12 Desember 2016

HAPPY INTERNATIONAL MOUNTAIN DAY

Belakangan ini banyak banget hari-hari perayaan yang aku temui, salah satunya yaitu perayaan hari gunung sedunia. Sebetulnya hari gunung ini sudah dicetuskan olwh PBB sejak tahun 2003, Unfortunately aku baru tahunya sekarang.
PBB telah menentukan 11 Desember sebagai Hari Gunung Internasional atau World Mountain Day. Hari Gunung Internasional semakin dikenal di segala penjuru dunia, dan yang perlu disadari bersama, bahwa gunung merupakan ekosistem yang berdampingan sejajar dengan kehidupan manusia, hewan maupun tumbuhan. Berbagai referensi telah banyak dipublikasikan tentang pentingnya fungsi gunung bagi kehidupan manusia. 
Sebetulnya aku kurang setuju kalo Hari gunung sedunia ini jatuh pada tanggal 11 Desember. karna di bulan itu Indonesia memasuki musim hujan, jadi kebanyakan lokasi pendakian gunung ditutup untuk sementara waktu. So, para pecinta ketinggian harus sabar menunggu sampai cuaca bener-bener membaik.

Bicara tentang gunung, aku jadi inget pengalaman pertama kali naik gunung. Awalnya aku ga tertarik dengan kegiatan pendakian. Karna yang ada di pikiran aku mendaki gunung itu berbahaya, buang-buang uang, waktu dan tenaga, bahkan menjadi salah satu olahraga yang mematikan.
tapi sejak masuk kuliah semester pertama ada beberapa temanku yang menyarankan untuk masuk ke komunitas pecinta alam. Dan ga tau kenapa akupun setuju aja sama ajakanya. Mungkin karna Saat itu aku sedang bosan jadi anak jurnalistik. Jadi yaaa ga ada salahnya kalau aku pindah haluan jadi anak pecinta alam, itung-itung cari pengalaman baru ya kan?.
Nama organisasi pecinta alam di kampusku itu disebut Fatapala. Diambil dari bahasa arab fataa yang artinya ‘Pemuda’ dan Pala : Pecinta alam. Selengkapnya bisa kalian lihat disini.
Lewat Fatapala inilah aku jadi kecanduan naik gunung. Habis naik kegunung A jadi pengen coba naik gunung B terus ke gunung C dan seterusnya. Sampe akhirnya aku simpulkan bahwa mendaki gunung itu mengasyikkan, tidak semematikan yang aku bayangkan.

----------------------------------------
Kalo di youtube ada youtube rewind, tapi untuk hari gunung ini aku bakal buat mountain rewind. Jadi aku bakal inget-inget lagi gunung apa aja yang udah aku kunjungi. Memang ga banyak sih, tapi ga ada salahnya kalo aku pamer ya haha.

Gunung Gede adalah gunung pertamaku. Mungkin gara-gara gunung ini aku jadi ketagihan buat naik gunung yang lainnya.
Awal pertama kali naik Gunung Gede aku kecapean setengah mati, bawaanya selalu pengen pingsan. Baru jalan beberapa meter langsung minta instirahat. Aku ngerasa jadi makhluk paling nyusahin diantara temen-temen pendaki yang lain.
Setelah 8 sampe 9 jam pendakian, akhirnya sampe juga di puncak Gunung Gede. Gila sih aku exited banget ternyata aku bisa naik gunung gede setinggi 3000 mdpl.

Gunung keduaku ini adanya di garut. Jadi bisa dibilang kalo aku sudah mulai berani mendaki ke gunung yang lumayan jauh dari tempat tinggalku. Gunung cikuray rintangan berat banget, trek pendakian yang sedikit curam benar-benar menguras tenaga.
But sofar, gunung cikuray tetap menjadi gunung yang mengasyikan karna disana aku bisa dapet temen-temen baru yang sekarang entah pada kemana haha.

