ALASAN YANG MEMBUAT JEPANG BEGITU LUARBIASA | KHAIRULLEON.COM

ALASAN YANG MEMBUAT JEPANG BEGITU LUARBIASA

Saat kita mendengar kata anime, sushi, origami atau bunga sakura, pasti yang ada di benak Kita adalah Jepang.
YAP! Siapa yang tidak mengenal dengan Jepang ?. Negara maju yang memadukan antara kecanggihan teknologi dan budaya tradisional ini telah membuat siapapun terpesona.
Pesona Jepang yang menawan memang menjadikan Jepang sebagai salah satu negara impian yang menarik untuk di kunjungi. Banyak orang yang menghayal bisa menjelajah negara matahari tersebut, salah satunya yaitu aku sendiri.
Ketertarikanku terhadap jepang sudah dimulai sejak aku kecil. Dulu, aku sangat terobsesi dengan Jepang, dari mulai budaya, bahasa, lagu, sampai berbagai jenis kartun anime Jepang selalu menghiasi layar televisiku, yang bahkan masih aku tonton sampai saat ini.
Melalui film anime, aku bisa mengetahui segala hal menarik tentang Jepang. Seperti budaya minum teh, matsuri atau acara festival Jepang, kehidupan sehari-hari masyarakat Jepang dan segudang keunikan lainya.
Sampai saat ini aku selalu berharap semoga bisa melihat keindahan Jepang secara langsung. Bahkan aku tekah melakukan berbagai cara agar aku bisa pergi ke Jepang. Salah satunya yaitu mengikuti program pertukaran pelajar.
Saat duduk di bangku SMA, aku pernah mendaftarkan diri untuk menjadi siswa pertukaran pelajar ke Jepang. Untuk dapat mengikuti program ini, aku harus melakukan beberapa tahap tes seleksi.
Sayangnya tes ini tidak semudah yang aku bayangkan. Saat itu aku hanya berhasil sampai tes tahap kedua. Itu berarti, aku tidak lolos ikuti tes selanjutnya dan tidak menjadi siswa pertukarang pelajar ke Jepang.

