata ada. udah 3x ktinggalan trus..he
    Untung disini aku follow, jadi stidknya ada prmbitahuan untuk trus baca :)

    Btw, aku lihat dlu videonya baru baca..he
    Tempatnya keren gitu ko masih sepi ya, memang gk smua orang suka ke tmpat sprti itu, tpi aku salut sama orang seni yang bisa membuat itu semua.. trlihatnya unik keren, di jogja sndiri biasanya suka ada jg mas. Dan itu biasanya ada di sepanjang jalan malioboro. Tapi sekarang belum ada lagi..he

    oh ya, pertanyaan diatas udah mampir ke Bogor. Kalau untuk mampir sih udah mas. Bahkan beberapa tahun yang lalu sebelum sekarang di Jogja, aku berencana kuliah di Bogor. Udah datang dan tanya ke kampusnya segala malah. Memang, gak jadi sih, tapi sekarang aku masih penasaran sama Bogor. Soalnya waktu itu belum sempet keliling sana sini.. Cuma ke beberapa tempat aja.

    Kalau ke Bogor, bisa kali ya, diajak kukurilingan sama mas Khairul :)

    Mudah-mudahan fasilitas seperti itu lebih bisa dimanfaatkan. Dan, aku setuju supaya bisa mengurangi kemacetan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wau komentarnya panjang sekali kayak kereta sinkansen.
      membuatku suka :)

      Kamu kalo kesini lagi Di harus kesini ya, emang ga mewah sih tapi lumayan buat foto-foto.

      Kenapa ga jadi kuliah di Bogor Di ? Kuliah di IPB bukan ?

      Delete
    2. Iya sih aku setuju, itu cukup bagus untuk mengabadikan foto disitu. Dulu bukan di IPB ko, aku dulu cuma mau sekolah desain gitu mas,, ada salah satu kendala yang memang tidak bisa aku sebutkan kenapa gak jadi di Bogor..hehe

      oh,ya, kalau gk keberatan pengen atuh di follack sm mas khairul blogku..he Dari beberapa teman-teman blog aktif trus soalnya, dalam artian sering post. Jadi aku suka beda-bedain mana yang masih aktif ataupun tidak..hehe

      Tapi aku masih penasaran sama Bogor, pengen jalan-jalan gitu disana. Meskipun udah dapet info tempat sana sini tentang Bogor. Tetap kurang kalau tidak merasakan dan kesana langsung..hehe

      Ada beberapa teman yang kerja disana juga, tapi aku lupa daerahnya mana. Kalau gak keberatan, pas aku ke Bogor pengen sekalian silaturahmi gitu sama mas Khairul.

      Ya, meskipun entah kapan dan belum tahu tanggalnya..he
      Tapi ada rencana atau keinginan untuk bisa halan-halan ke Bogor :)

      Delete
    3. eh loh emangnya belum aku follbeck ya.
      biasanya orang yang follow bog aku pasti aku follbeck :)
      oke meluncur..

      Oke gan main aja ke Bogor nanti kita ketemuan.
      tapi aku ga bisa jamin bisa ajak kamu ke tempat wisata Bogor karan aku taunya cuma Kebun Raya Bogor sama mall aja wkwk.

      Delete
  13. Belum pernah ke bogor :( Btw, baru tau kalo di Indonesia udah ada Underpass :D

    Itu seriusan bakalan diganti terus karya-karya yang udah dipajang? Tapi karya-karyanya enggak diliatin itu siapa atau dari siapa. Misalnya kayak pencipta karya itu atau penjelasan singkat mengenai karya itu. Masih keliatan sepi juga sih sebenernya kalo diperhatikan dari foto. Masih baru mungkin ya?

    Kalo ngebahas soal nyebrang, kayaknya sih emang lebih gampang lewat zebracross dariapda lewat underpass. Makanya banyak yang gak mau lewat underpass. CMIIW.

    Kalo di underpass ada kayak semacam fasilitas buat nyumbang karya kayaknya bagus deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga mikirnya gitu gimana caranya nyumbang karya kesana.
      tapi yang aku tau karya-karya disini dari komutas seni Bogor.
      tapi aku ga tau komunitasnya ada dimana ? wk

      Delete
  14. Sekarang udah lebih bagus ya leon, udah lama gak lewat sana, waktu lewat dulu masih agak gelap

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sekarang udah terang benderang macem diskotik teh . *loh

      Delete
  15. Keren!! Baru tau ya di Bogor ada underpass. Kalo disini ada mah pasti udah jadi tempat fotonya anak Instagram ala ala hypebeast & street photography nih wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bekasi kayaknya lebih keren deh,.
      dia punya bangunan yang kece-kece :)
      Kamu harus bangga punya Bekasi ..

      Delete
  16. Keren ya bogor sekarang... udah lama gak ke bogor kangeun pisan euy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk atuh kang lebaran ini mampir ke Bogor :)

      Delete
  17. ehh, keren banget tempatnya. kalo kata anak sekarang mah ini Instagramable banget. :D coba di Surabaya ada juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disurabaya juga banyak banget bangiunan yang bagus-bagus loh aku aja pengen banget main ke Surabaya kalo ada duits :v

      Delete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search