MENGINTIP MUSEUM PERJUANGAN BOGOR YANG TAK TERURUS


Minggu lalu aku sempat mampir ke salah satu museum di daerah Bogor, Museum ini berada tidak jauh dari tempat tinggalku, yap! Museum Perjoangan Bogor namanya.
Sebenarnya aku sangat sering melewati museum ini tapi aku tidak pernah tertarik untuk berkunjung kesana. Sepertinya lokasi yang kurang mencolok dan kurang ‘rame’ membuat aku enggan berkunjung ke Museum yang satu ini.
Kebetulan saat itu aku ingin shopping manja ke Pasar Merdeka, mau tidak mau aku pasti melewati Museum ini.

Dan entah kenapa saat itu aku penasaran ingin masuk kedalam museum. So, secara tidak sengaja akupun mampir ke Museum Perjuangan Bogor.

Pertama kali berkunjung ke Museum ini, aku langsung disambut oleh aura sepi. Museum ini seakan tidak berpenghuni, pokoknya sunyi abis men. 
Untung aja ga lama setelah itu ada bapak-bapak tua yang terbang lewat, sepertinya dia petugas museum. So, langsung aja aku nanya ke si bapak.

“Pak ini museum bisa di kunjungin kan ?ko sepi yah ?”
“Bisa ko dek, masuk saja kedalam. Disini memang selalu sepi dek”
“Oh okedeh, Nice infoh pak!”

Yasudah, tanpa banyak pocong aku langsung masuk saja..
Setelah masuk pintu utama, aku langsung belok ke kiri sedikit untuk membeli tiket masuk. Harganya murah meriah men Cuma 5000an.
FYI, Museum ini terletak di Jalan Merdeka No.56, Bogor. Tepat di depan Pasar merdeka.

Gedung ini dibangun pada tahun 1879 oleh seorang pengusaha Belanda bernama Wilhelm Gustaf Wissner.
Gedung Museum Perjoangan Bogor ini pernah digunakan sebagai tempat kegiatan pergerakan pemuda pada tahun 1935, dan pada Perang Pasifik digunakan oleh balatentara Jepang untuk menyimpan barang-barang milik tawanan perang Belanda. Historik banget kan ?
Di museum ini juga terdapat beberapa koleksi benda-benda bersejarah, sayangnya benda-benda disini terlihat mulai menua dan di pajang di tempat yang sudah mulai kusam. Namun, masih terlihat cukup baik ko. Dan masih layak untuk diajak foto bareng.
Museum perjuangan Bogor memiliki dua lantai, walaupun tidak terlalu besar tapi tempat ini menyimpan berbagai macam peninggalan benda-benda bersejarah.

Seperti uang Jadul, pistol/bedil/senapan perang, berbagai macam alat perang (pisau, Golok, Bendo, Bambu runcing), arsip-arsip nasional, koleksi surat kabar tempo doeloe, patung-patung pahlawan, Diorama peperangan dan masih banyak lagi.





Satu hal yang sangat disayangkan dari museum ini adalah kurangnya perhatian untuk merawat benda-benda bersejarah ini. Kalau bisa sih di renovasi, mengingat betapa museum sederhana ini menyimpan ribuan benda yang tak ternilai harganya.



Untuk tempat wisata di Bogor, Museum memang tidak terlalu banyak diminati. Kebanyakan wisatawan lebih suka berkunjung ke Kebun Raya Bogor, wisata Kuliner dan ke beberapa tempat menarik lainya.

Tapi tidak masalah jika sesekali kamu mampir ke museum, selain menambah wawasan museum juga mengasyikkan ko.

Well, Mau tau bagaimana keseruanku mengunjungi Museum Perjuangan Bogor ? Tonton Vlognya dibawah ini. Tapi vlog ini gabungan dari beberapa kegiatanku seperti IPB Aquafest dan AICT Bogor Culture. Tapi tetep asik ko!
Selamat menikmati, Sory kalo Vlognya kurang waras :)

47 comments:

  1. Kalau berkunjung ke museum itu menyenangkan, selain itu bisa tahu dan belajar juga :)

    Kalau ada kesempatan ke Bogor, pengen maen kesini juga :)