Namun, hal itu sama sekali tidak memadamkan keinginanku untuk pergi ke Jepang. Aku selalu percaya bahwa “Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda”
Jepang atau biasa disebut nihon / nippon yang berarti negara matahari terbit ini terletak di Asia timur.
Hampir sama dengan Indonesia yang merupakan negara kepulauan, Jepang memiliki empat pulau besar dari utara keselatan yaitu Hokkaido, Honshu, Shikoku, Kyushu dan kepualaun Ryuku yang berada di selatan kyushu. Serta lebih dari 3000 pulau kecil yang terletak di pesisir Lautan Pasifik di timur benua Asia.
Jepang yang terdiri dari ¾ kawasan pegunungan ini memiliki empat musim, yaitu musim semi atau haru (Maret-mei), musim panas atau natsu (Juni-Agustus), musim gugur atau aki (September-November), dan musim dingin atau fuyu (Desember-februari).
Hampir setiap bulan jepang mengadakan festival tahunan unik yang diselenggarakan berbeda-beda di setiap daerah. Sehingga segala kekayaan alam dan budaya yang dimiliki Jepang menjadikan wisatawan diseluruh dunia tertarik untuk berkunjung ke Jepang.
Setiap tahunya jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Jepang mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Kementrian pariwisata Jepang mengumumkan bahwa pada tahun 2016 ada sekitar 24.04 juta wisatawan asing yang mengunjungi Jepang. Jumlah ini meningkat 22% dibandingkan tahun 2015 lalu.
Selain itu, menurut Fuji TV selaku televisi lokal Jepang menyatakan bahwa ini merupakan tahun pertama dimana jumlah pengunjung asing yang traveling ke Jepang menembus angka 24 juta orang. [1]
Baru-baru ini Jepang juga telah merevisi target kunjungan turis asing dari 20 juta menjadi 30 juta pengunjung pada tahun 2020. Revisi ini dilakukan setelah dianggap angka 20 juta kunjungan Turis ke Jepang akan tercapai sebelum tahun 2020.[2]
Begitupula dengan jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Jepang terus mengalami peningkatan setiap tahun. Terhitung selama bulan Januari-September 2016 meningkat 27,2% (184.900) dan hingga akhir 2016 jumlah wisatawan Indonesia telah jauh meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.
Oleh karna itu tidak salah jika Jepang menduduki peringkat ke delapan sebagai salah satu negara yang paling banyak dikunjungi masyarakat Indonesia. wow!
Jepang memiliki segudang destinasi menarik yang sangat ingin aku kunjungi, bahkan hampir semua tempat wisata yang aku cari semua tersedia di Jepang. Seperti wisata alam, wisata budaya dan wisata kuliner.
Hingga saat ini ketiga jenis wisata itu selalu menjadi alasan yang membuatku ingin berkunjung ke Jepang. Nah, berikut ini beberapa ulasan wisata di jepang yang membuat Jepang menjadi negara yang sangat luarbiasa dimataku.
Jepang memang dikaruniai begitu banyak keindahan. Salah satunya yaitu melalui wisata alam. Sejak dahulu aku selalu menyukai jenis wisata alam, menurutku back to nature itu bagus banget, tidak hanya baik untuk kesehatan jasmani tapi juga untuk kesehatan rohani.
Melalui wisata alam kita dapat mempelajari daya tarik alam dengan memanfaatkan potensi sumberdaya alam, baik itu alami maupun budidaya.
Adapun wisata alam Jepang yang wajib untuk dikunjungi diantaranya yaitu :
1) FUJIAMA. Sebagai pecinta ketinggian sepertiku, mendaki gunung Fuji tentu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.
Fujiama yang merupakan simbol negeri sakura ini telah menarik banyak wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Hingga kini gunung Fuji telah dikunjungi oleh 200.000 orang pendaki setiap tahunnya, dan 30% di antaranya adalah orang asing.
Gunung Fuji yang merupakan gunung tertinggi di Jepang ini dikelilingi oleh lima danau yang indah yaitu Kawaguchi, Yamanaka, Sai, Motosu dan Shoji.
Melalui gunung setinggi 3.776 MDPL ini kita dapat menyaksikan sunrise atau matahari terbit serta berbagai kekayaan alam yang ada di gunung Fuji.
Kata Kagoshima mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Tapi siapa sangka ternyata tempat ini memiliki banyak sekali kekayaan alam yang luar biasa.
Kagoshima yang terletak di wilayah selatan pulau Kyushu ini memiliki beragam tempat menarik yang belum banyak diketahui. Beberapa diantaranya yaitu :


Mandi Pasir Panas di Ibusuki
Di kota Ibusuki yang berada di wilayah selatan Kagoshima terdapat destinasi unik yang sayang jika di lewatkan, yaitu mengubur diri di pasir panas atau lebih dikenal dengan Sunamushi Onsen.
Aktivitas mandi pasir ini merupakan satu-satunya destinasi yang ada di dunia. Saat ini pemandian unik ala Ibusuki menjadi trend baru yang mulai digandrungi oleh para wisatawan.
Pasir hangat di sunamushi onsen ini desbabakan karna terdapat sumber air onsen di bawah pasir pantai. Selain menyenangkan mandi di pasir panas di sunamushi onsen juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan salah satunya yaitu dapat melancarkan sirkulasi darah. Menarik bukan ?


Gunung Berapi Sakurajima
Sakurajima merupakan gunung vulkano aktif di Jepang. Hampir setiap hari gunung ini mengalami letusan kecil yang membuat banyak wisatawan penasaran untuk melihat langsung fenomena luar biasa dari gunung Sakurajima.
Gunung yang memiliki ketinggian 1,117m ini merupakan salah satu  tempat menarik di Prefektur Kagoshima. Disini kita dapat merasakan hujan abu vulkanik yang berada di kota dekat gunung Sakurajima.
Sakurajima sendiri memiliki arti pulau bunga sakura. Hal ini disebabkan karna di sisi utara pulau Sakurajima terdapat ribuan pohon bungan sakura.


