SELFIE BARENG BINTANG LAUT DI PULAU DERAWAN


Pagi agan dan sista dimanapun kalian berada.
Postingan kali ini aku akan melanjutkan cerita ngebolangku waktu di pulau Derawan. Alhamdulillah yah, Keindahan pulau Derawan emang ga ada habisnya jadi aku punya banyak tulisan yang bisa aku share di mari.
Oke langsung aja, jadi setelah berenang cantik di tamansi Billy. Aku langsung di seret pak Hasan menuju spot berikutnya yaitu kerumah bintang laut unyu atau bahasa gaulnya starfish atau bahasa ilmiahnya caritausendiri atau bahasa kartunya patrick.
Ekosistem bintang laut ini berada tidak jauh dari tamansi Billy. Tinggal salto juga nyampe, muehe ga gitu juga sih, pokoknya cuma beberapa menit naik speedboat terus kita langsung nyampe deh di kawasan pantai yang airnya super cetek cuma sedengkul.
“lah pak kita mau ngapain dimari ?” tanya mbak evri ke pak Hasan
“itu coba kalian lihat ke dalem air ada apa ?” perintah pak Hasan
Akupun langsung melakukan seperti apa yang di katakan pak Hasan, pas aku lihat kedalem air ternyataaa aku tidak melihat apa-apa! muehe. Menurutku pemandanganya sama aja kaya di pantai kebanyakan, yaitu air pantai yang dibawahnya cuma ada pasir. Karna merasa ditipu akupun memasang muka bingung ke pak Hasan.
Untuk meyakinkan kami, tiba-tiba pak Hasan turun dari speedboat lalu memasukkan tanganya kedalam air. Setelah beberapa detik merogoh-rogoh pasir akhirnya pak Hasan mengeluarkan tanganya beserta seekor bintang laut segede rengginang di tanganya.
Anjay, pantes aja aku ga nyadar kalo di sini ada bintang lautnya, warna bintang laut dan pasirnya sama-sama kontras sih.  So, kamipun histeris dan ikutan terjun ke dalam air.
Dengan penuh gairah akupun mencelupkan wajahku kedalem air. Saat itu aku tercengang karna jumlah bintang laut disini tidak hanya ada satu dua, tapi ratusan! Atau bahkan ribuan maybe.
Awalnya aku mau memegang bintang laut itu tapi karna takut beracun atau kulitku tergores oleh tekstur tubuhnya yang berduri akhirnya aku mengurungkan niat.

Namun, setelah pak Hasan meyakinkan kalau bintang laut disini aman dan bisa di pegang akupun dengan membabi buta langsung mengumpulkan beberapa bintang laut dalam satu tempat untuk foto-foto geje. Dan ini lah hasilnya, cihuy!



Selain bintang laut disini juga terdapat spesies unik yang disebut kepala kambing.  Btw, Bukan kepala kambing bertanduk yang sering kita lihat di kandang sapi tapi semacam kerang yang bentuknya sebelas duabelas sama kepala kambing.
Tekstrunya memang unik tapi serem, jadi aku lebih memilih fokus bermain sama bintang laut saja. Goodbye kepala kambing iyuwh.
Disini juga ada bintang laut yang ujungnya panjang-panjang kaya sosis berwarna biru gelap. Teksturnya masih sama kaya bintang laut lainya yaitu keras-keras lembek. Tapi nyaman dalam genggaman.
O iya, ada catatan penting yang harus kamu ketahui kalo kamu berada di habitat bintang laut, yaitu jangan sekali-kali mengeluarkan bintang laut dari dalam air, karna itu tidak diperbolehkan.
Walaupun bintang laut dapat hidup di udara selama kurang lebih dua jam, tapi bukan berarti kamu boleh seenaknya mengeluarkan mereka dari dalam air loh.
Aku sendiri sempet menyesal karna mengeluarkan bintang laut dari dalam air untuk selfie bareng, tapi akhirnya pak Hasan mengingatkan supaya secepatnya menyimpan bintang laut itu kedalam air dan jangan memposting foto selfieku di sosial media. Karna kalo sampe di posting siap-siap aku kena bully.
Tapi aku mau uploud salah satu foto pas aku mengeluarkan bintang laut dari dalam air nih, semoga foto ini bisa diambil pelajaran ya agar kalian tidak melakukan hal serupa.
Maafkan aku ya bintang laut kamu memang tidak punya otak!. 