    ReplyDelete
  2. Kalo traveling di luar negeri, terutama di China, gua paling hobi ke museum lho. Soalnya museum di sana tuh...wah...kayaknya bisa lebih indah daripada Istana Bogor. Museum di Indonesia sayangnya sangat-sangat jauh terbelakang dan kurang terawat dibandingin museum di sana- Nanti kapan-kapan gua bikin postingan tentang museum di sana deh, biar lu bisa liat seberapa jauh bedanya hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ga sabaran pengen tauuu ..
      aku tunggu ya travel laoshi keven di Chinanya ..
      siap tau aku bisa mampir kesana.
      amin :)

      Delete
  3. Wah ternyata ada museum beginian di Bogor. Bisa jadi tambahan referensi nih kalo main ke Bogor. Kalo menurutku emang gitu deh, maksudnya kebanyakan museum bersejarah di Indonesia sepi pengunjung. Mungkin karena makin kesini ketertarikan seseorang akan museum berkurang kali ye. Sejauh ini sering ngunjungi museum gara-gara dulu ikut study tour waktu SD. Mungkin sih, inovasi perlu dilakukan buat numbuhin rasa penasaran dan berkunjung ke Museum.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali teh Igna.
      Inovasi itu kunci utama
      supaya para pengunjung ga bosen kayak aku :(

      Delete
  4. Berhubung gue banyak kuota (malem), jadi gue nonton dulu videonya sebelum baca. Dan akhirnya gue baca tulisan ini pake suara lu yg khas itu, haha.
    Tentang museumnya, okedeh, gue bakalan coba mampir kesana kalo ke bogor... Neduh2 manja kalo lagi ujan seru kayanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah makasih sudah play vlognya yaaah //
      Subscribe sekalian dong haha :D

      Delete
  5. Di gedung ini, bukti-bukti perjuangan pejuang kemerdekaan tersimpan rapi di antaranya: berbagai koleksi senjata yang pernah digunakan untuk melawan penjajah:)

    jangan dipegang.. ehh malah dipegang wkwkwk

    videonya keren mas, mantap :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karna aku orangnay suka pegang-pegang supaya ga penasaran :)

      Delete
  6. Gue juga bingung rul gimana caranya museum bisa menarik perhatian pengunjung, pake wifi gratis kayanya boleh tuh biar mereka suka nongkrong di museum. Hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha Iya juga sih ..
      nanti aku sampaikan ke pengurus museumnya ya :D

      Delete
  7. wih, perjalanan sejarah nih ye. nilai historis tentang perjuangan Indonesianya tinggi banget berarti nih, pernah dijadiin tempat pemuda sama tempat jepang buat perang asia pasifik. gokil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang gokil banget sih ini museum ..
      tapi aku ko bosan ya haha :D

      Delete
  8. Saya sangat respect dngan bangunan2 sejenis museum. Coba kalau dekat

    ReplyDelete
  9. Sepertinya lengkap dan bagus. Fotonya juga asik tuh Leon, tapi kok selalu sepi? sayang, ya? mungkin kurang promosi :)Moga lain kali bisa leih rame, biar kasih edukasi buat anak-anak penerus bangsa ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teh sepi sekali ,
      Pengunjungnya hanya aku dan temanku itu :)
      jadi aku bisa bebass foto foto :)

      Delete
  10. Keren ikh ada vlogNYA JUGA :)
    aKU BARU TAHU LHO ADA MUSEUM PERJUANGAN bOGOR, HADUUUW WAWASANKU KURANG LUAS NIH.
    Aku termasuk orang yg suka pergi ke museum, terakhir kali 2 minggu lalu ke museum parjurit di TMII

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh Museum di TMII yang luasnya naujubillah itu :D

      Delete
  11. Kok kayaknya pengunjung cuma kamu (sama temen?) aja Rul? Sesepi itukah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya emang cuma aku sama dia doang ehehe

      Delete
  12. Weh.. museum ya, akhir-akhir ini gue jarang banget jelajah ke museum, lagi rajin ke toko buku sih, hehe..

    Oh iya, keknya foto diawal, kata-katanya typo bro, koreksi aja sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah bagus itu .
      masih mending ke tokok buku,
      daripada ke tempat yang tida tida ..

      Delete
  13. Wah kerenlah khas banget gayanya bang khairul ya...

    jadi traveller nih skrang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dari dulu memang suka travel haha

      Delete
    2. Iya dilanjut deh ah.... jadi pengin beli kamera...buat shoting2an...

