BIKA BOGOR TALUBI, OLEH-OLEH KHAS BOGOR DARI TALAS DAN UBI | KHAIRULLEON.COM

BIKA BOGOR TALUBI, OLEH-OLEH KHAS BOGOR DARI TALAS DAN UBI


Ada yang pernah berkunjung ke kota Bogor ? Yap!, kota cantik yang satu ini memang selalu menjadi primadona tempat wisata, baik untuk masyarakat lokal maupun turis mancanegara.
Selain pemandangan yang indah, udaranya yang sejuk serta fasilitas dan akomodasi yang lengkap, Bogor juga menyediakan segudang destinasi menarik yang sering dijadikan pilihan untuk berakhir pekan,  Seperti wisata alam, wisata ilmiah bertaraf internasional, wisata budaya, cinderamata, dan masih banyak lagi.

Kota Bogor yang dikenal dengan kota hujan ini juga memiliki sederet kuliner lezat yang dapat memanjakan lidah anda. Oleh karna itu, tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota Bogor tanpa mencicipi makanan khas daerah.
Selain itu, saat anda berkunjung ke kota Bogor baik untuk jalan-jalan  atau sekadar bersilaturahim dengan kerabat. Ada baiknya anda membeli oleh-oleh sebagai buah tangan untuk keluarga dan teman-teman anda.
Sepeti yang kita ketahui, membawa oleh-oleh merupakan sebuah tradisi bagi masyarakat Indonesia. Jadi, rasanya kurang afdhol jika kita berkunjung ke suatu tempat tanpa membawa oleh-oleh, baik itu berupa souvenir, makanan atau kue.

Nah, kali ini saya akan mengajak anda untuk menikmati salah satu jajanan favorit saya, yaitu Bika Bogor Talubi. Selain enak, Bika Bogor Talubi juga cocok dijadikan alternatif untuk oleh-oleh.
Bicara tentang makanan khas di Indonesia memang tidak akan ada habisnya, karna Indonesia kaya akan keragaman makanan. Hampir disetiap daerah di tanah air memiliki makanan khas masing-masing.
Jika bisanya kita mengenal adanya kue bika Ambon yang berasal dari Medan sudahkah anda mendengar kue bika yang berasal dari Bogor ? yap, ternyata di Bogorpun memiliki kue bika yang tidak kalah lezat, yaitu bika Bogor Talubi (talas dan ubi).
Pada dasarnya bika Ambon ataupun Bika Bogor mempunyai tekstur yang sama yaitu berserat dan memiliki pori-pori yang besar. Namun, Yang membedakan antara keduanya adalah bahan dasar pembuatanya.
Jika bika Ambon terbuat dari bahan-bahan seperti tepung sagu, santan, daun pandan, serai dan daun jeruk. Maka bika Bogor Talubi terbuat dari bahan yang unik, yaitu talas dan ubi.

Talas merupakan tumbuhan yang sangat melimpah di Bogor. Talas juga sudah menjadi icon serta komoditas utama di Bogor.
Tanaman yang termasuk dalam golongan umbi-umbian ini tidak kenal musim dan selalu tumbuh sepanjang tahun. Sehingga saat kita ingin mencari talas, kita tidak perlu khawatir tidak menemukan makanan sumber karbohidrat ini. Bahkan, saat kita berkunjung ke kota Bogor kita akan dengan mudah menemui pedagang talas yang berjejer di sepanjang jalan.
Talas Bogor selain dimanfaatkan untuk membuat cemilan juga dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan. Nah, bika Bogor Talubi merupakan salah satu makanan dengan bahan utama dari talas.
Selain talas, bika Bogor Juga menggunakan ubi sebagai bahan baku pembuatanya. Sehingga, campuran antara talas dan ubi akan membuat bika Bogor menjadi makanan yang lembut, legit dan menggoda.



Pertama kali saya menikmati bika Bogor talubi, saya dapat merasakan teksturnya yang sangat lembut, kenyal dan padat. Selain itu, bika Bogor ini tidak lengket dan berminyak seperti ‘bika Ambon’ pada umumnya.
Bahkan, saat saya menikmati potongan pertama akan timbul keinginan untuk menikmati potongan yang kedua, ketiga, hingga tidak sadar bahwa potongan bika Bogor yang saya pegang saat itu adalah potongan yang terakhir.
Bika Bogor talubi memang benar-benar enak, rasa manisnya begitu pas, sangat mudah beradaptasi di lidah saya. Namun, saat-saat yang paling saya suka adalah ketika pertama kali membuka kemasan bika Bogor talubi. Aroma bika Bogor yang khas akan menggoda siapapun yang menciumnya.
Jadi, kalian bisa membayangkan sendiri, aromanya saja sudah enak bagaimana rasanya ? pasti tambah enak !.


