PENGALAMANKU SAAT MEMBANGUN BISNIS ONLINE | KHAIRULLEON.COM

PENGALAMANKU SAAT MEMBANGUN BISNIS ONLINE


Di era modern seperti saat ini siapa yang tidak mengenal trend digital marketing ? Yap! jenis pemasaran yang satu ini memang sudah merambah ke berbagai kalangan, baik perusahaan maupun individu. Sehingga dapat dikatakan bahwa digital marketing telah menjadi metode pemasaran yang sukses dan memiliki peluang yang sangat besar.
Melalui sistem digital marketing kita dapat mempromosikan berbagai macam produk dengan mudah dan cepat, salah satunya yaitu menggunakan internet.
Berdasarkan statistik dari wearesocial.com menyatakan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke empat sebagai negara yang paling banyak menghabiskan waktu diinternet.
Hal ini menandakan bawa pengguna internet di Indonesia semakin hari semakin pesat. Oleh karna itu, Keadaan ini tentu dapat menjadi peluang yang besar untuk memasarkan produk melalui internet. Sehingga mau tidak mau trend pemasaran secara digital memang harus dihadapi.

Statistik pengguna internet indonesia :
Belakangan ini saya baru saja membuat sebuah toko online yang saya beri nama ‘seller syariah’, saya sengaja memberi nama ini karna kedepanya saya berencana untuk menjual berbagai macam produk islami, seperti buku, obat herbal, kaos dakwah dan lain sebagainya.
Untuk menjalankan bisnis ini, saya tidak hanya mempromosikan produk secara offline, tetapi juga melalui online. Menurut saya pemasaran secara online memiliki banyak keunggulan dibanding pemasaran offline.
Selain itu, jika saya tidak mengikuti perkembangan teknologi yang ada, sudah dipastikan bisnis saya akan tergerus secara perlahan.

Melalui sistem digital marketing kita dapat mempromosikan produk secara cepat dan mudah, hanya dengan sekali klik segala informasi yang kita sebarkan dapat dijangkau ke banyak pelanggan. 

Bandingkan jika kita mempromosikan produk secara konvensional tentu akan memakan banyak waktu dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.
Saat ini jaringan internet sudah mencakup hampir ke setiap tempat, baik di rumah, perkantoran, hotel, restoran hingga telepon pintar yang saat ini sedang kita genggam.

Melalui internet, kita dapat memasarkan produk secara luas tanpa batas geografis. Sehingga seluruh dunia dapat melihat informasi yang kita sebarkan. Siapapun, kapanpun dan dimanapun. Menarik bukan ?
Pernahkah kamu berbelanja online ? jika ya, kamu pasti pernah mengalami proses pembelian yang berlangsung dengan sangat cepat. Saat belanja online, kita dapat membeli barang yang kita inginkan hanya dalam hitungan detik.

Sedangkan saat kita berbelanja secara offline, kita akan membutuhkan waktu dan usaha yang lebih banyak. Sehingga tidak salah jika sistem online shopping sangat menjamur dan disukai oleh setiap kalangan.
Saat melakukan penjualan online, kita dapat melayani pelanggan walau sedang tertidur sekalipun. Jika dibandingkan dengan penjualan offline kita hanya membuka toko pada jam-jam tertentu saja, sedangkan penjualan secara online kita dapat membuka toko hingga 24 jam non stop.

Itu artinya semakin sering kita membuka toko maka jumlah pelanggan yang berkunjung ke toko kita akan semakin banyak.
Saat melakukan pemasaran secara online, kita tidak perlu mengeluarkan kocek  yang terlalu besar. Bahkan di beberapa situs market place sudah menyediakan fitur pemasaran online secara gratis. Selain itu, iklan yang kita tayangkan memiliki jangka waktu yang lebih lama. Sehingga peluang dilihat oleh pelanggan semakin banyak.
Setelah mengetahui beberapa keunggulan digital marketing di atas, saya langsung tertarik untuk menjalankan bisnis secara online.  Walaupun saya masih pemula tapi saya benar-benar yakin bahwa pemasaran seperti inilah yang akan memiliki peluang yang sangat besar.
Nah berikut ini saya akan menceritakan pengalaman saya selama bergelut di dunia digital marketing, khususnya saat saya melakukan penjualan produk secara online.