Eits aku tidak ngebully bintang laut loh ya, karna kenyataanya memang bener bintang laut itu salah satu spesies bumi yang tidak memiliki otak. Makanya karakter Patrick di film spongbob agak sedikit weird muehe.

Oke deh sekian cerita kali ini, dan seperti yang aku katakan kindahan pulau Derawan memang ga ada asbinya, Jadi tulisan ini masih terus berlanjut di postingan berikutnya. So, pastikan kalian follow blog aku muehehehe promo.
Makasih sudah tonton video vlog aku di bawah ini. ya aku tahu kalian nonton ini karna sudah aku setting supaya bisa terputar secara otomatis muehehehe.

Jangan lupa SUBSCRIBE ya karna subscreb itu gratis muehehehehe promo lagi.


Fakta Unik Bintang Laut :
  • Bintang laut tidak memiliki otak, sehingga tidak bisa berpikir seperti manusia.
  • Meski tidak berotak, namun bintang laut memiliki saraf pada setiap tangannya.
  • Bintang laut juga, tidak memiliki organ pembuangan ataupun pernapasan.
  • Dengan saraf itu, bintang laut bisa menyentuh, mencium, dan merasakan benda-benda di sekitarnya.
  • Bintang laut memiliki lima tangan yang disebut tentakel.
  • Setiap lengan atau tentakel bintang laut, berisi ratusan kaki kecil berbentuk tabung.
  • Bintang laut memiliki kaki tabung yang berguna untuk memompa air keluar masuk tabung, menggerakkan tangan, dan menggerakkan tubuh bintang laut.
  • Jika terancam bahaya, bintang laut tak segan untuk melepaskan lengannya.
  • Tapi, hebatnya, lengannya yang putus itu kemudian akan tumbuh kembali.
  • Bintang laut dapat mengetahui gelap terang, dengan menggunakan suatu titik di ujung tangan-tangannya.
  • Air laut sangat diperlukan oleh bintang laut karena berguna untuk memompa sari makanan ke seluruh tubuhnya, padahal hewan lain menggunakan darah untuk melakukan hal yang sama.
  • Bintang laut bisa bertelur hingga jutaan butir jumlahnya.
  • Bintang laut tidak memiliki rangka untuk membantu ia bergerak.
  • Bintang laut berduri adalah sejenis predator ganas karena mengancam keberadaan terumbu karang.
  • Xylopax adalah sejenis bintang laut, yang tidak pernah bisa tumbuh membesar, selama hidupnya.
  • Bintang laut hidup di dasar laut di seluruh dunia.
Sumber : ebookanak.com

60 comments:

  1. Pulau Derawan memang selalu memancing kekaguman. Beberapa kali saya membaca tentang destinasi wisata yang satu ini. Semoga suatu saat bisa kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pualu Derawan emang Juara kang.
      Semoga bisa lekas kasana ya kang aku selalu doain kangg Imron pokoknyamah :v

      Delete
  2. akhirnya om leon bicara depan kamera . W.O.W

    asli emejing banget derawan.

    ReplyDelete
  3. wihhhh Kerennya, jadi iri dan kepingin nih ....

    ReplyDelete
  4. wedeh, disuruh jangan ngepost fotonya tetep aja di upload di blog bang? hehe

    itu duri-duri dibagian atas bintang lautnya ngga bahaya kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. DUrinya tajem tapi tajem tumpul.
      Eh gimana ya jelasinya,,, ya gitu deh pokoknya wqwq

      Delete
  5. Cie bisa selfie bareng bintang laut. Gak geli ya megang bintang laut. Kok gue geli ya. Hehe

    Baru tau bintang laut gak punya otak. Pantes aja patrick kayak gitu ya, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini geli ko tapi gelinya bikin nagih :)