Bika Bogor Talubi memiliki 4 varian rasa yang berbeda. Jadi, anda dapat memilih Bika Bogor varian apa saja yang paling anda suka. Namun, menurut saya pribadi, semua varian rasanya enak-enak kok. Selain itu bika Bogor talubi juga dibalut dengan berbagai warna yang dapat mencuri perhatian. Nah, berikut ini ke empat varian rasa bika Bogor talubi :
Bika Bogor Talas
Bika Bogor talas merupakan kue bika yang berbahan dasar asli talas. Selain teksturnya yang lembut, bika talas ini juga memiliki warna yang khas, yaitu berwarna ungu. Nah, untuk anda penggemar talas, bika Bogor yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Bika Bogor Cocopandan
Bika Bogor yang satu ini selain berasa cocopandan juga memiliki warna yang menarik, yaitu berwarna hijau. Sebelum anda menikmati potongan bika Bogor ini, anda akan mencium aroma cocopandan yang sangat harum. Teksturnya yang lembut akan menggoyang lidah anda.

Bika Bogor Nangka
Bika Bogor nangka merupakan salah satu varian rasa favorite saya. Dari kecil saya memang sudah menyukai segala sesuatu yang berbau nangka. Jadi, ketika saya mengetahui ada bika Bogor rasa nangka, tanpa pikir panjang sayapun langsung mencobanya. Bika Bogor nangka yang berwarna kuning cerah ini sangat enak, kalian harus percaya!.

Bika Bogor Ubi Madu
Bika Bogor ubi madu terkenal dengan rasanya yang semanis madu. Rasa manis dalam bika ini berasal dari daging ubi yang dapat menghasilkan getah madu secara alami. Selain lembut dan legit, bika Bogor ubi madu ini terasa sangat nikmat. Kalian harus coba!.

Kuliner merupakan salah satu bidang industri makanan yang selalu mengalami perkembangan, baik dari cara pengolahan sampai penyajianya yang inovatif.
Begitu pula dengan bika Bogor talubi, selain memiliki banyak rasa, bika Bogor talubi juga memiliki beberapa bentuk yang dapat anda pilih sesuai keinginan anda. Beberapa bentuk bika Bogor talubi yaitu :




Bika Bogor ini berbentuk balok persegi panjang. Untuk  dapat menikmatinya anda harus memotongnya menjadi beberapa bagian. 
Selain rasanya yang enak, lembut dan menggooda, Bika Bogor ini pun di kemas dengan box yang kokoh. Jadi, anda tidak perlu takut kuenya rusak karna bentuk dan kualitas bika Bogor ini akan tetap terjaga.





Bika Bogor yang satu ini memiliki ukuran yang kecil dan mungil. Oleh karna itu, bika yang unik ini di beri nama Mini bika Bogor talubi.
Mini bika ini sangat cocok untuk anda yang menyukai makanan dengan porsi yang pas. Dalam satu box terdapat 10 bika mini yang dikemas secara apik dan menarik.

Siapa sangka, ternyata bika Bogor yang lembut dan legit ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Selain karbohidrat, bika Bogor yang berbahan dasar talas dan ubi ini kaya akan serat, vitamin A, C, E, dan B6, folat, magnesium, zat besi, seng, fosfor, potasium, mangan dan tembaga.*
Selain menyehatkan, bika Bogor talubi pun tidak menggunakan bahan pengawet. Sehingga, bika Bogor ini hanya mampu bertahan sampai 4 hari.

Selain bahan-bahan yang digunakan berkualitas, cara pembuatanya pun higienis. Jadi, bika Bogor talubi sangat aman untuk dikonsumsi.
Adapun beberapa manfaat bika Bogor talubi untuk kesehatan diantaranya :

Kandungan umbi talas yang terdapat pada bika Bogor ini memiliki nilai kalori yang tinggi. Selain memiliki kandungan lemak yang sangat rendah, tingkat proteinnya pun dapat sebanding dengan sumber makanan tropis seperti ubi, singkong dan lain sebagainya.  Sehingga bika Bogor ini dapat menjadi sumber energi.

Tingginya kandungan serat yang ditemukan pada umbi talas membuat makanan ini sangat penting untuk mendukung kesehatan pencernaan.

Serat sangat membantu untuk melancarkan buang air dan memfasilitasi peningkatan pencernaan. Kesehatan  sistem pencernaan sangat meningkatkan kesehatan Kita secara keseluruhan. 

Umbi talas juga merupakan sumber antioksidan bagi tubuh. Tingginya vitamin A, vitamin C, dan antioksidan fenolik bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menghilangkan radikal bebas berbahaya.