Surga tersembunyi di Pulau Yoronjima / Yurigahama
Setelah puas menikmati beberapa keindahan alam di Kagoshima, tidak ada salahnya jika kita mampir ke Yoronjima Island. Disini kita akan di suguhi air pantai yang sangat bening seperti kristal.
Saat keadaan surut pada bulan April hingga oktober, pengunjung dapat menyaksikan hamparan pasir pantai yang putih bersih sepanjang 1,5 KM di Pantai Okunake, Yoronjima.
Melalui kejernihan air laut Yoronjima kita dapat melihat beragam biota bawah laut dan menyaksikan perahu seperti mengambang diudara. Waw, benar-benar seperti surga.
Untuk masyarakat yang tinggal di negara tropis seperti kita, dapat menikmati musim dingin (fuyu) di Jepang tentu akan menjadi pengalaman yang tak  terlupakan.
Saat Jepang memasuki musim dingin, suhu udaranya memang tidak bersahabat. Namun, bukan berarti kita tidak dapat berwisata. Justru saat musim dingin tiba kita dapat menyaksikan fenomena alam yang tidak biasa kita temui yaitu hujan salju.
Saat salju turun, beberapa tempat di Jepang akan membentuk gundukan bukit yang dipenuhi salju. Biasanya tempat ini dimanfaatkan untuk bermain ski atau snowboard.
Saat ini, Jepang telah mendirikan beberapa resort ski yang dapat kita kunjungi. Uniknya lagi, setiap resort ski di Jepang akan menawarkan sesuatu yang khas dari daerah mereka. Jadi, apakah kamu tertarik untuk merasakan sensasi musim salju di Jepang ?
Aku adalah tipikal orang yang menyukai segala hal tentang seni. Menurutku seni adalah anugrah yang di berikan Tuhan untuk menciptakan keindahan.
Untuk menikmati sebuah seni, biasanya aku mengunjungi berbagai tempat yang kaya akan kebudayaan seperti tarian, corak bangunan, adat istiadat dan lain sebagainya.
Begitu halnya dengan Jepang. Negara yang mengusung tinggi nilai kebudayaan ini senantiasa mencintai dan menjaga kebudayaanya. Berikut ini beberapa kebudayaan Jepang yang membuatnya sangat dikenal oleh dunia.
Arsitektur Kuil Khas Jepang
Saat ini Jepang memiliki banyak sekali kuil yang tersebar di berbagai tempat. kuil yang dibangun di Jepang kebanyakan sudah berusia ratusan tahun. Selain bernilai sejarah, kuil di Jepang juga di bangun dengan arsitektur yang khas.
Hingga saat ini kuil-kuil di Jepang masih terjaga keindahanya, sehingga saat kita mengunjunginya kita akan merasakan sensasi khas Jepang yang kuno tapi cantik.
Adapun beberapa kuil di Jepang yang sering di banjiri wisatawan adalah kuil kiyomizudera yang berada di timur kota Kyoto, kuil Fushimi Inari Taisha, Kuil Sensoji, Kuil Meiji Jungu, kuil Kinkakuji 9Golden Pavilion) dan masih banyak lagi.