      Delete
    3. Blogger sepertinya harus punya kamera bang, HP lah minimal ehem

      Delete
  14. Wuih, kece ya. Nggak banyak yang traveling ke museum. Biasanya kan cuma karena kuliner dan keindahan alam. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku tida suka kuliner :)
      tapi kalau gratis suka :)

      Delete
  15. nice bro membangun kesadaran anak muda untuk lebih memperhatikan dan berwisata di museum. apa cuma gue yang ngerasa kayaknya yang di pamerkan di museum atau bangunan museum hampir sama semua gue pernah datang ke museum di malang persis kayak yang di museum bogor. mungkin pemerintah harus lebih memperhatikan museum" nasional agar tidak kalah sama museum yg dikelola swasta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya semua museum diIndonesia sama aja ya gan :)
      itu itu saja.
      aku pengenya ada inovasi yang lebih 'wah' gitu loh
      supaya kita-kita 'betah' gitu kali di museum

      Delete
  16. aku suka banget ke museum. itu rasanya kaya membayangkan benda ini dipakai orang2 yg skarang sudah mrninggal. Serem tapi itu luar biasa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga kadang membayangkan hal itu,
      Aku seakan kembali ke masa lalu,

      Delete
  17. Bener juga, ya bg. Kalo Museum itu boleh dibilang penikmatnya masih kurang. Ya, mungkin karena tempat menjadi alasan paling utama. Soalnya, banyak di Indonesia museum2 yg pernah gue kunjungi, boleh dibilang ada bau2 mistisnya gtu.

    Harusnya dibuat sesuatu yg menyenangkan. Jadi, para pengunjung juga ngga ngerasa giman2. Ya nggak semua museum gitu juga, sih. Tapi, paling nggak dikasi teknologi apa gitu, biar menarik perhatian pengunjung. Kek saran Agung, WIFI mungkin. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuhkan bener,
      Wifi emang udah paling bagus nih buat jadi Inovasi.
      nanti aku kasih tau pengurus museumnya deh haha :D

      Delete
  18. kalau katanya bung besar, JAS MERAH jangan sekali-kali melupakan sejarah

    ReplyDelete
  19. Bogor sejuta rasanya ya, kota hujan yang salah satu kota yang pengin aku kunjungi.

    Emang kalo udah berkunjung ke tempat-tempat yang kayak gini, harus siap sedia note di handphone atau catetan ya, buat nulis apa aja yang perlu buat di bahas di blog.Mau juga begini, namun ada kendala waktu yang mengganggu gue karena harus sekolah juga. Pas liburan bisa deh yaa..

    Gaya vloggingnya sama dengan gue, quite vlogging! hahaha :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah vlog kamu mana aku mau liat :D

      aku orangnya emang ga terlalu suka basa-basi hehe :)

      Delete
  20. Jadi inget museum yg di bandung, namanya musium geologi. Klo ngajak anak jalan-jalan, seru tuh ke museum. Anak bs kita arahkan ke bnyak seksli hal2 baru.

    Sekilas liat fotonya mmg ga begitu terawat ya. Padahal sperti kata Leon isi museumnya sgt berharga. Klo museumnya bagus yakin deh bnyak pngunjungnya... Museum itu wisata edukasi soalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti kalo anak teh DIpi sudah keluar langsung aja ke Museum ya teh haha

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Terkadang anak jaman sekarang kurang sadar akan pentingnya pengetahuan sejarah. Yang mereka keluhkan adalah "sejarah itu membosankan"! Rasanya kalo ketemu anak yang kayak gini pengen aku jitak aja.

    Vlognya waras-waras aja sih. Aku yang notabene belum pernah kesana jadi tau isinya Museum Perjuangan Bogor kayak apa. Nice vlog! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harusnya da ya pelajaran sejarah yang seru supaya anak anak ga bosen,
      aku juga dulu bosen belajar sejarah soalnya, tapi kalo jalan jalan ke museum aku juaranya :)

      Delete
  23. wih museum, lama tak berkunjung ke museum huhu
    btw, masuknya berapa ya?

    susah juga sih kalo ngerawat barang-barang yg kaya gitu. salah-salah malah bukan bagus tapi rusaaak.

    ReplyDelete

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search