Menjalankan bisnis online memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa. Untuk membangun sebuah bisnis online kita harus melakukanya secara bertahap, yaitu step by step sampai kita menjadi pebisnis online yang sukses. Nah, adapun pengalaman yang saya lakukan saat membangun sebuah online shop adalah sebagai berikut :

Hal pertama yang saya lakukan adalah membuat sebuah website online shop. Pada dasarnya semua yang kita lihat di internet adalah website. Namun, website memiliki fungsi yang berbeda-beda dan memiliki sebutan khusus tergantung pada fungsinya, sehingga bisa dikatakan bahwa blog juga merupakan sebuah website.
Adapun website yang saya buat adalah sebuah toko online yang mana di dalamnya mengandung berbagai macam foto produk, deskripsi produk, harga produk, hingga cara pembelian.

Ada banyak keuntungan saat kita memiliki sebuah website toko online, salah satunya yaitu kita dapat memasarkan berbagai macam produk secara lebih leluasa tanpa ada campur tangan pihak manapun. Bahkan produk yang kita jual akan terlihat lebih profesional. Sehingga kita dapat dengan mudah mendapatkan kepercayaan dari konsumen.
Selain website pribadi, saya juga memasarkan produk melalui bantuan pihak ketiga, yaitu website market place yang saat ini sudah banyak tersedia secara gratis. Namun, saya tidak bisa terus-menerus bergantung pada website market place, karna saya tidak pernah tahu sampai kapan layanan itu akan bertahan.

Selain itu, banyaknya peraturan yang di terapkan oleh beberapa marketplace terkadang membuat saya tidak bebas dalam mengontrol pemasaran saya. Sehingga, fokus mengelola website pribadi adalah pilihan yang tepat.
Selain website online shop saya juga membuat sebuah Blog. Melalui blog saya dapat memposting konten tentang produk yang saya pasarkan di website online shop tersebut. Sehingga hal ini dapat membuat website saya terus eksis di mesin pencari.

Nah jika kamu tertarik untuk membuat website atau blog, kamu dapat menggunakan beberapa platform pembuatan website yang saat ini sudah banyak tersedia baik yang gratis maupun yang berbayar. Beberapa platform pembuatan website di antaranya yaitu :


Salah satu bagian terpenting yang perlu diperhatikan dalam memasarkan produk online adalah membuat konten marketing. Konten merupakan dasar dari semua digital marketing. Melalui konten kita dapat menjelaskan berbagai macam produk secara kreatif, sehingga kita dapat dengan mudah memikat hati para konsumen.
Biasanya konten ini di posting di blog, dan seperti yang kita ketahui konten di blog tidak selalu menggunakan tulisan atau artikel, konten juga bisa tertuang melalui video, audio, e-book dan sebagainya. Semakin bagus dan berkualitas konten yang kita buat maka peluang mempengaruhi pengunjung semakin besar.
“Tanpa memiliki konten yang menarik, semua yang kita lakukan dalam digital marketing akan percuma”


Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan dalam memasarkan produk online adalah menerapkan SEO (search engine optimizaton) yang berguna untuk meningkatkan eksistensi halaman website di mesin pencari, terutama google. Halaman website yang memiliki rangking teratas tentu akan memiliki peluang mendapatkan visitor yang lebih banyak.
Biasanya saat saya sedang mencari sesuatu di internet, saya hanya akan membuka situs yang berada di urutan pertama hingga ke tiga, selebihnya saya sangat jarang membukanya.

Begitu pula saat orang lain mencari salah satu produk yang kita pasarkan, jika kita menerapkan SEO dan website kita berada di posisi teratas maka akan banyak orang yang membuka situs kita.
Adapun beberapa manfaat lain jika kita menerapkan SEO dalam website adalah seperti yang terdapat pada gambar berikut :


Semakin dekatnya dunia maya dengan kehidupan sehari-hari, membuat era digitalisasi tidak bisa kita hindari. Saat ini  Pengguna internet di Indonesia mencapai 63 juta orang. Dari angka tersebut, 95 persennya menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial.

Berdasarkan statistik dari wearesocial.com, Indonesia menduduki peringkat ke 7 sebagai negara yang paling banyak menghabiskan waktu diinternet untuk mengakses sosial media.




Kini media sosial tidak hanya digunakan secara personal saja, tapi juga digunakan oleh berbagai kalangan, salah satunya yaitu oleh para penggiat bisnis online.

Memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran memang langkah jitu untuk membangun bisnis online.
Melalui media sosial kita dapat dengan mudah memasarkan berbagai jenis produk, baik melalui tulisan, gambar, video maupun berbagai jenis file lainya. Nah, dari sekian banyak sosial media yan ada, pilihan saya jatuh kepada facebook.
Peringkat sosial media paling banyak di gunkan di Indonesia oleh statista.com


Facebook  merupakan salah satu media sosial yang paling banyak di gunakan oleh masyarakat Indonesia. Hampir setiap orang memiliki akun facebook. Nah, untuk memanfaatkan faceboook sebagai strategi pemasaran, langkah awal yang saya lakukan adalah membuat fanpage atau laman facebook.

Memiliki banyak akun media sosial memang  baik, namun untuk saat ini saya hanya fokus menggunakan akun facebook saja. Hal ini saya lakukan karna saya belum mampu menghandle banyak akun sosial media. Sehingga saya khawatir jika memiliki banyak akun sosial media justru akan membuat penjualan online saya tidak terkendali.

Relationship marketing merupakan suatu pendekatan yang dilakukan untuk mempertahankan hubungan perusahaan dengan pelanggan dalam jangka panjang.
Melalui relationship marketing, kita dapat mempertahankan loyalitas para pelanggan dan membangun hubungan baik dengan calon customer. Sehingga perusahaan kita akan menjadi salah satu perusahaan yang selalu dipercaya.
Ada berbagai cara yang dapat di tempuh untuk melakukan relationship marketing, beberapa diantaranya yaitu :
1. Sebar survei dan kuesioner
2. Membentuk komunitas
3. Memberikan produk gratis
4. Membuat kuis berhadiah
5.  Fast respon jika pelanggan menghubungi
6.  Membuat kegiatan yang melibatkan pelanggan
7.  Menghubungi pelanggan di hari-hari tertentu, Seperti hari libur atau hari raya

Melakukan aktifitas marketing online memang terdengar cukup mudah. Namun pada kenyataanya kita akan menemui banyak sekali kendala saat menjalankannya.
Adapun beberapa kendala yang pernah saya alami antara lain :
Saat ini banyak sekali online shop yang menjual produk yang sama dengan saya, hal ini tentu akan semakin mempersempit pasar target.
Banyaknya penipuan di dunia maya membuat kepercayaan konsumen akan bisnis online masih kurang. Sehingga hal ini berdampak juga bagi para pemilik online shop yang jujur.
Saat memasarkan berbagai produk di sosial media tentu kita menginginkan banyak orang melihat ikan kita, salah satu caranya yaitu dengan memiliki banyak followers.

sedangkan semakin banyak followers yang kita miliki maka semakin populer dan berada di urutan teratas akun kita akan tampil di mesin pencarian sosial media. Namun, pada kenyataanya mencari banyak followers itu tidaklah mudah.
Dalam memasarkan produk secara online, kita tidak hanya memajang produk di website atau memposting berbagai produk di sosial media saja, tapi juga tetap harus belajar bisnis online dan mampu menguasai teknik online marketing.
Jika anda seorang marketer pemula seperti saya, tentu pengalaman dalam memasarkan produk secara digital masih sangat dangkal. Sehingga saya membutuhkan banyak pembelajaran tentang digital marketing.
Namun, jika anda tidak ingin memakan banyak waktu, anda dapat menggunakan jasa pihak ketiga agar aktifitas marketing online anda dapat berjalan dengan baik, salah satu caranya yaitu dengan menggunakan jasa digital marketing agency.

Digital agency merupakan sebuah pelayanan yang dapat membantu perusahaan memasarkan produk atau brand dengan menggunakan media digital seperti website, sosial media, search engine dan lain sebagainya.
Dengan menggunakan media digital, perusahaan mampu memasarkan dan mempromosikan produknya ke target market yang lebih spesifik karena dikerjakan oleh para profesional.
Saat ini sudah tersedia banyak sekali penyedia jasa digital agency dengan berbagai penawaran yang menarik. Namun, setelah melakukan beberapa pertimbangan akhirnya saya tertuju kepada salah satu spesialis digital marketing yang baru-baru ini saya ketahui, yaitu Abah digital marketing.