      Delete
  6. Sebenernya ngeliat bintang laut tuh agak ngilu, apalagi di foto itu bintang lautnya ada tonjolannya itu loh. Yang bikin geli liat bintang laut yg hitam itu, entah kenapa ngeliatnya geli banget kayak apa gitu 😖

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di liat emang geli tapi kalo dipegang ternyata dia lucu juga tau :)

      Delete
  7. Ihh..kok berani megangnya kmu leon. Aku bayangin aja geli-geli gmn gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Geli tapi bikin ketagihan ko teh :)

      Delete
  8. Kalau yg warnanya biru gelap masih mendingan yaa, yg ada totol2nya tu sumpah geli banget liat fotonya bikin merinding, emang gak punya otak nih hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru aku kebalikanya,
      yang gelimah yang warna biru panjang :(

      Delete
  9. wih masih lanjut terus nih jalan-jalannya mas wkwkwkwk.
    ada juga spesies kambing laut, apakah bentuknya mirip kambing? hehehe

    mantab bisa senorkeling di pantai yang airnya jernih, tapi aku gak begitu suka wissata air mas, gak bisa berenang soalnya hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sukanya wisata gunung dong yah ? wah bisa dong kita colab naik gunung :)

      Delete
  10. wah masih ada serpihan lanjutan yang kemarin yak. dan gue juga pernah kayaknya megang mengang bintang laut cuman ya itu serem..tapi ngeliat ini kayakhya bintang lautnya nggak seserem yang gue bayangin dan emang mereka nggak punya otak. Hahaha...
    Seru deh bikin gue pingin travelling. Dan gue memutuskan untuk TRAVELLING!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau Traveling kemana nih teh,
      ayuk atuh barengan !

      Delete
  11. Kadang aku masi belom percaya klo bintang laut itu hewan wakakkaka, abis kayak hiasan sih
    Jadi inget si patrick in bikini bottom
    Penyunya kayak yang di urashima taro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Urashima taro ? makanan apa itu ?

      Nama kamu kenapa harus ada KODOK BUNTELnya deh wqwq

      Delete
  12. Bagusnyaaa..!
    Eh tapi emang nggak boleh sih ambil bintang laut sampe keluar air. Spotnya seru nih nggak perlu nyelam terlalu dalam ya ga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh ga perlu nyelem ..
      cukup celup celup manja saja :)

      Delete
  13. Iya tu, seharusnya pengunjung tidak boleh memegang atau mengangkat binatang laut, apalagi sampai terangakat kepermukaan. Kasihan.
    Seharusnya pengunjung cukup melihatnya tanpa menyentuhnya.

    ReplyDelete
  14. Baru tahu detailnya bintang laut, sekilas kaya gk idup ya.. itu pas di pegang gak gerak2 gitu, Mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Engga gerak-gerak ko dia.
      Bintang laut emang hewan yang hampir ga bisa bergerak.
      Makanya bintang laut malah lebih cocok jadi pajangan muehe

      Delete
    2. Berarti kaya batu gitu dong ya, Mas..hehe
      Kalau jadi pajangan bisa mati gak tuh :D

      Delete
    3. Iya mirip mirip kek batu gitu.

      Mas Andi aja kalo di Pajang terus bisa mati apalagi bintang laut wqwq

      Delete
  15. Ternyata bintang laut di pegang gpp ya, denger" beracun masa.. Ternyata gak itu ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teh ternyata bintang laut baik hati dan tidak beracun :)

      Delete
  16. Widih, bintang laut...