Nah, jika kamu ingin merasakan suasana khas Jepang, berkunjung ke kuil adalah pilihan yang tepat.
Merayakan Berbagai Festival ( Matsuri )
Festival Jepang atau biasa di sebut Matsuri merupakan perayaan yang diselenggarakan sepanjang tahun di berbagai tempat di Jepang.
Banyak sekali festival atau Matsuri yang bisa kita saksikan diantaranya adalah Sapporo Yuki Matsuri (Festival Salju Sapporo), Hina Matsuri (Festival Boneka), Miyako Odori (tarian tradisional di Kyoto), Ganjitsu (Tahun Baru), Kanda Matsuri, Hataka Dontaku Matsuri dan masih banyak lagi.
Adapun matsuri yang sangat ingin aku lihat adalah Hanami, yaitu budaya menikmati bunga sakura saat musim semi.
Ketika pohon sakura bermekaran, banyak orang yang mengunjungi taman bunga sakura. Biasanya para pengunjung menggelar tikar dan berkumpul di bawah pohon sakura sambil menikmati bekal makanan dan melihat indahnya bunga sakura bermekaran.
Selain kaya dengan kebudayaan, negara Jepang juga sangat kaya dengan makanan tradisional yang tentunya mempunyai cita rasa yang khas. Saat ini beberapa makanan Jepang dapat dengan mudah kita temui di beberapa restoran di Indonesia. Namun, dengan memakan masakan Jepang langsung dari negaranya tentu akan memberikan kesan tersendiri.
Penduduk Jepang memang bukan mayoritas menganut agama Islam. Namun, hal ini bukan berarti kita tidak bisa menemukan makanan halal.
Kini pariwisata Jepang juga sudah mulai menerapkan sistem pariwisata halal yang bertujuan untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan wisatawan muslim diseluruh dunia. Sehingga, saat kita berkungjung ke Jepang kita tidak perlu khawatir jika ingin mencari makanan halal.
Nah, dari beberapa destinasi wisata Jepang yang sudah aku ulas diatas, sebetulnya masih banyak lagi yang belum aku sampaikan. Namun bagaimanapun setiap destinasi yang ada di Jepang semuanya AMAZING !.
So, jika kamu ingin berkunjung ke Jepang sepertiku atau masih bingung bagaimana caranya melakukan perjalanan ke Jepang, aku punya nih rekomendasi travel agent terbaik untuk kalian yaitu H.I.S Travel Indonesia.
H.I.S Travel Indonesia merupakan travel agent yang memiliki jaringan global yang tersebar di 62 negara dari 130 kota besar yang terdiri dari 190 cabang.
Dengan melakukan pencarian di his-travel.co.id kita akan mendapatkan berbagai penawaran terbaik berupa Tiket Pesawat, Tour, JR Pass, Sewa wifi, Tiket Theme park dan kebutuhan perjalanan lainya untuk berlibur baik domestik maupun internasional.
Adapun kelebihan yang membuat HIS Travel lebih unggul di banding travel agent yang lain yaitu :
Kenyamanan Servis
H.I.S. bertanggung jawab untuk mendukung kebutuhan perjalananmu mulai pada saat reservasi hingga kembali ke rumah! Silahkan bertanya dan konsultasi, staff H.I.S. akan melayani kamu.
Global Network Mendukung Keamanan Anda
H.I.S. memiliki keuntungan dengan jaringan global yang mendukung perjalananmu. Dengan sistem terbaik melayani mulai dari reservasi hingga kamu kembali!
Harga Terbaik langsung dari cabang luar negeri
Cabang H.I.S. di luar negeri menawarkan harga terbaik untuk hotel dimanapun dan kapanpun kamu butuhkan.
Unggul dalam Individual Tour
H.I.S. menyediakan berbagai macam tour dan menangani tour sesuai dengan keinginanmu. H.I.S. dapat menyusun perjalananmu mulai dari tiket pesawat, hotel, optional tour, kereta api, penyewaan mobil dan semua yang kamu butuhkan! Kami juga membantu mengurus visa. Segala prosedur untuk pembuatan visa dapat kamu serahkan kepada H.I.S.!
Unggul untuk Perjalanan ke Jepang
H.I.S. memiliki 273 cabang di Jepang, kmau dapat reservasi perjalanan ke Jepang di kantor cabang lain di luar negeri. Mulai dari cara penggunaan JR PASS hingga penerbangan domestik, serahkan perjalanan ke Jepang pada H.I.S.!







Tour Package: Group Tour | Individual Tour 
Internasional: Jepang, Bangkok, Singapore, Malaysia, Hongkong, Korea, Eropa, dll. Domestik: Jogjakarta, Bali, Lombok, Bangka, Belitung, dll. HIS juag dapat mengatur liburan pribadi atau perjalanan bisnis.