ABAH Digital Marketing Specialist merupakan perusahaan yang bergerak di bidang digital marketing yang akan membantu menaikkan impresi dan traffic produk Anda dengan campaign digital yang TEPAT dan TERUKUR.
Dengan keahlian dan pengalaman yang dimiliki, ABAH merupakan partner terbaik perusahaan untuk melakukan semua proses pekerjaan rutin dan membutuhkan keahlian spesifik dalam bidang digital marketing secara berkesinambungan.*
Kini PT ABAH Karya Maya Tidak hanya fokus pada training intensif SEO saja, tapi juga memberikan berbagai macam pelayanan digital marketing yang unggul, berkualitas dan terpercaya.
Melalui jasa ABAH, kita dapat memanfaatkan berbagai produk layanan Digital Marketing yang mencakup Blog Campaign, Social media Campaign, Promosi Ofline dan Jasa Penulisan Artikel Secara Profesinal. Berikut ini ulasanya yang saya dapat langsung dari situs abah.co.id :

Blog post campaign adalah salah satu strategi digital marketing yang jitu dan terukur (measurable) untuk diterapkan, apapun bidang usaha Anda. Berikut ini alasan mengapa harus menggunakan jasa blog post campaign ABAH digital marketing:
- Big Blog Database (3000 ++)
- Berbagai niches (Travel, Personal, Kuliner, Otomotif, Techno, dll)
- Tersedia blog dalam bahasa Inggris
- Hanya blog nyata, tidak menggunakan autoblog, tidak ada PBN dan tidak ada blog ptr.
- persyaratan blog disesuaikan (berdasarkan DA, Niche atau Statistik)
- Kemampuan untuk melakukan kampanye blogpost massal.



SOSIAL MEDIA CAMPAIGN
Konsultasikan kebutuhan dan target kampanye social media kamu, ABAH digital marketing sebagai penyedia jasa social media marketing di Jakarta menyiapkan strategi yang TEPAT dan TERUKUR.

- Ratusan online Influencer dan Buzzers.
- Setiap akun dilengkapi dengan min. Pengikut 1k dari berbagai ceruk.
- Fokus pada Facebook, Instagram, Twitter dan Google+.
- Manusia nyata dan Akun Aktif Hanya.

- Strategi dirancang khusus hanya untuk Anda



OFFLINE CAMPAIGN.
Mengomunikasikan brand produk dan atau jasa perusahaan harus melalui beberapa strategi yang saling melengkapi.
Merancang dan mengadakan event offline untuk promosi produk/brand/perusahaan dengan melibatkan blogger dan atau online influencer adalah salah satu cara membangun awareness dan customer loyalty yang jitu.
Melalui kampanye ini, ABAH digital Marketing akan membangun ikatan antara brand dengan audiens lebih erat.



ARTICEL PRODUCTION
Saat ini ABAH digital marketing menyediakan jasa penulis artikel murah tapi tidak murahan. Konten artikel yang ditulis tentunya menarik dan sesuai dengan image brand/produk perusahaan di mata audiens dan pasar.

Mengapa harus ABAH digital marketing ?
- Puluhan penulis berpengalaman.
- Kemampuan untuk melakukan pekerjaan menulis massal (hingga 500 artikel / bulan).
- SEO alami Artikel Friendly: unik, segar dan Copyscape Premium-Lulus.

- persyaratan disesuaikan berdasarkan kebutuhan klien.

Jika Anda tertarik menggunakan jasa ABAH digital marketing untuk mendongkrak dan menaikan penghasilan bisnis anda secara digital, anda dapat langsung menghubungi kontak ABAH digital marketing berikut ini :


ABAH Karya Maya, PT.  – Digital Marketing Specialist
Workshop : Griya Depok Asri Blok B7 / 18 – Sukmajaya, Depok – Jawa Barat

Telp. : 021 – 2921 8602
Office : Jl. Manunggal Pratama No. 8, Cipinang Melayu – Jakarta Timur.
Telp. : 021 – 8661 5774
Mobile CP : 0813 8079 2290

Hubungi ABAH digital marketing sekarang dan dapatkan pelayanan yang ramah, cepat dan profesional.


Ikuti juga sosial media ABAH Digital Marketing untuk mengetahui segala berita terupdate tentang ABAH :




.