    Jadi inget dulu pas jalan-jalan ke pantai bareng temen-temen. Ceritanya itu kan pagi hari nih mau olahraga di sekitaran pantai, terus dari kejauhan ada keliatan sesuatu yang kayak kenal gitu, terus aku langsung teriak, "EH ADA BINTANG LAUT TUH!" sambil nunjuk ke arah sesuatu itu. Habis itu kami langsung bergegas ke sana dan....

    sayangnya ternyata cuma bintang laut-bintang lautan, eh maksudnya cuma pajangan gitu bukan makhluk hidupnya :(

    Penasaran deh pengen liat dan pegang bintang laut yang asli

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalo di pikir-pikir bintang laut asli ga ada bdanya ko sama bintang laut bintang lautan.
      mereka sama sama ga berotak yuhuu

      Delete
  17. Wih bisa pegang-pegangan sama bintang laut

    kapan ya gue nya pegang-pegangan kayak gitu sama bintang hidupku !? -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa Nanti cari bintang hidupmu yang berotak kya kang :v

      Delete
  18. Wah lucu ya bintang lautnya. Dulu jaman gua kecil, di Pangandaran sama Pantai Carita masih banyak bintang lautnya. Tapi gua ga pernah megang karena takut digigit (dasar anak kecil). Sekarang udah susah tuh mau nemu bintang laut sebanyak itu. Btw foto2nya bagus, salut deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang sekarang emang susah nemunya.
      aku juag pernah ke pangandaran sama carita tapi ga pernah nemu bintang lut lagi :)

      Delete
  19. keren..
    baru tau saya kalau bintang laut ngak punya otak.. pantesan emang ya tokoh patrick kayak gitu.. hihihi
    baru tau juga kalau ngak boleh ngeluarin bintang laut dari air.. pengetahuan baru nih.. hihihi
    jadi pengen banget jalan2 kesana.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat ya teh dapet Info baru muehe

      Delete
  20. aku pernah punya akuarium air laut, isinya bintang laut dan kuda laut...tapi sekarang udah tobat, kesian...ganti piara cupang aja...

    ReplyDelete
  21. Mbak Evrinya manaaa?

    Mana mbak Evrinya???
    Manaaaa????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaah fans mbak Evrina berdatangan !

      Delete
  22. itu bintang laut-nya gak bisa ngomong kan ? soalnya bintang laut yang ku kenal bisa ngomong , yaitu patrick star.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk bisa ko,
      Percaya atau tidak kemarin aku sempet bercengkrama dengan bintang laut :D

      Delete
  23. keren banget nih tempatnya, mas gimana rasanya megang bintang laut? gak geli gitu

    ReplyDelete
  24. Hai haiiiiiii mas, aduh aku kemarin lihat2 ini di fbnya mb Evrina, yuhuuuui senangnya ya bisa ke Derawan, aduh pengin
    Btw aku kok agak geli gimana gitu sih lihat apalagi pegang bintang laut, aduuuh
    hahahaha
    semoga kenangan di Derawan ini bisa menginspirasi orang, biar aku juga ikutan mbolang yeyeyee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo diliat memang geli, tapi kalo di pegang mengasyikkan ko muehe :)

      Delete
  25. lain kali kalau jalan-jalan teh ajak-ajak saya napah, kang, hehe... kabita pisan pengen ngerasain megang bintang laut, suwer belum pernah saya mah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mamang pernah megang batu ga ?.
      nah kayak gitu rasanya mang. keras muehe

      Delete
  26. Sampe sekarang masih geli sm bintang laut, teripang, dll. Ga berani pegang. Hahahaa Tp seru ya bs fefotoan gt di derawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo teripangt mah beda kang, itu mah baru geli wkwk.
      tapi enak katanya ya kalo di makan bikin sehat :)

      Delete
  27. wah gak bilang2 nih kalo ke derawan, itukan musti mampir dulu ke balikpapan. Gue di balikpapan padahal haha :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kemarin transit ko di Balikpapan kamunya aja ga nyamperin aku wkwk

      Delete
  28. Banyak banget bintang lautnya, dan bentuknya sama seperti yang saya lihat di Belitung dan Taman Wisata Alam 17 Pulau, Flores

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bintang laut di indonesia memang banyak yang seperti ini kang :)

      Delete
  29. Aku prnh megang bibtang laut ini pas di belitung, itu bdnnya emg keras begitu ya mas? Aku sampe curiga itu cm bibtang laut palsu tadinya :p. Abis keras bgt. Jd penasaran pgn liat dia bergerak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga penasaran pengen liat dia bergerak tapi kayaknya ga bakal mungkin wk ,

      Delete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search