Gunung Papandayan merupakan gunung yang paling keren yang pernah aku kunjungi. Setiap jejak langkah di gunug papandayan selalu menarik. Walaupun di sana sangat panas karna permukaan yang gersang dan banyaknya asap kawah. Tapi gunung Papandayang selalu cantik.
Gunung papandayan tergolong gunung yang pendek, tapi mempunyai keindahan yang tanpa batas. Bayangkan saja setiap sudut gunung Papandayan pasti ada saja spot menarik yang Instagramable banget. Pokoknya gunung ini recomended buat kamu yang baru ingin memulai pendakian.

Sebetulnya gunung pangrango masih satu kawasan dengan Gunung Gede, yang membedakan adalah saat sampai dipertengahan jalan para pendaki akan menemui dua jalur. Jalur gunung gede dan jalur gunung pangarango.
Menurut aku puncak gunung pangrango tidak terlalu bagus, tapi treknya sangat bagus untuk kamu yang menyukai tantangan dan  ketinggian. Terbukti gunung pangrango dikenal sebagai gunung kedua tertinggi di jawabarat.

Untuk kamu yang setia baca-baca blogku pasti sudah tahu dong experience ku saat main-main ke dieng dan naik gunung Prau. Bagi yang belum tahu bisa langsung baca : Pendakian Gunung Prau
Menurutku Gunung Prau merupakan gunung yang paling indah ke dua setelah gunung Papandayan.  Gunung ini memberikan sejuta pengalaman yang ga bisa dilupakan. Gunung ini juga yang mengajarkan ku bahwa mendaki sendirian itu tidak semenakutkan yang aku bayangkan.


Itulah gunung-gunung yang pernah aku kunjungi selama ini. Sebetulnya aku juga sempat ingin naik ke beberapa gunung lainya, tapi entah kenapa selalu ada hambatanya. Mungkin Allah belum mengizinkan.

Namun, aku sudah punya resolusi di tahun 2017 untuk melakukan pendakian kebeberapa gunung yang ada di Indonesia. Rencananya dalam sebulan aku bisa mendaki sebanyak dua gunung. dimulai dari gunung-gunung yang ada di Jawa Barat hingga ke ujung Indonesia.

Nah, itulah salah satu resolusi tahun 2017 yang paling ingin saya wujudkan. Semoga bisa terlaksana :). Nah, kalau resolusi tahun 2017 kalian apa ?


Tulisan ini diikutkan dalam Hidayah-Art First Giveaway "Resolusi Tahun 2017 Yang Paling Ingin Saya Wujudkan"

46 komentar:

  1. Waw, keren2, udah kemana-mana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum teh aku masih newbie itu belum ada apa apanya ):

      Hapus
  2. Waaah, keren bang. Gua juga baru tau nih kalo ada Hari Gunung Internasional.
    Buset, itu gunung pertama aja langsung gunung gede. Langsung tepar itu pasti baliknya mah hahha.
    Beberapa gunung yang udah lu datengin alhamdulillah jg gua pernah datengin, kayak gunung cikuray, gunung papandayan sama gunung prau. Semua gunung indah yaa. But, sekarang gua agak resah dengan kabar salah satu gunung yg diatas. Soalnya katanya buat kesana butuh biaya 100 ribu lebih, soalnya beberapa pos ada biaya tambahan gitu. Padahal tahun lalu gua kesana gak sampe 50 ribu udah bisa sampe puncak :(
    Ahh gua tadi liat beberapa video lu masih inget beberapa spot yang pernah gua lewati. Jadi rindu disana deh~
    Bagi gua, gunung adalah tempat untuk yang paling tepat buat mencari ketenangan dan kenyamanan dari penatnya rutinitas kehidupan.