36 comments

Cara menarik followers biar nambah secara "alami" gimana mas? kan banyak ni skrg jasa-jasa jual followers / like, tp takutnya misal pake jasa seperti itu ngga sesuai sama target marketnya kita...kan sia-sia

sudah berangkat ke derawan kah? *pertanyaan ngga nyambung* XD

Reply

Kalo mas lihat istagram aku yang @khairulleon (Promosi secara halus)
Sebetulnya caraku gampang mas :
1 : Uploud foto sesuai minat kita
2 : unik
3 : pake banyak hashtag wqwq
4 : Mention ke banyak orang terutama yang followersnya udah banyak
5 : Konsisten

Aku ga mau pake jasa penambah followers gitu karna 'feel'nya ga dapet ..

Btw aku ke Derawan InsyaAllah maret, ga sabar banget ya Allah :)

Reply

baiklah, saya coba terapkan ilmu "promosi scr halus" ini

waaaa, bikin mupeng gegara belum bisa ke derawan

Reply

Waduh jaman merubah segalahnya. Yang tafinya cukup dengan jualan biasa, skrg kita harus menyesuaikannha dengan membuka ol shop. Gilak!

Reply

bener bang, kalau jualan kendalanya itu yang bikin down !!

Reply

Saya juga lagi ingin merintis jualan on line. Tapi masih terkendala dengan produk yang akan dijual. Penipuan lewat on line inilah yang kadang membuat konsumen jadi ragu-ragu untuk membeli produk kita. Apalagi web/blog yang kita kelola masih kalah saing dengan situs yang lebih tenar dan bermodal besar.

Reply

Jika pengen lebih abdol lagi, pasang iklan diblogku :D

Reply

ya tidak ada paksaan :)

Reply

Aku juga ikutan lomba dengan tema sejenis tapi beda penyelenggara nih makanya hal-hal yang di tulis di blog ini udah kuterapkan buat bisnis onlineku hehehe

Reply

wah, baru tau kalo ada Digital marketing agency kayak si Abah. gue kemaren juga buka usaha yang manfaatin digital marketing ini, tapi butuh waktu lama dan sedikit tenaga buat "ngebangun" semuanya soalnya gue ga make yang namanya digital agency #karenagataukaloada

semoga kedepannya banyak orang yang sadar pentingnya digital media dalam marketing, dan bisa make jasa digital agency biar bisa maksimalin marketingnya. btw, sukses ya buat Blog competitionnya.

Reply

aww tsadeeesss membangun bisnisnya bener bener syur banget... Emm gue pernah nih membangun sebuah fanspage dari smp, yang saat itu lagi zamannya banget, gue udah masuk kategori "top" dan saat itu sampe sampe gue masang iklan 50rb per hari dan itu LAKU! tapi pas gue harus vacum buat persiapan UN SMP, fanspage semakin sepi dan terpuruk.. dann gue harus ngulang lagi dari 0. Nilai yang dapat fue ambil ialah jika kita membangun bisnis, JANGAN PERNAH VACUM APAPUN YANG TERJADI!

Reply

Abah memang yahud ya mas bro leon. Postinganmu lengkap banget ikih, suka bacanya :) makasih infonya ya, tertarik banget

Reply

Haha sekali pasang iklan berapaan kang harganya wq ?

Reply

ya jangan terpaksa nanti malah ga laku laku :v

Reply

makanya kalo jualan itu harus konsisten ..

Reply

Aku juga sekarang lagi kepengen menjual produk baru yang bisa aku bikin sendiri,
supaya ga menjual barang buatan orang lain terus ..
pkoknya haru handmade

Reply

Wah Goodluck ya gan siapapun penyelenggaranya.
aku doain semoga kamu termasuk sebage salah satu pemenang :)

Reply

wa iya aku juga baru tahu akhir akhir ini ko :)
kalo kamu mau tahu tentang marketin gagency coba aja dulu sewa jasa mereka hehe

Reply

Gue juga punya beberapa fanpage yang udah di buat bertahun tahun.
tapi sampe sekarang ga pernah diurus.
tapi likersnya terus bertambah wqwq

Reply

kalo tertarik langsung hubungi saja kontak abahnya ya teh terus coba deh berkerjasama bareng abah :)

Reply

Wah, saya sebenarnya juga lagi merintis bisnis ini. Tapi untuk sekarang bisnis saya masih fokus pada jualan di sekitaran kampus karena keterbatasan modal juga. Sebenarnya bisa saya membuka bisnis online, tapi takut modalnya gak tersedia dan juga waktu.