Radikal bebas adalah hasil sampingan dari metabolisme sel yang berbahaya dan dapat menyebabkan sel-sel sehat berubah menjadi sel kanker. Dengan menghilangkan radikal bebas, maka kesehatan umum kita hampir terjamin.

Kandungan lemak yang rendah dan kadar kolesterol 0% bisa mencegah menciutnya arteri sehingga peredaran darah jadi lancar. Bila peredaran darah lancar otomatis  gangguan terhadap jantung kita bisa dicegah. Bukan hanya itu saja, kandungan vitamin E-nya juga bisa mengurangi resiko terkena serangan penyakit jantung.

Selain baik untuk jantung zat kalium yang terdapat dalam umbi talas sangat baik untuk membantu menstabilkan dan menurunkan tekanan darah, Terutama bagi anda yang mengalami tekanan darah tinggi.

Mengkonsumsi bika Bogor talubi dapat meningkatkan sistem imun, hal ini disebabkan karna kandungan talas yang terdapat dalam bika Bogor kaya akan vitamin C dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menjaga sistem imun pada tubuh. Dengan membuang radikal bebas, maka tubuh akan terjaga dari berbagai penyakit berbahaya.

Karena kandungan yang kaya akan serat memungkinkan ubi talas dapat menurunkan resiko diabetes. Serat alami pada ubi talas dapat mengatur pelepasan insulin dan glukosa dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi bika Bogor yang kaya akan serat dapat membantu mencegah peningkatan gula darah sehingga anda akan terhindar dari penyakit diabetes.

Seperti yang telah disebutkan di atas, umbi talas mengandung berbagai jenis zat antioksidan. Antioksidan ini bisa juga membantu memperbaiki penglihatan, dengan cara mencegah radikal bebas menyerang sel-sel mata yang menyebabkan degenerasi makula atau katarak. 

Talas memiliki kandungan magnesium 8% setiap 100 gr talas mentah. Magnesium bermanfaat untuk menjaga kesehatan otot,  syaraf, dan tulang kita.

Kandungan vitamin E dan vitamin A yang terdapat dalam bika Bogor berguna untuk melindungi kulit. Kedua vitamin ini bekerja untuk menghilangkan masalah pada kulit dan meningkatkan kesehatan sel secara keseluruhan. Dengan demikian, luka dan noda bekas luka bisa lebih cepat sembuh, keriput berkurang, dan kulit yang sehat berseri dapat dikembalikan. Bika Bogor ini adalah sedikit rahasia alami untuk kulit yang lebih sehat.*



Bika Bogor talubi yang telah dirintis sejak tahun 2014 ini sudah memiliki beberapa outlet di daerah Bogor. Nah, anda bisa mendapatkan bika Bogor talubi di beberapa lokasi berikut ini :


Jl. Padjajaran
20 M Bogor


Jl. Soleh Iskandar No 18 B Bogor.

Jl. Raya Gadog Sebelah vimala Hills (Puncak-Bogor)


Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, anda akan dengan mudah menemukan outlet bika Bogor talubi. Lokasinya yang strategis dan bentuk tokonya yang mudah dikenali membuat siapapun tidak akan kesulitan untuk menemukanya.
Namun, jika anda tidak membawa kendaraan pribadi, anda dapat menggunakan angkutan umum atau transportasi online. Hanya dengan sekejap anda pasti langsung diantar ke outlet bika Bogor talubi.

Nah, dengan berbagai kemudahan transportasi. Jadi tidak ada lagi alasan untuk tidak mampir ke gerai bika Bogor talubi yah :). Selain itu, bika Bogor talubi selalu buka setiap hari, jadi anda masih bisa membeli oleh-oleh bika Bogor walau di hari libur sekalipun.

Saya sebagai mahasiswa yang tinggal di bogor tentu sudah sangat akrab dengan outlet bika Bogor ini. Namun, dari ke tiga outlet itu, saya lebih sering berkunjung ke outlet yang berada di padjajaran. Selain dekat, outletnya pun terkesan cozy, kekinian dan pelayananya ramah. 

O iya, di outlet bika Bogor ini juga menyediakan beberapa oleh-oleh lainnya seperti makanan ringan, lapis talas, brownis talas, pia talubi, donat dan masih banyak lagi. Untuk lebih lengkapnya anda bisa melihat video kunjungan saya saat membeli bika Bogor talubi berikut ini:



Untuk dapat menikmati bika Bogor talubi yang lembut dan menggoda ini, anda tidak perlu merogoh kocek yang terlalu besar. Bahkan anak kos dengan uang pas-pasan seperti sayapun dapat dengan rutin jajan bika Bogor talubi hehe.
Nah, berikut ini saya tampilkan daftar harga yang bersahabat di outlet bika Bogor talubi.