    Happy International Mountain Day! Tuhan bersama orang-orang yang berani.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener,
      abis dari gunugn gede gue langsung hibernasi sehari semalam ,,

      Iya sekarang emang jadi banyak biaya tambahan gitu. apalagi Papandayan jadi makin mahal :(

      Hapus
  3. Belum pernah naik gunung, jadi gak begitu tau kebahagiaannya.

    Tapi dari temen-temen yang pernah naik gunung, gue mendapat cerita bahwa mendaki gunung mengajarkan teamwork dan rendah hati. Karena naik gunung gak akan bisa kalo sombong dan berlagak bisa sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba deh naik gunung.
      dan temukan kebahagiaanya :)

      Hapus
  4. Btw bukan kamu doang, aku juga baru tahu loh kalau tanggal 11 kemarin itu hari gunung internasional hehe.

    Asik banget udah beberapa kali mendaki kayak gitu, di awal-awal pasti pendakiannya berat banget ya soalnya belum terbiasa, tapi kalau sekarang aku yakin pasti lancar kalo mendaki.

    Oh iya, di tahun 2017 nanti salah satunya ada rencana ke Mahameru nggak nih? Kayaknya gunung itu harus kamu masukin ke list destinasi kamu di tahun 2017 deh hehe. Ditunggu cerita-cerita pendakian yang selanjutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau banget ke mMahameru ..
      Taoi rencananya aku mau naik gunung2 yang ada di Jawa barat dulu.
      terus merembet ke tempat2 lainya dan yap salah satunya gunung semenru :)

      Hapus
    2. Ntar kalau udah kesampaian mendaki Mahameru jangan lupa dishare ceritanya yaa hehe
      Sip, semoga yang area Jabar bisa kesampaian semua juga, biar bisa menyisir ke area lain. kalau bisa menyisirnya sampe gunung JAya Wijaya juga gapapa wkwk.

      Hapus
  5. Ngeliat foto gunung yg cakep-cakep itu bikin kepengen hiking, terus akhirnya gak jadi karena cuma wacana doang. Gunung pertama dan satu-satunya yg pernah dinaikin ya cuma gunung pancar, itu juga gak sampe puncak karena kesana pun ada keperluan acara.. Kapan ya bisa naik gunung beneran sampe ke puncak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayp samuel sekali-kali kita nge hedon kegunung kuy :)

      Hapus
  6. Wih keren daki terus.. pengen daki tapi blom ada waktunya susah bnget ngatur waktu buat satu tahun ini :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener!
      Waktu emang jadi salah satu kendala paling utama

      Hapus
  7. Huaaahhh... Jadi kangen naik gunung, padahal baru 3 minggu lalu saya ke gunung guntur dalam rangka kasih hadiah pas ulang tahun. hihihi....

    Btw, gunung-gunung yang kamu sebut itu aku udah merasakan keindahannya secara langsung. Emang bener naik gunung itu capek, buang duit, tapi bikin ketagihan. Saya rasa yang namanya keindahan alam itu nggak bisa dibeli pake uang.

    eh itu bikin video sendiri ya? keren deh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku bikin video sendiri. kalo rame-rame ga bakal jadi-jadi haha.
      aku pake movie maker kabanyakan.. sesekali pake prmeier :)

      Hapus
  8. Rul, lo dari naik gunung gede langsung ketagihan buat ngedaki gunung lain, lama-lama jadi passion ini kegiatan, gue ngikutin vlog lo di blog ini soal pendakian, jadi gue bisa dapet referensi kalau-kalau nanti ada keinginan yang enggak sengaja mampir buat mulai pendakian pertama gue. Hehe

    Selamat hari gunung internasional.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waiyaa semoga aku bisa naek ke semua gunung Indonesia dna bisa terus kasih informasi ke manteman semua :)

      makasih sudah ikuti vlogku. senang rasanya :)

      Hapus
  9. Banyak banget gunung yang udah ditaklukin, aku aja belum pernah. Setiap rencana mau hiking, selalu gagal gara-gara acara mendadak. Hah!