Tapi setelah membaca artikel ini, kayaknya bisnis online tidak perlu modal yang terlalu banyak ya, mungkin sebentar lagi saya akan masuk ke jalur bisnis online :D

Reply

Wih moga bisnis offline dan onlineya selalu lancar jaya ya ...
Berjualan dengan cara apapun kalo di tekuni pasti membuahkan hasil ko bang :v

Reply

Memang pemasaran itu penting banget kalau buka toko online. Sederhananya, pemasaran juga penting untuk para blogger yang pengen promosikan tulisan blognya. Biar nambah followers dan banyak pembaca juga.

Daripada menyewa jasa Abah Digital Marketing itu, apa tidak lebih baik kita nyoba sendiri memasarkannya. Kalau buat lo yang punya toko online, nyewa jasa Abah DA itu memang disarankan. Tapi kalau cuma blogger yang pengen promo postingan, mending gausah deh kecuali punya bajet banyak, ahaha. Gue lebih nyaman promo lewat social media, dan cara konvensional, walau hasilnya jarang sesuai dengan yang diharapkan.

Reply

rencananya aku juga ingin membangun bisnis online, tapi lewat blogku tercinta......hehe. tidak seperti lewat tokopedia gitu. dan aku juga paling takut menggunakan transaksi online karena takut penipuan.

ADM mungkin bisa membantu bisnis aku nanti.....hhehe

Reply

Puas banget saya dengan digital agency kayak ini. Saya doain aja untuk Seller Syariah dan tentunya untuk lombanya juga

Reply

Iya ka betul.
namanya dunia digital marketing kita bisa memasarkan apa aja ga cuma toko online.
Bogger kayak kita juga bisa pake jasa ini :)

Reply

Sudah punya fanspage jual beli online seluruh Indonesia. Dan sudah pasang peraturan bahwa yang mau pasang iklan harus bayar dulu. Tapi nyata e... Orang Indonesia tidak bisa di ajak kerjasama. Masih semaunya sendiri dan tidak perduli dengan aturan admin. Maunya gratis Mulu.. dan tidak mau menghargai usaha admin dari dahulu. Nasib jadi warga Indonesia. Hehe

Reply

wah bagus itu tar.
masarin produk lewat blog personal juga bisa laku karna point kepercayaan.
pelanggan kan tahu betul siapa yang menjual

Reply

wih makasih udeh di doain ya bang Adi :)

Reply

Kalau saya promosinya paling mudah pakai fanspage facebook. Saya pasang banner besar besar berukuran 13x5 cm di background halamanya. Jadi begitu ada orang yang melihatnya, maka yang pertama kali di lihat adalah banner yang berisi nomor kontak saya seperti WA dan BBM, dan ampuh juga karena dagangan saya laris berkat fanspage ini.

Reply

Beberap atemanku juga daganganya laris karna fanpage loh kang :)

Reply

banyak memang keuntungan yang bisa kita raih dengan menjadikan internet sebagai market. "Website" itu pun juga diperlukan, bukan cuma menjadikan socmed atau marketplace sebagai ujung tombak. gue juga lagi mulai membangun bisnis online, dan website itu gue jadikan sesuatu untuk membangun kredibilitas :)

Reply

o iya kalo ga salah jeson mau bikin website tentang sesuatu yang membengun kreadibilitas apa gitu ya gue lupa.
anywei semoga sukses ya son impianya :)

Reply

Bisnis online memang banyak diminati saat ini, tetapi jika tidak serius dan tekun dalam membangunnya, akan sulit untuk berkembang. Kejujuran adalah hal yang paling penting, jadi jika terjadi sebuah transaksi, jujurlah dalam segala hal seperti kondisi produknya. Kedepannya pasti akan berkembang dengan sendirinya karena konsumen kita puas dan besar kemungkinannya mereka akan merekomendasikan kita ke kerabatnya

Reply

Ya betul aku juga selalu menanmkan konsep kejujuran :)

Reply

Add bbm. 545e9fac

Reply

Post a Comment

Khairulleon, Travel blogger dari Bogor
Jangan lupa berkomentar.
Blogger yang bijak selalu meninggalkan jejak :)

Kepoin sosmedku ▶ @khairulleon

MY NEW VLOG