Japan Rail Pass (JR PASS)
JR PASS adalah tiket khusus yang berlaku untuk Wisatawan dari luar negeri yang mengunjungi Jepang untuk wisata. Merupakan cara paling ekonomis untuk perjalanan mengelilingi Jepang dengan transportasi kereta. Tersedia dalam 2 jenis (Green dan Ordinary) dan 3 pilihan durasi; 7 hari, 14 hari, dan 21 hari sesuai untuk kebutuhan perjalananmu.

Japan Hotel and Domestic Air Package (HAnavi)
HAnavi adalah kolaborasi antara H.I.S. Dengan ANA. Dirancang khusus untuk wisatawan asing yang datang ke Jepang, merupakan paket tiket penerbangan domestik + hotel dengan diskon besar-besaran! Mudah disesuaikan, kamu dapat memilih dari 51 kota di Jepang, memberikan akses ke tujuan baru di Jepang! Paket 2D1N Hokkaido berangkat dari Tokyo/Osaka mulai dari IDR 2,6 juta.

Tiket Pesawat Domestik dan Internasional
HIS menawarkan promo dan harga menarik tiket pesawat berbagai destinasi internasional (Jepang, Singapore, Malaysia, Bangkok, Vietnam, dll) dan domestik (Jogjakarta, Bali, Lombok, Padang, Medan, surabaya, Makassar, dll).

Dengan didukung team yang berpengalaman dan memakai prinsip Kerja Cepat, Aktif dan Profesional. HIS Travel melayani dengan Prinsip mengutamakan Kenyamanan Para Costumer.

Kini HIS Travel Indonesia telah menyediakan beragam Paket Tour Wisata ke Jepang dengan harga yang terjangkau. Selain menyediakan pelayanan tour Individu dan Group, HIS juga telah menyediakan banyak sekali tujuan wisata Jepang yang dapat kita pilih sesuai keinginan kita.

Adapun beberapa paket tour tersebut diantaranya yaitu :






Info selengkapnya tentang paket wisata Jepang bersama HIS dapat kamu klik disini


______________________________________


Dengan berbagai kemudahan dan fasilitas unggulan yang ditawarakan HIS Travel Indonesia, kini kita bisa mewujudkan impian berkunjung ke Jepang.
So tunggu apa lagi ? Rencanakan perjalananmu bersama HIS Travel sekarang juga ! Sampai ketemu di Jepang ya!






[3] his-travel.co.id

12 comments

berangkat..
jepang-jepang

Reply

Yang kusukai dari Jepang adalah ada Chinen Yuuri. :v

Reply

Jadi ingat cita2 masa kecil. Pengen banget ke Jepang

Reply

Mau juga dong ke Jepang, ajak2 ya bro hehehe

Reply

Wah siapa dia ? aku taunya kuil kuil saja muehe

Reply

sampai sekarang itu masih tetap jadi cita-citaku :)

Reply

iya ayuk atuh kita bareng2 kesana muehe

Reply

Iya Handikoo aku juga mau atuh lah

Reply

ini salah satu negara yg aku ga prnh bosen utk balik lagi :).. ngangenin banget... yg aku suka sih, krn wisatanya beragam, di sana ada banyak rollercoaster yg masuk rekor dunia, kesukaanku banget itu, trs orang2nya super ramah terhadap turis.. kebersihannya ga usah ditanya... betaaaah byanget pokoknya.. :)..

kemarin liburan 2 minggu kesana ga puas... ;p

Reply

Wah 2 minggu bukan waktu yang sebentar,
aku juga mau lah ke Japang :)

Reply

Post a Comment

Selamat datang di Khairulleon Blog.
Sering-sering mampir dan berkomentar yah.
Karna komentar kalian menjadi energi untukku terus ngeblog.
Tenang, aku pasti mampir balik ko.

Follow juga Instagram, twitter and ask.fm @khairulleon

TONTON VIDEO TERBARUKU :)