    Taklukin gunung yang lainnya juga bro, termasuk gungung anu.. em... ah sudahlah gak jadi hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahasa 'ditaklukin' terkesan sombong ah gan.
      aku mah cuma manusia biasa ga ada apa-apanya kalo dibanding sama Gunung yang gedenya minta ampun.

      Hapus
    2. Seringnya denger kata-kata itu soalnya dari temen yang udah sering naik gunung hehehe

      tetep semangat aja pokoknya kalau lagi mendaki, juga jangan lupa do'a sebelum berangkat

      Hapus
  10. baru tau ada hari gunung..

    ngomong ngomong mendaki nih...
    keren loh lu awal aja langsung mendaki gunung selama 9 jam... gue aja pertama kali naik gunung perlu waktu 3 jam aja serasa hancur badan ini...
    setelah itu kagak ada lagi gue mendaki gunung.. apalagi sampai melewati lembah... hahah sisanya gue cuman naik bukit yang cuma berapa menit sampai dipuncaknya :v

    semoga rencana sukses ya rul...
    gue tambahin doanya, semoga lu bisa mendaki semua gunung yang ada diindonesia...
    terus berbagi video diblog lu...
    jadi gue bisa liat keindahan gunung lewat video lu rul :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo awal naik yang pendek-pendek dulu aja gan supay ga remuk badanya haha,

      nanti lama kelamaan ya bakal kayak aku pasti ketagihan.
      sibuk cari-cari gunung dari yang paling pendek ampe yang paling tinggi,

      seru gan mantap jiwa :)

      Hapus
    2. gunung yang deket cuman ada 1 hihihi
      ada sih lagi gunung cuman itu malah lebih tinggi...
      1.901 mdpl, ini nih gunung tertinggi di kalimantan namanya halau halau.
      banyak temen ngajak kesana, tapi gue tolak, karna gue takut badan remuk kembali...

      nah rul, mau ke gunung halau halau gak :D
      mungkin bagi lu kagak tinggi tinggi amat, tapi kan lumayan nambah banyak daftar gunung yang terpanjati eh, terdaki

      Hapus
    3. revisi, gunung yang pendek cuman satu :D

      Hapus
  11. Ahh.. kerennn.. Gak ke pantai Rul? Di Sultra banyak kalau pantai *OOT banget sih.. Hahah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kapok kepantai ah,,
      Kulitku goshong :(

      Hapus
  12. waah keren kamu udah banyak naik gunug.

    Dan aku sendiri.. gunung pertamaku adalah.
    Bromo.
    Yang gak menantang sama sekali karena cuma naik tangga gitu aja ke kawahnya wkwkwkwk.


    Ehhh ehh.. emang sih kata temen aku yang pernah naik gunung, bakal nagih. Mungkin karena aku belum pernah naik gunung kali ya jadi ya biasa aja gitu.

    Eh iya. kamu sekarang jadi vlogger juga. Edit video begitu pake apa sih?
    aku udah ada niat. tp karena laptop kayaknya gak spek.. jadi takut malah heng pas edit edit hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget.
      awalnya aku juga kepengen ke Bromo etapi ko denger cerita dari orang orang tempatnya kaya bukan gunung ya pake tangga gitu haha.

      tapi tetep aku kepengen ke Bromo, pengen melihat indahnya Bromo yang ga ada duanya itu loh :)

      Coba deh pake movie maker ga bakal ngehang, paling mati terus nyalah lagi :)

      Hapus
  13. Hah, baru tau ada hari beginian....
    keren yah yang kuat naik gunung...
    dulu pernah mau ikutan, tapi pas cek kesehatan ke dokter...gak boleh..
    ._.
    sebel

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha untungnya aku selalu dibolehin ama mbak-mbak dokternya :)

      Hapus
  14. Wih mantep nih... Keren uy... Jadi pengen ngikutin jejak aa Irul...
    Besok februari mau ke Prau ane bang... Ikut yukk,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkw ga mau :p
      AKu januari mau ngebolang ke Tasik ..