Jika anda tertarik untuk berkunjung ke outlet bika Bogor talubi, anda bisa langsung menuju kesalah satu alamat yang telah saya jelaskan diatas. Namun, jika anda ingin order atau ada suatu hal yang ingin ditanyakan, Anda dapat menghubungi No. 08884829626 (Tlp/WA/SMS) dan email talubi@bikabogor.com, Bika Bogor talubi selalu siap melayani  anda dengan cepat dan mudah.

Selain itu, anda juga dapat menghubungi bika Bogor talubi melalu sosial media dibawah ini, jangan lupa di follow yah untuk mengetahui segala info terupdate dari bika Bogor talubi.

Facebook Page Facebook Page Facebook Page Facebook Page
klik icon diatas, secara otomatis link akan mengarah ke halaman yang anda inginkan



Setelah mencicipi bika Bogor talubi sayapun tidak merasa heran jika bika Bogor Talubi cukup banyak penggemarnya. 

Rasanya yang lezat, harganya yang bersahabat dan suasananya yang nyaman berhasil mencuri perhatian para wisatawan di Bogor. 

Terbukti salah satu stasiun Televisi pun tertarik untuk meliput bika Bogor talubi.






Pertimbangan lain yang membuat saya percaya untuk mencoba bika Bogor talubi adalah karna banyaknya review positif dari pelanggan bika Bogor talubi. Jadi, saya tidak perlu khawatir terhadap kualitas dan kelezatan bika Bogor talubi.





Itulah beberapa testimoni yang telah disampaikan oleh penggemar bika Bogor talubi. Nah, jika anda ingin mencari oleh-oleh khas Bogor, bika Bogor talubi memang bisa diandalkan.




________________________________________________
Tag: Bika Bogor, Bika Bogor Talubi, Oleh-oleh Khas Bogor, Kuliner Bogor, Oleh-oleh Bogor
*Sumber : Bika Bogor talubi, tempo.co, tipscaramanfaat.com, manfaat.co.id,

17 comments

Bahan bakunya mudah didapat, nyari talas di Bogor nggak sesulit nyari upil yang nyelip dihidung.
Saya juga pernah dapat oleh-oleh dari Bogor, Brownies yang dibuat dari talas. Berarti talas benar-benar menjadi icon Bogor.

Reply

Aku juga pernah makan brownis bogor.
itu rasanya lembut banget :)
kusuka

Reply

Mau banget dong Bro Leon, yummyyyy

Reply

Dateng aja ke Bogor teh nanti boleh diicip-icip bika Bogornya :)

Reply

Nyam nyam :3
Bika ini cocok bgt untuk cemilan di sore hari begini. Apalagi ditemani secangkir kopi, hehe

Bika Bogor ada beberapa variasi rasa ternyata. Penasaran ama rasa madu, hehe

Reply

Nyam nyam :3
Bika ini cocok bgt untuk cemilan di sore hari begini. Apalagi ditemani secangkir kopi, hehe

Bika Bogor ada beberapa variasi rasa ternyata. Penasaran ama rasa madu, hehe

Reply

Bungkus dooongg kwkw

Reply

Kalo AKu lebihs suka rasa nangka :)

Reply

Ayo gan dicoba :)

Reply

Main langsung ke Bogor aja qih supaya lebih greget

Reply

Besok kapan-kapan kalau saya kesan saya harus mampir kesini utkmmbeli bikanya

Reply

WAJIB! Jangan sampe menyesal dikemudian hari :v

Reply

Wah makin banyak aja jenis oleh-oleh khas bogor ya...

Reply

Orang Bogor emang pada Kreatip-kreatip gan ..

Reply

Wah kalau ingat Bogor, aku jadi pengen kuliah di IPB ahaha. Kue Bika khas Bogor? Wah,bika ambon asal Medan punya saingan nih, hehe. Apalagi bahan dasarnya yang berupa talas dan ubi, beda banget dari bika ambon biasanya. Gue jujur aja jarang mendengar tumbuhan talas. Yang gue tahu cuma 'bagai air di daun talas' doang.

Ongkir ke Medan berapa nih? Pengen nyobain, hehe.

Reply

Wah... mantap banget nih.
Selain menggoda selera, menyehatkan, harganya juga terjangkau.

Reply

Bisa buat referensi nih kalau ke Bogor..he
belum lama ini makan lapis Bogor, jadi pengen oleh2 Bogor nih mas :)

Btw, mas Khairul asli dari Bogor kah ?

Reply

Post a Comment

Khairulleon, Travel blogger dari kota hujan.
Jangan lupa berkomentar.
Blogger yang bijak selalu meninggalkan jejak :)

Kepoin sosmedku ▶ @khairulleon

VLOG TERBAIK MINGGU INI, TONTON KAK !