      Hapus
  15. Sama banget! Pertama kali naik gunung itu ke gunung gede, lewat jalur gunung putri pula pas berangkatnya. Rasanya pengen pingsan mulu di jalan haha. Tapi abis itu jadi ketagihan naik gunung sih. Sayangnya itu masa-masa SMA...

    Masuk kuliah malah beralih ke jurnalistik karena pecinta alamnya gak keterima huhu :( Bisa kali kapan-kapan naik bareng haha. Selamat hari gunung! *telat banget*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wip kalo aku kebalikanya yayteh,,
      awalnya jadi anak jurnalis sekarang jadi anak gunung :)

      Bisa kali kapan kapan ngejurnalis bareng ,

      Hapus
  16. Kapan yaa bisa kya abng.

    hmm. Duit mana duit? gue butuh duit ckckckck

    BalasHapus
  17. Aku belum pernah mendaki gunung, jadi belum terlalu bisa membayangkan keindahan alam yang berada di sekitar gunung, ada juga temenku yang suka ngajak buat naik gunung, tapi aku gak berani, pokoknya mental ini belum kuat.

    Dari beberapa gunung di atas, temenku pernah cerita kalau dia pernah naik gunung. Prau.
    Btw ada juga ya hari gunung .

    BalasHapus
    Balasan
    1. AYo to jangan mau kalah sama temenmu itu,
      ayo ke Prau ,

      Hapus
  18. aku baru tau klo tgl 11 desember itu hari gunung.

    hmmmmmm.....klo aku sih belum berpengalaman mendaki gunung gunung, mungkin suatu saat semesta mengizinkanku mendaki gunung tertinggi, yaitu everest ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anjay langsung everest aja! mantap jiwa

      Hapus
  19. Entah kenapa baca gunung pertama yang didaki bg Leon jadi mikir sejenak. "Segede apa, sih?" Hahahahaha.

    Setelah pindah ke Bengkalis, mungkin harapan jalan-jalan ke Gunung tampaknya sirna. Jadi, gue akan coba hal lainnya. DUlu, waktu di Padang, Sumatera Barat sempat pengen ikut temen yg ngajak daki gunung, tapi karena belum siap mental, jadinya memilih untuk tidak ikut. Alhasil, sekarang nyesel. :'(

    Mungkin kemudian hari jika masih diberi kesempatan sama yang Maha Kuasa. :)

    Btw, happy international mountain day...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ANjay pange, di Padang banyak loh gunung yang bagus banget.. audah apa namanya.
      terus pantai pantai disana juga enak-enak.
      aku sampe iri karna sering di pamerin foto-foto padang sama temenku :(

      Hapus
  20. Aduhh leon bikin iri aja sih liat videonya haha. Kalau pertama kali naik gunung emang cape banget tapi bikin ketagihan juga haha.
    Eh parahnya gue juga baru tau kalau 11 Desember di peringati dengan hari gunung sedunia. hhmm setuju sama elo yang gak cocok ya kalau di Indonesia emang lagi musim hujan di bulan itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoknya 2017 nanti aku mau naik gunung sebanyak banyaknyaaa !
      Aku ketagihan ya Allah wakakak

      Hapus
  21. Naik gunung emang bikin ketagihan, aku jaman masih unyu pertama naik ungaran, trus merapi, merbabu, sama sindoro. Udah itu aja, gitu juga pulangnya selalu diomeli ibu. Jaman dulu anak gadis yang naik gunung masih jarang banget.

    Makasih ya udah ikutan GA aku, moga sukses resolusinya, aamiin.

    BalasHapus
  22. Dah banyak nih baca blog mu
    Borongan kejar setoran


    Kapan dong jatah ke Sumatra ,khusus Sumatra Barat pantai juga krreeen ...Mentawai dll

    BalasHapus

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search